Harga Burung Kutilang

Burung Kutilang merupakan salah satu spesies burung berkicau yang ada di Indonesia. Negara ini tak hanya kaya akan keragaman budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Jutaan spesies burung berterbangan mewarnai langit Indonesia, baik berupa burung hias maupun kicau. Kicauan burung kutilang terdengar unik nan merdu didengar, terutama bagi kalangan kicau mania.

Memelihara burung kutilang tidak semata untuk menyalurkan hobi, namun anda dapat mengikutsertakannya dalam lomba adu suara untuk mengukur kelincahan burung saat berkicau.

Penilaian diukur dengan melihat suara yang paling banyak keluar sekaligus tingkat kenyaringan suara.

Tak dapat dipungkiri, kekhasan suara inilah yang menjadikan kutilang semakin diminati dan diincar banyak orang. Apakah anda salah satunya? Yuk mengenal lebih dekat beragam jenis burung kutilang.

Cara Memelihara Burung Kutilang

Burung kutilang manakah yang anda pilih? Jika sudah memperoleh sesuai selera, kini saatnya untuk memahami cara memelihara burung kutilang agar selalu memiliki performa baik dan maksimal.

Jangan lupa untuk melatihnya dengan memperdengarkan rekaman kicauan burung Cucak Ijo ataupun Murai batu yang telah populer akan keindahan suaranya.

Dengan demikian, kutilang  dapat tumbuh baik dengan suara yang bagus. Berikut kiat-kiat yang dapat anda lakukan untuk memelihara kutilang.

1. Memandikan Burung Kutilang

Kebersihan burung sangatlah penting untuk diperhatikan agar tidak terjangkit penyakit maupun kutu. Untuk membuatnya cepat bunyi atau gacor, anda harus rajin memandikannya secara teratur.

Dengan begitu, burung akan merasa nyaman dan lebih aktif.

2. Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang seringkali disepelekan padahal kandang menjadi prioritas kedua untuk senantiasa dijaga kebersihannya.

Kandang yang bersih dapat membuat kutilang merasa nyaman dan terjamin kesehatannya. Bersihkan kotoran burung secara teratur untuk menghindari rasa stress pada kutilang.

3. Beri Makanan Bergizi

Pemberian makanan tambahan seperti extra fooding dan multivitamin dapat meningkatkan kecerdasan. Burung kutilang akan cepat berbunyi dengan gacor yang panjang.

Pilihlah makanan tambahan yang terbuat dari bahan-bahan yang bergizi, seperti halnya biji-bijian.

4. Lakukan Pemasteran Burung

Melakukan pemasteran burung sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan suara agar lebih cepat. Metode pemasteran dapat dilakukan dengan menggunakan rekaman suara ataupun MP3 kicauan burung lainnya, seperti Murai batu dan Kenari.

Memakai suara dari sesama burung kutilang juga diperbolehkan. Lakukan pada malam hari atau pagi hari setelah burung dimandikan sembari dijemur di bawah terik matahari.

Bagi Anda yang tertarik dengan burung kutilang, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(burung) ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran burung kutilang agar Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan bila ingin memeliharanya. Setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Burung Kutilang Terbaru Tahun 2019

Jenis Burung KutilangHarga Dalam Rp
Burung Kutilang BiasaRp40.000 – Rp100.000
Burung Kutilang EmasRp75.000 – Rp200.000
Burung Kutilang SutraRp150.000 – Rp400.000
Burung Kutilang WilisRp50.000 – Rp400.000
Burung Kutilang JambulRp90.000 – Rp150.000
Burung Kutilang GacorRp100.000

Jenis-Jenis Burung Kutilang

Apa itu burung kutilang? Sebuah pertanyaan yang lazim dilontarkan oleh mereka yang belum mengenal lebih dekat mengenai burung.

Di berbagai daerah, burung kutilang yang termasuk dalam suku pynotidae ini mempunyai julukan yang berbeda.  Masyarakat jawa menyebut burung kutilang sebagai genthilang atau ketilang.

Sementara itu di daerah Sunda, disebut dengan cangkurileung. Ada banyak jenis burung kutilang yang tersebar di berbagai belahan dunia dengan karakter, ciri, serta keunggulan masing-masing.

Sedangkan untuk harga burung kutilang sendiri dipatok dengan harga berbeda setiap jenisnya meskipun tidak terlalu mencolok.

Tergantung dari kemampuan siulan serta usia burung kutilang. Pilihlah sesuai selera dan pastikan burung kutilang dalam kondisi yang baik dan sehat.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli, berikut beberapa jenis-jenis burung kutilang beserta kisaran harga yang ditawarkan.

1. Kutilang Biasa

burung-kutilang-biasa
Gambar Burung Kutilang Biasa (Youtube.com)

Burung kutilang biasa banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Mengingat harganya yang sangatlah murah. Berkisar di harga Rp 40.000,- hingga Rp 100.000 setiap ekornya.

Seperti namanya, tampilan burung ini seperti kutilang pada umumnya. Berwarna coklat kelabu pada sisi atas sedangkan sisi bawah didominasi warna putih keabu-abuan. Pada bagian kepala dan dahi berwarna hitam.

2. Kutilang Emas

Burung-kutilang-emas
Gambar Burung Kutilang Emas (Hewanpedia.com)

Bisa dikatakan burung kutilang emas paling populer di kalangan pecinta burung kicau. Betapa tidak? Warna kuning keemasan mendominasi tubuh burung yang dianggap memiliki suara indah ini.

Di bagian kepala ada sentuhan warna hitam yang membuatnya semakin menarik. Untuk memiliki burung yang seringkali dijadikan sebagai masteran ini relative murah. Hanya dibanderol Rp 75.000,- s/d Rp 200.000,-.

Baca juga: Harga Ikan Guppy

3. Kutilang Sutra

burung-kutilang-sutra
Gambar Burung Kutilang Sutra (Instagram.com)

Kutilang sutra terkenal akan kicauannya yang merdu sehingga sering pula dijadikan masteran. Pesonanya cantik dengan hiasan bulu berwarna hijau.

Semakin sempurna dengan warna hitam mengkilap yang menutupi bagian kepalanyya. Berminat memilikinya? Anda harus merogoh kocek sedikit dalam.

Harga burung kutilang sutra dibanderol seharga Rp 150.000,- untuk anakan, sedangkan Rp 400.000,- untuk burung yang sudah besar.

4. Kutilang Wilis

burung-kutilang-wilis
Gambar Burung Kutilang Wilis (Youtube.com)

Burung kutilang wilis populer dengan sebutan burung cucak rengganis, cucak gunung, serta cucak wilis. Termasuk dalam burung endemic yang habitatnya berada pada ketinggian 800 hingga 3000 meter diatas permukaan laut.

Populasi kutilang wilis semakin menipis akibat rusaknya habitat asli serta kurangnya minat masyarakat untuk memeliharanya. Dipatok sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 300.000,-.

5. Kutilang Jambul

burung-kutilang-jambul
Gambar Burung Kutilang Jambul (Kaskus.com)

Burung Kutilang Jambul,untuk bakalan dibanderol seharga Rp 90.000,-, dan dewasa Rp 150.000,-.

6. Kutilang Gacor

burung-kutilang-gacor
Gambar Burung Kutilang Gacor (Youtube.com)

Burung  Kutilang Gacor umumnya lebih mahal karena siulannya memang sudah indah. Untuk burung yang sudah pandai gacor, paling murah berada pada kisaran harga Rp 100.000,-

Baca juga: Harga Burung Jalak

Daftar harga burung kutilang yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Makanan Burung Kutilang

Makanan burung kutilang tak kalah penting untuk diperhatikan. Hal itu dikarenakan setiap buung mempunyai jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi.

Asupan makanan ini memegang peranan yang kuat dalam menjaga kesehatan burung, menjaganya tetap aktif, serta rajin berkicau.  Untuk itu anda harus rajin memberikan makanan yang tepat menurut usianya demi menghasilkan burung berkualitas.

Terutama bagi seseorang yang ingin menekuni bisnis budidaya burung kutilang ataupun menyalurkan kegemaran mengikutsertakan burung dalam perlombaan.

Setidaknya ada tiga  jenis makanan yang dapat diberikan, yakni buah-buahan, serangga, serta pakan pabrikan. Burung kutilang menghindari buah bertekstur keras, namun lebih cenderung menyukai buah yang memiliki tekstur lembut,  seperti pisang dan pepaya.

Pakan serangga bisa dikatakan sebagai makanan favorit kutilang, misalnya saja jangkrik, belalang, ulat, serta kupu-kupu. Asupan gizi pada serangga dapat membantu kutilang menjadi gacor.

Bagi yang kesulitan mendapatkan dua pakan tersebut, pakan pabrikan solusinya. Pakan ini dapat menjadi alternative pilihan untuk mengatasi rasa bosan pada burung.

Baca juga: Harga Burung Perkutut

Lantas bagaimana cara memberikannya? Antara kutilang anakan serta kutilang besar tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Secara alami, untuk anakan, makanan diberikan oleh indukan dengan cara meloloh. Namun jika ada kendala, mau tidak mau anda sebagai pemelihara harus memberikannya sendiri.

Cara yang dapat dilakukan ialah dengan memilih makanan lembut atau menggunakan Voer yang dicampur dengan air. Gunakan sedotan atau media lain untuk meloloh pakan.

Pada dasarnya memelihara burung kutilang tidaklah sulit. Selain mudah jinak, burung kutilang terkenal cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga tidak gampang stress.

Kunci utamanya adalah anda harus rajin melatih burung untuk berkicau. Tekun dalam merawat,  menjaga kesehatan sekaligus kebersihan kandang.

Lakukan secara terus-menerus untuk menghasilkan kutilang unggul yang dapat dijual kembali. Harga burung super ini cenderung lebih mahal.

Originally posted 2019-05-15 17:05:13.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar