Harga Buku Tulis

Siapa yang tidak mengenal dengan perlengkapan kantor atau sekolah yang satu ini? Pasti semua orang sudah pernah memiliki atau bahkan menggunakannya baik ketika aktivitas di sekolah ataupun kantor.

Secara umum buku sendiri diartikan sebagai sebuah kumpulan banyak kertas yang mana dijadikan satu dengan cara dijilid dan dibentuk menjadi satu bagian. Dulunya buku tulis sering digunakan untuk mencatat berbagai macam kejadian, peristiwa, dan naskah-naskah penting dan informasi yang berharga.

Di zaman yang semakin modern ini pun buku tulis masih sering digunakan untuk mencatat berbagai macam hal penting. Saat ini ada banyak sekali jenis buku yang bisa Anda jumpai dengan bentuk, warna dan ukuran yang berbeda.

Umumnya masing-masing jenisnya tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda pula. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu apa saja jenis buku dan bagaimana cara memilihnya. Berikut akan disajikan beberapa informasi terkait harga buku tulis beserta jenis-jenisnya.

Apa Itu Buku Tulis?

Buku tulis model unik terbaru tokopedia.com
Buku tulis model unik terbaru (tokopedia.com)

Buku (bahasa Indonesia), Book (bahasa Inggris), Das Buch (Bahasa Jerman) dan Boke (bahasa Belanda). Jika dilihat dari namanya, setiap negara di dunia memiliki sebutan yang berbeda. Namun meski begitu pengertian dan hakikat buku tersebut memiliki inti dan juga makna yang sama.

Baca juga: Harga Pensil

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa buku merupakan sebuah lembaran kertas yang berjilid baik berisi ataupun kosong. Sekilas pengertian tersebut sangatlah sederhana, namun jika diteliti lebih dalam telah mengandung makna yang lebih khusus ataupun dalam.

Secara umum buku tulis memang merupakan sebuah kertas yang disusun dalam bentuk jilitan baik yang sudah berisi tulisan ataupun kosongan. Atas dasar pengertian inilah setiap apapun yang terbuat dari kertas dan dijilid maka akan disebut dengan istilah buku. Perlu diketahui bahwa buku dalam pengertian ini tidak dibatasi dengan ketebalan atau jumlah halamannya.

Sedangkan menurut Ensiklopedi Indonesia memberikan pengertian buku secara lebih luas, bahwa buku merupakan hal yang mencakup semua tulisan dan gambar. Pengertian buku ini pun tidak membatasi pada yang berbentuk jilid saja tetapi juga yang masih dalam bentuk gulungan atau masih ikatan.

Meski terbuat dari bahan dan memiliki ukuran yang tidak sama, namun fungsi dari buku itu sendiri pada hakikatnya tetap sama. Seperti yang diketahui bahwa salah satu fungsi dari buku adalah untuk menyalurkan berbagai macam ide atau pikiran baik berupa tulisan atau gambar.

Daftar Harga Buku Tulis Terbaru 2019

Paket Buku TulisIsi LembarIsi 1 PakHarga Rp
Buku Tulis Sinar Dunia58 Lembar10 BukuRp36.000
Buku Tulis SIDU38 Lembar10 BukuRp24.000
Buku Tulis Best Maxi Book36 Lembar10 BukuRp40.000
Buku Tulis Campus50 Lembar10 BukuRp45.000
Buku Tulis Kiky38 Lembar10 BukuRp16.000
Buku Tulis Big Boss42 Lembar6 BukuRp32.500
Buku Tulis Big Boss50 Lembar10 BukuRp44.000
Buku Tuils AA100 Lembar5 BukuRp35.000
Buku Tulis Hipo100 Lembar1 BukuRp5.500
Buku Tulis New Vision38 Lembar10 BukuRp23.000
Buku Tulis New Star58 Lembar10 BukuRp35.000
Buku Tulis Al Gold58 Lembar10 BukuRp40.000

Jenis-Jenis Buku Tulis

Di era yang semakin modern ini ada banyak sekali jenis buku tulis yang bisa dijumpai. Mulai dari model yang sederhana hingga model yang terlihat lebih lucu dan unik. Nah berikut ini beberapa jenis buku tulis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Buku Tulis Tipe Ring Binding

buku tulis model binding ring blogspot.com
buku tulis model binding ring (blogspot.com)

Untuk jenis buku yang pertama ini adalah buku tulis yang menggunakan ring binding. Jika dilihat dari penggunaannya jenis buku ini lebih mudah digunakan karena dapat dilipat sehingga sangat memudahkan penggunanya. Namun perlu diketahui, karena bagian ring nya cukup tebal maka sebaiknya membawa jenis buku ini secukupnya agar tidak terlalu berat ketika membawanya.

Baca juga: Harga Spidol

2. Buku Tulis Biasa

Buku tulis biasa untuk menulis elevania.co .id
Buku tulis biasa untuk menulis (elevania.co .id)

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis buku yang satu ini. Buku tulis biasa ini memang sering digunakan untuk peralatan sekolah ataupun kuliah. Ciri utama buku tulis biasa ini yaitu adanya jilitan pada bagian tengah.

Umumnya setiap bandel buku tulis ini tersedia beberapa lembar mulai dari 32 sampai 50an lembar. Jika dibandingkan dengan jenis buku sebelumnya, buku ini lebih simpel dan mudah dibawa ke mana saja. Selain itu harga dari buku ini pun lebih terjangkau.

3. Buku Tulis Tipe Notebook

buku tulis tipe diary atau notebook aliexpress.com
buku tulis tipe diary atau notebook (aliexpress.com)

Pasti Anda juga sering melihat jenis buku yang satu ini. Jika dilihat dari cover nya memang buku ini terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya. Umumnya cover yang digunakan untuk buku tulis tipe notebook ini terbuat dari bahan kulit yang tebal dan tidak mudah rusak. Sehingga tidak heran jika harga jenis buku ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan buku lainnya.

Bagi Anda tipe orang yang tidak suka menggonta-ganti buku, maka tipe buku yang satu ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Dengan ukuran kertas yang berukuran A5 akan dengan mudah me-refill kertas saat lembaran semakin kosong.

4. Buku Tulis Tipe Binder

buku tulis tipe binder sangpengajar.com
buku tulis tipe binder (sangpengajar.com)

Tipe buku selanjutnya yang juga sering digunakan tidak hanya untuk anak sekolah tetapi untuk para mahasiswa adalah Binder. Cover nya yang tipis dan bentuknya minimalis semakin memudahkan Anda untuk membawanya ke mana saja. Salah satu kelebihan dari buku tulis tipe ini yaitu mudah diisi ulang ketika habis. Jadi Anda tidak perlu lagi beli ketika sudah habis, cukup beli isinya saja.

5. Buku Tulis Tipe Grid line

Buku tulis kotak kotak gridlines bukalapak.com
Buku tulis kotak kotak gridlines (bukalapak.com)

Satu lagi jenis buku yang bisa Anda gunakan untuk menulis dan menggambar adalah buku tulis tipe grid line. Sesuai dengan namanya, buku ini merupakan buku kotak yang umumnya digunakan untuk menulis rumus dan menggambar.

Baca juga: Harga Papan Tulis

Nah bagi Anda yang sedang menjalankan studi atau pekerjaan yang berkaitan dengan angka dan hitung-hitungan sebaiknya untuk menggunakan buku jenis ini.

Ukuran Buku Tulis

Perbedaan ukuran beberapa buku tulis
Perbedaan ukuran beberapa buku tulis

Bicara tentang standar buku, seperti yang diketahui bahwa buku memiliki standar tersendiri. Umumnya banyak buku tulis yang digunakan oleh para pelajar berukuran sekitar 21cm x 16cm.

Namun perlu diingat ukuran tersebut bukan jadi patokan utama ya! mengingat sekarang ini ada banyak sekali ukuran buku tulis yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran standarnya.

Jadi sebaiknya untuk menggunakan jenis buku dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja pelajar, sebaiknya menggunakan jenis buku yang berukuran 21 cm x 16 cm.

Tips Memilih Buku Tulis

Dalam memilih buku tulis baik untuk catatan sekolah atau pekerjaan sebaiknya tidak boleh sembarangan. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali jenis buku catatan yang bisa dijumpai. Mulai dari yang model biasa sampai model yang unik dan juga lucu. Nah agar tidak salah, simak beberapa tips memilih buku yang bisa Anda coba.

1. Sesuaikan Kebutuhan

pilih buku tulis yang sesuai kebutuhan penggunaan aliexpress.com
pilih buku tulis yang sesuai kebutuhan penggunaan (aliexpress.com)

Hal pertama yang wajib untuk diperhatikan ketika memilih buku adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja pelajar, agar tidak terlalu menghabiskan banyak ruang di tasnya sebaiknya menggunakan jenis buku yang simpel.

Buku tulis model biasa ini sangat mudah dibawa ke mana saja dan tidak memiliki tebal yang terlalu berlebihan. Selain itu buku tulis ini juga sangat cocok digunakan untuk para pelajar yang menggunakan meja untuk alas menulis.

2. Perhatikan Kualitas Kertasnya

memahami kualitas kertas yang akan digunakan sangat penting printerous.com
memahami kualitas kertas yang akan digunakan sangat penting (printerous.com)

Setelah melihat atau mengetahui jenis buku apa yang ingin digunakan, hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan ada kualitas dari kertasnya.

Perlu diketahui bahwa kemudahan saat menulis ternyata juga dipengaruhi oleh kualitas dari kertas yang digunakan. Umumnya kertas yang memiliki kualitas yang bagus diproduksi dengan 100 persen pulp. Penggunaan bahan yang satu ini membuat tinta lebih mudah keluar ketika digunakan dan juga menulis juga akan terasa lebih halus.

Jika dilihat lebih dekat, kertas yang berbahan pulp ini lebih berwarna putih bersih dan tidak mudah rusak atau sobek. Namun perlu diketahui bahwa biasanya buku tulis yang berbahan dasar pulp memiliki harga jual yang cukup mahal.

Sehingga, jika Anda ingin mencari buku catatan yang bagus dan harganya masih terjangkau. Sebaiknya memilih buku tulis dengan kualitas kertas sedang atau menengah. Dengan harga yang masih terjangkau tersebut, Anda bisa menulis dengan nyaman.

3. Pilih Ukuran Buku

pilih ukuran buku yang sesuai bebasbayar.com
pilih ukuran buku yang sesuai (bebasbayar.com)

Meski ada banyak sekali jenis buku yang bisa dijumpai, pastikan Anda memilih buku tulis atau catatan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Ukuran buku A5 menjadi salah satu jenis buku yang paling mudah untuk dijumpai.

Namun jika Anda membutuhkan buku yang ukurannya lebih kecil sebaiknya menggunakan B6 atau A6. Ukuran buku tersebut lebih mudah dimana saja karena bentuknya yang simpel.

Baca juga: Harga Seragam Sekolah

Apabila Anda mencari buku tulis untuk keperluan studi atau pekerjaan, sebaiknya untuk memilih buku dengan ukuran A5 atau A4. Perlu diingat semakin bagus kualitas kertas dan semakin mahal, harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal.

4. Pilih Kertas Kotak atau Bergaris

Pilih buku bergaris kotak atau polos sesuai keinginan anda aliexpress.com
Pilih buku bergaris kotak atau polos sesuai keinginan anda (aliexpress.com)

Satu lagi yang juga perlu diperhatikan sebelum membeli buku tulis untuk anak adalah melihat apakah yang dibutuhkan buku kotak atau bergaris. Seperti diketahui kedua buku tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Jangan sampai Anda salah pilih karena bisa menyulitkan proses belajar anak Anda. Untuk buku yang bergaris biasa, umumnya digunakan untuk mencatat berbagai macam pelajaran yang berupa uraian. Sedangkan untuk buku kotak-kotak biasanya digunakan untuk menulis rumus atau menggambar.

Bagi Anda yang bekerja dalam bidang gambar menggambar bangunan dan menulis rumus-rumus maka sebaiknya menggunakan jenis buku yang kotak-kotak. Tujuannya adalah untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan diatas, tebal buku tulis juga menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Ada berbagai macam buku dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

Umumnya untuk buku yang sering digunakan para pelajar tingkat ketebalan bukunya sekitar 38 lembar sampai 58 lembar. Namun di pasaran juga banyak buku tulis yang mencapai ketebalan hingga 100 lembar. Hal tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda sekarang ini.

Baca juga: Harga Tas Sekolah

Seperti uraian yang sudah dituliskan diatas, bahwa ada banyak sekali jenis buku tulis yang bisa digunakan. Tentu saja masing-masing jenisnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Karena setiap buku memiliki fungsi yang tidak sama, sebaiknya untuk memilih jenis buku yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika anak Anda bosan dengan model buku pada umumnya, maka Anda bisa membelikan jenis buku yang lebih bagus secara tampilan. Meskipun harga yang ditawarkan memang lebih mahal. Namun hal tersebut bukan jadi masalah karena hal yang terpenting adalah bagaimana anak bisa selalu semangat dalam belajar.

Nah demikian tadi beberapa informasi terkait dengan jenis-jenis, harga buku tulis hingga tips memilih buku tulis yang tepat. Agar tidak salah membeli, sebaiknya untuk menerapkan beberapa tips yang sudah disebutkan diatas. Semoga informasi yang disajikan diatas bermanfaat dan membantu Anda dalam mencarikan buku anak ke depannya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar