Harga Burung Kicau Murah

Chirping birds atau burung kicau merupakan jenus burung hias yang mempunyai ciri khusus, yaitu mempunyai kicauan yang menarik.

Tidak ada spesifikasi jenis dari burung ini, hanya saja semua burung yang mempunyai kicauan merdu dapat digolongkan ke dalam jenis burung ini.

Apa itu Burung Kicau?

Ada beberapa jenis burung yang terlahir dengan kicauan merdu, bukan berarti seekor burung dapat mempertahankan merdu dari suara kicau tersebut.

Ada kalanya suara kicauan seekor burung tidak begitu merdu. Karena itu butuh perawatan intensive untuk mempertahakan merdunya kicauan suara dari chirping birds.

Daftar harga burung kicau murah yang tertera di bawah ini bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih murah maupun menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan tentu bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Daftar Harga Burung Kicau Murah Terbaru Tahun 2019

Jenis Burung KicauHarga Dalam Rp
Burung Kicau Kenari AnakanRp250.000 – Rp300.000
Burung Kicau Kenari DewasaRp1.000.000
Burung Kicau Murai AnakanRp3.000.000
Burung Kicau Murai Anakan DewasaRp20.000.000
Burung Kicau KacerRp300.000 – Rp800.000
Burung Kicau Cucak RowoRp700.000 – Rp4.000.000
Burung Kicau JalakRp600.000 – Rp3.000.000

Baca juga: Harga Burung Kolibri

Bagi Anda yang tertarik dengan burung kolibri, ada baiknya anda tahu info tentang kisaran harga hewan(burung) ini. Setidaknya info ini daftar harga di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Jenis Burung Kicau Paling Populer

Diantara jenis dari chirping birds yang ada, hanya terdapat beberapa jenis chirping birds favorit. Jika jenis chirping birds sedang populer, maka semakin mahal harga burung kicau tersebut.

Bahkan harga dari seekor chirping birds dapat mencapai puluhan juta. Berikut ini adalah daftar dari jenis – jenis burung kicau favorit :

1. Burung Kenari

burung-kenari
Gambar Burung Kenari (Satujam.com)

Burung kenari mempunyai nama ilmiah serinus canaria. Asal dari jenis burung ini adalah di kepulauan canary, Spanyol. Habitat dari burung kenari juga telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia.

Burung kenari sendiri mempunyai berbagai macam jenis yang berbeda di setiap daerah habitatnya. Bahkan banyak jenis burung kenari baru hasil dari perkawinan silang antara burung kenari yang berbeda jenis.

Di Indonesia burung kenari tergolong burung hias yang mempunyai harga relatif mahal.

Harga dari burung kenari yang masih berusia ± 3 bulan dibandrol dengan harga 250.000 IDR untuk betina dan 300.000 IDR untuk burung jantan. Sedangkan untuk burung kenari dewasa dapat mencapai harga ± 1.000.000 IDR.

Baca juga: Harga Burung Cucak Rowo

2. Burung Murai

burung-murai
Gambar Burung Murai Batu (abatasa.co.id)

Burung murai juga dikenal dengan nama burung shamas. Hal yang istimewa dari burung ini terletak pada warna bulu burung yang memiliki corak menarik dengan kontras warna sempurna.

Selain itu burung murai ini mempunyai kemampuan khusus untuk menirukan suara kicauan dari burung lainnya.Karena burung ini cukup istimewa harga dari jenis burung murai juga cukup fantastis.

Ketika usia burung mencapai ± 3 bulan mempunyai harga jual sekitar ± 3.000.000 IDR. Sedangkan burung yang mempunyai usia lebih dari 3 bulan, harganya bisa mencapai ± 20.000.000 IDR per ekor.

3. Burung Kacer

burung-kacer
Gambar Burung Kacer (Omkicau.com)

Burung yang mempunyai nama lain magpie robin mempunyai keistimewaan tersendiri bagi pecinta burung hias. Hal ini dikarenakan burung kacer tidak membutuhkan perawatan intensive seperti burung hias lainnya.

Sementara itu proses adaptasi dari burung ini cukup cepat. Terlebih lagi suara kicauan dari burung ini juga tidak mudah pudar karena faktor tertentu. Burung kacer ini juga sering digunakan dalam suatu perlombaan.

Harga dari burung kacer tidak begitu mahal. Seekor burung kacer dibandrol dengan rentan harga mulai dari Rp 300.000-Rp800.000.

4. Burung Cucak Rowo

cucak-rowo-aceh
Gambar Burung Cucak Rowo Aceh (Burungpedia.com)

Jenis burung ini pernah mencapai tingkat kepopularitas yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena seorang musisi jawa lokal menggunakan burung ini sebagai sebuah lagu.

Habitat asli dari burung cucak rowo di daerah tropis, khususnya di Indonesia. Sehingga tidak begitu sulit menemukan jenis burung ini.

Ciri khas dari burung ini adalah mempunyai mempunyai mahkota yang berwarna kuning agak keemasan. Suara kicauan dari burung ini juga cukup khas, yaitu seperti suara vokal group.

Sayangnya jenis burung cucak rowo ini terancam langka. Dari tahun ke tahun, tingkat populasinya menurun. Oleh karena itu harga dari burung cucak rowo relatif mahal. Seekor burung cucak rowo dibandrol dengan harga 700.000 IDR hingga 4.000.000 IDR.

Baca juga: Harga Burung Kutilang

5. Burung Jalak

burung-jalak-bali
Gambar Burung Jalak Bali (Beritagar.com)

Burung jalak termasuk ke dalam famili sturnidae. Burung ini dekat dengan burung beo dan burung perling. Ciri khas dari burung jalak mempunyai bentuk fisik gagah, sangat jinak sehingga mudah dilatih serta mempunyai kicau yang cukup keras dan berkarakter.

Habitat dari burung jalak ini adalah di lubang batang pohon. Perawatan dari burung jenis ini cukup mudah dan dapat memakan berbagai macam jenis serangga hingga buah – buahan.

Harga dari burung jenis ini sangat variatif dan relatif tidak begitu mahal. Harga burung kicau jenis ini mulai dari 80.000 IDR – 600.000 IDR.

Makanan Burung Kicau

Salah satu cara merawat burung kicau yang baik dan benar adalah memberi makanan yang tepat. Makanan burung kicau adalah makanan yang akan membuat kicauan burung menjadi lebih jernih dan lancang.

Berikut ini adalah daftar dari makanan untuk burung kicau :

1. Kroto

Korto adalah larva semut. Ada 4 jenis dari kroto ini, yaitu kroto basah, kroto halus, kroto kasar dan kroto kacang. Kroto basah mempunyai kandungan air sebesar 78,72 %, sayangnya kroto ini hanya bertahan selama sehari dan harus disimpan di dalam lemari es.

Kroto halus merupakan larva dari semut pekerja dan sangat tahan lama. Namun kroto halus tidak begitu disukai oleh para burung.

Untuk kroto kasar berasal dari larva ratu semut. Sedangkan untuk kroto kacang merupakan campuran dari kroto basah, kroto kasar dan kroto halus.

2. Serangga dan Ulat

Makanan serangga atau ulat diperuntukkan oleh burung kicau pemakan serangga. Serangga yang sering dijadikan sebagai makanan burung adalah jangkrik, ulat bambu, ulat hongkong dan ulat kandang.

3. Cacing

Diantara makanan burung lainnya, cacing adalah makanan yang cukup baik untuk jenis chirping birds. Cacing yang dijadikan sebagai makanan burung adalah cacing merah, cacing bayam, cacing tanah dan cacing fosfor.

4. Buah-Buahan

Buah-buahan juga cukup baik untuk memberi nutrisi pada chirping birds. Buah – buahan yang kaya akan vitamin dan mineral bukan sangat baik untuk menjaga burung tetap fit dan tidak mudah sakit.

Untuk buah-buahan yang akan dijadikan sebagai makanan burung adalah buah – buahan yang alami. Dalam arti buah harus matang dengan sendirinya tanpa bantuan dari barang kimia seperti karbit.

Buah – buah yang telah terkontaminasi oleh karbit akan membawa dampak buruk bagi chirping birds. Buah yang biasanya dijadikan sebagai makanan burung adalah pepaya dan pisang.

5. Biji-Bijian

Sebagian besar jenis chirping birds adalah pemakan biji-bijian. Biji – bijian juga mempunyai manfaat yang baik bagi kicau burung.

Jenis biji-bijian yang sering dimanfaatkan untuk chirping birds adalah jagung kering, gabah beras, kacang hijau, voer dan biji kenari. Selain memberi makanan yang tepat, chirping birds juga sebaiknya diberi asupan vitamin khusus untuk burung. Lalu kandang juga harus selalu bersih dan cukup luas.

Itulah berbagai jenis burung kicau yang menjadi favorit dari para pecinta burung hias. Dapat mempunyai burung hias juga merupakan suatu kepuasan tersendiri. Cara perawatan untuk burung kicau juga perlu diperhatikan dengan seksama dan teliti.

Originally posted 2019-01-22 22:20:24.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar