2 Katalog Harga Baja Ringan Terbaru dan Lengkap!

Baja ringan kini banyak dilirik untuk bahan dasar rumah, khususnya rumah model minimalis yang banyak kita jumpai. Beberapa diantaranya digunakan sebagai konstruksi baja ringan dari mulai atap, pagar rumah, ataupun kanopi.

Tentu hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Karena, dibandingkan dengan bahan material konvensional lainnya, baja ringan memiliki banyak keunggulan meskipun juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan baja ringan.

Berbagai Keunggulan Baja Ringan

Baja ringan sangat diminati masyarakat sebagai pengganti baja konvensional atau kayu sebagai rangka atap karena bobotnya yang ringan. Dengan demikian, proses transportasi dan pemasangan pembangunan rumah atau bangunan menjadi lebih mudah.

Namun meski berbobot ringan, hal tersebut  tidak mengurangi kekuatan tarik yang dimiliki. Karena itu, baja ringan sangat tepat untuk digunakan sebagai atap baja ringan apalagi jika konstruksi bentang cukup lebar.

Baja ringan juga memiliki sifat liat, yakni kemampuan material dalam menyerap energi dalam jumlah yang besar. Dan baja ringan mampu menahan deformasi besar tanpa menyebabkan keruntuhan pada beban tarik.

Beban deformasi selama transportasi, fabrikasi, ataupun konstruksi, mampu tertahan dengan baik oleh baja tanpa menyebabkan kehancuran. Sementara bahan material lainnya seperti kayu, dan baja konvensional akan langsung hancur jika terkena beban kejut.

Penggunaan atap baja ringan misalnya mampu menahan berbagai beban kejut, kelenturan ataupun beban gesek. Sehingga bahan ini sangat cocok untuk digunakan pada rumah atau konstruksi bangunan saat ini.

Keunggulan lainnya yakni baja ringan bisa diproduksi dengan standar mutu yang seragam dengan kualitas yang tidak berubah selama penggunaan. Selain itu, rangka baja ringan memiliki mutu yang konsisten karena diproduksi pabrik.

Untuk harganya, baja ringan lebih murah jika dibandingkan dengan stainless steel dengan keunggulan yang tidak berbeda. Baja ringan juga tahan karat serta memiliki nilai yang bisa dimanfaatkan kembali setelah dilakukan pembongkaran ataupun didaur ulang setelah pemakaian sehingga ramah lingkungan.

Sementara itu, untuk proses pemasangan rangka atap baja ringan memerlukan waktu singkat. Hanya dalam waktu tiga sampai satu minggu tergantung kerumitan serta luas atap masing-masing baja ringan sudah terpasang.

Kemudahan tersebut disebabkan baja ringan mudah disambung dengan beragam jenis sambungan seperti keling, baut, ataupun las. Kesulitan ketika pemasangan konstruksi juga teratasi karena bobot yang ringan.

Kekurangan Baja Ringan

Namun meski baja ringan memiliki berbagai kelebihan seperti yang sudah penulis ulas di paragraf sebelumnya, baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan dari baja ringan, kita bisa melakukan antisipasi selama proses konstruksi.

Perlu diketahui jika terjadi sedikit salah perhitungan selama proses pemasangan baja ringan, bagian lainnya seperti atap akan ikut terkena imbas. Karenanya, pengerjaan rangka atap baja ringan perlu dikerjakan secara teliti jika dibandingkan dengan material lainnya.

Sebelum dilakukan proses pengerjaan, rangka atap baja ringan perlu digambar pola kerjanya dengan tujuan agar atap bisa dibangun dan berfungsi dengan baik. Sehingga terjadi keefektifan saat pembangunan dan tidak terjadi pembongkaran ulang.

Dari segi estetika, menggunakan atap baja ringan sedikit kalah dibandingkan dengan atap dari material lainnya jika diekspos. Karena itu, untuk tetap nampak indah dan rapi, biasanya atap baja ringan ditutup dengan plafon.

Dari segi harga jika dibandingkan material seperti kayu, harga baja ringan masih tergolong mahal. Namun, karena kayu sudah mulai langka, sebaiknya tetap menggunakan baja ringan karena juga tidak kalah ramah lingkungan.

Beberapa Alasan Memilih Kanopi Baja Ringan untuk Eksterior Rumah Anda

Sebelumnya, kanopi memiliki fungsi untuk melindungi barang-barang berharga yang terletak di depan rumah dari sinar matahari ataupun hujan. Beberapa barang tersebut misalnya sepeda, motor, mobil dan berbagai barang lainnya.

Namun, fungsi tersebut kini bergeser. Kanopi tidak saja berfungsi sebagai pelindung tetapi sekaligus mempercantik exterir rumah. Karena itu, penyusunan kanopi haruslah dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar nampak rapi dan cantik.

Biasanya, kanopi bisa ditemui berbentuk kayu, besi ataupun baja ringan dengan masing-masing kelebihan dan kekurangan. Rangka kanopi kayu misalnya, secara estetika lebih cantik, namun sayangnya memiliki sifat mudah lapuk.

Dan akhir-akhir ini, kita lebih mudah mendapati kanopi baja ringan daripada dari kanopi besi. Dibandingkan dengan kanopi besi, kanopi yang terbuat dari baja ringan memiliki beberapa kelebihan seperti anti karat, pemasangan lebih mudah, bersifat non combustible (tidak membesarkan api).

Selain itu, penggunaan kanopi baja ringan juga tidak mengalami muai dan susut sehingga lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Dan yang terpenting, secara harga lebih murah dibandingkan dengan kanopi besi.

Beberapa Model kanopi Baja Ringan yang Trend di Tahun 2018

Para pemilik rumah dengan model minimalis tentu lebih menyukai kanopi dari baja ringan. Guna memperindah tampilan rumah Anda, ada beberapa model rekomended yang lagi trend tahun ini seperti berikut

1. Kanopi Baja Ringan Atap Spandek

Baja Ringan Spandek
Gambar Kanopi Baja Ringan Spandek (Tokopedia)

Kanopi baja ringan atap spandek memiliki kelebihan anti pecah, anti patah, keropos ataupun terkena rayap. Atap kanopi model spandek ini terbuat dari zinacalume yang pengolahannya menggunakan teknologi modern sehingga memiliki ketahanan lebih terhadap koros, resin, panas dan berbagai kondisi cuaca.

2. Kanopi Baja Ringan Atap Genteng Metal

Baja Ringan Genteng Metal
Gambar Kanopi Baja Ringan Genteng Metal (Carrousel)

Kanopi Atap Genteng Metal memiliki ketahanan lebih kuat serta memiliki sifat anti bocor, pecah ataupun retak. Model kanopi ini juga memiliki bobot ringan yakni 1/6 dari berat genteng beton.

Selain itu, dengan menggunakan genteng metal Anda akan lebih menghemat biaya konstruksi. Hal ini karena genteng metal memiliki sifat yang lebih ringan dan praktis.

Baja Ringan Taso

Baja ringan taso merupakan salah satu brand yang tengah populer di pasaran. Selain rangkana menggunakan teknologi terbaru, struktur atap jenis ini menerapkan konstruksi baja yang kuat dan ringan.

Janis baja ringan ini terbuat dari bahan atap galvalum, yakni material baja yang pelapisnya mengandung unsur karbon, alumunium serta zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standart ISO.

Seperti sifat dasar baja ringan, baja ringan taso juga memiliki kelebihan seperti anti karat, pemasangan yang mudah, biaya lebih terjangkau, bahan dasar yang anti terbakar dan anti rayap. Selain itu, baja ringan taso juga tidak mengalami proses penyusutan serta pemuaian, memiliki sifat liat serta daktlitas baik.

Manfaat Kuda-kuda Baja Ringan

Kuda-kuda baja ringan digunakan untuk menolong beberapa aplikator serta rencana dalam membuat kuda-kuda baja ringan bangun agar tidak rubuh. Kuda atau trus ini berguna sebagai penahan rangka yang kuat.

Dengan menggunakan Kuda-kuda Baja Ringan, ada beberapa manfaat yang diperoleh yaitu sebagai alat penahan desakan style, penahan style tarik daripada basic balok serta tiang tengah pada kuda-kuda bisa dijadikan pendukung balok bubungan.

Membuat Pagar Lebih Kuat dan Murah dengan Baja Ringan

Kini banyak kita jumpai bangunan-bangunan yang menggunakan pagar baja ringan. Selain atap dan kanopi, rupanya masyarakat banyak yang menjadikan baja ringan sebagai pagar rumah mereka karena berbaga keunggulan yang dimiliki baja ringan.

Demikian beragam konstruksi untuk rumah Anda dari material baja ringan yang bisa Anda aplikasikan.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp120000 to Rp330000


Baja Ringan Per Meter Persegi

Baja Ringan Per Meter Persegi merupakan material yang berbahan dasar Carbon Steel. Baja ringan lebih sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kerangka atap rumah. Baja ringan akan lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan kayu sebagai kerangka atap. Harga Baja ringan per meter persegi juga masih terjangkau.

Baja Ringan Per Meter

Atap rumah yang memiliki peran penting untuk melindungi penghuninya dari sengatan cahaya matahari dan hujan. Trend sekarang, banyak rumah yang mengunakan baja ringan sebagai atapnya. Harga Baja ringan per meter juga masih terjangkau jika dibandingkan harus membeli kayu sebagai rangka atap rumah.