Harga Ayam Bangkok

Ambil keuntungan besar dari beternak Ayam Bangkok hingga jutaan rupiah segera! Siapa yang tidak kenal dengan jenis ayam yang satu ini? Ayam yang berasal dari negara Thailand ini memiliki penggemar yang cukup besar. Pasalnya, ayam ini sering dijadikan koleksi ataupun dijadikan hewan petarung dalam sebuah perlombaan.

Bukan mengapa, karena hewan unggas yang satu ini berbeda dengan jenis ayam lainnya karena ia memiliki tubuh kekar tidak seperti kebanyakan ayam lainnya. Tentu, hal inilah yang menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta ayam.

Ayam Thailand ini memang sering dicari di Indonesia. Tidak sedikit orang menyembelihnya untuk dikonsumsi. Selain itu, banyak dari mereka memeliharanya untuk dijual kembali. Tahukan Anda? Ayam yang memiliki banyak penggemar ini memiliki daya jual yang sangat tinggi dibandingkan dengan harga ayam lain. Itu mengapa, banyak sekali peternak yang berlomba-lomba membudidayakan jenis ayam ini untuk meraup banyak keuntungan.

Baca juga: Harga Ayam Potong

Tidak heran, karena jika peternak merawat ayamnya dengan baik, maka bukan tidak mungkin mereka mendapatkan uang jutaan rupiah di setiap penjualan per ekornya. Apakah Anda tertarik juga untuk budidaya ayam ini? Budidaya jenis ayam ini sangat mudah dilakukan jika Anda mengetahui berbagai informasi penting tentangnya. Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Apa Itu Ayam Bangkok?

pengertian ayam bangkok
pengertian ayam bangkok (harga ayam bangkok (jualo.com)

Apa itu ayam Bangkok? Ayam Bangkok adalah ayam petarung yang berasal dari Thailand. Orang-orang di negara ini percaya bahwa ayam ini mampu bertarung sampai mati untuk mempertahankan kekuasaannya. Sejarah adanya ayam ini berawal dari penemuan oleh orang Thailand, seekor ayam jago yang memiliki gerakan dan pukulan cepat pada saat tarung.

Mereka menamainya dengan sebutan “King’s Chicken”. Di China, negara yang terkenal sering diadakan sabung, ayam seperti ini memiliki sebutan Leung Hang Zhao. Disana sering terjadi sabung ayam antara Ayam Thailand dan Ayam China dengan tujuan persilangan.

Alhasil, persilangan tersebut mengakibatkan keduanya sulit untuk dibedakan. Awal mula munculnya ayam Thailand ini di Indonesia sendiri dimulai dari daerah Tuban, Jawa Timur. Belum diketahui siapa yang mengenalkannya. Namun, hingga saat ini, ayam jenis ini sudah sangat populer hingga ke daerah-daerah di Indonesia.

Daftar Harga Ayam Bangkok Terbaru 2019

Jenis Ayam BangkokUsiaHarga
Ayam Bangkok Blorok8 BulanRp400.000
Ayam Bangkok Blorok Madu8 BulananRp825.000
Ayam Bangkok Jali5.5 BulanRp450.000
Ayam Bangkok Jragem7 BulanRp750.000
Ayam Bangkok Klawu10 BulanRp500.000
Ayam Bangkok MathaiDewasaRp1.000.000
Ayam Bangkok Pakhoy5 BulanRp400.000
Ayam Bangkok Pakhoy3.5 BulanRp250.000
Ayam Bangkok Pakhoy8 BulanRp500.000
Ayam Bangkok Putih10 BulanRp500.000
Ayam Bangkok Wangkas5 BulanRp350.000
Ayam Bangkok Wangkas3 BulanRp200.000
Ayam Bangkok Wiring7 BulanRp550.000
Ayam Bangkok Wiring8 BulanRp950.000

Harga diatas bisa berubah-ubah. Maka dari itu untuk mengetahui harga ayam bangkok hari ini silahkan datang ke pasar atau tempat yang menjualnya.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Ciri-Ciri Ayam Bangkok

ciri ciri ayam bangkok
ciri ciri ayam bangkok (olx)

Ayam bangkok super memang sering dicari pembeli di pasaran atau bisa jadi termasuk Anda juga. Tentu, sebelum memutuskan untuk membeli ayam ini, Anda perlu mengetahui beberapa karakteristik ayam bangkok super ini mengingat harga ayam bangkok mahal maka Anda jangan sampai tertipu. Berikut ulasannya:

  1. Pukulan yang dilontarkan kepada lawan yaitu menyilang dan menggunting.
  2. Kaki pada pergelangan kaki berbentuk besar.
  3. Memiliki tulang rapat dan kokoh serta kepala berdiri tegak dan gagah yang digunakan untuk menyerang lawan dengan sigap.
  4. Memiliki kepak sayap yang lebih rapat daripada ayam biasanya.
  5. Bentuk kaki pada ayam ini adalah pipih yaitu bagian samping lebih lebar daripada depan.
  6. Tulang capit udang yang dimilikinya berbentuk rapat dan keras.
  7. Kepala pada ayam ini berbentuk mirip buah Pinang dengan bulu yang tebal.
  8. Terdapat sisik yang keras dan kering pada kakinya.
  9. Jari pada kaki ayam ini relatif kecil, runcing, dan panjang untuk memberi pukulan yang mematikan.

Cara Budidaya Ayam Bangkok Untuk Pemula

tips budidaya ayam bangkok
tips budidaya ayam bangkok (jualo.com)

Tips budidaya ayam bangkok akan sangat membantu Anda yang masih pemula dalam ternak ayam bangkok. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih indukan yang tepat dan berkualitas
  2. Perhatikan desain kandang yang nyaman dan jarak dengan kandang ayam lainnya. Ada tiga jenis desain kandang yang dapat dipilih yaitu Umbaran Satuan, Postal, dan kandang Tidur).
  3. Memberi pakan secara teratur dan merawat bibitnya dengan baik.
  4. Pemberian suplemen pada waktu tertentu.
  5. Mencabut sebagian bulu ayam pada usia 3 minggu dan 2 bulan.
  6. Merawat anakan secara intensif.

Jenis-Jenis Ayam Bangkok

Jika Anda ingin membeli ayam Thailand, ada baiknya Anda mengetahui Jenis ayam bangkok terbaik agar tidak menyesal nantinya. Berikut daftar rekomendasinya:

1. Ayam Bangkok Wangkas

gambar ayam bangkok wangkas emas
gambar ayam bangkok wangkas emas (yeyendwikurniawan.blogspot.com)

Banyak orang percaya bahwa jenis ayam ini berasal dari keturunan juarawan sehingga ia sangat cocok diikutsertakan dalam sabung ayam. Ayam Wangkas memiliki dua macam varian yaitu emas dan geni. Kombinasi warna emas yaitu warna kuning menyala dan kombinasi warna geni yaitu warna merah. Geni sendiri berarti api dalam bahasa Jawa.

Baca juga: Harga Ayam Ketawa

2. Ayam Bangkok Wiring

gambar ayam bangkok wiring
gambar ayam bangkok wiring (yeyendwikurniawan.blogspot.com)

Tidak seperti Ayam Wangkas yang dikagumi kekuatannya, Ayam Wiring memikat hati pencintanya dikarenakan tampilan tubuhnya yang sungguh menawan.

Ciri-ciri dari ayam ini adalah memiliki warna hitam, bulu rawis pada leher, dan bulu ekornya dipenuhi oleh warna merah menyala. Di Indonesia, ada 2 macam wiring yang dikenal yaitu wiring galih dengan dominansi cokelat dan wiring kuning dengan dominansi kuning.

3. Ayam Bangkok Pakhoy

gambar ayam bangkok pakhoy
gambar ayam bangkok pakhoy (olx)

Ayam Thailand Pakhoy memiliki ciri-ciri warna hitam, bulu coklat kemerahan pada lehernya dengan bentuk rawis. Ayam pakhoy ini dipercaya memiliki kecepatan hampir sama dengan ayam asli Myanmar, Ayam Burma.

4. Ayam Bangkok Jali

gambar ayam bangkok jali
gambar ayam bangkok jali (ayambangkokjogja.com)

Ayam Jali memiliki sebutan lain yaitu ayam blirik karena warnanya yang bervariasi. Variasi warna pada bulu ayam ini di antaranya bintik-bintik kuning, putih, hitam, dan merah. Ayam Jali ini memang kurang cocok untuk dijadikan ayam petarung, namun Anda bisa mempertimbangkannya sebagai ayam koleksi di rumah, bukan?

Baca juga: Harga Ayam Kalkun

5. Ayam Bangkok Blorok

gambar ayam bangkok blorok
gambar ayam bangkok blorok (jualo.com)

Walau Ayam Blorok sering disamakan dengan Ayam Jali karena coraknya yang hampir sama, Blorok memiliki kelebihan pada coraknya yang membedakannya dengan Jali yaitu dasar warna putih dengan tiga kombinasi warna yaitu hijau, merah, dan hitam.

Seperti yang diketahui, ayam Jali hanya memiliki dua kombinasi warna. Selain indah, Ayam Blorok juga lincah dalam petarung sehingga membuat pemiliknya tidak rugi memeliharanya.

6. Ayam Bangkok Klawu

gambar ayam bangkok klawu
gambar ayam bangkok klawu (olx)

Ayam ini memiliki warna sesuai dengan namanya. Klawu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti abu-abu. Warna abu-abu adalah warna dasar pada bulu ayam ini dengan kombinasi merah, hitam atau pun kuning gading yang bisa dilihat pada bulunya yang rawis dan sebagian tubuhnya.

Jika melihat dari tampilannya, mungkin sedikit orang menyukainya, namun, ayam klawu ini memiliki kelebihan pada kemampuan tarungnya yang bisa diacungi jempol.

7. Ayam Bangkok Jragem

gambar ayam bangkok jragem
gambar ayam bangkok jragem (ayamfight.blogspot.com)

Ayam Jragem atau dikenal dengan Bangkok kumbang ini memiliki warna hitam pekat sebagai ciri khasnya. Dapat dilihat dari warna kepala hingga sekujur tubuhnya yang seluruhnya berwarna hitam. Ayam ini memang cukup unik namun sekarang ini keberadaannya cukup langka di pasaran.

Baca juga: Harga Ayam Kate

8. Ayam Bangkok Putih

gambar ayam bangkok putih
gambar ayam bangkok putih (ayambangkok.web.id)

Satu-satunya ayam Thailand yang memiliki warna indah dan langka adalah jenis Bangkok Putih. Sesuai dengan namanya, ayam ini memiliki warna putih menyeluruh ke semua bagian tubuhnya. Itu mengapa, banyak orang membeli ayam ini untuk dipelihara di rumah dijadikan koleksi.

Ayam bangkok putih ini cukup mendekati sempurna karena tidak hanya warnanya yang mempesona, ia juga memiliki kemampuan tarung yang cukup hebat yaitu terlihat pada caranya memberikan pukulan keras pada lawan.

9. Ayam Bangkok Mathai

gambar ayam bangkok mathai
gambar ayam bangkok mathai (ayambangkoksuper.com)

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, Mathai (Myanmar-Thailand), tentu ayam mathai ini merupakan persilangan dari ayam Burma khas Myanmar dengan Ayam Thailand (Bangkok).

Kedua ayam ini memiliki kemampuan tarung yang tidak perlu diragukan lagi. Itu mengapa, hasil dari persilangan keduanya memiliki keunggulan yang merupakan perpaduan antara keduanya yaitu gesit dalam pukulan dan tangguh dalam bertarung.

Tips Supaya Ayam Bangkok Bertelur

gambar telur ayam bangkok
gambar telur ayam bangkok (tokopedia)

Berikut adalah cara ayam bangkok cepat bertelur, bisa coba dipraktekkan di rumah:

  1. Pilihlah induk yang memiliki kualitas bagus dengan melihat dari tubuhnya yang besar dan bobotnya yang berat. Selain itu pastikan ia memiliki bulu yang mengkilap dan tidak mudah rontok.
  2. Perhatikan nutrisi pada pakan yang diberikan.
  3. Berikan suplemen khusus untuk ayam yang akan bertelur.
  4. Aturlah tempat untuk bertelur senyaman mungkin.
  5. Lakukan teknik ampuh yang sering dilakukan oleh kebanyakan peternak yaitu dengan memanipulasi ayam itu sendiri. Caranya, siapkan ayam yang ingin Anda manipulasi, contohnya ada 3 ayam. Kawinkan ketiga ayam tersebut bersamaan dan biarkan mereka bertelur secara alami. Pilih salah satu dari mereka untuk diambil anaknya. Nantinya, anak ayam yang dipilih tersebut akan dikandangkan sedangkan anak ayam lainnya dibiarkan satu kandang dengan induknya. Setelah cukup dewasa, pemisahan dilakukan bergantian pada dua ayam lainnya satu per satu.

Cara Merawat Ayam Bangkok

merawat ternak ayam bangkok
merawat ternak ayam bangkok (Kompasiana.com)

Dalam memelihara ayam Thailand, Anda perlu mengetahui tips merawat ayam bangkok dengan benar. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Menyediakan pakan sesuai takaran; Jika ayam Anda memiliki berat 3 s/d 4kg, maka pemberian makan adalah sebesar 200 hingga 300 gram pada setiap pemberian makanan. Untuk melatih paruh ayam agar kuat dalam bertarung, Anda dapat memberikan jagung.
  2. Berikan vitamin dan suplemen pada malam hari.
  3. Mandikan ayam Anda secara teratur agar tetap bersih dan penampilannya tetap menarik.
  4. Jemur ayam Anda setelah dimandikan di bawah sinar matahari dengan pemilihan waktu yang tepat yaitu pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00.

Harga ayam bangkok di pasaran cukup beragam, semuanya tergantung pada usia ayam hingga jenis dan kualitasnya. Biasanya harga ayam dibanderol mulai dari Rp300.000 hingga Rp1 jutaan lebih. Anda dapat menyesuaikannya dengan bajet yang Anda miliki. Semoga informasi tentang Ayam Bangkok diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar