5 Katalog Harga Ban Terbaru dan Lengkap!

Seperti yang diketahui ban menjadi salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Mengapa demikian? Karena komponen tersebut menjadi satu-satunya komponen dalam sebuah kendaraan yang menyentuh bagian aspal atau tanah.

Nah untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara pastikan bahwa komponen utama tersebut dalam kondisi baik dan berkualitas tinggi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu Anda ketahui untuk mendukung fungsi dari komponen utama pada motor atau mobil tersebut maka komponen tersebut harus terbuat dari material keras dan berkualitas. Pada umumnya komponen dasar pembentukan ban ini terbuat dari karet alami atau karet buatan atau sintesis yang berkualitas tinggi.

Nah untuk mengetahui lebih jelas tentang komponen ban lebih jelas, simak beberapa informasi lebih lengkapnya dibawah ini.

Tentang Fungsi Ban Pada Mobil atau Sepeda Motor

Sebagian besar orang pasti sudah tahu bahwa ban merupakan sebuah lapisan karet pada roda kendaraan yang berfungsi untuk meningkatkan traksi pada roda. Selain itu penggunaan ban ini juga sebagai peredam getaran atau gesekan kecil pada jalan yang dilalui.

Meski bentuknya seperti karet yang melingkar dan terlihat begitu simpel namun ban ternyata memiliki banyak sekali fungsi sehingga tidak heran jika disebut sebagai komponen utama dalam sebuah kendaraan. Beberapa fungsi ban antara lain dapat meningkatkan traksi roda terhadap jalan yang dilalui, menyerap getaran dan guncangan kecil dari jalanan, dan memungkinkan pengendalian yang aman dan nyaman

List Harga Ban Terbaru

Daftar Harga Ban Terbaru

Nama BarangUkuran BanHarga Dalam Rp
Ban Dalam Sepeda Anak Kingland16×1.75Rp15.000
Ban Dalam Sepeda Anak Kingland12.5×1.25Rp16.000
Ban Dalam Sepeda MTB Kingland24×1.75Rp17.000
SCHWALBE Ban Luar Sepeda Road Race XC24×1.75Rp174.000
PANARACER Ban Luar Sepeda Xc Comet26×1.95Rp198.000
SCHWALBE Ban Luar Sepeda Street Tyrago700x35CRp198.000

Jenis –Jenis Ban Mobil dan Sepeda Motor

Seperti yang diketahui jenis ban motor dan mobil sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu tipe tubetype dan tipe tubeless. Berikut ini perbedaan singkat antara ban tipe Tubetype dan tubeless.

Ban Tubetype
Gambar Jenis Ban Tubetype (Amazon)

Tipe tubetype merupakan salah satu tipe ban yang menggunakan innertube atau biasa disebut dengan ban dalam. Jenis atau tipe yang satu ini cenderung sering dipakai oleh kendaraan sepeda motor yang menggunakan pelek jenis spoke-wheel atau pelek jari-jari.

Ban Tubeless
Gambar Jenis Ban Tubeless (Amazon)

Sedangkan untuk tipe tubeless sendiri merupakan tipe yang tidak menggunakan ban dalam. Untuk tipe yang satu ini sering digunakan pada sepeda motor yang memiliki pelek jenis casting-wheel (CW) atau biasa disebut dengan nama pelek racing.

Perlu diketahui bahwa ban tubles merupakan salah satu jenis ban yang tidak memilki ban dalam. Sehingga untuk menghindari kerusakan karena gesekan maka dibutuhkan bahan-bahan yang dapat membuat komponen ini dapat bertahan dari guncangan.

Nah untuk tipe tubeless sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis radial dan jenis bias. Apa yang membedakannya kedua? Nah untuk tipe radial ini bisa dikatakan wujud modern dari tipe bias.

Ban Radial
Gambar Jenis Ban Radial (Amazon)

Tipe radial memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan tipe bias. Dengan menggunakan ban tipe radial ini Anda kaan terhindar dari guncangan dan gesekan karena kondisi aspal yang tidak rata.

Ban Bias
Gambar Jenis Ban Bias (Amazon)

Saat ini sebagian besar orang memilih menggunakan ban mobil dan motor tipe tubles karena dirasa lebih aman dan kuat. Salah satu keunggulan dari tipe tubles ini yaitu tidak mudah kempis meski tertusuk benda tajam seperti ban pada umumnya.

Sehingga risiko kebocoran pada tipe ban ini pun sangatlah kecil. Namun bagaimana jika terjadi kebocoran? Bagaimana cara menambalnya? Cara menambal ban tubles ini bisa dikatakan susah susah gampang karena Anda harus menambalkan nya langsung pada tukang tambal ban khusus tipe tubles.

Cara Melihat Kode dan Ukuran Ban

Sama halnya dengan baju, ban juga memiliki ukuran yang menyesuaikan dengan jenis atau model kendaraan. Ukuran ban sendiri secara umum terdiri dari dua jenis yaitu ukuran tipe metric dan inchi.

Nah biasanya pada ban yang memiliki tipe metric tertera tulisan 80/90-17 yang berarti bahwa ban tersebut memiliki lebar sebesar 80 mm dengan tinggi dinding ban yaitu sebesar 72 mm. Sedangkan untuk angka 17 tersebut mengartikan tentang ukuran velg yang digunakan yaitu berdiameter sebesar 17 inchi

Sementara itu jika Anda menggunakan ban dengan ukuran inchi maka dalam mengartikan ukuran tertera 2.75-17 yaitu angka 2,75 inchi merupakan lebar dan tinggi dinding pda ban. Sedangkan angka 17 berarti ukuran velg yang digunakan yaitu sebesar 17 inchi. Ukuran ini biasanya dipakai untuk ukuran mobil.

Selain melihat jenis dan ukurannya, ada beberapa kode ban yang wajib untuk Anda ketahui. Kode tersebut seperti TWI (Tread Wear Indicator), Lot Number, Speed Simbol dan Load Index.

Kode pertama yaitu kode TWI, dimana kode menunjukkan tentang batasan dalam pemakaian ban. Jadi batasan tersebut merupakan batasan yang diberikan oleh pihak produsen dalam menjamin performa dan ban itu sendiri.

Jika sudah melewati batas pastikan untuk segera mengganti ban pada kendaraan Anda. Nah bagi Anda yang belum tahu tempatnya dimana, kode yang satu ini bisa Anda lihat pada permukaan ban kendaraan Anda.

Kode ban mobil dan sepeda motor Selanjutnya yaitu kode Lot Number. Kode yang satu ini digunakan untuk mengetahui waktu produksi dari ban yang Anda gunakan.

Secara umum kode yang satu ini terdiri dari 4 angka yang menunjukkan keterangan hari dan tahun. Dua angka bagian depan menunjukkan minggu dan dan dua angka bagian belakang menunjukkan tahun.

Kemudian kode Speed Simbol & Load Index merupakan sebuah kode yang digunakan untuk untuk menunjukkan batas kecepatan maksimum dan beban maksimum yang dianjurkan. Misalkan saja Kode 41P yang berarti beban maksimum dari jenis ban 145 kg dengan kecepatan maksimum 150 km/jam.

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar ban bisa tetap tahan lama adalah dengan melakukan perawatan. Merawat menjadi suatu keharusan bagi para pemilik kendaraan.

Seperti yang diketahui ban merupakan komponen utama dan sangat berpengaruh terhadap kendaraan sehingga perlu dilakukan perawatan rutin agar ban bisa tetap awet atau tahan lama. Nah salah satu yang bisa dilakukan adalah segera memompa dengan pipa angin jika menemukan tanda-tanda kempis pada ban.

Meski terdengar simpel namun hal tersebut dapat memberikan pengaruh besar terhadap daya tahan dari ban kendaraan Anda. Jadi pastikan untuk selalu mengeceknya sebelum melakukan perjalanan agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti ban bocor.

Nah itu tadi sedikit informasi tentang fungsi, jenis-jenis, dan cara melihat kode dan ukuran dari ban mobil dan sepeda motor. Dengan adanya sedikit pengetahuan tentang ban tersebut dapat sedikit membantu Anda dalam memilih model atau jenis yang cocok untuk kendaraan Anda.

Salah satu jenis ban yang sangat bagus adalah ban corsa, meski tipe yang satu ini tergolong lebih mahal namun ban jenis ini sudah terbukti dan terjamin kualitasnya. Jadi Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, pastikan untuk memilih jenis atau tipe yang sudah memang benar-benar bagus dan berkualitas. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp30000 to Rp706000


Ban FDR

Ban FDR merupakan salah satu merk ban yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Selain karena kualitasnya, harga ban fdr juga sangat terjangkau dibanding ban lainnya.

Ban IRC

Ban IRC merupakan salah satu ban produksi dalam negeri namun dibawah lisensi jepang. Sehingga memiliki kualitas yang sudah sangat terjamin. Meskipun dengan kualitas yang bagus harga ban IRC tidak terlalu mahal. Karena itu ban IRC selalu menjadi salah satu pilihan ban terbaik masyarakat Indonesia

Ban Motor

Ban motor adalah komponen penting saat berkendara terutama jika anda mengendarai motor. Ada banyak pilihan ban motor yang bisa anda sesuaikan dengan kendaraan milik anda. harga ban motor juga bervariasi dan terjangku sesuai ukuran dan merk ban yang akan anda pilih

Ban Mobil

Ban Mobil semakin hari semakin berkembang, banyak muncul teknologi ban baru yang bisa dipilih seperti ban Run-Flat Tire yang bisa digunakan meskipun kempes. harga ban mobil ini juga bervariasi dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Ban Sepeda

Ban sepeda juga ikut berkembang sesuai dengan sepedanya dan terdapat banyak sekali jenisnya. Mulai dari ban untuk dijalan aspal hingga ban dengan ukuran besar. Harga ban sepeda masih sangat terjangkau baik ban dalam maupun ban luar dari sepeda tersebut. Kisaran harga nya mulai dari 15 ribuan hingga puluhan juta