Harga Ayam Serama

Ayam Serema adalah hewan sejenis unggas yang sering dijadikan peternakan dan dijadikan sebagai ladang bisnis daging ayam, telur dan lain – lain. Sebab harga ayam ini kalau dijual sangat mengiurkan.

Karena ayam sangat populer, ada satu jenis ayam yang dijadikan sebagai ayam hias. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail mengenai ayam yang cocok untuk bisnis unggas.

Apa Itu Ayam Serama?

Ayam ini adalah jenis ayam yang mempunyai tubuh kecil dan mungil. Ukuran tubuhnya bahkan lebih kecil dari ayam pada umumnya.

Lalu untuk suatu pertanyaan mengenai “apa itu Ayam Serama ? “, sebagian besar akan menjawab ayam tersebut adalah ayam hias yang berasal dari Malaysia.

gambar-ayam-serama
Gambar Ayam Serama (Hewan.id)

Ayam ini memang telah dikenal sebuah ayam hias yang berasal dari Malaysia. Namun pada kenyataanya keberadaan ayam ini masih menjadi suatu misteri hingga tersebar berbagai mitos dan kabar burung yang patut dipertanyakan kebenarannya.

Kabarnya ayam ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara burung merpati dengan ayam katik. Pada kenyataannya burung dengan ayam walaupun tergolong unggas, tetapi kecil kemungkinan terjadinya perkawinan silang. Apalagi pada dahulu belum dikenal perkawinan silang.

Mitos lain menyatakan bahwa di nusantara sudah ada ayam ini yang dikenal dengan ayam sombong pada masa kerajaan.

Baca juga: Harga Ayam Ketawa

Ayam jenis ini telah populer semenjak Raja Thailand menghibahkan sebuah ayam katik atau kate untuk Sultan Malaysia. Nama dari ayam ini berasal dari karakter pewayangan Ramayana.

Kabar lain mengenai ayam ini adalah seorang warga malaysia yang bernama Wee Yean Een melakukan perkawinan silang antara ayam kate dan ayam bantam pasa 1971.

Berdasarkan dari nama orang tersebut bukanlah suku melayu, melainkan keturunan suku tionghoa.Mitosnya memang menyebutkan kalau serama itu tidak jelas asal-usulnya. Namun kalau fakta serama, ternyata Ia sengaja diciptakan oleh manusia dan yang menciptakannya adalah orang Malaysia bernama Wee Yean Een, pada tahun 1971. Ia mengawinkan ayam Kate dengan ayam Bantam, jadilah Serama.

Sedangkan harga ayam serama sama seperti harga hewan hias secara umum mulai dari 100.000 IDR hingga 250.000 IDR. Harga tersebut merupakan harga Ayam Serama dipasaran yang berukuran kecil dan berumur kurang dari 5 bulan.

Sedangkan harga serama dipasaran dewasa mulai dari 500.000 IDR hingga 2.000.000 IDR. Bahkan untuk jenis serama ideal atau kontes harganya dapat mencapai 25 juta hingga 30 juta. Terlebih lagi untuk serama yang telah menang dalam suatu kontes, harganya bisa mencapai 300 juta.

Daftar Harga Ayam Serama 2019 Terbaru

NamaHarga
Anakan Usia 1 BulanRp100.000
Anakan Usia 2 BulanRp125.000
Anakan Usia 3 BulanRp150.000
Anakan Usia 4 BulanRp200.000
Anakan Usia 5 BulanRp350.000
Serama DewasaRp500.000
Serama KontesRp25.000.000

Ciri-Ciri Ayam Serama

Sekilas ayam ini hampir mirip dengan ayam kate. Faktanya ayam kate dan serama beda spesies. Untuk memperjelas perbedaan antara serama dan kate, ada hal yang menjadi ciri khas dari ayam ini.

gambar-perbedaan-ayam-serama-dan-ayam-kate
Gambar Perbedaan Ayam Serama dan Ayam Kate (Youtube.com)

Karakteristik ayam serama tersebut antara lain :

  1. Ayam ini mempunyai ekor tegak lurus dan panjangnya dapat mencapai kepala.Kepala ayam ini lebih kecil daripada ayam kate.
  2. Tingginya hanya mencapai sejengkal tangan orang dewasa.
  3. Mempunyai sayap lebar hingga dapat menyentuh tanah.
  4. Berat badannya kurang dari 500 gram.
  5. Mempunyai karakter jinak, manja dan cukup pandai mengenali majikannya.
  6. Kepala selalu mendongak ke atas dan dada yang busung.

Jenis – Jenis Ayam Serama

Jenis – jenis Ayam Serama secara secara umum dibedakan menjadi 3 buah, yaitu :

1. Serama Tipe apel atau bold

ayam-serama-apel
Gambar Ayam Serama Jenis Apel (Agrinak.com)

Jenis serama ini populer pada sekitar tahun 2003. Ciri – ciri khas dari serama apel adalah mempunyai tubuh bulat dan kaki pendek. Ketika badannya tegak lurus dan dalam posisi membusungkan dada kepala ayam ini seperti tertarik ke belakang.

2. Serama Tipe slim

ayam-serama-jenis-slim
Gambar Serama Jenis Slim (Agrinak.com)

Kepopuleran dari serama slim sekitar 10 tahun silam. Jenis ayam ini adalah serama paling banyak diminati dan populer di antara pecinta serama.

Ciri khas dari serama slim mempunyai postur tubuh yang lebih tegak daripada jenis serama lain. Kaki dari ayam jenis juga pendek dan mempunyai tubuh ramping.

3. Serama Tipe ideal

ayam-serama-tipe-ideal
Gambar Ayam Serama Jenis Ideal (omlet.com.au)

Serama ideal ini adalah hasil dari persilangan antara serama apel dan slim. Ciri khas dari persilangan ini adalah tubuh yang ramping dan dada yang besar.

Biasanya jenis serama ideal dijadikan untuk kontes atau perlombaan hewan, khususnya ayam. Karena itu jenis serama ini juga disebut dengan serama kontes.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Cara Memberi Makanan Ayam Serama

Cara merawat dan memberi makanan Ayam Serama sangat berbeda jauh dari ayam pada umumnya. Jenis ayam harus mendapatkan perlakuan khusus.

Inilah cara merawat serama yang baik dan benar :

1. Makanan Ayam Serama

Makanan Ayam Serama utama yaitu jenis biji – bijian, seperti jagung. Jagung ini mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dari serama dewasa. Sebab karbohidrat dapat membantu proses pembentukan cangkang telur untuk serama betina.

2. Kandang ideal untuk serama

Kandang serama harus dipersihkan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan keindahan bulu serama. Jadi serama akan selalu terlindung dari berbagai macam jenis penyakit.

Bentuk kandang dari serama harus tinggi dan luas, sebab jenis ayam ini sangat menyukai jalan – jalan. Sebaiknya satu ayam satu kandang, agar tidak terjadi pertengkaran.

3. Proses perkawinan serama

Dalam peternakan Ayam Serama, untuk serama betina dilakukan teknik kawin gilir. Seekor serama betina dapat melayani 3 ekor jantan dalam selang waktu selama 2 hingga 3 jam. Hal ini dapat membantu mendapat hasil yang maksimal dari telur dan calon ayam sendiri.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih 

4. Proses pengeraman dan penetasan

Biasaya induk ayam akan mengerami telur – telurnya dan menjaga hingga menetas. Namun pada serama yang mempunyai sifat sensitif sering kali enggan untuk mengerami telurnya sendiri.

Oleh karena siapkan tempat pengeram yang sangat nyaman. Biasanya serama betina sangat suka mengeramai telur di atas jerami.

5. Suhu ideal bagi serama

Suhu ideal bagi serama sekitar 37 °C hingga 38 °C. Walaupun suhu tersebut cukup panas, namun kelembaban harus dijaga. Karena itu beri satu wadah air di dalam kandang sebagai pelembab.

Jika udara dalam kandang terlalu kering, dapat menyebabkan bulu dan kulit menjadi kering. Bahkan untuk telurnya kesulitan dalam memecahkan cangkang.

6. Mandi secara teratur

Selain membersihkan kandang secara rutin, serama juga harus dimandikan secara teratur. Hal ini untuk menjaga kelembaban dan keindahan bulu. Setelah serama dimandikan, harus dijemur di tempat yang bersih.

7. Melatih serama

Untuk serama yang akan mengikuti suatu kontes, sebaiknya dilakukan pelatihan terlebih dahulu. Pelatihannya juga cukup mudah, hanya terbiasakan serama berada di karpet hijau.

Panggung dari kompetisi biasanya dilengkapi dengan karpet hijau. Sedangkan untuk seram yang tidak terbiasa dengan karpet hijau biasanya akan sering mematok ke arah karpet dan mengira karpet adalah rumput.

Cara dari merawat Ayam Serama tersebut merupakan tips bagi yang berminat memelihara serama. Sebagai ayam hias, serama tidak selalu dijadikan untuk suatu kontes. Dapat juga dijadikan sebagai peliharaan.

Demikian tadi informasi harga ayam serama. Tertarik untuk mulai memeliharanya sekarang?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar