Harga Baju Koko

Bicara tentang baju koko memang tidak bisa dipisahkan dengan umat muslim didunia khususnya di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat ketika acara keagamaan atau kegiatan ibadah lainnya, baju ini sering dipakai umat muslim pada umumnya.

Namun di zaman yang semakin berkembang ini, penggunaan baju koko tidak hanya ketika acara keagamaan atau kegiatan ibadah saja. Baju ini juga sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari baik untuk acara resmi atau santai. Sehingga tidak heran jika penggunaan baju ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Di bulan Ramadhan terutama ketika mendekati hari Raya Idul Fitri permintaan akan baju koko terus mengalami peningkatan. Model-model yang ditawarkan pun sudah mulai beragam mengikuti tren fashion yang saat ini sedang digemari masyarakat.

Baca Juga: harga baju lebaran

Model yang simpel dan juga nyaman dipakai menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai model baju yang satu ini. Namun tahukah Anda meski sangat populer di Indonesia, ternyata baju koko ini bukan merupakan baju asli Indonesia. Benarkah? Nah untuk mengetahui lebih jelas seputar baju koko dan ragam modelnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Baju Koko Di Indonesia

Model Baju Koko Kekinian Mizutex.com
Model Baju Koko Kekinian (Mizutex.com)

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, baju koko merupakan salah satu pakaian populer yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun meski begitu ternyata baju untuk pria ini ternyata bukanlah baju asli dari Indonesia. Jika dilihat dari beberapa literatur yang tersedia, baju koko sendiri merupakan jenis baju hasil adopsi warga Betawi dari baju khas masyarakat Tionghoa.

Sedangkan pemberian nama koko sendiri menurut budayawan Remy Sylado berasal dari awal mula baju ini yang sering dipakai engkoh-engkoh.

Engkoh-engkoh sendiri merupakan sebutan untuk laki-laki Tionghoa. Perlu diingat bahwa masyarakat Nusantara sendiri mulai mengenal baju ini ketika masyarakat Tionghoa mulai berdagang di Indonesia. Belakangan baju ini terus mengalami asimilasi budaya sehingga muncullah baju koko dengan model yang lebih modern.

Baca Juga: harga sirup

Baju koko sendiri mulai banyak digunakan oleh umat islam di Indonesia sejak tahun 1980an. Penggunaanya pun semakin berkembang pesat terutama ketika pemerintahan Orde Baru yang mana mulai membuka ekspresi bagi umat Islam. Hingga saat ini baju koko terus mengalami perkembangan dan semakin populer tidak hanya dikalangan dewasa tetapi juga anak-anak.

Daftar Harga Baju Koko Segala Merk Terbaru 2019

Merk Baju Koko

Harga Rp
IntresseRp150.000 – Rp550.000
HassendaRp130.000 – Rp500.000
Gajah DudukRp150.000 – Rp1.250.000
CarvilRp140.000 – Rp350.000
CardinalRp204.000 – Rp520.000
ArafahRp163.000 – Rp303.000
Andrew SmithRp329.000 – Rp690.000
AllevRp113.000 – Rp470.000
AlisanRp278.000 – Rp428.000
Al-IstasRp182.000 – Rp330.000
Al MustikaRp160.000 – Rp220.000
Aksara BatikRp295.000 – Rp500.000
AdikusumaRp549.000 – Rp699.000
A&DRp167.000 – Rp300.000
17seven OriginalRp151.600 – Rp389.000

Jenis-Jenis Baju Koko

Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak sekali jenis baju kok yang bisa dijumpai dipasaran. Masing-masing memiliki fungsi dan keunikan serta ciri khas yang berbeda-beda. Dulunya baju koko atau baju muslim memang dikenal hanya 1 model saja yakni yang berwarna putih dan berlengan panjang. Namun seiring berkembangnya zaman baju koko mulai terlihat modis dan didesain lebih kreatif. Berikut ini beberapa jenis baju koko yang perlu Anda ketahui.

1. Baju Koko Anak

Model Baju Koko Anak tokopedia.com
Model Baju Koko Anak (tokopedia.com)

Untuk jenis baju koko yang pertama adalah jenis baju koko yang khusus digunakan anak-anak. Umumnya baju koko anak ini dijual dalam bentuk atasan dan bawahan. Bagian atasnya yaitu berupa hem pendek ataupun panjang yang ditambahi beberapa motif tertentu. Sedangkan bagian bawahnya berupa celana panjang. Tidak lupa beberapa baju koko anak ini juga dilengkapi songkok untuk membuat penampilan semakin rapi.

Umumnya untuk baju koko anak ini dijual dengan berbagai model dan warna yang sedikit mencolok. Namun meski begitu anak akan terlihat bagus ketika menggunakan baju muslim yang satu ini.

2. Baju Koko Dewasa

Model baju koko dewasa lazada.co .id
Model baju koko dewasa (lazada.co.id)

Sesuai dengan namanya baju koko model ini yang sering digunakan oleh orang dewasa. Jika dibandingkan dengan koko anak, koko untuk orang dewasa ini lebih beragam. Modelnya yang elegan akan semakin membuat penampilan terlihat bagus dan rapi. Nah berikut beberapa model baju koko pria yang biasa dipakai oleh para orang dewasa, yaitu

  • Baju koko kerah bulat dan V
  • Baju koko lengan pendek
  • Baju koko lengan panjang
  • Baju koko panjang
  • Dan Baju koko ¾

3. Baju Koko Pakistan

Salah satu model baju koko pakistan bukalapak.com
Salah satu model baju koko pakistan (bukalapak.com)

Selanjutnya baju koko pakistan juga tidak kalah populer di Indonesia. Jika dilihat dari bentuknya, jenis baju yang satu ini memang cukup berbeda dari yang lainnya. Umumnya di Indonesia baju koko pakistan ini sering disebut dengan baju kurta. Jika baju koko biasa memiliki panjang sebatas betis, maka untuk koko jenis ini memiliki panjang sampai ke dengkul.

Baca Juga: harga bingkisan lebaran

Sebenarnya baju koko model pakistan ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi juga beberapa negara lainnya. Beberapa negara tersebut seperti Afganistan, Bangladesh, India, Nepal, Sri langka dan beberapa negara sekitar.

4. Baju Koko Rabbani

Pilihan model baju koko Rabbani theosphotoblob.blogspot.com
Pilihan model baju koko Rabbani (theosphotoblob.blogspot.com)

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis baju koko yang satu ini. memang sudah tidak diragukan lagi, Rabbani menjadi salah satu brand yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sehingga heran jika banyak orang yang suka menggunakan baju dari brand yang satu ini. Ada banyak sekali model yang tersedia mulai dari warna putih hingga warna-warna pastel. Dengan model yang simpel namun tetap bagus, penampilan Anda akan tetap terlihat elegan.

Baca Juga: harga songkok

Baju koko merek Rabbani ini terbuat dari bahan atau material yang berkualitas sehingga lebih awet dan nyaman digunakan. Untuk harganya, bisa dikatakan masih terjangkau jika dibandingkan dengan merek-merek lainnya.

5. Baju Koko Putih

Model baju koko putih elevania.com
Model baju koko putih (elevania.com)

Satu lagi model atau jenis baju koko yang tidak pernah ketinggalan adalah baju koko dengan warna putih. Meski hanya berwarna putih tanpa adanya warna tambahan, model baju ini banyak dicari oleh para pecinta baju muslim atau koko Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menyukainya yaitu karena modelnya yang simpel dan nyaman.

Tips Memilih Baju Koko Berkualitas

Baju koko atau baju muslim kini hadir dengan berbagai pilihan model, warna dan juga corak Dengan banyaknya pilihan tersebut tentu Anda bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan. Namun perlu diingat bahwa dalam memilih baju khususnya baju koko sendiri tidak boleh dilakukan sebarangan. Berikut ini beberapa tips memilih baju koko berkualitas, antara lain

1. Lihat bahan yang digunakan

Perhatikan bahan untuk baju koko plazakain.com
Perhatikan bahan untuk baju koko (plazakain.com)

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika memilih sebuah baju terutama baju adalah pastikan untuk melihat kainnya. Perlu diketahui, baju koko yang berbahan katun sekarang ini memang paling laris di pasaran. Mengapa demikian? Hal tersebut karena selain berkualitas, mengenakan baju koko dengan menggunakan bahan katun ternyata lebih nyaman karena katun dapat menyerap keringat.

Bagi Anda yang seringkali melakukan banyak aktivitas diluar ruangan, maka baju koko dengan bahan katun bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Sedangkan bagi Anda yang sering beraktivitas di ruangan ber AC sebaiknya untuk memilih jenis katun yang berbahan tebal.

2. Pilih Sesuai Motif

Beberapa pilihan motif baju koko bukalapak.com
Beberapa pilihan motif baju koko (bukalapak.com)

Memang kebanyakan baju koko memiliki model polos, namun sekarang ini ada juga baju koko yang memiliki banyak motif. Oleh karena itu agar tidak membosankan, tidak ada salahnya untuk memilih baju koko yang memiliki motif.

Selain lebih bervariasi, penggunaan motif pada baju koko juga membuat penampilan seseorang lebih menarik. Namun pastikan untuk memilih motif yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Jangan sampai Anda memilih jenis motif yang tidak sesuai dengan acara yang diselenggarakan.

Baca Juga: harga sarung

Misalnya saja ketika Anda ingin menghadiri acara keluarga, maka sebaiknya untuk membeli baju koko dengan model polos. Sedangkan ketika ingin menghadiri acara bersama teman sebaiknya untuk memilih model yang terlihat lebih trendy dan fashionable.

3. Pilih Warnanya

Model Baju Lebaran Terkini stylo.id
Sesuaikan warna baju koko dengan pasangan (stylo.id)

Setelah memilih modelnya, hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih warna sesuai dengan kegunaan. Misalnya untuk warna baju koko yang dipakai untuk menghadiri ibadah di masjid sebaiknya untuk memilih warna putih.

Kalau Anda memilih warna yang berlebihan tentu saja orang lain kurang nyaman ketika melihat gaya Anda tersebut. Selain itu Anda pun juga menjadi tidak percaya diri selama acara atau kegiatannya berlangsung.

4. Jahitan Baju

Perhatikan kualitas jahitan baju koko asaexpo.net
Perhatikan kualitas jahitan baju koko (asaexpo.net)

Tahukah Anda bahwa jahitan baju koko ternyata juga memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan seseorang dalam berpakaian. Ketika Anda sedang memilih baju koko, usahakan untuk memilih tidak berkerut, panjang lengannya pas, dan lingkar lubang tangan tidak terlalu kecil.

Baca Juga: harga mukena

Satu hal lagi yang juga perlu diperhatikan yaitu pada bagian kerahnya. Usahakan jahitan pada kerahnya tidak terlalu ketat sehingga nyaman untuk digunakan.

5. Sesuai dengan karakter

Satu lagi yang juga perlu dipertimbangkan ketika memilih baju koko berkualitas adalah menyesuaikan dengan karakter diri Anda. Perlu diketahui bahwa baju koko yang berlengan panjang cenderung lebih cocok digunakan untuk mereka yang lebih dewasa. Baju koko panjang sendiri sering digunakan untuk acara-acara resmi.

Sedangkan untuk baju koko lengan pendek terkesan lebih santai. Nah pastikan untuk memilih karakter baju sesuai dengan tema acara yang akan dihadiri.

Demikian ulasan singkat tentang baju koko dan beberapa model baju koko yang bisa dijumpai dipasaran. Agar tidak salah dalam memilih, sebaiknya Anda menyesuaikan baju koko yang Anda gunakan dengan acara yang akan dihadiri. Semoga informasi yang sudah dituliskan diatas membantu dan menginspirasi Anda.

Brand: Baju Koko, Nama Produk: Baju, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp130000 to Rp1250000

Berikan Komentar