Harga Ayam Mutiara

Ayam Mutiara jika dilihat dari harganya, memang merupakan salah satu jenis ayam memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Alasan utama yang menjadikan harga hewan (ayam) jenis ini sedikit lebih mahal karena termasuk dalam golongan atau jenis ayam hias. Seperti yang diketahui jenis ayam ini berasal dari Afrika dan habitat aslinya yaitu bergerombol di semak-semak sabana.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memelihara jenis ayam ini karena memiliki keindahan bulu dan bentuk yang cukup unik.

Perlu diketahui bahwa ayam jenis ini berproduksi telur hanya pada musim hujan saja. Dalam bertelur, ayam ini juga tidak mau bertelur pada satu tempat saja, sehingga tidak heran jika model bertelur nya di sembarang tempat.

Untuk jumlah telurnya sendiri dalam sekali bertelur bisa mencapai sekitar 50 sampai 70 butir dan mulai bertelur apabila usianya sudah diatas 6-7 bulan.

Bagi Anda yang baru pertama kali melihat ayam jenis ini mungkin akan menganggap hewan ini adalah hewan yang di lindungi.

Baca Juga: Harga Ayam Ketawa

Memiliki warna yang unik dan mempunyai suara yang khas membuat banyak orang yang tertarik untuk memelihara Ayam Mutiara ini. Tertarik untuk memeliharanya juga? Terlebih dahulu simak beberapa informasi dibawah ini.

ayam-mutiara
Gambar Ayam Mutiara (carabudidayaternak.net)

Berbicara tentang jenis ayam hias, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang harga ayam itu sendiri. Bagi para pecinta ayam hias, harga ayam mutiara di pasaran memiliki harga yang mahal bukan menjadi hal yang penting karena kualitas ayam menjadi salah satu faktor kepuasannya.

Ciri dan Karakteristik Ayam Mutiara

Pesona dari ayam ini menjadi semakin populer dan banyak digemari beberapa tahun terakhir, tidak hanya dikalangan masyarakat nusantara saja tetapi juga sampai masyarakat dunia pun sangat menyukai jenis ayam ini.

Sehingga tidak heran jika jenis ayam ini memiliki banyak sekali pemburu baik digunakan untuk ayam hias maupun diternakkan untuk para kolektor ayam hias.

Seiring dengan perkembangannya, saat ini jenis ayam ini semakin bervariasi dan banyak jenisnya. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali orang yang memiliki hobi memelihara dan mengawinkan silang antara jenis ayam ini dengan ayam yang lain.

Ayam ini sering kali dimasukkan kedalam kategori ayam hias karena memiliki bulu yang indah dan juga unik, jika dipegang akan terasa lembut.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara jenis ayam ini namun masih bingung membedakan antara jenis betina dan jantan. Berikut ini beberapa perbedaan antara jantan dan betina yang wajib Anda ketahui:

Perbedaan Ayam Mutiara Jantan dengan Betina

Ayam Mutiara JantanAyam Mutiara Betina
Pial bawah memiliki warna merah terang dan lebarPial bawah memiliki warna merah pudar dan lebih kecil
Pada bagian hidung seperti ada pembengkakan dan terlihat jelasBengkak pada bagian atas hidung tidak terlalu jelas
Tanduk disebelah atas tegak, berisi, tumpul dan berwarna lebih gelapTanduk ujung pada bagian atas, sorong ke belakang, agak runcing dan kurang berisi

Selain dapat dijadikan sebagai ayam hias, ternyata jenis ayam ini juga bisa dijadikan sebagai hewan penjaga rumah, karena suara kokok nya yang kedengaran sangat nyaring dan bising saat didekati dengan orang asing.

Baca juga: Harga Ayam Serama

Seperti yang diketahui bahwa harga mahal pada ayam hias itu merupakan hal yang wajar karena populasinya tidak sebanyak seperti ayam kampung pada umumnya.

Selain itu ayam hias juga memiliki kelebihan yang tidak semuanya dimiliki oleh ayam kampung. Untuk saat ini harga ayam jenis putih dan plangkok memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga beberapa jenis ayam mutiara, antara lain.

Daftar Harga Ayam Mutiara Semua Jenis 2019

Jenis Ayam MutiaraHarga Dalam Rp

Harga Ayam Mutiara Warna Hitam

Ayam Mutiara Hitam Usia 1 BulanRp105.000
Ayam Mutiara Hitam Usia 2 BulanRp130.000
Ayam Mutiara Hitam Usia 3 BulanRp145.000
Ayam Mutiara Hitam Usia 4 BulanRp205.000
Ayam Mutiara Hitam Usia 5 BulanRp250.000
Ayam Mutiara Hitam DewasaRp310.000

Harga Ayam Mutiara Warna Plangkok Putih

Ayam Mutiara Putih atau Plangkok  Usia 1 BulanRp180.000
Ayam Mutiara Putih atau Plangkok Usia 2 BulanRp252.000
Ayam Mutiara Putih atau Plangkok Usia 3 BulanRp330.000
Ayam Mutiara Putih atau Plangkok Usia 4 BulanRp400.000
Ayam Mutiara Putih atau Plangkok Usia 5 BulanRp430.000
Ayam Mutiara Putih atau Plangkok DewasaRp490.000

Harga Ayam Mutiara Warna Silver (Abu-Abu)

Ayam Mutiara Silver Usia 1 BulanRp200.000
Ayam Mutiara Silver Usia 2 BulanRp250.000
Ayam Mutiara Silver Usia 3 BulanRp350.000
Ayam Mutiara Silver Usia 4 BulanRp400.000
Ayam Mutiara Silver Usia 5 BulanRp450.000
Ayam Mutiara Silver DewasaRp500.000

Harga Ayam Mutiara Warna Putih Albino

Ayam Mutiara Putih Albino Usia 1 BulanRp205.000
Ayam Mutiara Putih Albino Usia 2 BulanRp250.000
Ayam Mutiara Putih Albino Usia 3 BulanRp355.000
Ayam Mutiara Putih Albino Usia 4 BulanRp400.000
Ayam Mutiara Putih Albino Usia 5 BulanRp455.000
Ayam Mutiara Putih Albino DewasaRp510.000

Perlu diketahui bahwa harga ayam ini tidak sama antara daerah satu dengan daerah lainnya. Namun harga diatas merupakan gambaran harga secara umum di pasaran.

Jenis-Jenis Ayam Mutiara

Untuk pemeliharaannya, jenis ayam ini hampir sama dengan ayam pada umumnya, hanya saja bisa juga diletakkan pada kandang yang agak luas agar lebih nyaman sehingga lebih tumbuh dan berkembang biak.

Jenis-Jenis Ayam Mutiara di Indonesia sendiri ada empat macam sering ditemui, diantaranya:

1. Mutiara Hitam

ayam-mutiara-hitam
Gambar Ayam Mutiara Hitam (ternakayam.ptnasa.net)

Jenis ayam ini memiliki warna hitam dengan bintik-bintik mutiara warna putih pada bagian badannya.

2. Mutiara Plangkok

ayam-mutiara-plangkok
Gambar Ayam Plangkok (jualayamhias.com)

Merupakan jenis ayam yang juga berwarna gelap atau hitam dengan motif bintik-bintik putih pada bulunya. Pada bagian sayap, perut, dan kepalanya memiliki warna putih, pada paruh pial dan kakinya berwarna kuning serta berwarna hitam pada bagian lehernya.

3. Mutiara Putih

ayam-mutiara-putih
Gambar Ayam Mutiara Putih (Hobiternak.com)

Jenis ini memiliki warna putih pada seluruh tubuhnya sehingga bintik mutiara yang terdapat pada bagian badan hampir tidak kelihatan.

4. Mutiara Silver

harga-ayam-mutiara
Gambar Ayam Mutiara Silver (Hobiternak.com)

Memiliki warna abu-abu dengan binti-bintik mutiara yang berwarna putih pada bagian badan. Kebanyakan orang yang menyebutnya dengan sebutan ayam mutiara lavender.

Jenis ini mempunyai kepala yang berwarna hitam keputihan serta berwarna kuning ke abu-abuan pada bagian kakinya.

Makanan Ayam Mutiara

Hewan jenis merupakan salah satu golongan hewan omnivora yang bisa memakan segalanya baik tumbuhan maupun daging. Pada habitat aslinya ayam ini memakan berbagai jenis rerumputan maupun serangga.

Sedangkan untuk pemeliharaannya di rumah makanan ayam mutiara ini bisa diberikan pakan seperti nasi, dedak, bekatul, jagung, kedelai, sisa sayuran dan makanan lainnya.

Sedangkan bagi Anda yang ingin membudidayakan nya secara intensif sebaiknya dalam pemberian pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya.

Kebutuhan gizi akan terpenuhi dengan baik jika Anda memberikan sayur-sayuran, konsentrat, dan juga bekatul.

Nah sedangkan prihal pemberian pakan anak ayam, Anda bisa menambahkan konsentrat starter karena di dalamnya terkandung protein yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Tetapi, jika ayam ini sudah mulai memasuki usia perkembangan bisa diberikan pakan berupa konsentrat grower untuk memicu produktivitas dalam produksi telur serta keindahan tubuhnya.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih 

Selain dijadikan sebagai ayam hias, jenis ayam ini juga bisa dijadikan hewan penjaga rumah, karena suara kokok nya yang kedengaran begitu nyaring dan bising.

Ayam ini juga bisa dikembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya. Perlu Anda ketahui daging dari ayam jenis ini sudah terkenal akan kelezatan nya.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang Ayam Mutiara mulai dari karakteristik, jenis, makanan hingga harganya. Semoga informasi diatas menginspirasi dan membantu Anda dalam memecahkan masalah terkait dengan pemeliharaan jenis ayam ini.

Originally posted 2019-01-18 14:50:38.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar