Harga Burung Elang

Burung Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat hampir di seluruh daerah di Indonesia. Dalam bahasa Inggris elang adalah jenis burung yang merujuk pada burung pemangsa yang memiliki ukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila.

Secara fisik burung ini mempunyai ciri-ciri yaitu memiliki tubuh yang besar, kekar, kepala yang keran dan paruh yang kuat. Perlu Anda ketahui bahwa burung ini memiliki tubuh terbesar diantara jenis burung pemangsa lainnya.

Tentu Anda sudah tahu bahwa Elang memiliki pandangan yang sangat tajam dibandingkan dengan jenis hewan lainnya. Begitu pula dalam membidik mangsa, burung yang satu ini mampu membidik mangsa nya dari jarak puluhan kilometer.

Kemampuan berburu Elang tersebut didukung oleh kecepatan terbangnya yang mampu mencapai kecepatan 300 kilometer pada setiap jam nya, kecepatan itu jauh lebih cepat dibandingkan dengan mobil.

Itulah sebabnya Burung Elang termasuk dalam kelompok hewan yang hampir selalu berhasil dalam menerkam mangsanya.

Burung elang salah satu hewan yang dilindungi, jika Anda ingin merawatnya pastikan memenuhi syarat berikut klik disini

Tentang Burung Elang

Apa itu Burung Elang? Seperti yang diketahui Elang adalah salah satu hewan berdarah panas yang mempunyai sayap dan bagian tubuh yang selalu diselubungi oleh bulu pelepah.

Cara Elang berkembang biak yaitu dengan cara bertelur yang memiliki cangkang yang sangat keras di dalam sarang yang dibuatnya.

burung-elang
Gambar Burung Elang (Zona-Halal.com)

Makanan utama hewan ini adalah hewan mamalia kecil seperti tupai, tikus, kadal, ikan dan juga jenis-jenis serangga kecil lainnya. Namun ada sebagian elang yang mencari makanan dengan cara menangkap ikan sebagai makanan utama.

Elang juga memiliki sepasang kaki yang kuat dan kuku tajam dan melengkung untuk mencengkeram mangsa serta memiliki penglihatan yang sangat tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh tak terkira.

Selain itu burung jenis ini juga mempunyai sistem pernapasan yang baik dan mampu membekali jumlah oksigen yang diperlukan pada saat terbang.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih

Untuk mengenal lebih jauh tentang burung terbesar ini, maka Anda harus mengetahui beberapa ciri yang terdapat pada elang, antara lain

  1. Berparuh bengkok dengan ukuran yang sangat besar, tidak memiliki gigi pada paruhnya, dan memiliki berat yang sangat besar dibandingkan dengan predator udara lainnya.
  2. Memiliki otot dan cakar yang kuat dan tajam.
  3. Memiliki ketajaman sebesar 3,6 lebih tajam dari pada mata manusia.
  4. Termasuk golongan hewan pemangsa dengan darah yang panas.
  5. Buluh pelepah dapat dijumpai pada bagian tubuh dan sayap elang.
  6. Sangat baik dalam mengatur pada saat terbang elang karena mempunyai empat bilik seperti jantung manusia untuk mengatur oksigen.
  7. Termasuk kedalam golongan hewan ovipar, dimana cara bertelur merupakan cara berkembang biak

Seperti yang diketahui ada banyak sekali jenis Elang yang terdapat di Indonesia. Masing-masing tumbuh dengan karakter dan ciri yang berbeda-beda.

Begitu pula dengan harga burung Elang di pasaran yang bervariasi sesuai dengan jenisnya. Beberapa jenis cukup populer, seperti Elang Bondol yang mempunyai bulu berwarna putih dan cokelat pada sayapnya.

Ada juga Elang Hitam yang sangat elegan dengan warna hitamnya yang begitu pekat. Berikut ini daftar harga burung elang yang ada di pasaran.

Daftar Harga Burung Elang

Jenis Burung ElangHarga Dalam Rp
Burung Elang JawaRp500.000 – Rp750.000
Burung Elang AnakanRp250.000 – Rp500.000
Burung Elang BidoRp400.000 – Rp700.000
Burung Elang PutihRp1.000.000
Burung Elang HitamRp500.000 – Rp750.000
Burung Elang BondolRp550.000 – Rp900.000
Burung Elang LautRp500.000

Baca Juga : Harga Burung Puyuh

Daftar harga Elang di atas masih bisa mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan pun juga bisa berbeda pada setiap daerahnya.

Mengingat semakin hari jumlah Elang semakin menurun maka tidak heran jika harganya terus mengalami kenaikan setiap harinya.

Pelarangan dalam perdagangan satwa yang langka dan dilindungi juga bisa berdampak pada harga yang dipatok. Sehingga Anda tidak bisa dengan mudah mendapatkannya begitu saja. Harus ada izin dari pemerintah jika ingin merawat hewan yang dilindungi.

Jenis-Jenis Burung Elang

di Indonesia sendir terdapat banyak sekali jenis-jenis burung elang yang bisa dijumpai. Terdapat 21 jenis elang yang sudah di buku kan atau diakui di Indonesia, berikut adalah beberapa jenisnya

  1. Elang hitam elang-laut perut putih
  2. Elang brontok elang bondol
  3. Elang jawa elang-ikan kepala abu
  4. Elang-ular bido elang-ikan kecil
  5. Elang-ular jari pendek elang perut karat
  6. Elang buteo elang tikus
  7. Elang gunung
  8. Garuda
  9. Elang sulawesi
  10. Elang wallace
  11. Elang flores
  12. Elang paria
  13. Elang emas

Pada umumnya saat bertelur semua jenis elang hanya mampu mengeluarkan dua telur. Ukuran bayi elang betina sendiri juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran bayi elang yang jantan.

burung-elang-jawa
Gambar Burung Elang Jawa (Alihamdan.id)

Unik nya adalah saat bayi elang betina membunuh bayi elang lainnya yang lebih muda, maka induknya akan membiarkan bayi elang betina membunuh saudaranya.

Baca juga: Harga Burung Dara

Makanan Burung Elang

Seperti yang diketahui bahwa Elang adalah salah satu burung yang merupakan pemakan daging atau biasa disebutkan dengan istilah karnivora. Elang suka memangsa hewan kecil yang hidup di tanahh.

Jenis hewan tersebut yaitu mamalia kecil. Beberapa makanan burung elang seperti ayam, tupai, tikus, ikan, kadal, dan hewan mamalia kecil lainnya. Ada juga beberapa jenis ikan yang suka dengan serangga seperti jangkrik dan belalang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjinakkan elang adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Cara pemberian makanan nya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu memberikan daging yang masih segar seperti, daging tikus atau mencit. Bisa diberikan daging sapi segar dan daging ayam yang masih terdapat darah segarnya.

Dan untuk daging tikus sendiri sedikit sekali mengandung gizi. Sehingga ada baiknya jika memberikan daging tikus disertai dengan daging bebek, daging sapi, ataupun daging yang lainnya.

Dalam Pemberian makanan untuk menjinakkan elang, Anda cukup memberi makannya 3 kali dalam sehari yaitu pada saat pagi, siang, dan sore hari.

Akan tetapi Anda masih juga bisa memberikan makanan lagi pada elang kesayangan Anda pada malam hari dengan porsi secukupnya.

burung-elang-bondol
Gambar Burung Elang Bondol (Kanalkalimantan.com)

Banyak sekali jenis burung elang yang terdapat di Indonesia, menurut yang di lansir oleh Wikipedia jenis elang di Indonesia terdapat 21 jenis.

Namun perlu diketahui bahwa dari banyak nya jenis elang tersebut ternyata hanya tersisa beberapa saja di Indonesia karena populasinya yang semakin menurun setiap tahunnya. Jadi jika Anda tertarik, pastikan untuk segera mencarinya!

Itulah sedikit informasi tentang Burung Elang mulai dari karakteristik, jenis, makanan hingga harganya yang tersedia di pasaran.

Semoga informasi terkait harga hewan burung elang diatas dapat membantu Anda dalam mencari inspirasi dan membantu dalam memelihara hewan ini dengan benar dan tepat.

Originally posted 2019-01-18 16:17:28.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar