Harga Burung Kolibri

Burung kolibri dikenal sebagai satwa yang mempunyai bulu indah yang menawan dipandang. Bahkan kini burung hias satu ini menjadi primadona sebagai burung kicau untuk peliharaan.

Suara kicauannya cukup merdu didengar. Tak pelak berbagai keunikan yang dimilikinya mampu memikat banyak orang, terlebih bagi para pecinta burung kicau.

Anda tertarik memiliki burung kolibri? Mari simak ulasannya berikut ini.

Tentang Burung Kolibri

Bagi orang awam yang tidak mendalami satwa burung, tentu akan muncul beragam pertanyaan yang bergelayutan. Termasuk apa itu burung kolibri? Burung kolibri merupakan burung impor dari Amerika, bukan satwa endemic asli Indonesia.

Habitat aslinya berada di Amerika bagian selatan serta hutan Amazon. Meskipun berasal dari Negara lain, nyatanya burung kolibri mampu bertahan hidup dan berkembang di iklim tropis, seperti Indonesia.

Tidak hanya satu, ada beberapa jenis burung kalibri yang hidup dan banyak dipelihara masyarakat.

Bagi Anda yang tertarik dengan burung kolibri, ada baiknya anda tahu info tentang kisaran harga hewan peliharaan yang satu ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran burung kolibri,  setidaknya info ini bisa menjadi tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar harga burung kolibri yang tertera di bawah ini bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih murah maupun menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan tentu bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Daftar Harga Burung Kolibri Terbaru Tahun 2019

Jenis Burung Kolibri Harga Dalam Rp
Burung Kolibri Sepah Raja Rp150.000 – Rp250.000
Burung Kolibri Ninja Hitam Rp1.000.000
Burung Kolibri Sriganti Rp100.000 – Rp400.000
Burung Kolibri Ninja Rp500.000 – Rp1.000.000
Burung Kolibri Kelapa Rp100.000
Burung Kolibri Gacor Rp 300.000
Burung Kolibri Manggar Rp100.000 – Rp300.000
Burung Kolibri Wulung Rp300.000
Burung Kolibri Ninja Gacor Rp750.000 – Rp1.000.000

Jenis-jenis Burung Kolibri

Jenis-jenis burung kolibri di Indonesia cukup banyak. Warnanya yang gemerlap mampu memancarkan sinar cantik yang begitu menawan.

Pesonanya tak cukup sampai disitu. Burung ini digadang-gadang sebagai burung penerbang ulung yang mampu terbang begitu cepat.

Betapa tidak? Kolibri mampu mengepakkan sayapnya sebanyak 12 sampai 80 kali setiap detiknya walaupun hanya berukuran kecil sepanjang 6.4 cm. Dimana setiap burung memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing.

Fauna ini marak diperdagangkan dengan harga relative tinggi tergantung dari jenis, kondisi tubuh, serta kicauan yang dimilikinya.

Semakin cantik warna dan gacor suaranya semakin mahal pula harga yang dipatok oleh penjual. Wajar jika harga burung kolibri sangat melambung. Hal itu dipengaruhi oleh ketersediaan burung yang sulit didapatkan.

Berikut ragam jenis burung kolibri yang dapat anda pilih dengan harga yang bervariasi.

1. Ninja (Konin)

Burung-Kolibri-Ninja-(Konin)
Gambar Burung Burung Kolibri Ninja (Youtube.com)

Kolibri Ninja dikenal sebagai burung kolibri raja atau leptocoma sperata di daerah Jawa tengah dan Solo. Postur tubuhnya relative mungil, hanya berukuran 10 cm.

Untuk kolibri jantan dan betina memiliki warna yang sedikit berbeda. Bagian tubuh atas pada kolibri jantan berwarna kebiruan dan mengkilap.

Sementara pada topi berwarna hijau, ungu di bagian tenggorokan, serta merah buram di dada. Untuk kolibri betina, tidak secerah warna pada jantan, bahkan lebih buram.

Burung kolibri jantan dibandrol seharga Rp 200.000,- hingga Rp 350.000,-. Harga semakin melonjak jika burung sudah gacor alias mempu berkicau.

Bisa mencapai Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,- lebih per ekor. Habitat spesies ini berada di ketinggian 200 mdpl. Tidak mengherankan jika banyak ditemukan di daerah pesisir pantai dan di hutan karet.

Baca juga: Harga Burung Kutilang

2. King Konin

burung-kolibri-king-konin
Gambar Burung Kolibiri King Konin (Youtube.com)

Burung kolibri king konin memiliki nama latin lemtocoma calcostetha. Dikenal sebagai burung madu bakau karena banyak dijumpai di rawa-rawa maupun hutan bakau yang berada di ketinggian 250 mdpl.

Ukuran burung sekitar 13 cm. Karakteristik tubuh king konin jantan berwarna kehitaman. Berpadu dengan warna ungu pada dada sekaligus gelap mengkilap pada tenggorokan.

Sementara itu untuk king konin betina sedikit berbeda. Bagian kepala didominasi warna abu-abu, keputih-putihan di tenggorokan, serta kuning di bagian perut.

3. Sepah Raja

Burung-Kolibri-Raja
Gambar Burung Kolibri Raja (Hargaburung.id)

Burung kolibri sepah raja tinggal di kawasan hutan tropis. Burung yang memiliki kekebalan tubuh sangat kuat dibandingkan dengan jenis lainnya ini tergolong berpostur sedang, yakni sekitar 13 cm.

Warna merah terang identic dengan sepah raja jantan. Pada bagian dahi serta ekor berwarna keunguan, sedangkan di bagian perut berwarna hitam elegan. Rentang harga burung ini berada di kisaran Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,-.

Baca juga: Harga Burung Cucak Rowo

Makanan Burung Kolibri

Bagi yang ingin memelihara burung kolibri, anda harus memperhatikan asupan makanan yang diberikan. Pakan yang diberikan harus manis-manis.

Hal itu dikarenakan kebanyakan burung kolibri gemar menghisap nectar atau sari bunga. Pemberian makanan yang tepat dapat meningkatkan performa dan menjaga burung tetap prima.

Dengan begitu semua asupan nutrisi serta vitamin yang diperlukan dapat terpenuhi seluruhnya. Berikut daftar makanan burung kolibri yang baik bagi kesehatan.

  1. Madu, kaya akan nutrisi sebagai sumber vitamin.
  2. Ulat Hongkong
  3. Kroto
  4. Nektar atau sari bunga yang umumnya terdapat pada madu
  5. Susu Kental, memberikan asupan vitamin yang menyehatkan

Cara Merawat Burung Kolibri

Memelihara burung kolibri bisa dikatakan susah-susah gampang. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, sekaligus ketelatenan.

Aktivitas yang memang sedikit menguras tenaga, namun terasa menyenangkan jika anda melakukannya dengan suka cita. Sebagai penyemangat untuk meningkatkan mood setiap harinya. Selain itu dapat melatih rasa peduli terhadap sesama makhluk hidup. Burung kolibri terbilang mudah dipelihara dengan pakan yang tidak rumit.

Burung kolibri sangat menyukai  nektar bunga yang terdapat pada madu ataupun bunga dan biji-bijian. Walaupun bertubuh minimalis, namun soal kicauan tak bisa diremehkan.

Dari jarak beberapa meter, anda dapat mendengar kicauannya. Mengagumkan bukan? Agar burung kolibri tetap sehat dan terhindar dari penyakit maupun kutu, berikut beberapa cara merawat burung kolibri.

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang sebagai tempat tinggal burung kolibri harus dibersihkan. Menjadi hal terpenting karena ini menyangkut kenyamanan si burung.

Buang kotoran secara rutin untuk mencegah penyebaran penyakit. Hindari kotoran menumpuk karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Suasana di dalam kandang akan sangat mempengaruhi mood, menjaga kolibri agar tidak mudah stress.

2. Menjaga Kebersihan Burung

Tidak hanya kandang yang harus dibersihkan, burung yang mendiaminya pun tak pelak harus senantiasa tetap bersih. Burung kolibri harus dimandikan secara rutin untuk mencegah terjangkitnya penyakit berbahaya.

Burung yang sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang kuat menjadi factor indikasi keberhasilan perawatan. Waktu yang tepat untuk memandikan ialah pada saat pagi dan sore hari.

Baca juga: Harga Burung Perkutut

3. Jemurlah Burung Kolibri

Tahap selanjutnya, setelah dimandikan burung kolibri hendaknya dikeringkan di bawah sinar matahari yakni melalui tahapan penjemuran.

Letakkan burung pada tempat terbuka yang dapat dilalui udara, sejuk, serta terkena sinar matahari. Perhatikan cuaca di sekitar, apabila bagus jemurlah burung saat siang hari, sekitar pukul 14.00 s/d 15.00 WIB.

Jika anda rutin melakukannya, dijamin pertumbuhan burung akan cepat.

4. Berikan Makanan Berkualitas

Sama seperti manusia, pakan menjadi hal terpenting untuk diperhatikan. Kecintaannya terhadap nehtar, membuat burung kalibri menyukai makanan manis-manis.

Terlebih dahulu, berikanlah makanan pokok, kemudian beri makanan tambahan lainnya yang memiliki nutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Seperti  halnya serangga dan voer yang banyak diperjualbelikan di pasaran.

Bagaimana? Tertarik memiliki burung mungil yang cantik nan elok dipandang ini? Sebelum memutuskan membeli burung kolibri, pastikan anda memilih sesuai keinginan.

Sesuaikan pula dengan budget yang dimiliki. Kunci utama dalam memelihara burung kolibri ini ialah ketekunan. Jika anda merawatnya dengan benar, bukan tak mungkin yang awalnya hanya hobi kini menjadi pundi-pundi rupiah. Mengingat harga kolibri terus merangkak naik.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar