Harga Burung Dara

Burung Dara merupakan salah satu burung terpopuler di Indonesia. Jenis dan harga yang bervariasi membuat burung dara bisa dijangkau oleh kalangan manapun.

Keunikan dari masing-masing burung tentu membuat para pecinta burung ingin mengoleksinya satu-satu. Tidak heran jika banyak pembisnis memilih burung ini sebagai ladang mencari nafkah.

Selain itu, kelihaiannya dalam terbang dan mendarat menjadikan burung ini sering digunakan untuk mengikuti kompetensi burung peliharaan.

Jenis Burung Dara

Agar anda tidak salah ketika memilih burung dara yang berkualitas, anda juga perlu mengetahui jenis dari burung dara dan harga yang berlaku di pasaran.

gambar-burung-dara
Gambar Burung Dara (alihamdan.id)

Seperti burung dara balap yang harga burung dara berkisar dari satu juta hingga dua setengah juta. Jenis burung ini memilki kemampuan berakselerasi dan manuver. Banyak orang yang terpenganga melihat kelincahan burung dara ini.

Jenis-jenis Burung Dara lainnya yaitu burung dara Kolongan yang sering disebut sebagai burung dara tinggi. Burung ini juga bis aterbang seperti manuver dan bisa sedikit akselerasi.

Burung kolongan juga pandai dalam mendarat dan sesuai dengan sasarannya. Untuk satu burung dara kolongan dijual dengan harga yang cukup murah yaitu berkisar dari Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000 saja.

Jika anda menginginkan burung dara dengan harga yang lebih murah, anda bisa memilih burung dara biasa yang dijual dengan harag deratus tiga puluh ribuan saja.

Selain harga terjangkau, burung ini memilki kemampuan terbang yang kompetitif. Burung dara ini bisa ikut dalam ajang pertandingan burung dara.

Burung dara lainnya yaitu brung dara pos. Pemberian nama burung dara pos yaitu berawal dari burung dara yang dahulunya difungsikan sebgai burung pengantar surat. Harga untuk satu burung ini sekitar dua ratus rubuan saja. Burung ini juga sering digunakan untuk perlombaan.

Daftar Harga Burung Dara atau Merpati 2019

Jenis Burung DaraHarga Dalam Rp
Burung Dara Balap / merpati balapRp500.000-Rp100.000
Burung Dara Putih / merpati putihRp300.000-Rp500.000
Burung Dara Kolongan / merpati kolonganRp500.000-Rp1.000.000
Burung Dara Sepasang Tinggian / merpati sepasangRp450.000-Rp1.000.000
Burung Dara Biasa / merpati biasaRp100.000 – Rp200.000
Burung Dara Juara / merpati jawaraRp750.000 – Rp2.000.000
Burung Dara Hias / merpati hiasRp150.000 – Rp8.000.000

Apa Itu Burung Dara atau Merpati?

Burung Dara sering disebut juga burung merpati yang menjadi teman ramah dan banyak diminati berbagai kalangan. Burung dara mudah dilatih dan bisa melakukan banyak hal.

Misalnya saja burung dara bisa dilatih untuk menyampaikan pesan. Jika anda ingin memulai memelihara burung atau ingin menjalankan bisni di bidang ini, anda bisa memilih burung merpati. Harga hewan (burung) yang terjangkau tentu akan mudah laku dipasaran.

burung-dara
Gambar Burung Dara (Hargaburung.id)

Ciri-Ciri Burung Dara

Untuk lebih mengetahui Apa Itu Burung Dara, tentu anda harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Mengetahui ciri-ciri burung dara berkualitas tentu membuat anda semakin mudah menentukan harga burung dara yang cocok untuk dibeli.

1. Kepala Burung Merpati

Pengamatan yang dilakukan yaitu kepala berbatok burung dara yang unik. Pilihlah burung merpati yang memiliki kepala batok dengan derajat kemiringan kepala dan pangkal hidung berkisar 40 hingga 60 derajat. Kemiringan tersebut menentukan keceptan dari burung merpati ketika mendarat.

2. Paruh Burung Merpati

Poin kedua yang harus diperhatikan yaitu paruh burung dara yang relatif kecil dengan ujung lancip. Paruh yang ideal pada burung dara yaitu tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar.

Jarak antara ujung paruh dan kepala juga tidak terlalu jauh. Nah, jika anda mendapatkan burung dara yang seperti itu, dapat dipastikan jika burung dara tersebut berkualitas.

3. Mata Burung Merpati

Selanjutnya yaitu mata burung dara yang berwanra dua dan berbentuk bulat. Warna mata yaitu antara pupil dan kornea mata mempunya waran yang berbeda.

Misalnya saja pupil berwana hitam pekat sedangkan kornea mata berwarna hitam sedang. Ada juga warna paduan seperti kuning tua dengan kuning muda, merah muda dengan putih, merah tua dengan hijau tua, hitam dengan kuning dan masih banyak paduan warna mata lainnya.

Bola mata yang bagus bagi burung dara yaitu yang berbentuk bundar sempurna. Anda bisa melihat keindahan bola mata tersebut dengan mata telanjang.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih

Pola Makan dan Makanan Burung Dara

Pola makan yang sehat bagi burung dara yaitu bisa dilakukan ketika pagi dan sore, sebaiknya  anda memberikan pakan dipagi hari yaitu berikan 10 butir kacang yang menajadi makanan utamanya.

Ketika sore hari, anda bisa merawat bisa memberikan 10 butir makanan tersebut. Jika mempunyai jenis makanan lebih dari satu, anda bisa menggunakan makanan lainnya.

Makanan Burung Dara sangat beraneka ragam. Konsumsi makanannya pun cukup terjangkau, Tentu burung ini tidak akan boros dalam makanan dan perawatannya.

Makanan burung dara yang sangat recomended yaitu jagung yang bisa diberikan 2x sehari. Jika harga jagung sedang meroket tinggi, anda bisa menggunakan makanan lain seperti kacang hijau yang juga diberikan 2x atau 1x sehari.

Anda juga mengkombinasikan kedua makanan favorit burung dara ini. Misalnya jagung diberikan dua hari pertama kemudian dua hari berikutnya diganti dengan kacang hujau.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Pilihan makanan selanjutnya yaitu menggunakan beras merah. Memang beras merah menjadi salah satu beras yang harganya cukup tinggi.

Namun kandungan vitamin dan gizi yang dibutuhkan burung merpati ini berada dalam kandungan beras merah ini. Meskipun harga agak tinggi, anda tidak akan rugi karena burung dara kesayangan bisa terbang dan melesat cepat dengan tepat.

Makanan lain yang juga berrhasil membuat buruung dara menyukainya yaitu pur baby. Pur babi sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin hewan burung dara tersebut. Jika merpati player anda mampu menamanah dtau memilih

burung-dara-hitam
Gambar Burung Dara (Mediamaya.net)

Namun langkah baiknya jika anda menggunakan stau pakan saja untu satu waktu. Biasanya, burung dara atau merpati yang agak manja sering mengacak-ngacak makanannya sesuka hati.

Jika anda mempunyai burung dara lebih dari satu, seharusnya anda membuat tempat pakan yang lumayan luas dan selalu ada air minum yang tersedia. Sehingga burung dara tidak berebut ketika sedang mengambil makan.

Selain itu, jangan berikan pakan setiap waktu. Jika makanan selalu tersedia di dalam tempat makan burung dara, membuat burung dara terus menerus memakannya.

Alhasil burung dara akan malas dan semakin gemuk. Hal tersebut akan mengurangi kinerja burung dara terutama ketika akn melesat jauh ke langit. Perhatian yang tidak boleh anda lupakan yaitu burung dara harus selalu minum setelah makannya selesai. Sebaiknya setiap burung diberikan tempat makan sendiri-sendiri.

Baca Juga: Harga Ayam Ketawa

Dikhawatirkan jika makan bersama-sama, pembagian makan pada burung dara tidak sama bahkan ada burung yang masih sangat kurang makan.

Selain ketiga makanan diatas, anda sebaiknya juga memberikan serbuk grit ataupun kulit telur yang sudah kering. Hancurkan kulit telur hingga diameternya sama sengan diameter jagung kecil.

Untuk pemberian grit sebaiknya dilakukan dengan hitungan minggu seperti seminggu sekali atau dua kali.

Burung Dara menjadi salah satu burung terlaris yang ada di Indonesia. Jenis dan harga yang bervariasi membuat burung dara mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Tidak hanya itu, makanan biji-bijian burung dara yang murah dan mudah ditemukan disekitar tempat tinggal kita. Jika anda menyukai perlombaan burung, burung dara bisa menjadi pilihan yang tepat.

Originally posted 2019-05-15 16:04:41.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar