Harga Burung Cucak Ijo

Burung cucak ijo termasuk dalam burung kicau yang menghasilkan suara merdu. Cucak ijo mampu menirukan suara burung lain, layaknya burung Pleci dengan menonjolkan suaranya yang khas. Warnanya pun begitu elegan dengan warna hijau, yang mendominasi, seperti namanya.

Banyak penangkar burung yang berpendapat bahwa prospek budidaya burung cucak ijo cukup bagus.Hal itu dikarenakan burung ini tidak hanya bagus untuk peliharaan di rumah, namun juga dapat diikutkan pada ajang perlombaan.

Lomba kicau burung, pernah mendengarnya bukan? Lomba ini bertujuan untuk memilih kicau burung terbaik. Tak jarang bagi pemenangnya akan diberikan trofi sekaligus uang pembinaan.

Baca juga: Harga Burung Jalak Suren

Meskipun burung luar, nyatanya kini burung cucak ijo banyak dipelihara dan dibudidayakan. Ingin mencobanya? Pahami betul mengenai jenis cucak ijo sekaligus cara perawatannya terlebih dahulu. Untuk mengetahui karakter beserta cirinya masing-masing.

Jenis-Jenis Burung Cucak Ijo

gambar burung cucak ijo
gambar burung cucak ijo (jalaksuren.net)

Menjalani hobi yang disukai tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Bahkan tak sedikit dari hobi yang dijalani menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Telaten, sabar, konsisten, serta mau belajar itulah yang anda butuhkan dalam melakoni apapun. Tak terkecuali dengan kegemaran memelihara burung cucak ijo. Lantas apa itu burung cucak ijo?

Burung cucak ijo merupakan salah satu burung kicau yang memiliki bentuk tubuh mungil dengan suara yang khas. Burung pintar satu ini cukup populer di kalangan para pengagum burung. Kicauannya mampu memukau setiap pasang mata yang menyaksikannya. Seiring banyaknya peminat cucak ijo, harganya pun mengalami peningkatan. Sebelum membeli, yuk pahami dulu macam-macam burung cucak ijo beserta ciri-cirinya berikut ini.

1. Cucak Ijo Banyuwangi

gambar burung cucak ijo banyuwangi
gambar burung cucak ijo banyuwangi (perawatanburung.com)

Burung cucak ijo Banyuwangi berasal dari wilayah timur Pulau Jawa, yakni Banyuwangi. Tampilannya begitu indah dengan suara merdu nan nyaring sehingga keberadaanya pun banyak diincar oleh pecinta burung mania. Untuk kisaran harga burung cucak ijo banyuwangi dewasa tergolong sedikit mahal dibandingkan dengan lainnya. Mulai dari harga Rp 1.000.000,- hingga Rp 1.500.000,-.

Adapun ciri-ciri cucak ijo Banyuwangi ialah bentuk tubuhnya yang sedikit melengkung dengan kepala yang relative besar. Postur tubuh tampak lebih besar dan panjang. Sedangkan untuk ekornya lebih terlihat melengkung, panjang, serta lentur. Warna hijau pekat membalut seluruh tubuhnya. Tingkahnya begitu atraktif saat berkicau. Akan tetapi saat tidak diadu, irama nada kicauannya kurang bervariasi dan tidak tajam.

2. Cucak Ijo Kalimantan

gambar burung cucak ijo kalimantan
gambar burung cucak ijo kalimantan (supergacorindramayu.blogspot.com)

Seperti namanya, burung cucak ijo Kalimantan atau cucak ijo borneo ini berhabitat asli di Kalimantan. Jenis burung satu ini mempunyai warna hijau, namun cenderung kekuning-kuningan. Postur tubuh lebih pendek dan berbentuk bulat, sedangkan ekornya pendek.

Baca juga: Harga Burung Macaw

Mentalnya kuat dengan kicauan melengking, namun tetap merdu didengar. Kisaran harga burung cucak ijo dari kalimantan ini berada pada rentang Rp 600.000,- hingga Rp 1.000.000,- untuk ukuran dewasa. Lain lagi dengan harga burung yang telah mendulang prestasi dihargai sebesar Rp 3.000.000,-

3. Cucak Ijo Sumatra

gambar burung cucak ijo sumatera
gambar burung cucak ijo sumatera (Tipsburung.com)

Beranjak ke pulau Sumatra, pulau satu ini turut mempunyai burung cucak ijo yang menawan dengan tampilan elegan yang menarik. Peminat burung ini pun tak kalah banyak. Kemampuan siualan burung cucak ijo sumatra tak perlu dipertanyakan lagi.

Jika anda merawatnya dengan cara yang baik, sekaligus memperhatikan asupan makanan dan tumbuh kembangnya. Bukan tak mungkin akan menjadi langganan juara. Mengingat banyak orang yang mengakui kemerduannya. Untuk memilikinya, cukup keluarkan kocek harga sebesar Rp 600.000,- hingga Rp 1.000.000,-

4. Cucak Ijo Mini

gambar burung cucak ijo mini
gambar burung cucak ijo mini (Kicau.net)

Tampilannya begitu imut nan menggemaskan, anda pasti bisa menebak seberapa ukurannya dari namanya, yakni cucak ijo mini. Bentuknya memang kecil, namun performanya tak kalah menawan dengan yang lain.

Kemampuan berkicaunya begitu merdu didengar. Untuk harga burung cucak ijo mini ini sendiri cukup ramah di kantong. Harga burung ini ada di kisaran Rp 550.000,-. Sangat murah bukan?

Daftar Harga Burung Cucak Ijo

Jenis BurungHarga
Cucak Ijo BanyuwangiRp950.000 – Rp 1.550.000an
Cucak Ijo KalimantanRp650.000 – Rp3.000.000an
Cucak Ijo SumatraRp550.000-Rp1.050.000
Cucak Ijo MiniMulai Rp500.000an

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina

perbedaan cucak ijo jantan betina
perbedaan cucak ijo jantan betina (burungnya.com)

Harga masing-masing burung tidak hanya berpatokan pada jenisnya saja, namun jenis kelaminnya pun demikian. Antara burung jantan dan burung betina dibanderol dengan harga berbeda.

Baca juga: Harga Burung Labet

Biasanya lebih murah yang betina. Mengetahui perbedaan antara jantan dan betina menjadi suatu keharusan sebelum membeli burung apapun. Cucak ijo jantan populer sebagai burung berkualitas dengan kicauan mumpuni. Sekilas tidak jauh berbeda. Berkut cara membedakan burung cucak ijo jantan dan betina.

1. Perhatikan Warna Lingkar Mata

Secara mudah, untuk mengetahui perbedaan antar keduanya ialah dengan memperhatikan secara lebihdetailbagian-bagian tubuhnya. Untuk warna lingkar mata jantan berwarna kuning pekat dan tegas, sedangkan betina terlihat kusam dan pudar.

2. Warna paruh

parauh burung cucak ijo jantan betina
parauh burung cucak ijo jantan betina (BudidayaKenari.com)

Hal pembeda yang mudah dilihat ialah perbedaan warna paruhnya. Jika anda menggunakan penghitungan ini, anda dapat melakukannya saat masih kecil. Umumnya berwarna coklat gelap dibagian bwah paruh untuk cucak ijo yang berjenis jantan. Berbanding terbalik dengan paruh betina yang berwarna putih.

3. Supit urang

Supit urang merupakan tulang bagian belakang tubuh unggas atau burung. Anda dapat membedakan jantan dan betina dilihat bentuk supit urang yang melekat padanya. Untuk cucak ijo jantan supit urang keras dan rapat. Lain halnya dengan betina yang cenderung lebih lembek dan renggang.

4. Bulu Leher

Untuk mengidentifikasi antara burung cucak ijo jantan dan betina, anda dapat memperhatikan bulu di bagian lehernya. Keduanya memiliki warna berbeda senada dengan tubuh mereka.Warna putih kehijauan mendominasi cucak ijo jantan. Sementara itu bulu leher betina cenderung berwarna kekuning-kuningan.

5. Sisik Kaki

Jika cucak ijo sudah menyisik, hal ini akan semakin mudah mengidentifikasinya. Kulit kaki ini menjadi ciri khas yang melambangkan jenis kelamin cucak ijo. Cucak ijo jantan cenderung mempunyai sisik kaki dengan bintik-bintik hitam. Sedangkan cucak ijo betina sama-sama memiliki sisik, namun tidak ada bintik hitamnya.

6. Pupil Mata

Cara terakhir untuk membedakan jenis kelamin cucak ijo adalah dengan memperhatikan warna pupil mata. Pupil merupakan lingkaran atau bola mata yang berada di mata bagian dalam.

Perhatikan betul-betul warna yang dimilikinya. Jika berwarna hitam jernih, sudah bisa dipastikan burung tersebut berjenis kelamin jantan. Lain halnya dengan betina yang memiliki pupil berwarna hitam kecoklatan ataupun coklat.

Tips Budidaya Burung Cucak Ijo

ternak burung cucak ijo
ternak burung cucak ijo (hewan.id)

Budidaya burung cucak ijo menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin memulai usaha. Pemeliharaan burung ini terbilang sulit lantaran karakter burung yang mudah berubah. Tak mengherankan jika harganya pun cukup mahal untuk setiap ekornya.

Bagi penggemar burung, tentu ini bukanlah apa-apa, mengingat hasil yang akan diperolehnya. Prospeknya pun sangat menjanjikan karena penggemar cucak ijo cukup banyak. Berikut tips budidaya burung cucak ijo.

  1. Memilih indukan yang berkualitas untuk menghasilkan anakan yang bagus.
  2. Untuk memberikan rasa nyaman pada burung, penting bagi anda untuk memilih sangkar yang berukuran luas. Dengan begitu ruang gerak burung semakin bebas sehingga diharapkan akan semakin lincah dan aktif.
  3. Menjaga ketersediaan pakan menjadi hal utama. Makanan burung cucak ijo berupabuah-buahan, seperti pisang kapok putih sebagai makanan utamanya. Tak ketinggalan pula serangga, seperti jangkring ataupun ulat hongkong. Untuk menambah energy, anda dapat menambahkan madu. Dapat dioleskan pada buah atau dengan menggunakan cepuk kecil.
  4. Memandikan burung menjadi cara merawat burung cucak ijo yang harus rutin dilakukan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisinya agar tetap prima. Anda dapat menyemprotnya dengan air, kemudian keringkan bulunya dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.
  5. Perawatan yang tak kalah penting ialah melakukan pemasteran agar kicauan burung bervariasi. Jika dilakukan secara rutin, maka burung akan menguasai suara masterannya.
  6. Perhatikan waktu istirahat burung guna memulihkan energinya. Biasakan untuk menutup sangkar dengan kerodong di malam hari.

Nah, demikianlah sedikit pemaparan mengenai, jenis burung cucak ijo beserta ciri-ciri dan harganya. Bagaimana jatuh pada jenis burung manakah pilihan anda? Burung yang digemari banyak Kicau Mania ini memiliki suara gacor yang khas serta merdu.

Baca juga: Harga Burung Murai

Keberadaannya terbilang telah melegenda sebagai burung peliharaan maupun burung kicau untuk perlombaan. Variasinya pun beragam dengan corak dan harga yang berbeda. Tunggu apalagi, budidayakan sekarang juga!

Originally posted 2019-03-16 23:11:14.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar