Harga Alat Renang

Berenang menjadi salah aktivitas yang digemari tidak hanya dikalangan anak-anak saja tetapi juga orang dewasa. Aktivitas tersebut akan semakin menyenangkan jika dilakukan ketika memasuki musim kemarau yakni ketika kondisi cuacanya panas.

Bagi yang suka berenang, pasti sudah mengetahui apa saja perlengkapan renang yang dibutuhkan guna menunjang aktivitas renang yang dilakukan tersebut.  Namun bagi mereka yang baru menyukai aktivitas renang, tentu saja masih belum begitu tahu tentang perlengkapan apa saja yang digunakan.

Nah bagi Anda yang berencana untuk pergi ke kawasan wisata kolam renang bersama keluarga, pastikan untuk menyiapkan peralatan ini. Apa saja perlengkapan renang yang dibutuhkan? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Perlengkapan Renang

Berenang menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan ketika hari libur bersama keluarga. Sebelum pergi ke kawasan wisata kolam renang, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa perlengkapan berikut.

1. Baju Renang

Model model baju renang pria dan wanita aliexpress.com
Model model baju renang pria dan wanita (aliexpress.com)

Perlengkapan renang pertama yang wajib untuk dipersiapkan adalah pakaian khusus renang. Tentu saja perlengkapan yang satu ini tidak boleh ketinggalan karena bisa mengganggu aktivitas renang Anda bersama keluarga.

Agar anak-anak bisa berenang secara maksimal, maka siapkan terlebih dahulu pakaian renang yang membuatnya merasa nyaman. Sebaiknya Anda memilihkannya baju renang yang berbahan paling cocok untuk dipakai di dalam air.

Baca Juga: harga kacamata renang

Salah satu pakaian yang berbahan lembut adalah lycra yang mana tekstur bahannya sangat pas untuk para perenang cilik. Mengapa harus kain lyra? Seperti yang diketahui, kain lycra ini memiliki tekstur yang halus sehingga sangat nyaman dipakai untuk berenang. Selain itu jenis kain juga memiliki warna yang tidak mudah pudar ataupun kusam.

2. Kacamata Renang

Model kacamata renang yang bisa digunakan anak google.com
Model kacamata renang yang bisa digunakan anak (google.com)

Perlengkapan renang selanjutnya yang tidak boleh tertinggal adalah kacamata renang. Perlu diketahui kacamata renang ini dibutuhkan tidak hanya ketika di pantai saja tetapi juga kegiatan berenang. Fungsi utama kacamata ini adalah untuk melindungi mata dari sinar matahari atau rasa pering karena terlalu sering terkena air.

Dengan menggunakan kacamata ini, anak Anda tidak akan mengalami iritasi dan perih pada bagian matanya. Sehingga si kecil pun dapat berenang lebih nyaman dan leluasa meski dalam waktu yang cukup lama.

3. Kaki Katak

Sepatu katak membantu pergerakan lebih mudah di air timbangharga.com
Sepatu katak membantu pergerakan lebih mudah di air (timbangharga.com)

Alat renang selanjutnya tidak kalah penting adalah kaki katak. Meski terdengar tidak penting, namun alat yang satu ini dapat membantu si kecil berenang lebih nyaman dan leluasa. Sesuai dengan namanya, alat bantu renang atau kaki katak ini dipakai pada bagian kaki. bagi yang suka berenang gaya bebas, penggunaan kaki katak ini sangat disayangkan guna memudahkan aktivitas renang yang dilakukan.

4. Ban

Ban pelampung dapat digunakan untuk bersantai spotlink.info
Ban pelampung dapat digunakan untuk bersantai (spotlink.info)

Bagi anak-anak yang masih pemula, maka disarankan untuk memakai ban ketika melakukan aktivitas renang. Tujuan digunakannya bain adalah untuk membantu si kecil agar tetap aman dalam berenang. Ban ini akan membuat anak Anda mengapung diair sehingga sangat aman. Fungsi lainnya ban adalah sebagai alat penolong untuk menolong perenang yang akan tenggelam.

5. Papan Pelampung

Papan pelampung untuk membantu saat berenang bukalapak.com
Papan pelampung untuk membantu saat berenang (bukalapak.com)

Selain ban, papan pelampung juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk dibawa ketika liburan ke kawasan kolam renang. Sebenarnya fungsi utama papan pelampung ini hampir sama dengan ban. Namun  untuk papan pelampung ini tidak hanya digunakan untuk mengapung saja tetapi juga sebagai papan seluncur. Anak-anak bisa belajar berenang dengan menggunakan papan pelampung ini.

6. Pull Buoy

Pull buoy membantu badan untuk mengambang saat berenang swimvilleusa.com
Pull buoy membantu badan untuk mengambang saat berenang (swimvilleusa.com)

Pull Buoy menjadi salah satu perlengkapan renang yang hanyadigunakan pada mereka yang menggunakan renang teknik kupu-kupu. Fungsi utama alat renang yang satu ini adalah untuk membantu kaki yang kerap kali tenggelam saat berlatih. Penggunaan Pull Buoy ini hanya dikhususkan untuk anak-anak karena ukuran alatnya yang kecil.

Baca Juga: harga alat camping

Ketika menggunakan alat ini, kaki akan secara otomatis terangkat ke atas sehingga tidak akan mudah tenggelam saat berlatih. Untuk menggunakan alat ini pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu menjepitkan pull buoy pada bagian paha. Setelah itu Anda bisa memulai gerakan berenang dengan menggunakan gaya kupu-kupu.

7. Hand Paddle

Hand paddle membantu saat berenang sebagai dayung fandom.com
Hand paddle membantu saat berenang sebagai dayung (fandom.com)

Perlu diketahui bahwa fungsi dari alat ini tidak hanya digunakan untuk orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Fungsi utama hand paddle adalah sebagai alat untuk mendukung dalam proses melatih kemampuan kekuatan tangan saat berenang. Jenis alat yang satu ini sangat membantu aktivitas berenang khususnya bagi mereka yang menggunakan gaya bebas.

8. Penutup Kepala

Penutup kepala renang menjaga rambut dari terkena kaporit air kolam shopee.com
Penutup kepala renang menjaga rambut dari terkena kaporit air kolam (shopee.com)

Beberapa orang mungkin ada yang tidak suka menggunakan penutup kepala saat berenang. Namun ada juga beberapa orang lainnya yang lebih nyaman menggunakan penutup kepala ini saat berenang. Jika Anda merasa bahwa dengan menggunakan penutup kepala berenang lebih nyaman, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya saat berenang. Namun jika tidak, maka Anda juga tidak perlu menggunakannya.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari alat renang yang satu ini? Fungsi utama alat tutup kepala ini pada intinya adalah digunakan sebagai pelindung dari rambut dari klorin yang terdapat dikolam renang.

Seperti yang diketahui, klorin merupakan salah satu zat yang kurang sehat apabila digunakan untuk rambut atau kulit. Oleh karena itu, untuk mengurangi kerusakan pada rambut, sebaiknya Anda menggunakan penutup kepala setiap kali ingin renang.

Daftar Harga Perlengkapan Renang Terbaru 2019

Jenis Alat Renang

Harga Rp
Baju Renang Muslimah Opelon (Set)Rp750.000
Baju Renang Roxy EssentialRp600.000
Celana Boxer PriaRp75.000
Baju Pelampung AnakRp160.000
Ban Renang AnakRp20.000
Ban Renang Bebek AnakRp30.000
Ban Renang Motif DonatRp90.000
Hand Paddle DewasaRp225.000
Kaki Katak Finis Gold Ukuran D 37Rp650.000
Kaki Katak Lasona Hitam AR-FN003Rp800.000
Kaki Katak Lasona Hitam AR-FN004Rp1.500.000
Papan Renang Pull BuoyRp40.000
Pelampung Renang Rompi AnakRp40.000
Penutup Kepala Renang SpeedoRp30.000
Tangan Katak Hand Paddle KecilRp40.000
Topi Renang DewasaRp40.000
Topi Renang SilikonRp25.000

Harga Kacamata Renang

Harga
Swans SW-32Rp200.000
Speedo AU SupremeRp260.000
SharkRp30.000
RuiheRp40.000
Grilong + Penutup TelingaRp40.000
Cressi F1 Mask One SizeRp365.000
Copozz Anti FOG UV ProtectionRp80.000
Balance (All Color)Rp15.000
Arena Swim Goggles Zoom Mirror AGG-591MRp250.000

Tips Renang Bagi Pemula

Bagi yang baru suka dengan aktivitas berenang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar. Nah berikut ini akan dikupas beberapa tips yang harus dilakukan oleh para pemula saat berenang, antara lain

1. Melakukan Pemanasan

Pemanasan saat sebelum berenang sangat penting peakperformancesport.com
Pemanasan saat sebelum berenang sangat penting (peakperformancesport.com)

Tips pertama yang perlu dilakukan ketika sebelum berenang adalah melakukan kegiatan pemanasan dasar. Kegiatan pemanasan ini dilakukan untuk menghindari kram otot sehingga terkadang seringkali menyerang para perenang. Pemanasan yang dilakukan sebelum renang ini berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan juga detak jantung agar tetap normal.

Baca Juga: harga alat naik gunung

Seseorang dapat melakukan gerakan-gerakan ringan dalam kegiatan pemanasannya. Misalnya saja berjalan ringan di sekitaran kolam atau mengayunkan tangan dan kaki kurang lebih selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya Anda bisa melakukan aktivitas renang secara bertahap agar badan tidak kaget.

2. Melatih Pernapasan

Latihan bernafas dan menahan nafas saat berenang speedo.com
Latihan bernafas dan menahan nafas saat berenang (speedo.com)

Setelah melakukan pemanasan maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melatih pernapasan. Melatih pernapasan ini merupakan salah satu yang harus dilakukan agar aktivitas renang yang dilakukan dapat berjalan lancar. Perlu diketahui, bagi Anda yang masih pemula sebaiknya untuk melakukan tahap ini dengan bantuan orang-orang yang sudah profesional dalam bidangnya.

3. Mempelajari Teknik Berenang

Pelajari teknik berenang yang benar caacopegdl.com
Pelajari teknik berenang yang benar (caacopegdl.com)

Seperti yang diketahui ada banyak sekali teknik berenang yang bisa Anda pilih sesuai kesukaan. Namun perlu diketahui bahwa masing-masing teknik tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Sebaiknya Anda memilih teknik berenang sesuai dengan kenyamanan Anda. Beberapa teknik berenang yang bisa Anda terapkan seperti teknik gaya bebas, gaya dada dan gaya katak.

Nah itulah sedikit informasi tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan aktivitas berenang. Mulai dar perlengkapan renang yang dibutuhkan hingga beberapa tips renang bagi para pemula.

Dengan menerapkan beberapa tips yang sudah disebutkan diatas, aktivitas berenang Anda akan mudah dan lancar. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar