Harga Burung Kakatua

Siapa sih yang tidak mengenal Burung Kakatua? Pasti hampir sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, ternyata jenis burung ini juga sangat terkenal di dunia. Apa yang unik dari burung ini?

Bagi para pecinta burung, jenis burung yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan karena memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi sehingga sangat mengerti pada pengasuhnya.

Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Pastikan untuk mengetahui cara perawatannya ya! Dalam memelihara jenis burung yang satu ini harus tahu bagaimana cara melatihnya agar dapat jinak dan menurut pada pemiliknya.

Apabila dilatih dengan baik, burung jenis ini cenderung lebih pintar dan cerdas dalam menerima perintah dari pemiliknya tetapi sebaliknya apabila ditangani dengan cara yang salah, maka kemungkinan dapat membahayakan orang di sekitarnya.

Jadi pastikan untuk merawatnya dengan baik dan sabar ya! Nah bagi Anda yang saat ini berniat untuk memelihara jenis burung ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan Burung Kakatua mulai dari jenis hingga perawatannya.

Baca juga: Harga Burung Cendet

 

Tentang Burung Kakatua

Apa itu burung kakatua? Seperti yang diketahui bahwa burung jenis ini termasuk dalam kategori Family Cactidae yang habitat aslinya berasal dai Australia dan Kepulauan Pasifik Selatan.

Selain kedua negara tersebut burung jenis ini juga bisa di temukan di daerah Philipina dan di Indonesia bagian timur.

Sebagian besar orang mengira jenis burung memiliki warna putih dan warna kuning saja, padahal selain putih burung ini juga memiliki warna hitam dan merah dengan harga hewan (burung) yang lebih mahal dibandingkan dengan warna putih.

burung-kakatua
Gambar Burung Kakatua (dw.com)

Pada umumnya ciri-ciri burung kakatua yaitu memiliki paruh yang cukup kuat berwarna hitam atau krem. Warna paruh tersebut sesuai dengan warna masing-masing jenis atau spesiesnya.

Sedangkan pada bagian kepalanya terdapat jambul berwarna kuning cerah. Perlu Anda ketahui burung jenis ini termasuk dalam golongan jenis burung nuri yang mempunyai bedak pada bagian bawah bulunya.

Bedak ini berfungsi untuk menjaga kondisi suhu tubuh burung tersebut agar tetap stabil dan terjaga.  Salah satu kelebihan burung kakatua yaitu memiliki sifat yang cukup tenang dan pendiam.

Namun tidak semua jenis memiliki sifat pendiam sebagian juga memiliki sifat yang agresif dan suka berpindah-pindah. Kelebihan lainnya yang dimiliki burung jenis ini yaitu kemampuan hidupnya yang bisa mencapai 30 sampai 50 tahun, bahkan ada juga jenis kakatua yang bisa berumur 60 – 70 tahun.

Bagi Anda yang tertarik untuk melatih dan menjinakkan burung jenis ini sebaiknya dilakukan pada umur 5-10 tahun. Selain cerdas, burung jenis ini juga mudah sekali menyesuaikan diri, tetapi juga bisa gelisah dan sulit untuk dipahami.

Jadi jangan sampai membuatnya tertekan dan stress ya!

Cara Merawat Burung Kakatua

Bagi Anda yang tertarik memelihara burung jenis kakatua ada beberapa kriteria yang perlu diragukan agar kesehatan peliharaan Anda dapat tetap terjaga. Berikut cara merawat burung kakatua dengan mudah dan benar yaitu

1. Masalah Kandang

Dalam merawat burung jenis kakatua, sebaiknya untuk menempatkannya pada kandang besi atau memakai tenggeran khusus jenis burung yang memiliki paruh bengkok.

Namun perlu diperhatikan dalam penempatan burung jenis kakatua dalam sebuah kandang besi jangan dilakukan secara terus-menerus.

Mengapa demikian? Hal tersebut untuk memudahkan para pemiliknya melakukan interaksi langsung dengan burung peliharaannya.

2. Rutin Memandikan

Dalam merawat burung jenis kakatua ini sebaiknya telaten memandikannya secara rutin. Tujuannya dari memandikan ini adalah untuk menghilangkan debu pada bagian sayap dan menjaga bulu burung tetap terlihat bagus dan Indah.

Memandikannya dengan pancuran dianggap lebih efektif karena lebih mudah menghilangkan atau kotoran dan debu dengan mudah.

3. Pakan Burung Kakatua

Meski makanan burung kakatua tergolong sangat mudah ditemukan, namun sedikit sekali orang yang memberikan makanan yang bergizi pada hewan yang satu ini.

Bahkan ada banyak di antara para pemelihara yang hanya memberikan pakan berupa pisang dan juga memberikan makanan berupa jagung saja setiap harinya.

Padahal jika telusuri lebih dalam pakan yang diberikan kepada burung akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan keindahan bulu yang dimilikinya.

Jenis makanan yang dapat diberikan kepada burung jenis kakatua seperti campuran bijian yang terdiri dari jagung, kacang-kacangan, dan beberapa jenis buah-buahan lainnya.

Dalam merawat burung jenis kakatua sebaiknya Anda perlu memberikan pakan tambahan yang berupa buah-buahan seperti apel, pepaya, mangga, dan vitamin-vitamin yang dapat menjaga kesehatan burung peliharaan Anda.

Baca juga: Harga Burung Kicau Murah

Burung jenis ini sangat unik dan akan menghiasi rumah dengan suaranya yang khas. Burung ini terkenal dengan kecerdasan yang tinggi tidak seperti jenis burung pada umumnya.

burung-kakatua-jambul-kuning
Gambar Burung Kakatua Jambul Kuning (Dewainusa.com)

Tentu saja karena kelebihannya tersebut, ada banyak sekali penggemar dari burung jenis ini. Selain memiliki kecerdasan dalam level yang tinggi, burung ini juga terkenal dapat berbicara menirukan suara manusia.

Walaupun caranya berbicara hanya menggunakan insting semata, burung ini dapat berbicara dengan jelas sesuai kalimat yang Anda ucapkan.

Tentu saja, dengan kelebihan berbicara nya, ia mampu menjadi penghibur bagi Anda dan keluarga. Sehingga, rumah tidak akan terasa sepi.

Kepopuleran burung jenis Kakatua di kalangan penghobi dan pecinta burung memang sudah tak perlu dipertanyakan lagi.

burung-kakatua-raja-hitam
Gambar Burung Kakatua Raja Hitam (Alamendah.org)

Terlebih lagi, burung ini juga memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh burung jenis kakatua adalah kecerdasannya yang berada di atas rata-rata spesies burung peliharaan jenis lainnya.

Sehingga hal tersebut membuat burung jenis ini memiliki harga yang masih cukup mahal. Lalu berapa harga burung kakatua sebenarnya?

Berbicara tentang harga, harga jual burung ini disesuaikan dengan spesies atau jenisnya. Semakin unik atau langka jenisnya maka harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Berikut ini daftar harga burung kakatua yaitu,

Daftar Harga Burung Kakatua Terbaru

Jenis Burung KakatuaHarga Dalam Rp
Burung Kakatua MalukuRp1.500.000
Burung Kakatua RawRp2.000.000
Burung Kakatua GoffinRp3.000.000
Burung Kakatua Jambul KuningRp2.500.000
Burung Kakatua Raja HitamRp4.000.000
Burung Kakatua PutihRp3.000.000
Burung Kakatua Mini Jambul KuningRp2.000.000
Burung Kakaktua Indukan SepasangRp4.000.000
Burung Kakaktua Jambul Anakan Usia 5 BulanRp1.500.000
Burung Kakatua SanguineaRp2.500.000

Baca juga: Harga Burung Kolibri

Burung jenis kakatua memang sudah terkenal di penjuru dunia khususnya di Indonesia. Ada banyak hal yang tidak perlu Anda pertimbangkan untuk memelihara burung ini di rumah.

Demikian informasi lengkap mengenai Burung Kakatua yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya, semoga informasi diatas bermanfaat!

Originally posted 2019-01-13 14:35:27.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar