Harga Burung Ciblek

Burung Ciblek adalah salah satu jenis burung pengicau yang berasal dari suku Cisticolidae. Burung ini juga memiliki sebutan Perenjak Jawa, meskipun lebih familiar dengan sebutan burung Ciblek.

Dalam bahasa Inggris, sebutan untuk burung ini adalah bar-winged Prinia yang mengisyaratkan adanya dua garis berwarna putih di setiap sayap. Sedangkan untuk penamaan ilmiahnya, burung ini dinamakan Prinia familiaris Horsfield.

Dilihat dari segi bentuknya, maka ukuran burung ini masih tergolong kecil dengan panjang total kurang lebih hanya 13 centimeter saja. Di sekujur tubuh didominasi oleh warna coklat dan juga hijau-zaitun.

Burung Ciblek

Warna tenggorokan dan dadanya putih, pantat dan perut kekuningan, dan paha serta dada berwarna keabuan. Dilihat dari morfologi paruh, burung Ciblek ini punya paruh yang runcing, bagian atas warnanya kehitaman dan bagian bawah kekuningan. Bentuk kakinya langsing dan rapuh, berwarna merah jambu ataupun cokelat kemerahan.

Bagi mereka yang tertarik dengan burung Ciblek ini tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(burung). Untuk masing-masing kisaran harga burung ciblek yang diberikan ialah:

Daftar Harga Burung Ciblek Terbaru 2019

Jenis Burung CiblekHarga Dalam Rp
Burung Ciblek TasikRp175.000
Burung Ciblek Jawa TimurRp75.000
Burung Ciblek KristalRp200.000-Rp400.000
Burung Ciblek SemiRp100.000-Rp300.000
Burung Ciblek GunungRp250.000-Rp350.000
Burung Ciblek SawahRp125.000
Burung Ciblek BahanRp100.000-Rp350.000
Burung Ciblek Dada PutihRp350.000
Burung Ciblek Kristal BahanRp50.000

Apa Itu Burung Ciblek?

Mengenal burung Ciblek secara lebih mendalam tentu menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi bagi para penggemar burung dan suka mengkoleksinya.

Tentu akan sangat banyak hal menarik yang bisa didapatkan. Burung Ciblek ini terkenal lincah dan ramai. Ia sangat sering ditemui di tempat yang terbuka dan juga daerah penuh semak, di pekarangan, di taman, di hutan sekunder bahkan hutan bakau.

gambar-burung-ciblek
Gambar Burung Ciblek (Youtube.com)

Ia juga bisa teramati keberadaannya di perkebunan teh. Biasanya mencari makan diantara semak dengan mengeluarkan bunyi khas burungnya dengan kuat. Saat mengeluarkan suara kicauan, burung ini menggerakkan ekor tipisnya ke arah atas.

Burung ini suka membuat saran di semak-semak dan juga rerumputan sampai pada ketinggian kurang lebih 1,5 meter di atas tanah. Adapun bentuk sarangnya menyerupai bola kecil yang dianyam dari rerumputan berserat tumbuhan.

Perenjak jawa, begitu nama sebutannya, menyebar secara terbatas yakni  di wilayah Sumatra, Jawa dan juga Bali. Di Sumatra tidak jarang ditemukan hingga  ketinggian 900 meter dpl, sedangkan untuk pulau Jawa dan juga Bali umum ditemukan pada ketinggian 1.500 meter dpl.

Baca Juga: Harga Burung Branjangan

Jenis-Jenis Burung Ciblek

Perlu diketahui bahwa jenis burung Ciblek ini bukan hanya satu melainkan ada beberapa lagi yang lainnya.

Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Ciblek Semi (bar-winged Prinia)

Burung Ciblek semi ini  memiliki  ciri ciri berupa  body panjang.  Adapun  ukuran dari bagian kepala hingga  ekornya ialah sekitar r 13 cm. Burung ini mempunyai bulu berwarna coklat kehijauan pada  bagian atas.

Untuk warna dada dan leher didominasi oleh  warna putih, sedangkanuntuk warna perutnya kekuningan. Namun perlu diketahui bahwa ciri yang paling mudah diingat ialah adanya garis berwarna hitam dan putih pada kedua belah sayap dan juga ekornya.

2. Ciblek Putih (bar-winged Prinia)

Jenis Ciblek Putih yang satu ini memiliki ciri-ciri utama berupa  bulu di bagian dada.  Adapun warnanya ialah putih, serta ada warna hitam pada bagian kepala.

Jika dilihat secara lebih jelas, maka terdapat warna putih pada bagian ujung ekornya. Untuk bisa membedakan berdasarkan  kelaminnya, maka untuk  Ciblek Jantan mempunyai warna  lebih terang. Sedangkan untuk yang betinanya, mempunyai warna kakinya kemerah merahan atau pink.

3. Ciblek Sawah (prinia inornata)

gambar-burung-ciblek-sawah
Gambar Burung Ciblek Sawah (Infobudidaya.com)

Jenis Ciblek sawah “Ciwah” atau disebut juga Ciblek Pari ini memiliki ciri khusus yang memudahkan manusia untuk mengenalinya. Adapun  ciri tersebut ialah memiliki kicauan yang terdengar lirih dan lembut.

Selain itu,  burung jenis ini  juga diyakini tidak pernah mengangkat bagian ekornya saat  mengeluarkan kicauan. Jadi berbeda dengan Ciblek pada umumnya. Biasanya burung ini suka sekali beterbarang di sekitar persawahan.

4. Ciblek Gunung (prinia atrogularis)

Selanjutnya ada jenis Ciblek Gunung atau disebut dengan“Cigun”. Jenis ini  termasuk burung yang tidak kalah eksotisnya  dengan jenis Ciblek yang lain.

gambar-burung-ciblek-gunung
Gambar Burung Ciblek Gunung (Youtube.com)

Jenis ini bisa di jumpai di daerah dataran tinggi berupa perbukitan maupun pegunungan. Perbedaannya dengan jenis Ciblek yang lain ialah, burung Ciblek Gunung mempunyai warna yang lebih jelas di bagian tubuhnya, baik pada punggung, dahi  dan juga lehernya.

Mempunyai warna yang keabu-abuan. Sedangkan untuk warna tubuh yang lain akan lebih didominasi warna coklat kekuningan.

5. Ciblek Tambak

Jenis selanjutnya yaitu Ciblek Tambak yang memiliki  dua macam varian warna yang cukup mendominasi yakni warna bulu pada bagian tubuhnya.

Adapun warna yang dimaksud ialah putih dan juga bau-abu. Warna putih mendominasi di bagian leher hinggai bagian perut. Burung ini juga mempunyai warna kuning pada bagian pantat dan juga punggung.

Untuk  suara,  jenis burung Ciblek satu ini mempunyai tembakan ngebremm dengan suara tembakan terbilang keras.

Baca juga: Harga Burung Blackthroat

Makanan Burung Ciblek

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, maka perlu diketahui apa saja makanan burung Ciblek ini. Adapun makanan burung ini adalah Pakan yang mempunyai protein tinggi.

Adapun yang lebih umum diberikan pada jenis burung Ciblek ini adalah sebagai berikut:

1. Ulat

Hampir sama dengan jangkrik, belalang dan juga orong-orong, ulat punya kandungan protein yang tinggi sehingga begitu dibutuhkan oleh Ciblek untuk tetap sehat dan semakin rajin mengeluarkan kicauannya.

Adapun cara pemberian ulat ialah dengan tidak mengikutsertakan kepala ulat. Dianjurkan untuk menggunakan ulat yang masih muda.

2. Telur Rang-Rang

Telur Rang-Rang merupakan telur semut seperti rang-rang maupun yang lainnya. Tentu saja kandungan protein yang dimilikinya sangat tinggi dan cocok untuk diberikan kepada Ciblek.

Namun untuk pemberian pakan sendiri, tetap harus memperhatikan porsi yang sesuai.

3. Voer

Voer Bisa digunakan sebagai pakan. Namun untuk Ciblek usia muda memang kurang menyukai pakan kering yang satu ini karena belum terbiasa.

Mereka biasanya akan enggan memakannya. Satu-satunya cara supaya mau mengkonsumsi makanan buatan pabrik ini adalah dengan membiasakan dan melatihnya. Biasanya didekatkan pada bagian sangkar.

4. Telur Puyuh

Sama halnya dengan pakan yang lainnya, telur puyuh juga mempunyai kandungan protein yang tinggi. Namun sebelum menyajikannya haruslah direbus terlebih dahulu.

Bagian yang paling bagus untuk dikonsumsi oleh Ciblek adalah kuning telurnya karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Selain itu, kuning telur ini juga bisa mencegah katarak pada Ciblek.

Baca juga: Harga Burung Elang

Itulah beberapa Hal Seputar burung ciblek, mulai harga burung, makanan dan jenis-jenis burung ciblek yang wajib diketahui oleh para pecinta burung maupun siapa saja untuk menambah wawasan tentang fauna bersayap ini.

Jika ingin membelinya, maka pastikan harus mengetahui secara jelas cara perawatannya termasuk jenis pakah yang sudah dijelaskan diatas.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar