Harga Burung Cendet atau Pentet

Burung pentet atau disebut juga dengan burung cendet merupakan jenis unggas yang berasal dari family laniidae.Burung ini tergolong dari jenis burung hias.

Burung ini juga mempunyai nama yang cukup variatif di daerah jawa timur. Di jawa timur, burung ini disebut juga dengan burung betet dan burung toet.

Penjelasan mengenai apa itu burung pentet yaitu tentang keistimewaan dari jenis burung cendet. Bulu dari burung cendet mempunyai kombinasi warna khas dan menarik.

Selain digunakan sebagai burung hias, jenis burung ini memiliki jiwa petarung. Burung ini juga mempunyai sifat yang khas, bila mendengar kicauan dari burung lain burung cendet akan membalas dengan cara yang khas dengan meliuk – liukkan ekornya.

Cara Merawat Burung Pentet atau Cendet

Burung pentet bukanlah termasuk jenis burung hias yang memerlukan perawatan yang intensive dan teliti seperti jenis burung hias lainnya.

Cara merawat burung pentet cukup mudah dan tidak begitu rumit. Hanya saja ada hal perlu diperhatikan dalam merawat jenis burung hias ini.

Hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain

1. Satu Kandang Untuk Satu Burung

Sifat agresif dan liar dari burung cendet sulit untuk dijinakkan. Apalagi burung ini sangat lihai dalam bertarung. Oleh karena itu sebaiknya satu kandang hanya digunakan untuk satu ekor burung.

Hal ini dilakukan hanya untuk mengurangi resiko perkelahian antar burung. Jarak kandang burung cendet dengan burung lain harus jauh.

Sebab jika burung cendet merasa kurang nyaman akan berhenti berkicau. Jika burung cendet berhenti berkicau akan berdampak buruk bagi kondisi fisik dan psikis burung.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang burung sebaiknya dibersihkan secara rutin dan teratur. Kandang yang bersih bukan hanya dapat menjaga keindahan dari warna burung yang mempunyai kombinasi warna yang menarik.

Lalu juga akan mencegah burung terkena resiko penyakit. Walaupun sifat burung yang agresif dan liar bukan berarti burung mempunyai sistem imun kuat.

3. Memberikan Asupan Nutrisi

Walaupun jenis burung ini tergolong jenis predator, namun suara kicauan dari burung cendet menarik hati para pecinta burung dan menjadikan jenis burung ini sebagai burung hias.

Untuk menjaga kestabilan dari kicauan burung cendet, berikan asupan nutrisi yang cukup. Selain memberikan makanan secara teratur, berikan vitamin khusus untuk burung kicau.

Makanan burung pentet yang terbaik adalah makan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Supaya mendapatkan hasil kicauan yang terbaik dan berhasil memenangkan suatu perlombaan.

4. Menjemur Burung Secara Rutin

Burung cendet juga membutuhkan sinar matahari yang cukup. Penjemuran burung juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan harus pada waktu tertentu.

Waktu terbaik untuk menjemur burung cendet adalah pagi hari sekitar pukul 07:00 – 09:00. Sedangkan waktu penjemuran pada sore hari antara pukul 15:00 – 17:00.

Dalam sehari, burung cendet ini harus dijemur selama kurang lebih ± 2 jam. Letak kandang burung juga harus diantara pepohonan, supaya burung mendapatkan udara yang jernih dan segar setiap saat.

Udara yang jernih dan bebas polusi juga mempengaruhi suara kicauan dari burung cendet ini. Jenis dari burung pentet tersebut dapat dijadikan referensi jika hendak memelihara burung cendet. Lalu tidak lupa dalam merawat dan menjaga burung dengan baik dan benar.

Bagi Anda yang tertarik dengan burung kutilang, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran burung kutilang agar Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan bila ingin memeliharanya. Setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Burung Cendet/Pentet Terbaru Tahun 2019

Jenis Burung Cendet atau PentetHarga Dalam Rp
Burung Cendet MaduraRp250.000
Burung Cendet GacorRp300.000
Burung Cendet DewasaRp250.000
Burung Cendet BakalanRp80.000
Burung Cendet JawaRp150.000
Burung Cendet SutraRp200.000
Burung Cendet MatahariRp50.000 – Rp150.000
Burung Cendet KembangRp 100.000
Burung Cendet RajaRp 100.000 – Rp300.000

Daftar harga burung cendet yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Jenis Burung Pentet/Cendet

Burung pentet mempunyai ukuran tubuh sepanjang 20 – 25 cm. Penyebaran dari burung jenis ini tersebar luas di seluruh dunia seperti Belanda, Inggris, Turki, Swedia, Israel, Yordania, Asia Tenggara hingga Jepang.

Untuk harga burung pentet ini relatif murah, yaitu sekitar 80.000 IDR hingga 1.000.000 IDR. Sedangkan jenis – jenis burung pentet antara lain:

1. Abu-Abu Besar

burung-pentet-abu-abu-besar
Gambar Burung Penten Abu-Abu Besar(ozankicaumania.com)

Jenis burung ini memiliki postur tubuh yang paling besar diantara jenis burung pentet ainnya. Ukuran ekor dari burung pentet abu – abu besar juga cukup panjang mencapai 25 cm. Sehingga ekornya bisa mencapai kepala burung.

Ciri khas dari jenis burung pentet abu – abu adalah mempunyai bulu yang berwarna abu – abu, hitam dan putih.

Baca juga: Harga Burung Kolibri

2. Abu – Abu Kecil

burung-pentet-abu-abu-kecil
Burung Pentet Abu-abu Kecil (orientalbirdimages.org)

Burung cendet abu – abu kecil mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada burung cendet abu – abu besar. Lalu warna bulu dari burung cendet abu – abu kecil hanya kombinasi antara warna bulu hitam dan putih.

Itulah cara untuk membedakan antara burung cendet besar dan burung cendet kecil.Selain itu karakteristik lain dari kedua burung jenis ini juga sama.

Baik birung cendet abu – abu kecil dan besar sangat agresif dan mempunyai jiwa petarung yang tangguh. Habitat dari burung cendet abu – abu kecil di daerah Asia Tengah, Afrika Timur hingga Eropa.

3. Kepala Merah

Burung cendet kepala merah mempunyai nama ilmiah lanius senator. Karakteristik dari jenis burung ini sangat khas dan mudah untuk dikenali.

Pada bagian kepala burung cendet terdapat mahkota yang berupa warna bulu merah. Sedangkan untuk sayapnya mempunyai warna kombinasi antara warna coklat dan merah.

Jenis burung cendet kepala merah sangat menyukai habitat yang mempunyai banyak pepohonan dan tanah yang penuh dengan pasir. Burung cendet ini sering dijumpai di daerah negara middle east, eropa selatan hingga afrika.

4. Coklat

gambar-burung-cendet-coklat
Gambar Burung Cendet Coklat (Jalaksuren.net)

Nama latin dari burung cendet coklat adalah lanius christatus. Ciri khas dari burung cendet coklat adalah hanya mempunyai satu macam warna bulu, yaitu warna coklat.

Jadi kombinasi warna dari burung ini adalah coklat tua dan coklat muda. Habitat dari burung cendet coklat ini adalah pada ranting pepohonan kering serta lahan terbuka. Jenis dari burung ini dapat dijumpai di daerah asia, eropa dan amerika utara.

Baca juga: Harga Burung Cucak Rowo

5. Hitam Putih

burung-cendet-hitam-putih
Gambar Burung Cendet Hitam Putih (Burungmasteran.com)

Burung yang mempunyai nama latin lanius collaris mempunyai karakter sifat yang paling kuat daripada jenis burung cendet lainnya.

Burung cendet hitam putih adalah jenis burung cendet tang paling garang, liar, agresif dan tegas daripada jenis lain. Karena sifatnya, burung cendet ini dijuluki sebagai burung aljogo.

Cendet hitam putih juga mempunyai kemampuan dalam mengintai mangsa dan sangat tajam. Sehingga burung jenis ini termasuk ke dalam jenis burung predator yang setara dengan burung elang.

Dalam mengintai mangsa, burung ini sering kali bersembunyi diantara semak belukar. Sifatnya yang sangat agresif menjadikan burung ini tidak begitu cocok bila dijadikan sebagai burung hias.

Meskipun burung cendet ini mempunyai suara kicauan yang cukup merdu tetapi ciri fisik dari burung cendet hitam putih adalah mempunyai paruh yang runcing dan tajam.

Lalu warna bulu dari burung ini adalah kombinasi antara warna hitam dan putih. Untuk habitat dari burung cendet hitam putih di daerah gurun sahara, Afrika.

Originally posted 2019-01-22 22:36:42.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar