Harga Ayam Kate

Ayam Kate merupakan salah satu jenis ayam ayam hias yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain memiliki bentuk yang unik jenis ayam ini memiliki berbagai macam warna yang tentu sangat menarik dan menggemaskan.

Meskipun sama-sama tergolong jenis unggas namun karakteristik yang dimiliki ayam ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis ayam pada umumnya.

Seperti yang diketahui kate sendiri termasuk jenis ayam yang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dan mungil, sehingga tidak heran jika banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Saat ini jenis kate mulai banyak dibudidayakan oleh para peternak, selain karena harganya yang terus meningkat, perawatan ayan ini juga tergolong mudah dan cepat.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara jenis kate sebaiknya untuk membeli bibit yang benar-benar unggul agar kedepannya indukan dapat menghasilkan keturunan yang sehat dan sempurna atau tidak cacat.

Untuk mengetahui tentang ayam kate dan cara perawatannya, simak beberapa informasi dibawah ini.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Mengenal Karakteristik Ayam Kate

Apa itu ayam kate? Sejarah singkat ayam ini yaitu pertama kali ditemukan di dataran tanah jawa tepatnya di daerah pelabuhan Batam atau saat ini lebih dikenal dengan provinsi Batam.

ayam-kate
Gambar Ayam Kate (duniaq.com)

Jika dilihat dari jenisnya, ayam ini tergolong dalam salah satu jenis ayam hias karena memiliki bentuk tubuh yang kecil dan lucu.

Bagi Anda yang masih bingung membedakan jenis ayam biasa dengan jenis kate ini. Berikut sedikit ulasan tentang ciri-ciri dari ayam kate ini.

  1. Ukuran tubuh jenis kate sendiri tergolong sangat kecil dan mungil. Jika dilihat dari warna bulunya juga berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.
  2. Jika dilihat dari postur tubuhnya, jenis ayam ini memiliki postur tubuh yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis ayam pada umumnya dimana dada ayam ini selalu membusung dengan bulu bagian ekor yang selalu menjulang ke atas.
  3. Ciri lainnya dari ayam ini yaitu memiliki berbagai macam warna seperti hitam merah, kuning cokelat, dan cokelat kemerahan. Masing-masing warna yang tersedia sesuai dengan jenis varietas
  4. Ciri lainnya yaitu jenis kate ini memiliki sifat yang begitu agresif sehingga bisa bersifat keras kepala jika Anda memasakkan sesuatu kepadanya.
  5. Memiliki kemampuan mengenali pemiliknya. Hewan yang satu ini memang sudah terkenal akan kepintarannya. Sehingga tidak heran jika ayam ini mampu mengenali wajah pemiliknya.

Seperti yang diketahui ayam jenis ini tersedia beragai jenis, warna dan ukuran. Perlu Anda ketahui bahwa harga jenis Kate sendiri bisa dibilang kompetitif atau selalu bersaing.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya karena memiliki harga yang selalu naik setiap tahunnya.

Berikut ini daftar harga ayam Kate yang wajib Anda ketahui.

Daftar Harga Ayam Kate Terbaru Lengkap 2019

Jenis Ayam KateHarga Per Ekor

Harga Ayam Kate Per Umur

1 bulanRp105.000
2 bulanRp127.000
3 bulanRp152.000
4 bulanRp203.000
5 bulanRp255.000
DewasaRp355.000

Harga Ayam Simbar Per Umur

1 bulanRp103.000
2 bulanRp127.000
3 bulanRp152.000
4 bulanRp201.000
5 bulanRp256.000
DewasaRp302.000

Harga Ayam Walik Per Umur

1 bulanRp126.500
2 bulanRp153.500
3 bulanRp174.500
4 bulanRp226.500
5 bulanRp352.400
DewasaRp451.500

Baca juga: Harga Ayam Petelur

Jenis-Jenis Ayam Kate

Perlu Anda ketahui bahwa ayam ini memiliki banyak sekali jenis yang kesemua jenisnya bisa Anda temukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Berikut jenis-jenis ayam kate yang bisa Anda jumpai di pasaran.

1. Kate Betindo

ayam-kate-betindo
Gambar Ayam Kate Betindo (Gambar.co.id)

Jenis Kate Betindo memiliki ciri utama yaitu bulu yang berwarna putih pada bagian tubuhnya. Sedangkan warna hitam terletak pada bagian ujung sayap dan ekornya.

Pada ayam jenis ini memiliki jengger yang berwarna merah menyala sehingga sangat mudah sekali untuk dibedakan.

2. Kate Batik

ayam-kate-batik
Gambar Ayam Kate Batik (okdogi.com)

Jenis populer selanjutnya yaitu Kate Batik. Jenis ini paling banyak dicari karena memiliki corak warna yang begitu unik pada bagian tubuhnya.

Perlu Anda ketahui bahwa kate jenis ini merupakan kate impor yang berasal dari luar negeri. Dengan warna yang unik tersebut harga yang ditawarkan oleh jenis ini masih terbilang sangat mahal di pasaran.

3. Kate Blasteran

ayam-kate-blasteran
Gambar Ayam Kate Blasteran (Youtube.com)

Kate blasteran merupakan jenis kate yang dikawinkan secara silang antara jenis Kate dari lokal dengan kate dari luar negeri.

Sehingga tidak heran jika ayam yang satu ini memiliki ciri fisik perpaduan warna yang begitu beragam yang berasal dari kedua induknya.

Perlu Anda ketahui karena jenis ini merupakan hasil dari persilangan maka harga hewan (ayam) ini pun masih tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

4. Kate Jepang

ayam-kate-jepang
Gambar Ayam Kate Jepang (arenahewan.com)

Jenis yang terakhir yaitu Kate Jepang. Jenis yang satu ini memiliki ciri-ciri yaitu memiliki bulu yang berwarna kuning keemasan dan pada bagian ekor dari jenis ini terdapat sedikit warna tambahan warna putih kombinasi dengan warna kuning.

Sedangkan pada bagian jengger dan pial memiliki warna merah. Selain ciri-ciri tersebut, ternyata Kate jepang ini memiliki kaki yang pendek dengan warna putih ke kuning-kuningan.

Baca juga: Harga Ayam Ketawa

Cara Memelihara Ayam Kate

Seperti yang diketahui ayam jenis ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang masih menjadi favorit masyarakat di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam jenis ini,  ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar ayam yang Anda pelihara selalu dalam kondisi sehat. Cara merawat ayam Kate antara lain:

1. Kandang

Sama halnya seperti ayam jenis lainnya, jenis Kate sendiri juga membutuhkan kandang yang begitu aman dan nyaman untuk ditinggali.

Model atau desain kandangnya pun hampir sama seperti model kandang ayam pada umumnya yaitu memiliki luas yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu sempit sehingga Kate merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Selain bentuk kandang, hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah masalah kebersihan kandang.

Perlu Anda ketahui Kate termasuk jenis ayam yang tidak bisa hidup dalam lingkungan yang kotor sehingga ketika mereka berada lingkungan yang kurang nyaman maka cenderung akan mudah sakit dan mudah mati.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk memeliharanya, usahakan untuk selalu membersihkan dan merawat kandangnya secara rutin.

2. Makanan

Selanjutnya cara untuk merawat Kate dengan benar yaitu dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

Makanan ayam Kate sendiri terbilang cukup mudah, sebaiknya selain memberikan makanan pada umumnya seperti makanan rumahan, Anda juga harus memberikan vitamin agar ayam peliharaan Anda tidak mudah sakit.

Oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhatikan jenis makanan yang Anda berikan.

Memelihara ayam jenis Kate bisa dikatakan susah-susah gampang. Intinya jika Anda tertarik untuk memeliharanya pastikan untuk menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan memberikan makanan yang bergizi agar peliharaan Anda tersebut dapat tumbuh sehat dan memiliki harga jual yang tinggi nantinya.

Demikian tadi sedikit ulasan seputar Ayam Kate yang perlu Anda ketahui. Semoga Informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda ya!

Originally posted 2019-01-04 10:08:28.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar