Harga Burung Blackthroat

Burung Blacktroat merupakan salah satu jenis burung yang masih keluarga dekat dengan burung kenari. Namun jika dilihat dari tampilan fisiknya yaitu pada bagian bulu, burung ini ternyata memiliki perbedaan yang jauh dengan jenis burung Kenari.

Burung yang memiliki nama latin Serinus Atrogularis ini mempunyai ciri dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh burung jenis lainnya.

Salah satu keistimewaan burung ini yaitu ukurannya yang hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Namun jangan salah meski memiliki ukuran badan yang kecil burung jenis ini memiliki suaranya begitu indah dan merdu.

Burung Blackthroat

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh burung ini adalah variasi suara yang dihasilkan begitu merdu dan indah sehingga tidak sedikit masyarakat pecinta burung kicau yang memanfaatkan burung ini sebagai salah satu peserta dalam kontes burung baik nasional maupun internasional.

Perlu diketahui pada saat mengeluarkan suara atau berbunyi, blackthroat mampu mengalunkan irama yang sangat khas sehingga membuat kagum orang-orang yang mendengarkannya.

Burung-Blackthroat
Gambar Burung Blackthroat (Youtube.com)

Alunan kicauannya yang relatif panjang dengan ritme yang cukup bervariasi naik turun dan tinggi rendah semakin menambah keistimewaan dari jenis burung yang satu ini.

Tertarik untuk memeliharanya? Simak beberapa informasi tentang Burung Blackthroat dibawah ini.

Baca juga: Harga Burung Dara

Jika berbicara tentang masalah Harga Burung Blackthroat untuk jenis anakannya sendiri rata-rata dibandrol dengan harga sebesar Rp 650 ribuan.

Sedangkan untuk anakan betina di jual dengan harga di bawah Rp 600.000. Kemudian untuk yang sudah dewasa jenis jantan harganya bisa mencapai 1 juta, namun jika Anda tertarik untuk membeli sepasang rata-rata harganya dibandrol diatas 2 jutaan.

Untuk harga lengkapnya simak daftar berikut:

Daftar Harga Burung Blackthroat 2019

Jenis Burung BlackthroatHarga Dalam Rp
Burung Blackthroat Muda JantanRp775.000
Burung Blackthroat GacorRp1.500.000
Burung Blackthroat BetinaRp600.000 – Rp800.000
Burung Blackthroat Bakalan (Bahan)Rp1.000.000
Burung Blackthroat BotswanaRp950.000
Burung Blackthroat Botswana SepasangRp2.800.000
Burung Blackthroat Lokal DisapangRp700.000
Burung Blackthroat Lokal RingRp1.200.000
Burung Blackthroat Lokal JantanRp650.000
Burung Blackthroat Lokal BetinaRp700.000
Burung Blackthroat Masteran (Isian)Rp1.100.000
Burung Blackthroat ImportRp900.000
Burung Blackthroat Kicau SepasangRp2.300.000

Mengenal Burung Blackthroat

Apa itu Burung Blackthroat? Pertanyaan tersebut mungkin dapat mewakilkan sebagian besar masyarakat yang belum begitu mengenal dengan jenis burung yang satu ini.

Seperti yang diketahui bahwa burung jenis memiliki nama asing yaitu serinus atrogularis yang memiliki ciri-ciri dan banyak sekali keunggulan, diantara keunggulan burung ini yaitu mempunyai suara khas kicauan yang merdu.

Pada saat berkicau, blackthroat akan bersuara dengan nada yang khas sehingga membuat para pecinta burung terkagum-kagum dengan suara kicauan.

Asal mula jenis burung ini yaitu dari belantara hutan Afrika, burung ini selalu ada di bagian pucuk pohon sama seperti burung yang lainnya. Belantara hutan Afrika menjadi asal usul jenis burung yang satu ini.

Di Indonesia sendiri burung jenis ini dapat dijumpai dipulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Karena keindahan suaranya, tidak heran jika sekarang ini blackthroat telah banyak dijumpai di rumah-rumah sebagai penghias ruangan tempat tinggal maupun teras

Seperti yang diketahui, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh burung jenis ini adalah variasi suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan indah sehingga kini tidak sedikit masyarakat pecinta burung kicau yang memelihara burung ini di rumah.

Jenis-Jenis Burung Blackthroat

Ada banyak sekali jenis-jenis Burung Blackthroat di Indonesia mulai dari jenis lokal boswana, hingga impor dan lain sebagainya.

Burung-Blackthroat
Gambar Burung Blackthroat (Youtube.com)

Sedikit informasi untuk Anda yang ingin memelihara burung keren yang satu ini, lebih baik pilihlah yang jantan karena variasi suara yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan dengan jenis yang betina.

Jadi jangan kaget dengan harga burung jantan lebih mahal dari pada yang betina. Selain aspek jenis kelamin ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi nilai jual dari burung yang satu ini.

Misalnya saja kemampuan berkicau, usia, kebersihan, ukuran tubuh dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang masih pemula lebih baik membeli burung yang masih usia anakan atau bakalan karena secara harga jelas lebih murah dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

Pastikan untuk selalu merawatnya dengan baik dan mempersiapkan berbagai hal agar burung ini tidak mudah stress dan mati karena kesalahan dalam memeliharanya.

Baca Juga : Harga Burung Puyuh

Mengenal Makanan Burung Blackthroat

Salah satu hal yang sangat mendukung dalam menjaga kesehatan burung yaitu dengan mengatur pola makan setiap harinya, baik dari makanan tambahan maupun makanan pokok yang di makan.

burung-blackthroat-botswana
Gambar Burung Blackthroat Botswana (Youtube.com)

Salah satu Makanan Burung Blackthroat yang wajib di berikan pada jenis burung ini yaitu jenis biji-bijian yang berupa millet.

Jenis makanan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di dunia master burung, untuk pemberian millet ini dilakukan setiap saat makan.

Sedangkan makanan tambahan dari jenis burung blackthroat yaitu biji sawi dan lain-lain, makanan tersebut merupakan makanan tambahan yang bisa diberikan setiap seminggu sekali.

Untuk lebih jelasnya ukuran dalam memberikan makanan pada jenis burung ini yaitu Millet 10%,  Biji sawi 5%,  Niger seed 2%, dan Biji lobak 3%. Selain makanan utama nya berupa biji–bijian, bisa juga ditambahkan ekstra fooding (EF), berupa sayuran yang tidak mengandung serat seperti selada air, sawi putih, oyong, dan apel.

Sedangkan EF yang berupa protein hewani bisa berupa telur puyuh. Perlu dicatat pemberian makanan EF ini bisa dilakukan secara bergantian setiap hari nya.

Baca Juga: Harga Burung Elang

Seperti yang diketahui, perawatan pada memelihara mahluk hidup sangat dibutuhkan agar bisa berkembang biak setiap bulannya. Hal yang perlu dilakukan dalam perawatan harian adalah dengan membersihkan sangkarnya setiap pagi dan sore, selain itu Anda juga bisa memandikannya pada pagi hari.

Pastikan setelah selesai dimandikan langsung di tempatkan pada daerah yang terkena sinar matahari sampai mengering. Tertarik untuk memeliharanya?

Sebaiknya pakailah sangkar yang sesuai dengan kriteria khusus untuk burung ini yaitu minimal punya luas 300 cm untuk jenis sangkar yang persegi, sedangkan untuk ukuran bulat yaitu minimal mempunyai luas diameter kira-kira 350 cm.

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran tersebut merupakan ukuran sesuai standard sangkar yang ada di Indonesia.

Itulah tadi informasi mengenai Burung Blacktroat di Indonesia terbaru 2018, setiap daerah tentunya memiliki pasaran harga berbeda-beda misalnya saja di kota besar seperti Jakarta harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang ada di pedesaan.

Semoga dengan ulasan tentang harga hewan (burung) diatas tersebut dapat membantu para pecinta burung khususnya para pemula yang ingin memelihara jenis burung yang satu ini.

Originally posted 2019-05-15 16:30:42.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar