Harga Burung Kenari

Burung kenari adalah hewan yang bisa berkicau dengan indah. Anda pernah mendengar burung berkicau dengan merdu? Bisa jadi itu adalah suara yang dihasilkan dari burung kenari. Burung kenari memiliki nama Latin Serinus canaria. Burung ini termasuk dalam jenis burung yang biasa dipelihara karena bisa menyanyi.

Namun tidak mudah untuk melatih Kenari berkicau dengan merdu. Ada beberapa latihan dan perawatan yang harus Anda lakukan. Adapula jenis-jenis Kenari yang tersebar di berbagai dunia. Mau tahu apa saja jenis Kenari dan bagaimana perawatannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Burung Kenari?

burung kenari berner
burung kenari berner

Burung Kenari yang berasal dari Kepulauan Macaronesian atau pulau Azores, Madeira, dan Kepulauan Canary. Kenari adalah spesies burung kecil yang ditemukan di Eropa dan Afrika.

Canary atau spesies Serinus canaria adalah burung sangkar yang populer dari jenis burung Fringillidae atau ordo Passeriformes. Burung ini memiliki warna khas kuning dan cokelat dengan kekuatan vokal yang bertahan lama. Burung kenari yang terkenal adalah Hartz Mountain, Norwich, dan Yorkshire.

Baca juga: Harga Burung Lovebird

Masa hidup rata-rata kenari yang dikurung adalah 10–15 tahun. Namun ada beberapa burung yang bertahan hidup  selama lebih dari 20 tahun. Kenari mulai  diperkenalkan pada tahun 1816 oleh seseorang yang berasal dari Jerman bernama Carl Ludwig Koch.

Nama Kenari sendirikan sesuai dengan nama k tempat asalnya, Kepulauan Canary. Kenari asli tidak lebih dari burung berwarna kehijauan dan tidak ada yang luar biasa – kecuali lagunya.

Orang Eropa jatuh cinta pada jenis Kenari Penyanyi atau Song Canary dan mulai mengimpornya di akhir tahun 1500-an. Akhirnya, orang-orang Eropa mulai mengembang biakkan burung-burung ini dan, mengembangkan keturunan kenari yang hampir tidak mirip satu sama lain hari ini, dan tentu saja tidak menyerupai kenari-kenari liar.

Burung kenari pertama kali dibesarkan di penangkaran pada abad ke-17. Burung ini dibawa oleh pelaut Spanyol ke Eropa. Burung ini menjadi mahal untuk berkembang biak di istana raja-raja Spanyol dan Inggris.

Para biksu mulai mengembang biakkan burung ini dan hanya menjual jenis jantan Hal ini membuat burung-burung tidak banyak dipasok. Akhirnya, orang Italia mampu membiakkan burung dan membuat burung ini sangat populer.

burung kenari border
gambar burung kenari border (gemarburung.com)

Dari abad 18  hingga abad ke 20, burung kenari dan burung pipit digunakan di Inggris, Kanada dan Amerika Serikat di industri pertambangan batubara, untuk mendeteksi karbon monoksida. Di Inggris, praktik ini berhenti pada 1986.  Biasanya, kenari lokal disimpan di kandang burung. Mengingat perawatan hidup burung kenari berkisar 10 hingga 15 tahun.

Baca juga: Harga Burung Cendet atau Pentet

Walau burung ini memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan unggas lain yang dipelihara, namun burung kenari ini sangat kuat untuk ukurannya yang kecil. Burung ini juga telah menjadi favorit para penggemar burung selama bertahun-tahun karena kekuatan vokalnya. Kenari adalah anggota keluarga burung penyanyi Finch.

Burung-burung yang berwarna-warni ini memiliki banyak variasi dalam lagu dan warn. Setidaknya ada 98 jenis varietas warna saja. Sementara kemampuan bernyanyi adalah perilaku yang umumnya hanya ada pada jenis Canary’s Song atau kenari penyanyi.

Anda tertarik untuk membeli sebuah burung kenari? Saat memilih kenari Anda harus meluangkan waktu sejenak untuk mendengarkan burung-burung yang masih muda sebelum Anda membelinya.

Satu-satunya cara yang benar untuk mengetahui apakah burung kenari adalah penyanyi yang baik adalah mendengarnya sendiri, meskipun kenari muda hanya akan menyanyikan sedikit lagu. Jadi Anda mungkin harus membeli kenari Anda saat mereka sedikit lebih tua. Anda juga dapat membeli CD atau kaset pelatihan kenari untuk dimainkan bagi penyanyi muda.

Nah, harga burung kenari hari ini sendiri tergantung pada jenisnya itu sendiri. Untuk harga burung kenari lokal Indonesia yang masih bayi sendiri sangatlah murah yakni Rp80.000 selebihnya akan naik. Apalagi jika burung tersebut pernah mengikuti kompetisi. Berikut adalah tabel harga burung kenari:

Daftar Harga Burung Kenari

Jenis BurungHarga
Kenari Lokal Warna DewasaRp165.000-Rp265.000
Kenari Gloster AnakanRp750.000
Kenari Red Intensif BetinaRp1.550.000
Kenari Red Intensif JantanRp1.850.000
Kenari Yorkshire BetinaRp3.650.000-Rp6.250.000
Kenari Yorkshire JantanRp4.000.000-Rp10.000.000
Kenari F1 Yorkshire AnakanRp1.150.000

Jenis-Jenis Burung Kenari

burung kenari fife
gambar burung kenari fife

Burung-burung ini biasanya memiliki beberapa warna kuning di bulu. Kenari umumnya dibagi menjadi 4 macam burung kenari yang menjadi kelompok utama:

  1. Kenari yang dibedakan berdasarkan warna. Kenari ini memiliki warna perunggu, gading, kuning, coklat, merah dll.
  2. Kenari yang dibedakan karena bentuk tubuh. Jenis-jenis burung kenari ini adalah Berner, Border, Fife, Gibber Italicus, Gloster, Lancashire, Raza Española, Yorkshire, dll.
  3. Song Canary yang dikembang biakkan karena pola lagu mereka yang unik dan spesifik
  4. Kenari liar adalah kenari berwarna hijau kekuning-kuningan, yang dikembang biakkan secara selektif dan memiliki berbagai warna, seperti kuning, oranye, coklat, hitam, putih, dan merah.

Song Canary sendiri adalah yang paling laku di pasaran. Jenis kenari satu ini hadir dalam berbagai warna, dari kuning cerah, seperti Burung Tweety yang terkenal, hingga cokelat, abu-abu, putih, dan beraneka ragam.

Baca juga: Harga Burung Kicau Murah

Ada banyak kompetisi burung kenari di seluruh dunia. Acara perlombaan burung kenari yang paling terkenal di dunia adalah C.O.M. atau Confederation Ornithologique Mondiale. Kompetisi ini diadakan di Eropa setiap tahun dan melibatkan ribuan buruan. Sebanyak 20.000 burung pada umumnya dibawa bersama untuk mengikuti kompetisi ini.

Burung kenari sendiri s pernah secara teratur digunakan dalam penambangan batubara sebagai sistem peringatan dini. Gas beracun seperti karbon monoksida atau gas asfiksia seperti metana di tambang akan membunuh burung sebelum mempengaruhi para penambang.

Tanda-tanda penderitaan dari burung itu diindikasikan kepada para penambang bahwa kondisinya tidak aman. Penggunaan burung kenari penambang di tambang Inggris kemudian dihapus secara bertahap pada tahun 1986.

Ungkapan kenari di tambang batu bara sendiri sering digunakan untuk merujuk pada seseorang atau sesuatu yang berfungsi sebagai peringatan dini dari krisis yang akan datang.

Dengan analogi, istilah canary iklim digunakan untuk merujuk pada spesies yang dipengaruhi oleh bahaya lingkungan sebelum spesies lain, sehingga berfungsi sebagai sistem peringatan dini untuk spesies lain yang dalam bahaya.

Cara Merawat Burung Kenari

Song Canary adalah salah satu jenis burung kenari yang paling populer di antara jenis kenari lainnya dan biasanya dicari karena lagu melodinya yang indah. Seperti namanya, spesies satu ini dikembangbiakkan untuk bernyanyi, khususnya kenari jantan. Kenari perempuan menyuarakan sebagian besar dengan celetukan, sementara laki-laki dapat mengembangkan lagu-lagu yang rumit.

burung kenari Yorkshire
gambar burung kenari Yorkshire (jalaksuren.net)

Kenari jenis tidak hanya dapat memiliki suara yang indah tetapi juga cenderung mudah dirawat Seperti kebanyakan spesies burung lainnya, hanya kenari laki-laki dewasa yang bisa diajarkan bernyanyi, sedangkan perempuan hanya menghasilkan satu vokalisasi saja.

Kebanyakan orang membeli kenari karena lagunya yang menarik dan melodi yang dihasilkan. Ada beberapa jenis Song Canari, termasuk American’s Song, Roller Jerman, Timbrado Spanyol, dan Waterslagger Belgia.

Baca juga: Harga Burung Kolibri

Kenari ini meskipun burung tapi juga penyanyi yang luar biasa. Namun, dibutuhkan tips merawat burung kenari yang baik untuk menghasilkan kenari yang merdu suaranya. Kenari lebih mudah dirawat dan tidak memerlukan komitmen waktu yang banyak dilakukan burung lainnya. Meskipun burung kenari sensitif namun memang hanya memerlukan beberapa menit perawatan harian untuk menjaga burung ini tetap sehat.

Anda hanya perlu melakukan perawatan rutin seperti membersihkan kandang, memandikan dua kali sehari, menjemurnya di pagi hari dan menempatkannya di tempat yang sejuk. Burung kenari bukan burung rapuh, dan dapat menyesuaikan diri dengan cuaca dingin di kandang burung terbuka, meskipun mereka lebih menghargai suhu sekitar 75 derajat. Namun, mereka sensitif terhadap perubahan suhu jika tidak disesuaikan dengan benar.

Makanan Burung Kenari

gambar sayuran makanan kenari
gambar sayuran makanan kenari (tribunnews)

Jangan lupa berikan makanan yang bernutrisi untuk kenari. Makanan burung kenari yang baik adalah campuran banyak buah, sayuran, sumber protein tinggi, dan makanan telur.

Makanan harus diformulasikan untuk memberikan nutrisi ideal bagi kenari. Selain itu, kenari harus diberikan makanan sayuran jenis apa pun. Ketika dirawat dengan benar, burung kenari bisa hidup 15 tahun atau lebih.

Penyakit Burung Kenari

Gambar Kenari Gibber Italicus
Gambar Kenari Gibber Italicus (hewan.id)

Burung kenari juga rentan terhadap infeksi tungau, atau tungau kantung udara.Tungau ini dapat ditemukan dalam sistem pernapasan burung, tungau bersisik yang menunjukkan sisik bertumpuk di sekitar paruh, mata, atau kaki burung.Sedangkantungau bulu dan tungau merah yang merangkak keluar di malam hari dan memakan darah burung.

Infeksi tungau dapat diobati jika tertangkap sejak dini, jadi proaktiflah dalam mencari perawatan segera jika Anda menduga bahwa kenari Anda mungkin memiliki penyakit tungau. Cacar pada burung kenari juga bisa disebabkan n oleh nyamuk dan menimbulkan ancaman serius bagi kenari, terutama kenari yang berada di luar rumah.

Itulah  sebabnya mengapa banyak orang merekomendasikan untuk memasukkan burung-burung ini di dalam ruangan dan terhindar dari nyamuk. Ruangan yang tertutup akan menghindari tingkat infeksi yang lebih tinggi selama musim panas.

Baca juga: Harga Burung Perkutut

Beberapa kenari akan menyanyikan berbagai lagu, sementara yang lain hanya dilatih untuk bernyanyi dengan cara tertentu. Ya, burung kenari harus dilatih untuk bernyanyi, itulah sebabnya menemukan peternak yang baik sangat penting. Umumnya kenari akan mulai bernyanyi dengan benar setelah usia 6 bulan, ketika mereka mencapai kedewasaan.

Sebelumnya, sulit untuk mengetahui kenari mana yang merupakan penyanyi sungguhan dan Kualitas lagu tergantung pada jenis canary. Lagu Hartz Mountain Roller adalah musik lembut dan klasik, dan, secara umum, burung kenari bisa bernyanyi dengan paruhnya yang tertutup.

Sementara Timbrado Spanyol lebih lantang dan memiliki nada yang lebih bernada tinggi dan tajam. Waterslagger Belgia memiliki kisaran nada terendah dan tertinggi dari semua kenari penyanyi.

Burung kenari dapat berhenti bernyanyi selama meranggas, biasanya untuk jangka waktu beberapa bulan sepanjang tahun dan hal itu normal. Tingkatkan asupan nutrisi burung dan kurangi jumlah cahaya yang diterima per hari. Seekor kenari mungkin juga berhenti bernyanyi karena kesehatan yang buruk atau kehadiran kenari yang dominan di kandang yang sama membuat hidupnya sengsara.

Tips Menjodohkan Burung Kenari

cara menjodohkan burung kenari
cara menjodohkan burung kenari

Sementara cara menjodohkan kenari juga tidaklah sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah kandang yang sesuai untuk kedua kenari yang hendak dijodohkan dan pastikan terlindung dari bahaya serangga yang hanya akan mengganggunya.

Sama halnya dengan merawat kenari, cara ternak burung kenari juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan sangkar burung di pagi hari dan masukkan ke kandang kenari betina. Kemudian pisahkan kembali kenari jantan dan betina sekitar jam 07.00-09.00.

Kemudian saat sore hari, Anda perlu memasukkan kembali  kenari jantan ke kandang kenari betina di sore hari pukul 16.00-17.00 hingga kenari betina bertelur. Nah, jika sudah bertelur, Anda jangan menjemur kenari betina karena hal itu akan merusak telur yang telah dikeluarkan.

Demikian ulasan mengenai burung kenari dan cara perawatannya. Untuk menghasilkan suara yang bagus, Anda perlu pandai merawatnya, ya!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar