Harga Ayam Ketawa

Ayam Ketawa atau dikenal dengan sebutan ayam jantan dari timur merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan.

Seperti yang diketahui Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keanekaragaman fauna terbesar di dunia. Sehingga tidak heran jika berbagai jenis fauna tersebar luas di seluruh daerah di Indonesia.

Diantara keanekaragaman yang dimiliki tersebut terdapat satu hewan yang memang sudah sangat populer di hampir seluruh daerah di Indonesia yaitu Ayam.

ayam-ketawa
Gambar Ayam Ketawa (Youtube.com)

Seperti yang diketahui berbagai jenis ayam tersebar luas hampir di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu jenis ayam yang sangat unik dan banyak sekali dicari oleh para pecinta ayam yaitu jenis Ayam Ketawa.

Mengapa banyak dicari oleh para penggemar ayam? Karena Ayam ini memiliki suara unik seperti orang tertawa. Dulunya Ayam Ketawa ini hanya dipelihara pada lingkungan bangsawan Bugis yang digunakan sebagai suatu simbol untuk menggambarkan status sosial tentang kesuksesan dan keberanian.

Ingin tahu lebih lanjut beberapa fakta unik tentang ciri, cara merawat dan harga hewan(ayam) jenis ini? Simak informasi dibawah ini.

Ciri-Ciri Ayam Ketawa

Apa itu ayam ketawa? Secara fisik jenis ayam ini memiliki perawakan dan bulu yang hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya.

Salah satu keunikan ayam ini yaitu terletak diujung suara kokok yang terdengar seperti manusia sedang tertawa. Sementara itu jenis betina ayam ini bisa bertelur sangat produktif karena dapat menghasilkan rata-rata 11 sampai 13 telur dalam setiap periode nya.

Perlu diketahui ayam jenis ini memiliki tiga model interval suara kokok, yaitu Garetek untuk suara kokok dengan interval cepat, Gagah untuk suara kokok dengan interval lambat, Dodo untuk suara kokok dari ayam ini yang mendayu-dayu

Baca juga: Harga Ayam Serama

Untuk mengetahui tentang karakteristik dari ayam ketawa, berikut penjelasan singkatnya.

  1. Memiliki jenis pita suara yang berbeda dengan jenis ayam lainnya, pita suara jenis ayam ini yang ternyata terputus. Ciri tersebut tidak seperti pita suara ayam pada umumnya yang besar dan menyambung. Sehingga tidak heran jika ayam ketawa ini memiliki suara yang terputus-putus yang sangat mirip dengan orang tertawa.
  2. Jika dilihat secara fisiknya, ayam ini memiliki bulu yang cukup mirip dengan ayam kampung.
  3. Memiliki berat badan sekitar 4-6 kg pada usia dewasa.
  4. Memiliki berbagai jenis warna yang meliputi kuning, hitam, putih, dan hijau.

Berbicara tentang harga, jenis ayam ini memiliki harga yang bervariasi. Harga tersebut biasanya sesuai dengan usia dari ayam. Perlu Anda ketahui bahwa masing-masing daerah memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut daftar Harga Ayam Ketawa di Pasaran secara umum:

Daftar Harga Ayam Ketawa Terbaru 2019

NamaHarga
Telur Ayam KetawaRp35.000
Ayam Ketawa Usia 1 BulanRp120.000
Ayam Ketawa Usia 2 BulanRp155.000
Ayam Ketawa Usia 3 BulanRp205.000
Ayam Ketawa Usia 4 BulanRp255.000
Ayam Ketawa Usia 5 BulanRp310.000
Ayam Ketawa DewasaRp450.000

Harga ayam ketawa sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Harganya pun tidak sampai berjuta-juta sehingga tidak akan menguras kantor Anda.

Sehingga sangat cocok untuk dipelihara atau hanya untuk hiasan di rumah Anda.Sedangkan untuk masalah Kandang, kandang yang digunakan jenis ayam ini sebenarnya sama dengan kandang ayam jenis lainnya.

Jenis-Jenis Ayam Ketawa

Seperti yang diketahui ada banyak jenis yang terdapat pada jenis ayam yang satu ini. Berikut jenis-jenis Ayam Ketawa yang terdapat di seluruh daerah di Indonesia, antara lain

1. Bakka

ayam-ketawa-jenis-bakka
Gambar Ayam Ketawa Jenis Bakka (Duniaq.com)

Ciri ciri utama jenis ayam ini yaitu berwarna putih mengkilap dengan variasi warna hitam, oranye dan merah. Kakinya bisa berwarna hitam atau putih.

2. Lapping

ayam-ketawa-lapping
Gambar Ayam Ketawa Jenis Lapping (Gedubar.com)

Ciri khas dari jenis kedua ayam ini adalah memiliki warna hitam pada bulu dengan kombinasi warna merah. Ayam ini memiliki warna mata yang unik yaitu berwarna putih.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih 

3. Ceppega

ayam-ketawa-cepegga
Gambar Ayam Ketawa Jenis Ceppega (ayamketawa001.blogspot.com)

Warna bulu ayam jenis ceppega adalah variasi hitam dan putih. Biasanya terdapat garis putih pada bagian badan sampai pangkal leher. Sedangkan untuk bagian kaki, kaki ayam jenis ini berwarna hitam.

4. Korro

Kilapan warna hijau dan putih menghiasi warna dasar bulu ayam ini yaitu hitam. Bagian kaki bisa berwarna hitam dan kuning.

5. Ijo Buota

Sesuai dengan namanya, ayam jenis ini memiliki warna dasar hijau dengan sedikit kombinasi dengan warna merah. Pada bagian sayapnya terdapat sedikit warna hitam dan warna kuning menghiasi bagian kaki.

6. Bori Tase’

Warna dari ayam jenis terakhir ini sangat mencolok, yaitu kombinasi antara merah dan bintik kuning keemasan yang memberikan kesan mewah pada ayam jenis ini.

Makanan untuk Ayam Ketawa

Bagaimana caranya agar ayam jenis ini bisa gacor? Mungkin masalah ini hampir dialami oleh sebagian pecinta hewan jenis ini.

Sebenarnya cara untuk mengatasinya sangat mudah, Anda hanya cukup memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Seperti yang diketahui bahwa Makanan Ayam Ketawa tidak begitu berbeda dengan ayam biasanya.

Anda bisa memberikan biji-bijian, voer, konsentrat dan jenis makanan lainnya. Fungsi dari pakan ayam yang bergizi tersebut yaitu dapat membuat ayam berkokok dengan sangat indah dan merdu.

Begitu pula sebaliknya, jika pakan yang diberikan tidak mengandung gizi maka ayam ini tidak akan mudah untuk berkokok dan suaranya pun tidak menjadi merdu.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Lalu bagaimana caranya agar ayam jenis ini berkokok dengan waktu yang lama atau panjang? Caranya yaitu dengan memberikan pakan yang benar dan bergizi seperti beras merah, jagung giling atau ketan hitam.

Jenis makanan tersebut dipercaya dapat membuat suara ketawa lebih lama dan panjang.  Sedangkan bagi Anda yang ingin membuat Ayam lebih bagus dalam berkokok, Anda juga bisa memberikan jamu herbal atau alami.

Untuk membuat jamu nya sendiri tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menyiapkan gula merah, madu, tomat dan jahe. Caranya yaitu haluskan semua bahan yang sudah disiapkan lalu masukkan kedalam satu wadah aduk sampai rata.

Kemudian campuran bahan tersebut dimasak menggunakan kompor dan diaduk-aduk hingga mendidih. Setelah matang, jamu tersebut bisa diangkat dan tunggu sampai dingin.

Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu kebersihan kandang tersebut. Kandang harus dibersihkan secara rutin minimal dua kali dalam sehari, tujuannya adalah agar ayam tidak merasa malas untuk berkokok dan bersuara.

Kenapa begitu? Karena apabila kandang dalam kondisi kotor dengan lingkungannya yang tidak mendukung ayam cenderung malas dan tidak mau untuk berkokok.

Selain pemeliharaan kebersihan kandang, kerapian kandang juga perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan bagi ayam maupun pada tampilan ayam ketawa dirumah.

Hal tersebut berguna untuk menjaga keindahan serta kecerahan pada bulunya.Demikian tadi sedikit informasi tentang fakta menarik dari Ayam Ketawa yang wajib untuk Anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk memelihara ayam jenis ini.

Originally posted 2019-01-18 14:06:53.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar