Harga Burung Jalak Kebo

Burung Jalak Kebo merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jenis Burung Jalak pada umumnya.

Seperti yang diketahui hobi memelihara burung telah menjadi hal yang paling banyak diminati beberapa tahun terakhir. Ada banyak sekali jenis-jenis burung yang dapat dipelihara salah satunya yaitu jalak kebo. Mungkin bagi sebagian pecinta burung masih merasa asing dengan nama burung yang satu ini.

Banyak orang mengatakan cara hidup dari jalak kebo menganut sistem simbiosis mutualisme, sehingga tidak heran jika banyak orang menyebutnya dengan burung Jalak Penyu.

Jenis Jalak Kebo sendiri identik dengan daerah rawa ataupun padang terbuka, sehingga tidak heran jika burung ini banyak dijumpai di daerah persawahan.

Kehidupan dari jalak kebo sendiri cenderung berkelompok, yaitu mencapai 5 -8 ekor jalak dalam setiap kelompoknya. Sampai sekarang habitat paling banyak terdapat Jalak Kebo yaitu berada di Sumatra, Bali, Kalimantan, dan Pulau Jawa.

Tertarik untuk memeliharanya? Simak terlebih dahulu beberapa informasi terkait dengan Burung Kebo Jalak seperti harga hewan peliharaan ini, jenis-jenis dan makanan yang wajib Anda tahu.

Baca juga: Harga Burung Trucukan

Burung Jalak Kebo

Harga burung jalak kebo umumnya berbeda-beda pada setiap daerahnya. Namun kisaran harga yang dipatok untuk harga burung jalak kebo biasanya mulai dari Rp75.000 hingga Rp550.000.

harga tersebut tergantung pada jenis burung yang dibeli. Adapun daftar harga sesuai jenisnya yaitu di bawah ini:

Daftar Harga Burung Jalak Kebo Terbaru Tahun 2019

Jenis Burung Jalak KeboHarga Dalam Rp
Burung Jalak Kebo BakalanRp75.000
Burung Jalak Kebo JantanRp150.000
Burung Jalak Kebo GacorRp200.000 – Rp450.000
Burung Jalak Kebo Mata PutihRp100.000
Burung Jalak Kebo Mata Putih GacorRp175.000
Burung Jalak Kebo Mata Putih Bisa BicaraRp550.000
Burung Jalak Kebo Mata KuningRp150.000 – Rp300.000

Baca juga: Harga Burung Ciblek

Harga tersebut bisa berubah-ubah di masing-masing daerah yang berbeda. Seperti pada wilayah Bandung, Jakarta, Surabaya, dan wilayah lainnya. untuk mengetahui harga yang pasti, Anda dapat mengunjungi toko burung terdekat di wilayah Anda.

Karakteristik Burung Jalak Kebo

Apa itu burung Jalak Kebo?  Jalak kerbau atau jalak hitam merupakan satu diantara jenis burung jalak yang memiliki banyak keunikan tersendiri.

gambar-jalak-kebo
Gambar Jalak Kebo (Flickr.com)

Salah satu keunikan dan karakteristik dari jalak kebo adalah dapat berteman baik dengan hewan mamalia bernama Kerbau.

Sebelum memeliharanya sebaiknya ketahui dulu perbedaan antara jalak kebo jantan dengan betina berikut ini.

Perbedaan Burung Jalak Kebo Betina dengan Jantan

Burung Jalak Kebo JantanBurung Jalak Kebo Betina
Warna hitam di kepala dan sayap sangat tegasMemiliki warna sayap yang tidak mencolok (pudar) dan bulu berwarna hitam pada bagian kepala
Badan berukuran lebih besar dan panjangKepala berbentuk bulat dan tidak kotak
Kepala berbentuk kotak dan tampak lebih besarMemiliki bulu halus yang tidak banyak dan Ven umumnya datar
Kloaka lebih menonjol dan ditumbuhi bulu-bulu halusTubuh berukuran lebih kecil dan pendek
Paruh tampak lebih kokoh, kuat dan panjangMemiliki mahkota bagian atas paruh yang kurang rapi
Jambul di sekitar pangkal paruh relatif panjang, rapi dan hitam mengkilapParuh berbentuk tipis dan pendek
Bulu ekor yang sering menyatu atau rapatKicauan jalak kebo tidak lebih bagus daripada peja
Suaranya bervariasi dan bervolume volume lantangMemiliki bulu ekor yang sering mengembang dan membuka

Jenis-Jenis Burung Jalak Kebo

Perlu Anda ketahui bahwa jenis-jenis burung jalak kebo ini dibagi menjadi 2 yakni Jalak Kebo Mata Putih dan Kuning. Masing-masing jenisnya memiliki suara yang berbeda yaitu untuk jenis Jalak Kebo yang bermata putih banyak pecinta burung menganggap bahwa suaranya sangat unik dan indah.

Terkadang jenis ini juga mampu menirukan suara manusia seperti burung beo. Sedangkan jika dilihat dari sisi ukurannya jenis mata putih ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis mata kuning.

Meskipun memiliki ukuran lebih kecil namun jangan salah jenis mata kuning ini mampu mengolah suara lebih baik dibanding dengan mata putih.

burung-jalak-kebo
Gambar Jalak Kebo (Youtube)

Perlu diketahui terkadang jenis Jalak Kebo bermata kuning ini mampu menirukan suara di sekitarnya dengan pandai. Tidak hanya memiliki kemampuan bersuara saja, jalak kebo jantan dan betina juga mempunyai ciri masing-masing.

Pada jenis jalak kebo jantan mempunyai ciri khas yakni ukuran kepala lebih besar dibandingkan dengan betina. Jika dilihat dari bentuk juga berbeda, untuk jenis jalak kebo jantan mempunyai buli kepala lebih rapi dan memiliki jambul di dekat paruh depan. Sedangkan jika dilihat dari suaranya Jalak Kebo jantan memiliki variasi lebih banyak dibandingkan betina.

Baca juga: Harga Burung Cendet

Aneka Makanan Burung Jalak Kebo

Makanan burung Jalak Kebo sendiri memang sama dengan burung pada umumnya. Namun perlu diketahui banyak sekali jenis makanan yang baik untuk diberikan pada Jalak Kebo peliharaan Anda, salah satunya adalah buah-buahan.

Buah-buahan atau sayuran sudah dipercaya dapat memberikan banyak sekali khasiat untuk jalak kebo, tidak hanya untuk Jalak Kebo saja, sayuran dan buah-buahan juga penting untuk segala jenis burung lainnya.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Berikut beberapa makanan yang bisa diberikan ke Jalak Kebo peliharaan Anda.

1. Buah, dan Sayuran

Salah satu buuah yang cocok untuk jenis burung ini adalah buah pisang. Semua jenis pisang sangat disukai oleh jalak kebo karena dapat mengurangi lapar dan meningkatkan asupan kebutuhan vitamin dalam tubuh burung.

Selain itu, buah pisang juga memiliki khasiat energi yang tinggi sehingga dapat membantu mengembalikan energi yang hilang.

2. Voer

Voer terbilang sangat efektif untuk diberikan kepada burung jenis ini yang pemiliknya memiliki pekerjaan yang sangat padat karena dapat menjaga stamina nya sepanjang hari.

Kadar protein yang terdapat dalam Voer berkisar antara 12 sampai 18% disertai dengan kandungan lemak, serat kasar, energi metabolisme, vitamin, mineral, dan karbohidrat.  Jenis makanan ini berfungsi untuk meningkatkan dalam bergerak dan berkicau.

3. Kroto

Kroto juga termasuk makanan jenis burung ini karena bisa menunjang kebutuhan nutrisi untuk burung selama seharian. Kroto sangat efektif jika dicampurkan dengan makanan EF seperti jangkrik, ulat hongkong, atau belalang.

Kroto atau telur semut rangrang ini juga dapat digunakan untuk memancing si burung agar tidak malas dalam berkicau.

4. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong menjadi salah satu makanan tambahan jalak kebo yang sangat di sukai. Namun jangan memberinya secara berlebihan.

Jika memberi makanan jenis ini secara berlebihan, dapat mengakibatkan kurang baik untuk kesehatannya.

burung-jalak-kebo-hitam
Gambar Jalak Kebo (Jualo.com)

Itulah berbagai deskripsi tentang Burung Jalak Kebo beserta daftar harganya. Semoga informasi diatas dapat memberikan Anda referensi tentang apa jenis jalak kebo apa yang akan Anda pelihara di rumah.

Ketika Anda ingin memelihara burung, ada baiknya untuk mengetahui cara merawat, harga burung dan memberi makan dengan menanyakannya kepada pedagang ketika membeli. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat dengan mudah memelihara burung kesayangan Anda.

Originally posted 2019-01-19 21:15:14.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar