Harga Alat Naik Gunung

Jangan bilang pecinta alam jika belum pernah Naik Gunung. Karena mendaki gunung menjadi salah satu simbol bahwa Anda seorang pecinta alam. Kegiatan yang kian menjadi hobi ini pada umumnya dilakukan oleh kalangan muda mudi dari pelajar dan mahasiswa.

Banyak dari mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Salah satu hal yang mendorong mereka dalam mendaki yaitu keindahan alam luar biasa dari atas gunung.

Beberapa Hal dalam Persiapan Naik Gunung

1. Menentukan Lokasi dan Level Mendaki

Ketahui lokasi pendakian dan bagaimana jalur pendakiannya travelingyuk.com
Ketahui lokasi pendakian dan bagaimana jalur pendakiannya (travelingyuk.com)

Hal yang perlu anda siapkan sebelum Naik Gunung yaitu menentukan lokasi dan level dari pendakian. Tidak semua jalur pendakian yang diciptakan sama. Bagi pendaki pemula, sebaiknya menentukan level pendakian yang sedang saja. Sedangkan bagi pendaki yang sudah berpengalaman bisa memilih level pendakian sesuka hati bahkan level paling tinggi.

Pilihan lokasi dan tingkatan pendakian bisa Anda tentukan berdasarkan waktu yang Anda miliki. Karena hal tersebut berpengaruh pada jarak tempuh dengan waktu yang akan Anda butuhkan. Sehingga Anda bisa menikmati pendakian dengan begitu santai dan menyenangkan.

2. Sendiri atau Rombongan

Persiapan pendakian tunggal dan rombongan berbeda wismabahasa.blogspot.com
Persiapan pendakian tunggal dan rombongan berbeda (wismabahasa.blogspot.com)

Hal penting dalam Persiapan Naik Gunung selanjutnya yaitu pendakian Anda akan dilakukan sendiri atau bersama rombongan. Bagi sebagian orang, pendakian yang dilakukan sendirian biasanya menjadi suatu pelarian untuk mencapai ketenangan batin. Tetapi mendaki sendirian tentu bahayanya akan jauh lebih besar, karena kita tidak tahu apa yang akan dialami di tengah pendakian. Oleh karena itu, untuk lebih aman melakukan pendakian bersama rombongan.

3. Cek Lokasi dan Cuaca

Tentukan lokasi dan cuaca detik.com
Tentukan lokasi dan cuaca (detik.com)

Hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki gunung yaitu mengecek lokasi dan cuaca pada daerah pendakian terlebih dahulu. Cek cuaca bisa mencarinya menggunakan internet atau agar lebih jelas bisa menanyakan petugas lokasi mengenai cuaca hari itu. Jangan mendaki ketika ada kabut tebal, hujan besar bahkan keadaan gunung sedang siaga.

Baca Juga: harga alat camping

4. Memberi Orang Rumah mengenai Jadwal Pendakian Anda

Beri tahu estimasi lama pendakian dilakukan mounture.com
Beri tahu estimasi lama pendakian dilakukan (mounture.com)

Anda juga perlu memberi tahu orang rumah mengenai jadwal pendakian yang akan Anda lakukan. Luangkan waktu untuk memberi tahu setiap rincian penting perjalanan Anda. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di alam bebas. Hal tersebut untuk berjaga-jaga jika Anda tidak pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal Anda.

5. Dapatkan Surat Izin Pendakian “SIMAKSI”

sebelum mendaki sudah harus mempunyai SIMAKSI pendakian murdhito.me
sebelum mendaki sudah harus mempunyai SIMAKSI pendakian (murdhito.me)

Para pendaki tentu sudah tidak asing dengan surat izin pendakian ini. Surat izin yang lebih dikenal dengan sebutan SIMAKSI yaitu sebagai identitas Anda. Kegiatan sebelum-sesudah pendakian gunung tercapai dengan baik. Sehingga jika terjadi sesuatu pada Anda, pihak berwenang dan warga setempat akan cepat tanggap untuk membantu Anda.

6. Berdoa Sebelum Melakukan Pendakian

Sangat penting berdoa sebelum mendaki demi keselamatan viewindonesia.com
Sangat penting berdoa sebelum mendaki demi keselamatan (viewindonesia.com)

Berdoa sebelum melakukan pendakian tentu menjadi bagian penting agar anda bisa kembali lagi dengan selamat. Karena apapun yang terjadi merupakan kekuasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Berdoalah meminta perlindungan, keselamatan m dan semoga dihindarkan dari berbagai halangan agar semua berjalan sesuai dengan rencana.

Daftar Harga Peralatan Naik Gunung Terbaru 2019

Jenis Alat Hiking

Harga Rp
Tas CarrierRp200.000 – Rp2.000.000
DaypackRp100.000 – Rp700.000
Trekking PoleRp100.000 – Rp350.000
Sepatu GunungRp250.000 – Rp2.000.000
Pisau LipatRp100.000 – Rp850.000
Jaket GunungRp200.000 – Rp1.000.000
Jas Hujan / Mantel / PoncoRp50.000 – Rp400.000
Sarung Tangan GunungRp100.000 – Rp300.000
Hammock (Ayunan Tempat Tidur)Rp30.000 – Rp100.000
Sleeping Bag + Hammock (Two in One)Rp85.000
Parasut HammockRp300.000
Sleeping Bag 3 LayerRp100.000
Jack Wolfskin Sleeping BagRp85.000
Jack Wolfskin Sleeping Bag + DacorRp130.000
Matras CampingRp30.000
Lampu Tenda LipatRp30.000
Naturehike Lentera TendaRp80.000
Headlamp LEDRp30.000
Headlamp 3 Lampu SenterRp100.000

Tips Naik Gunung yang Harus di Ketahui

1. Melatih Keseimbangan dan Otot Kaki

latih otot kaki terlebih dahulu sebelum mendaki
latih otot kaki terlebih dahulu sebelum mendaki

Sebelum Anda memutuskan untuk naik gunung, sebaiknya Anda melatih keseimbang otot kaki terlebih dahulu. Cara melatih kesimbangan yaitu dengan melakukan senam-senam kecil. Misalnya berdiri dengan menggunakan satu kaki.

Baca Juga: harga kacamata renang

Cara melatih otot kaki yaitu bisa dengan lari di pagi hari atau sore hari. Lakukan secara rutin setidaknya seminggu sebelum Anda Naik Gunung. Kegiatan tersebut bertujuan agar otot kaki tidak kaget ketika mendaki gunung dimana rek yang dilakukan tidak cukup mudah. Jika Anda bisa melakukan latihan tersebut, trek sesulit apapun Anda tetap bisa melewatinya.

2. Menjaga Kesehatan

jaga kesehatan saat mendaki sebelum dan sesudahnya hipwee.com
jaga kesehatan saat mendaki sebelum dan sesudahnya (hipwee.com)

Tips Naik Gunung selanjutnya yaitu menjaga kesehatan sebelum dan menjelang Anda naik gunung. Kesehatan menjadi hal yang paling vital dalam proses pendakian yang akan dilakukan. Jika kondisi Anda kurang fit, tentu pendakian Anda hanya akan berhenti di tengah jalan. Anda dan teman Anda tentu akan terganggu dengan kondisi seperti itu.

Cara tepat menjaga kesehatan yaitu jangan tidur larut malam seminggu sebelum melakukan pendakian. Selain itu, mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan vitamin agar tubuh tetap fit hingga hari melakukan pendakian.

3. Perlengkapan yang Harus dibawa

Perlatan standar wajib untuk mendaki bukalapak.com
Perlatan standar wajib untuk mendaki (bukalapak.com)

Selain menjaga tubuh agar sehat dan siap mendaki gunung, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan yang harus dibawa ketika akan mendaki gunung. Beberapa peralatan yang harus dibawa yaitu jaket, sarung tangan, sepatu  gunung, kaos kaki, matras, tenda, tutup kepala, tongkat dan beberapa peralatan lainnya.

Meskipun Anda terbiasa dengan keadaan dingin, tetap saja peralatan tersebut harus dibawa. Karena suhu diatas gunung tentu jauh lebih dingin dari apa yang anda bayangkan.

4. Makanan Secukupnya

Siapkan logistik perbekalan secukupnya socialtexjournal.com
Siapkan logistik perbekalan secukupnya (socialtexjournal.com)

Tips selanjutnya yaitu jangan lupa membawa bekal atau makanan secukupnya. Makanan menjadi salah satu hal penting ketika melakukan proses pendakian gunung.

Baca Juga: harga perlengkapan renang

Meski mendaki gunung sangat menyenangkan, namun hal tersebut juga sangat melelahkan. Sehingga Anda harus bisa mengatur atau memperkirakan apa saja makanan dan minuman yang siap mengganjal perut Anda. Hal yang sangat penting yaitu berupa minuman untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

5. Cara Berjalan Saat Mendaki

Perhatikan jalan dan tetap fokus agar tidak celaka walterpinem.me
Perhatikan jalan dan tetap fokus agar tidak celaka (walterpinem.me)

Selain perlengkapan, hal yang perlu anda perhatikan yaitu cara berjalan yang tepat saat mendaki gunung. Ternyata berjalan ketika mendaki tidak boleh asal-asalan. Jika asal-asalan, bisa saja kaki kesleo, terkilir atau hal yang lebih buruk lainya.

Cara Aman Naik Gunung yaitu dengan memastikan kaki dalam keadaan lentur. Pastikan bahwa kaki di tanah dan tetap fokus pada pijakan. Hal tersebut akan meminimalisir terjadinya cedera yang akan menghambat proses pendakian.

Perlengkapan yang diperlukan untuk Mendaki

1. Tenda

Membawa tenda merupakan hal wajib saat mendaki pesona.travel
Membawa tenda merupakan hal wajib saat mendaki (pesona.travel)

Salah satu Perlengkapan Mendaki yang perlu Anda bawa yaitu tenda. Karena jarang pendakian gunung yang dilakukan dalam waktu sehari saja. Tenda berguna sebagai tempat beristirahat dan bermalam Anda ketika berada di ketinggian. Ada banyak jenis tenda yang bisa Anda pilih. Sesuaikan tenda dengan kebutuhan Anda berdasarkan kapasitas, berat dan model. Tenda favorit pada pendaki yaitu tenda dome yang terdiri dari berbagai ukuran.

2. Perlengkapan Masak

Perlatan masak dan makan wajib dibawa xplorewisata.com
Perlatan masak dan makan wajib dibawa (xplorewisata.com)

Peralatan yang sekiranya diperlukan yaitu perlengkapan masak. Energi menjadi hal penting dalam aktivitas, sehingga logistik menjadi bagian penting dari peralatan yang harus dibawa. Kondisi gunung yang dingin mengharuskan para pendaki mengimbanginya dengan kehangatan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya hipotermia. Oleh karena itu, memasak makanan ataupun membuat minuman hangat menjadi pilihan yang tepat.

3. Tas Gunung

 

Tas gunung atau Carrier harus dimiliki saat pendakian tokopedia.com
Tas gunung atau Carrier harus dimiliki saat pendakian (tokopedia.com)

Tas Gunung menjadi peralatan penting untuk dibawa karena mampu dimuat oleh berbagai barang yang dibutuhkan. Membawa tas tidak hanya sebagai formalitas saja, tetapi memang berguna sebagai wadah perlengkapan mendaki gunung. Tas gunung didesain khusus dengan memiliki beberapa bagian yang tidak ada pada tas-tas ransel biasanya.

4. Sepatu

sepatu gunung harus digunakan saat pendakian lazada.co .id
sepatu gunung harus digunakan saat pendakian (lazada.co.id)

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan sepatu dibandingkan sandal ketika akan mendaki gunung. Karena sepatu dirasa lebih aman dibandingkan sandal. Sepatu yang digunakan juga sepatu khusus yaitu sepatu gunung. Sepatu ini didesain khusus sehingga akan membuat kaki Anda jauh lebih aman. Hal yang mungkin terjadi pada proses pendakian yaitu jalan yang dilalui bisa berupa jalur terjal, berpasir bahkan tanah yang licin.

5. Matras

Matras sangat berguna terutama saat keadaan dingin tokopedia.com
Matras sangat berguna terutama saat keadaan dingin (tokopedia.com)

Perlengkapan selanjutnya yaitu matras yang berguna sebagai alas baik untuk tidur maupun sekedar duduk-duduk saja. Karena berada di ketinggian sangat dingin sehingga anda akan memerlukannya. Matras memiliki permukaan tebal sehingga aman dijadikan sebagai alas tidur. Karena permukaan tanah tentu tidak rata dimana tanah bercampur dengan kerikil.

6. Sleeping Bag

Sleepeing bag penting untuk dimiliki karena cuaca gunung sangat dingin lazada.com
Sleepeing bag penting untuk dimiliki karena cuaca gunung sangat dingin (lazada.com)

Sleeping Bag berguna sebagai selimut atau sarung. Barang yang satu ini sangat praktis karena tidak membutuhkan banyak tempat didalam tas dan bermanfaat maksimal. Ada banyak jenis sleeping bag yang bisa Anda pilih berdasarkan bahan dan ketebalannya.

Pada umumnya sleeping bag terbuat dari serat sintesis yang lebih awet dibanding dengan bulu angsa. Tetapi sleeping bag yang terbuat dari bulu angsa akan jauh lebih hangat.

Naik Gunung bisa menjadi hobi baru Anda, apalagi di Indonesia terdapat banyak pegunungan yang memberikan pesonanya masing-masing. Mendaki gunung menjadi salah satu langkah Anda untuk lebih dekat dekat alam. Mendaki akan semakin seru dan asyik jika Anda mengalahkan puncak gunung bersama dengan teman-teman Anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar