1 Katalog Harga AC (Pendingin Ruangan) Terbaru dan Lengkap!

AC, Pendingin Ruangan Masa Kini Siap Menyejukkan Anda

Pendingin ruangan atau sering kita kenal dengan nama AC kini telah merambah di Indonesia. Sudah banyak masyarakat yang mempunyai alat elektronik yang satu ini.

Meskipun begitu, namun tidak banyak orang yang tahu menahu mengenai alat pendingin ruangan ini. Kebanyakan orang Indonesia langsung membeli AC yang menurut mereka bagus. Tetapi tidak memperhatikan mengenai klasifikasi dari AC tersebut. Nah, berikut ini sedikit ulasan mengenai AC yang bisa menambah wawasan Anda.

Beberapa Jenis AC yang Ada di Indonesia

AC merupakan kependekan dari Air Conditioner diambil dari bahasa inggris yang artinya penyejuk udara. Mesin elektronik tersebut dirancang agar mampu menstabilkan udara dan kelembaban suatu ruangan atau area yang diinginkan pada waktu tertentu.

Pengertian AC secara khusus yaitu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant yang ada di pipa. Kemudian pipa tersebut akan ditekan dan dihisap oleh kompresor. Pendingin ruangan in terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis dari AC yang sudah ada di Indonesia.

1. AC Split

AC Split merupakan salah satu Jenis-Jenis AC yang terkenal di Indonesia. Jenis AC yang satu ini sering digunakan di rumah, kantor maupun instansi-instansi yang ada di Indonesia. Melihat dari bentuknya, AC Split terdiri dari dua bagian yaitu indoor dan outdoor.

Bagian indoor berfungsi untuk mengeluarkan hawa dingin dan bagian outdoorberfungsi untuk meletakkan bagian mesinnya. Tidak heran jika bagian outdoorsering diletakkan diluar ruangan. Karena bagian outdoor ini mengeluarkan hawa panas dan kadang-kadang bersuara berisik yang mengganggu telinga.

Kelebihan AC Split yaitu pendingin ruangan bisa dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar. AC split sering dipasang pada Ruko karena condensernya dipasang pada outdoor yang bisa dipasangkan jauh dari udara luar. Selain itu, suara yang tidak berisik membuat AC Split mempunyai nilai plus tersendiri.

2. AC Floor Standing

Jenis pendingin ruangan selanjutnya yaitu AC Floor Standing. AC jenis ini memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Alat elektronik AC Floor Standing sering digunakan ketika ada ACara tertentu. Misalnya ACara ulang tahun, hajatan, pernikahan dan sebagainya. Pengoperasian dapat dilakukan dengan remote control yang sudah disediakan.

Peletakan dari AC Floor yaitu bagian indoorberada di dasar lantai ruangan yang sudah dilengkapi dengan dudukan. Selain itu, pada bagian depan indoor juga harus lapang. Jika tidak lapang, sirkulasi udara akan terganggu dan bisa membuat AC floor standing rusak.

3. AC Split Duct

AC Split Sutc mampu menyalurkan hawa dingin menggunakan sistem ducting.  Maksudnya, AC jenis ini tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri. Namun sudah dikontrol menggunakan satu titik saja. Sistem ini mampu menghantarkan udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin maupun panas ke ruang yang akan dikondisikan udaranya.

Biasanya AC split duct pasang di mall-mall maupun gedung yang memiliki ruangan yang luas. Ada beberapa kelebihan jika anda memilih pendingin ruangan jenis ini. Namun ada beberapa Kekurangan AC yang tidak bisa dihindari. Seperti dalam perencaan, instalasi, perngoprasian hingga pemeliharaan AC membutuhkan tenaga yang mahir di bidangnya.

Jika terjadi kerusakan pada pengoperasioannya, tentu seluruh ruangan akan merasakan dampaknya. Selain itu, pengaturan temperatur udara juga belum efektif. Pengaturan hanya bisa dilakukan pada sentral cooling plant saja.

4. AC Window

AC Window merupakan salah satu jenis AC yang tidak bisa dioperasikan menggunakan remote control. Karena tombol kontrol dari pendingin ruangan ini sudah terintegrasi dengan AC. Selain itu, AC terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri.

Pemasangannya juga terlalu rumit yaitu harus melubangi tembok ruangan terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan untuk menaruh bagian indoor untuk di dalam dan bagian belakang atau outdoor berada di luar ruangan. Seiring perkembangan zaman, AC Windows dianggap sudah tidak efektif lagi. Jadi pendingin ruangan yang satu ini sudah tidak diproduksi lagi.

5. AC Inverter

AC Inverter merupakan pendingin ruangan dengan inovasi baru yang lebih pintar. AC jenis ini sudah dilengkapi dengan berbagai komponen tambahan yang berguna untuk mengatur kerja dari kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerjanya yaitu ketika arus listrik dari PLN diubah menjadi DC, kemudian diubah lagi menjadi AC maka pendingin ruangan akan secara otomatis frekuensinya akan diatur oleh sensor suhu yang sudah ada didalamnya. S

ehingga ketika ruangan sudah dingin, maka sensor pintar yang ada di dalam AC akan mengatur arus listrik yang digunakan. Putaran kompresor akan menjadi lambat sehingga daya listrik yang digunakan pun hanya sedikit.

6. AC VRV

AC VRV kepanjangannya adalah Air Conditioner Variable Refrigerant Volumeyang merupakan sistem kerjanya akan berubah-ubah. Sistem dari VRV ini sudah dilengkapi dengan kompresor inverter dan CPU.

Keahliannya dalam mendinginkan ruangan juga sudah terbukti menjadi handal dan efisiensi energi. Satu AC VRV bisa digunakan pada satu outdoor yang bisa digunakan lebih dari dua indoor.

Selain itu, AC dengan sistem VRV ini juga bisa diatur suhu dan temperaturnya sesuai jadwal yang diinginkan. Karena sistem AC VRV sudah terkomputerisasi.

Tips Memilih AC yang Bagus, Awet dan Hemat Listrik

Setiap merk AC beserta jenisnya tentu mempunyai keunggulan masing-masing. Keunggulan tersebut juga akan berfungsi secara maksimal ketika Anda sebagai pengguna ketika menerapkan pendingin ruangan secara tepat. Ada beberapa Tips Memilih AC yang bisa membantu Anda dalam memilih AC agar tetap sasaran. Berikut ini beberapa tips memilih AC yang perlu Anda perhatikan.

1. Sesuaikan Luas Ruangan dengan ukuran PK

Tips terpenting dalam memilih AC yang bagus dan bisa bekerja secara maksimal yaitu dengan menyesuaikan luas ruangan dengan ukuran PK. Namun banyak orang yang tidak tahu mengenai Apa Itu PK Dan BTU. Pk yaitu Paard KrACht / Horse Power / Daya Kuda.

Ukuran tersebut untuk menjelaskan tingkat satuan kapasitas pendingin pada AC. Sedangkan BTU yaitu British Thermal Unit yang menjelaskan ukuran kemampuan dari pendinginan.

Ruangan pendingin yang mempunyai Pk yang rendah cocok digunakan pada ruangan yang ukurannya kecil. Sebaliknya, jika ukuran ruangannya besar akan membutuhkan AC dengan ukuran Pk yang besar.

Rata-rata ruangan yang berukuran 10 m2 cocok dengan AC ½ Pk, 14 m2 dengan AC ¾ Pk dan 18 m2 cocok dengan AC 1 Pk serta ruangan ukuran 24 m2 dengan 1 ½ Pk. Jika lebih dari 36 m2, lebih baik membeli lebih dari satu AC.

2. Pilih jenis AC yang Sesuai

Tips selanjutnya yaitu pilihlah jenis AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika AC digunakan di rumah, biasanya AC yang dipilih yaitu AC jenis split. Jika Anda mencari AC untuk pusat perbelanjaan atau hotel, Anda bisa memilih AC Central yang mempunyai kompresor sangat besar.

Namun jika anda mencari pendingin ruangan yang bisa dipindah-pindah (untuk keperluan ACara), Anda bisa memilih AC Floor Standing. Jika anda memerlukan AC untuk yang lainnya, Anda bisa memilih jenis pendingin ruangan yang lainya.

3. Pilih AC yang Hemat Listrik

Tips memilih pendingin ruangan selanjutnya yaitu memilih AC Hemat Listrik. Kini tidak zaman lagi jika membeli AC namun daya listrik besar dan boros. Memilih AC yang hemat listrik tentu tagihan listrik bulanan anda tidak akan membengkak. Sebelum membeli AC, jangan lupa menanyakan ataupun cari tahu pemakaian daya listriknya besar atau tidak.

Meskipun AC yang anda beli merupakan AC Low Watt, namun fungsi dan kinerja dari AC tidak akan terpengaruh. Bahkan jika anda menambah fitur otomatis, AC akan mati dengan sendirinya ketika suhu ruangan sudah dingin. Kemudian AC akan kembali menyala ketika suhu ruangan sudah mulai panas. Jauh menambah menghemat listrik bukan?

4. Pilihlah AC dengan Fitur yang Anda Butuhkan

Memilih AC yang dilengkapi dengan fitur tambahan tentu perlu Anda perhatikan juga. Pilihlah AC yang fitur dari pendingin ruangan tersebut memang Anda butuhkan. Semakin lengkap fitur yang ada pada AC tentu harganya akan bertambah mahal juga. Penting atau tidaknya fitur pada AC tentu berbeda-beda dari setiap konsumennya.

Ada beberapa AC yang memperkenalkan fitur plasmACluster yang berguna untuk memurnikan udara, menghancurkan jamur di udara dan membersihkan alergen. Nah, fitur ini tentu akan berguna bagi ruangan  lembab dan udara di sekitar tidak bersih. Namun tidak akan berguna bagi ruangan yang sudah bersih dan udara segar.

5. Belilah Pendingin Ruangan dari Merk Terpercaya.

Ketika Anda ingin membeli alat elektronik, belilah elektronik yang mereknya sudah terpercaya. Bukan elektronik yang merknya abal-abal. Merk elektronik bisa dilihat dari review pelanggannya bagaimana mengenai kualitas dan keawetannya.

Jika sudah menentukan merk pendingin ruangan, selanjutnya tentukan tipe dari merek tersebut. Ada beberapa merk yang sudah terpercaya seperti sharp, panasonic, polytron, samsung, LD, midea dan masih banyak lagi.

6. Tentukan Tipe AC yang Akan dibeli

Tips yang tidak kalah penting yaitu menentukan tipe dari pendingin ruangan tersebut. Pasaran Indonesia menawarkan dua tipe AC yang bisa jadi pilihan Anda. Tipe tersebut adalah AC standar dan inverter. Jika Anda mencari AC yang bisa menghemat energi listrik, pilihlah AC yang dayanya sedikit.

AC low watt biasanya terdapat pada tipe AC standar dengan ukuran kompresornya dikurangi. Sedangkan AC inverter bekerja keras saat baru dinyalakan kemudian mengurangi kinerjanya agar lebih hemat yaitu ketika suhu ruangan sudah dingin. Jika dalam sehari menggunakan AC lebih dari 6 jam, sebaiknya pilihlah tipe AC Inverter saja.

Merk AC Terbaik Bisa Jadi Pilihan Tepat Anda

1. Sharp

Merk AC Terbaik yang pertama yaitu Sharp yang menjadi salah satu produsen ternama yang ada di Indonesia. Hampir seluruh produk AC yang dikeluarkan sudah dilengkapi dengan plasmACluster. Kegunaan dari fitur ini yaitu udara yang dikeluarkan tidak seperti AC biasanya.

Udara akan terasa lebih sejuk namun tidak menggigil, menghilangkan bau, pernapasan segar. AC merk Sharp memang tidak terlalu dingin. Karena pendingin ruangan ini memberikan udara sejuk layaknya udara di pegunungan.

Selain itu, pendingin ruangan Sharp juga dilengkapi dengan fitur powerful jetstream dan coanda airflow. Power jetstream berfungsi untuk mendinginkan dan menyejukan ketika Anda merasa panas maupun cuACa panas. Sedangkan fitur coanda air flow berfungsi untuk menghantarkan hembusan angin ke atas dengan memanfaatkan dinding atas ruangan.

Sharp juga dilengkapi dengan fitur sign yang berguna untuk memberikan tanda membersihkan filter yang terdapat pada AC. Kemudian self cleaningakan mengeringkan indoor evaporator yang akan menghambat pertumbuhan jamur sehingga bau yang ada pada ruangan akan hilang.

Fitur lain yang ada di Sharp adalah super jetstream yang mampu menghantarkan udara dingin secara instan dan menyesuaikan dengan suhu tubuh pengguna.

2. Daikin

Daikin merupakan salah  satu merk pendingin ruangan yang cukup terkenal. AC daikin dengan jenis AC inverter dikenal sebagai AC paling bagus yang ada di Indonesia.

Harganya memang cukup mahal, tetapi pendingin ruangan ini mampu menghemat listrik yang cukup banyak. Besaran BTU pada AC pun cukup besar misalnya 1 Pk berstandar 9000 BTU. Cukup besar bukan? Sedangkan merk lain biasanya di bawah angka tersebut.

Kelebihan lain dari produk ini adalah suara halus hingga pengguna pun tidak mendengar suara pendingin ruangan tersebut. Dingin yang dikeluarkan pun tidak menusuk tulang, suhunya presisi dan merata di ruangan.

Kualitasnya bagus, tahan lama dan desainnya bagus. AC merk Daikin bisa dikatakan tidak sering ganti model. Sehingga spare part dari AC akan jauh lebih mudah ditemukan dan terjamin. Cara Pasang AC Daikin juga mudah dan tidak ribet.

3. Panasonic

Nama Panasonic dahulunya adalah National. Panasonic lebih kuat dan bandel dibandingkan dengan merk yang lainnya. Suara yang keluar dari pendingin ruangan juga halus dan angin yang keluar lebih lembut.

Kekurangan dari merk yaitu mengenai budget yang harus Anda keluarkan. Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli AC yang satu ini. Karena memang harga AC Panasonic tergolong cukup mahal di pasaran. Meskipun begitu, jika AC tersebut mengalami kerusakan, Anda akan mudah menemukan sparepartyang dibutuhkan.

4. LG

AC merk LG mengeluarkan beberapa tipe pendingin ruangan yang bisa menjadi pilihan Anda. AC LG hercules mini mempunyai kelebihan mengenai daya yang dibutuhkan. Daya turun hingga mencapai 260 watt ketika suhu yang diinginkan sudah tercapai.

Selain itu, AC Minimalismerk ini cukup mudah dalam pemasangannya. Tidak perlu dengan teknisi handal yang berpengalaman. Anda bisa memasangnya dengan buku panduan yang sudah disertakan ketika pembelian. Tetapi memang AC keluaran dari LG memang agak berisik.

5. Samsung

Merk pendingin ruangan yang direkomendasikan lainya yaitu AC Samsung. Pendingin ruangan ini mengusung konsep triangle design yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin lebih cepat dibandingkan dengan AC merk lain.

AC masa kini juga dilengkapi dengan smart Inverter yang berfungsi untuk menghemat energi listrik. Tidak hanya itu, AC juga dilengkapi dengan fitur Virus Doctor and Easy filter. Fitur tersebut berfungsi untuk menghilangkan secara otomatis debu, kotoran dan bakteri.

Demikian sedikit ulasan mengenai AC yang perlu Anda ketahui. Sebelum membeli pendingin ruangan, tentu harus mengetahui mengenai jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, tips memilih AC bisa membantu Anda memilih AC yang bagus dengan kualitas yang terjamin.

Beberapa merk yang sudah terpercaya juga bisa menjadi referensi anda dalam membeli pendingin ruangan ini. Memilih secara tepat tentu akan membuat AC bekerja secara maksimal dan membuat ruangan akan menjadi sejuk, bersih dan sehat.