Harga Ban IRC

Ban IRC merupakan salah satu ban dengan kualitas tinggi. Banyaknya merek ban yang beredar di pasaran Indonesia membuat masyarakat bingung untuk menentukan pilihan.

Kualitas bagus biasannya diimbangi dengan harga yang tinggi. Begitu juga sebaliknya. Produk dengan harga yang murah, biasanya memiliki lebih banyak kekurangan. Ban IRC di tengah-tengah dilema tersebut. Dengan harga terjangkau, IRC memberikan kualitas yang sesuai.

Salah satu produk dari PT Gajah Tunggal Tbk ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Selain Ban IRC terdapat produk ban lain yang juga buatan dari PT Gajah Tunggal yaitu GT Radial dan Zeneos. Kedua produk tersebut tidak hanya diproduksi untuk konsumen dalam negeri, namun juga kanca Internasional. Beda dengan IRC yang hanya diproduksi untuk dalam negeri saja.

Ban IRC tidak diekspor karena lisensi dari merek masih milik Jepang. Sehingga produk harus mendapatkan arahan dari Jepang terlebih dahulu jika ingin dipasarkan di negeri lain. Nah, saat ini pemasaran sudah meluas ke Filipina namun masih dengan jumlah yang sangat terbatas.

Ban dengan kualitas jempolan ini bertahan sangat kuat di Indonesia dan menjadi andalan kendaraan roda dua. Bahkan saat ini, partner perusahaan meluas hingga dipercaya oleh Yamaha. Kepercayaan tersebut memberikan banyak keuntungan untuk ban IRC sendiri.

Logo ban IRC
Logo ban IRC (logovector.com)

Lebih dari satu penghargaan didapat dalam waktu beberapa tahun. Diantaranya penghargaan TOP Brand, penghargaan Dharmabakti, meraih Double Gold Champion WOW Brand Award 2019, dan untuk pertama kalinya IRC hadir pada IMOS 2018. 

Selain penghargaan tersebut, setiap tahunnya IRC juga selalu dibanjiri oleh event. Kegiatan tersebut diantaranya IRC peduli Mudik, IRC Powertrack, IRC juga sempat menjadi Official Tire di Kejuaraan Yamaha ASEAN Cup Race 2014, dan menjadi kebanggan lain pernah menjadi sponsor Liga Mahasiswa. 

Banyaknya prestasi tersebut membuat IRC tetap menjadi ban favorit untuk pecinta otomotif, terutama kendaraan bermotor. Berikut ini informasi lebih banyak tentang ban IRC.

Ukuran Ban IRC

Setiap jenis ban IRC memiliki ukuran yang sangat bervariasi menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Beberapa ukuran ban IRC yaitu 70/90-14, 80/90-14, 110/90-12, 100/90-12, 120/70-14, 140/70-14, 275-17, 350-18, dan banyak lainnya.

Cara membaca ukuran ban IRC yaitu biasanya pada dinding ban tertulis nomor 100/90-17 atau 100/90 R17. Perbedaan R tersebut menunjukan jenis ban berdasarkan konstruksinya yaitu termasuk bias atau radial. Berikut penjabaran angka tersebut:

  • 100 menunjukan ukuran lebar tapak ban dalam satuan milimeter
  • 90 menunjukan tinggi ban berdasarkan persentase lebar ban
  • 17 menunjukan diameter velg

Daftar Harga Ban Motor IRC

Jenis BanHarga
IRC Exato Nr88 R17 [ Vixion/cb/byson ]Rp 250.000
IRC Fasti 1 R17 [ Cbr/gsx/r15 ]Rp 430.000
IRC Fasti 2 R17 [ R15/cbr/gsx ]Rp 430.000
IRC Fasti 3 [ Jupiter/supra/satria ]Rp 430.000
IRC Mb R12 [ Scoopy/sprint ]Rp 209.000
IRC Razzo 166 R17 [ Satria/supra/sonic ]Rp 395.000
IRC Razzo 221 R17 [ Satria/sonic/supra ]Rp 415.000
IRC Reborn Nr87 R14 [ Vario/mio/fino ]Rp 173.000
IRC Sct 005 R14 [ Aerox/pcx ]Rp 260.000
IRC Speed King R17 [ Revo/vega/supra ]Rp 250.000
IRC Ss 560 R13 [ N-max ]Rp 314.000
IRC Ss 570 R13 [ N-max ]Rp 253.000

Harga kami dapat dari situs planet ban.

Jenis-jenis Ban IRC

Menurut informasi dari website resmi IRC, macam-macam ban IRC dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu Competition tire (Ban Balap), Sport and underbone Tires (Ban Motor sport), Scootic Tires (Ban motor matic), Scooter Tire (Ban motor skuter), Trail Motorcycle Tires (Ban motor trail) dan Ban Motor bebek.

1. Competition Tire (Ban Balap)      

Ban jenis ini banyak diminati oleh para pembalap. Jenis ban dirancang cocok untuk medan basah dan kering. Namun, tak jarang juga yang hanya dibuat khusus untuk medan basah saja. Ban tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kendaraan.

Terdapat beberapa jenis ban dengan ukuran yang berbeda. Jenis tersebut diantaranya ban IRC Fasti1, 2, 3 dan Fasti 1 Pro. Jenis ban Fasti 1 dirancang dengan pola slick dipadu dengan konstruksi ARAMID untuk menjaga kestabilan performa dalam kondisi kering dan basah. Fasti 2 dan Fasti 1 Pro didesain untuk kompetisi balap dalam kondisi kering maupun basah. Sedangkan Fasti 3 hanya untuk kondisi basah saja.

Jenis lain dari ban balap IRC yaitu SPEED KING NF81 dan SPEED KING NR81. kedua jenis ban balap ini dirancang khusus untuk kompetisi drag bike dengan jaminan kestabilan dan akselerasi dari mulai pertandingan hingga akhir.

2. Sport and Underbone Tires (Ban Motor sport)

Ban IRC Jenis Underbone
Ban IRC Jenis Underbone (Tokopedia.com)

Ada banyak jenis ban IRC yang dirancang untuk motor sport. Jenis tersebut sebagai berikut:

a. ENVIRO NR91

Dirancang untuk hambatan gulir rendah dan hemat BBM serta ramah lingkungan

b. EXATO NR88

Ban Multi Linier Groove yang dibentuk untuk kenyamanan maksimal ketika berkendara.

c. NF66

Desain kembangan zig-zag yang memberikan kenyamanan serta daya cengkrap maksimum untuk segala medan.

d. NR67, NR72, NR73, NR73S, NR80, NR82,NR83, dan NR85

Sama seperti jenis ban NR lainnya, Ban IRC NR73 memiliki desain yang sportif dan cocok untuk semua jenis jalan.

e. ZIGGY NR90 dan ZIGGY NR90 T/L

Ban IRC jenis ini dirancang untuk kegunaan harian generasi terbaru yang dirancang dengan teknologi Ultra High Speed Grid.

3. Scootic Tires (Ban motor matic)

Ban IRC untuk motor matic
Ban IRC untuk motor matic

Ban IRC matic tersedia banyak jenis dengan desain yang beragam. Jadi kamu diberikan banyak pilihan untuk menemukan ban yang cocok dan terbaik untuk kendaraan kamu. Berikut ini jenis ban untuk kendaraan matic:

a. ENVIRO NR91

Dirancang dengan hambatan gulir rendah serta ramah lingkungan.

b. MB67 dan MB86

Desain telapak ban sangat kokoh dan elegan yang nyaman ketika traksi, pengereman, dan manuver di jalan.

c. NF59, NF66, dan NF67

Desain kembangan berbentuk zig-zag untuk memberikan daya cakram maksimal di segala jenis kondisi jalan.

d. NR73T, NR76, NR80, NR82, NR83, dan NR84

Desain khas jenis NR adalah kembangan zig-zag yang memberikan performa maksimal.

e. SCT-004, SCT-005F, SCT-0005R, dan SCT-007c

Desain khas dari jenis ini adalah bentuk ban yang lebar untuk menunjang performa ketika berkendara.

f. SS-530F, SS-530R, SS-560F, SS-560R, dan SS-570F

Ukuran ban jenis ini cukup lebar dengan desain yang sporty memberikan keamanan dalam berkendara.

g. ZIGGY NR90 dan ZIGGY NR90 TL

Ban generasi terbaru yang dirancang dengan teknologi Ultra High Speed Grid yang memberikan kenyamanan lebih saat berkendara.

4. Trail Motorcycle Tires (Ban motor trail)

Ban IRC untuk motor trail
Ban IRC untuk motor trail (tokopedia.com)

Terdapat 6 jenis ban IRC untuk motor Trail, yaitu GP-21F, GP-22R, GS45, iX-05H, iX-09W, dan TR. Ciri khas dari disain jenis ini adalah patterns persegi yang menonjol sehingga aman dan nyaman digunakan untuk medan aspal maupun jenis medan basah dan kering lain.

5. Ban IRC motor Bebek

Ban IRC untuk motor bebek
Ban IRC untuk motor bebek (tokopedia.com)

Sebagian besar jenis ban IRC untuk motor bebek adalah ban Tubetype atau ban non-Tubeless baik tipe NR maupun tipe NF. Dan ban dalam jenis ini terjual terpisah.

Kelebihan dan Kekurangan Ban IRC

Setiap produk apapun tidak ada yang sempurna, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, untuk meminimalisir kekurangan ban IRC, kamu harus bisa mengetahui cara membedakan ban IRC asli dan palsu. Ban asli IRC tidak menyengat, warna ban dalam kusam tidak mengkilap, dan terdapat logo pembuat yaitu “H” pada karet pentil ban.

Tentunya untuk produk asli ban IRC dari PT Gajah Tunggal memiliki banyak kelebihan. Diantaranya yaitu kualitas ban IRC yang tidak diragukan lagi.

Ban IRC terkenal dengan lebih tahan lama dibanding produk sekelasnya, sangat cocok untuk harian, ban juga terasa nyaman ketika menikung, dan IRC memiliki banyak varian jenis dan tipe sehingga konsumen diberikan banyak pilihan untuk mendapatkan produk yang terbaik.

Namun dibalik banyaknya kelebihan yang dimiliki ban IRC, sangat wajar jika masih memiliki kekurangan. Kekurangan dari ban IRC yaitu tekstur keausan tidak rata yang sangat jelas terlihat ketika ban sudah gundul.

Hal lain yang menjadi berpikir dua kali untuk membeli produk ini adalah harga ban yang sedikit lebih mahal. Namun, harga tersebut berbanding lurus dengan kualitas yang didapat. Karena ban tahan lebih lama.

Ban IRC dari PT Gajah Tunggal selalu berusaha memberikan kualitas yang terbaik. Pengembangan selalu dilakukan demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Bertahannya ban IRC di pasaran dalam negeri, menjadikan pesaing muncul dan berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang sama. Sehingga bermunculan produk yang menyerupai ban IRC. Oleh karena itu, konsumen harus lebih teliti dalam memilih ban dan memperhatikan ban yang akan dibeli.

Kecanggihan teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Dengan adanya internet, kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak hanya dengan duduk berdiam diri.

Untuk menunjang dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, ban IRC saat ini sudah memiliki website resmi yaitu. Tersedia informasi lengkap tentang ban IRC yang dapat kamu jadikan referensi sebelum membeli produk dari perusahaan populer ini.

Brand: Ban IRC, Nama Produk: Ban, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp173000 to Rp430000

Berikan Komentar