Harga Alat Camping

Camping menjadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi mereka yang menyukai alam bebas. Tidak heran jika kegiatancamping atau berkemah kini telah menjadi hobi dari sebagian orang. Apalagi jika camping dilakukan di pegunungan ataupun pesisir pantai, tentu suasana camping Anda semakin asyik dan seru.

Tips Camping Membuat Kegiatan Semakin Mengasyikan

1. Pilih Lokasi Camping yang Tepat

Pilih tempat camping yang tepat blog.reservasi.com
Pilih tempat camping yang tepat (blog.reservasi.com)

Tips Camping pertama agar suasana mengasyikan dan menyenangkan yaitu memilih lokasi tempat Camping yang tepat. Apalagi bagi Anda yang baru pertama melakukan camping, lokasi tempat berkemah menjadi hal yang sangat penting. Hal tersebut mampu membantu Anda untuk memiliki gambaran tentang lokasi yang akan ditempati.

Melakukan camping tidak sama halnya Anda melakukan traveling. Jika lokasi dekat dengan tempat tinggal, alangkah baiknya jika melakukan survei terlebih dahulu. Atau Anda juga bisa mencari keterangan tentang lokasi camping dengan cara mengakses berbagai sumber informasi.

2. Membawa Peralatan yang dibutuhkan

bawa perlatan camping yang tepat sesuai dengan tujuan smartcampingbali.com
bawa perlatan camping yang tepat sesuai dengan tujuan (smartcampingbali.com)

Tips selanjutnya yaitu membawa segala keperluan yang sekiranya akan Anda dibutuhkan. Ada beberapa perlengkapan campingyang harus dibawa seperti tenda, makanan hingga peralatan masak. Pilihlah lokasi berkemah yang dekat dengan sumber air, sehingga segala kebutuhan Anda saat berkemah dapat terpenuhi dengan mudah.

Baca Juga: harga perlengkapan renang

Selain peralatan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mudah untuk sampai di lokasi perkemahan. Transportasi apa yang akan digunakan dan cara yang dilakukan agar bisa sampai di lokasi sebelum matahari terbenam

3. Menentukan Waktu Camping

Merencanakan berapa lama akan melakukan camping inibaru.id
Merencanakan berapa lama akan melakukan camping (inibaru.id)

Sebelum berkemah, Anda juga harus menentukan berapa lama anda akan melakukan camping. Jika Anda bersama rombongan, Anda tetap harus tahu waktu camping yang akan dilaksanakan. Mengetahui waktu camping berkaitan dengan jumlah logistik dan perbekalan yang akan Anda bawa nantinya. Sehingga Anda bisa menghindari kondisi kekurangan ataupun kelebihan membawa logistik.

4. Membuat Rencana Kegiatan

Merancanakan kegiatan camping agar jelas tripadvisor.co .id
Merancanakan kegiatan camping agar jelas (tripadvisor.co.id)

Agar camping menjadi momen yang mengasyikan dan menyenangkan, Anda perlu membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan ketika berada di alam bebas tersebut. Tujuan membuat perencanaan kegiatan agar camping bisa berjalan secara sempurna. Beberapa kegiatan yang bisa Anda rencanakan seperti outbound, huntingfoto, masak-masak, menjelajahi alam sekitar, membuat api unggun hingga barbeque.

5. Membawa Perbekalan yang Cukup

bawa perbekalan secukupnya untuk keperluan ajakanak.com
bawa perbekalan secukupnya untuk keperluan (ajakanak.com)

Usahakan dalam menyiapkan segala keperluan camping secukupnya saja. Jangan sampai Anda kelebihan bahkan kekurangan mengenai perbekalan. Perbekalan yang berlebihan hanya akan membuat tas Anda semakin berat saja. Pada akhirnya perbekalan tersebut kembali dibawa pulang lagi.

Daftar Harga Alat Camping 2019

Jenis Perlengkapan KemahHarga Rp
Pisau LipatRp100.000 – Rp850.000
Matras CampingRp30.000
Jack Wolfskin Sleeping Bag + DacorRp130.000
Sleeping Bag 3 LayerRp100.000
Sepatu GunungRp250.000 – Rp2.000.000
Tenda Kubah Pop UpRp220.000
Trekking PoleRp100.000 – Rp350.000
Jack Wolfskin Sleeping BagRp85.000
Tabung Gas MiniRp13.000
Lampu Tenda LipatRp30.000
Tenda Bestway MonodomeRp250.000
Jas Hujan / Mantel / PoncoRp50.000 – Rp400.000
Air MineralRp5.000
Mie InstanRp2.500
DaypackRp100.000 – Rp700.000
Kompor Camping Gas PortableRp75.000
Sarung Tangan GunungRp100.000 – Rp300.000
Tenda Quick SetupRp800.000
Pisau LipatRp150.000
Headlamp 3 Lampu SenterRp100.000
Hammock (Ayunan Tempat Tidur)Rp30.000 – Rp100.000
Naturehike Lentera TendaRp80.000
Jaket GunungRp200.000 – Rp1.000.000
Sleeping Bag + Hammock (Two in One)Rp85.000
Kompor Progas PortableRp175.000
Headlamp LEDRp30.000
Tenda Kubah ParasutRp400.000
Parasut HammockRp300.000
Tenda Double Layer DoorRp185.000
Tas CarrierRp200.000 – Rp2.000.000
Tenda Loreng Dome CamoRp200.000

Perlengkapan Camping Sederhana yang Harus Dibawa

1. Tenda

Pilih tenda sesuai kapasitas yang diperlukan tokopedia
Pilih tenda sesuai kapasitas yang diperlukan (tokopedia)

Perlengkapan camping yang harus dibawa yaitu tenda. Tidak mungkin Anda tidak membawa tenda ketika akan berkemah. Tenda menjadi tempat berteduh dan beristirahat sementara selama kegiatan camping berlangsung. Pastikan ukuran tenda yang dibawa sesuai dengan jumlah orang yang mengikuti kegiatan camping tersebut.

2. Makanan praktis

Makanan instan cocok untuk menjadi pilihan perbekalan camping goldenavataroutdor.com
Makanan instan cocok untuk menjadi pilihan perbekalan camping (goldenavataroutdor.com)

Ketika Anda memilih untuk camping, bawalah bekal makanan yang praktis. Membawa makanan yang sudah siap disajikan ataupun makanan yang bisa dimasak dengan cepat. Paikan makanan yang Anda bawa memiliki masa kadaluarsa yang masih lama. Misalnya mie instan, sosis siap makan, kornet dan sebagainya.

Baca Juga: harga alat naik gunung

Jangan lupa Anda juga membawa bumbu masak secukupnya agar bisa menikmati makanan lezat saat kegiatan camping. Bawa bumbu masak yang tidak ribet seperti kecap,saos, penyedap rasa, dan garam. Pastikan bahwa anda membawa wadah untuk membuang sisa-sisa olahan makanan agar tidak mengotori lingkungan alam.

3. Botol Minum

Botol minum wajib dibawa untuk berbagai keperluan idntimes.com
Botol minum wajib dibawa untuk berbagai keperluan (idntimes.com)

Bawalah botol minum yang bisa digunakan untuk beberapa kali, bukan botol yang sekali pakai saja. Lebih baik menggunakan botol minum yang terbuat dari alumunium. Botol alumunium lebih ringan, tahan terhadap bantingan, dan bisa juga diisi air panas dengan aman. Sehingga tubuh Anda tetap terjaga dari kehangatan.

4. Pisau Lipat

Pisau lipat serbaguna dapat digunakan berbagai berbagai keperluan saat camping aliexpress.com
Pisau lipat serbaguna dapat digunakan berbagai berbagai keperluan saat camping (aliexpress.com)

Pisau lipat tidak bisa dilepaskan dari para pendaki atau pecinta camping. Perlengkapan camping ini wajib dibawa karena fungsinya sangat banyak. Pisau bisa difungsikan untuk mencongkel, memotong dan yang lainnya. Penyimpanan dari pisau lipat juga mudah dan aman tanpa membahayakan. Selain itu, ukuran yang kecil membuat pisau lipat mudah dalam membawanya.

5. Obat-obatan

 

Meskipun Anda selalu sehat, namun tidak ada salahnya jika membawa obat-obatan PPPK untuk berjaga-jaga. Apalagi bagi Anda yang sering mengalami sakit, Persiapan Camping  berupa obat-obatan menjadi perlengkapan yang wajib dibawa. Beberapa obat-obatan seperti balsem, minyak kayu putih, obat masuk angin, obat merah, plester, kapas dan yang lainnya.

Cara Memilih Tempat Camping dengan Tepat

1. Permukaan Tanah

Cara Memilih Tempat Camping yang sesuai yaitu dengan memperhatikan permukaan tanah yang nantinya akan dijadikan sebagai lokasi camping. Pastikan Anda memilih lokasi yang datar dan rata. Karena permukaan tanah yang miring dapat membuat Anda tidak nyenyak tidur. Bahkan bisa membuat Anda terbangun ketika malam hari karena posisi tubuh akan bergeser ke bawah.

2. Keteduhan

Selain itu, pilih tempat camping yang teduh. Lokasi teduh memang tidak berpengaruh ketika malam hari, namun sangat berpengaruh ketika pagi hari. Ketika bangun pagi hari, Anda akan tetap merasa teduh dan nyaman berada di area camping.

3. Luas Ruangan

Jika sudah menemukan tempat camping yang cocok, selanjutnya yaitu memperhatikan luas are camping yang akan digunakan. Jika Anda hanya bersama beberapa orang, Anda hanya membutuhkan sedikit ruangan saja.

Tetapi jika camping dilakukan beramai-ramai, Anda bisa memilih area ruangan camping yang luas. Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk menentukan luas ruangan yaitu menentukan luas area tenda dan area untuk memasak.

4. Perhatian Apa yang Ada di Atas

Meskipun mencari tempat dengan keteduhan, tetapi Anda juga harus memperhatikan mengenai apa yang menjadi peneduh tersebut. Hindari mendirikan tenda di bawah batang pohon yang mati.

Baca Juga: harga kacamata renang

Hidari juga tempat camping yang dekat dengan tebing dimana banyak batu yang mudah terjatuh. Jika Anda camping di daerah pantai, Anda harus menghindari mendirikan tenda dibawah pohon kelapa yang buahnya banyak. Karena buah kelapa tersebut bisa jatuh sewaktu-waktu.

5. Apa yang Ada disekeliling Area Kemah

Alam liar menjadi tempat yang terlihat random, sehingga memungkinan Anda berhadapan dengan bahaya. Oleh karena itu, memperhatikan apa yang ada disekeliling area camping menjadi hal yang sangat penting.

Ketika mendirikan tenda, alangkah baiknya Anda juga memperhatikan sekeliling lokasi. Kita-kira ada hal yang berpotensi mengancam keselamatan atau tidak.

6. Privasi

Camping memang menjadi momen kebersamaan dan identik dengan keramaian. Namun jika Anda suka dengan suasana yang tenang, Anda bisa mengambil jarak cukup jauh dengan lokasi camping kelompok lain.

Kegiatan Camping kini menjadi hobi sebagian masyarakat Indonesia. Nusantara yang memiliki banyak gunung, perbukitan, dan pantai membuat wilayah Indonesia sendiri menjadi tempat paling nyaman untuk melakukan kegiatan camping.

Setiap wilayah tentu akan memberikan sensasi yang berbeda-beda. Tidak heran jika masyarakat Indonesia rela pergi jauh keliling Indonesia untuk menikmati indahnya camping.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar