Harga Burung Labet

Burung labet adalah salah satu hewan yang sangat disukai untuk dipelihara. Kebanyakan burung dipelihara oleh laki-laki, kicau dan bulunya yang indah adalah salah satu hal yang membuat burung banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Burung ini sendiri masuk dalam kategori unggas, sama seperti ayam dan juga bebek, hanya saja burung dapat terbang dengan bebas. Beberapa jenis burung sendiri merupakan jenis yang sangat digemari, bahkan beberapa jenis burung tersebut juga merupakan burung langka yang untuk mendapatkannya sangat sulit.

Tak dipungkiri memang, saat ini hobi memelihara burung tersebut merupakan salah satu kegiatan yang menarik perhatian orang lain pula. Burung dipelihara bukan untuk diambil daging dan telurnya, melainkan untuk dinikmati keindahannya, baik itu kicau maupun warna bulunya.

Apa itu burung labet?

pengertian burung labet
pengertian burung labet (rri.co.id)

Burung labet atau yang disebut sebagai burung cinta (love bird) ini memiliki bulu yang berwarna warni, sangat cantik sekali. Mengapa disebut sebagai lovebirds atau burung cinta?

Baca juga: Harga Burung Murai

Sebab memelihara burung ini harus sepasang di dalam kandang, bila hanya satu saja tanpa pasangan maka burung akan mati. Anak-anak banyak yang menyukai burung ini, beberapa jenis burung dapat dimaksimalkan kemampuannya untuk diikutkan kontes kecantikan.

Kalau pemilik dari burung ini mampu mengembang biakkan dengan baik, maka akan lahir burung lovebird dengan warna yang baru dan tentunya lebih cantik. Semakin bagus dan unik warna burung lovebird, maka akan semakin mahal harganya.

Jenis Burung Labet

Berikut ini adalah macam-macam burung labet yang harus Anda ketahui:

1. Labet Muka Salem

gambar burung labet muka salem
gambar burung labet muka salem (jalaksuren.net)

Burung labet jenis ini banyak sekali dijumpai di benua Afrika selatan. Lebih tepatnya di Namibia dan juga Angola. Burung ini sangat mudah dikenali sebab memiliki warna salem di wajahnya dan warna hijau pada sekitar tubuhnya.

2. Labet Topeng

gambar burung labet topeng
gambar burung labet topeng (jalaksuren.net)

Ada yang khas sekaligus menjadi tanda dari burung ini, yakni adanya warna gelap pada bagian muka di wajah burung ini. Gelap tersebut nampak seperti topeng hitam. Burung labet ini termasuk burung domestik meskipun ditemukan di daerah timur laut Tanzania.

Baca juga: Harga Burung Nuri

3. Labet Nyasa

gambar burung labet nyasa
gambar burung labet nyasa (burungnews.com)

Burung labet ini juga dikenal sebagai burung labet lilian. Burung ini juga memiliki warna seperti burung labet salem dan labet topeng. Burung jenis ini sangat terkenal sekali di daerah Zimbabwe dan juga Tanzania.

4. Labet Fischer

gambar burung labet fischer
gambar burung labet fischer (catatan-burung.blogspot.com)

Burung labet ini dinamakan fischer sebab sesuai dengan nama penemunya yakni Gustav Fischer yang berasal dari negara Jerman. Masyarakat Indonesia paling banyak memelihara burung labet jenis ini. Disamping warnanya yang unik, kicauan dari burung ini juga sangat merdu sekali.

5. Labet Pipi Hitam

gambar burung labet pipi hitam
gambar burung labet pipi hitam (catatan-burung.blogspot.com)

Burung jenis ini hampir mirip dengan burung labet topeng. Namun tetap ada warna yang membedakan. Burung labet topeng memiliki warna leher yang berbeda dengan tubuhnya, yakni berwarna kuning. Sementara itu pada burung labet pipi hitam memiliki warna leher yang terdapat seperti goresan warna orange yang samar.

6. Labet Abisinia

gambar burung labet abisinia
gambar burung labet abisinia (thegorbalsla.com)

Kalau dilihat dengan sangat seksama, burung labet ini nampak sangat berbeda sekali dengan burung lainnya. Sebab pada burung ini memiliki lingkaran hitam pada bagian mata. Warna itu sangat hitam legam sekali seperti yang ada pada burung gagak. Untuk ukurannya pun, burung labet ini nampak lebih besar dari burung kebanyakan.

7. Labet Madagaskar

gambar burung labet madagascar
gambar burung labet madagascar (satwa.id)

Untuk jenis burung labet yang satu ini sangat unik sekali, sebab kalau biasanya burung labet memiliki 3 warna pada tubuhnya, jenis burung ini hanya memiliki 2 warna saja. Yakni putih dan abu-abu hijau pada tubuhnya.

Baca juga: Harga Burung Beo

8. Labet Muka Merah

gambar burung labet muka merah
gambar burung labet muka merah (pinterest)

Sesuai dengan namanya, burung labet yang satu ini memiliki warna merah pada mukanya. Warna merah tersebut sangat mencolok sekali sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Burung ini masuk dalam kategori burung langka di Indonesia, habitatnya pun sudah tidak alami lagi.

9. Labet Pastel

gambar burung labet pastel
gambar burung labet pastel (jalaksuren.net)

Harga burung labet ini merupakan yang paling mahal di antara jenis burung labet lainnya. Di Indonesia sendiri, burung ini sangat mudah ditemui sebab peminatnya sangat banyak.

Karena peminat yang banyak tersebut, banyak orang yang berusaha melakukan ternak terhadap burung ini. Pecahan dari jenis burung ini adalah labet pastel biru, labet pastel ijo dan juga labet pastel kuning.

10. Labet Batman

gambar burung labet batman
gambar burung labet batman (jalaksuren.net)

Burung ini sekilas kalau dilihat warnanya akan hampir sama dengan tokoh yang ada di hero DC. Warna hitam yang dominanlah yang membuat burung ini dijuluki sebagai lovebird batman. Di Indonesia, burung ini termasuk banyak penggemarnya. Makanan kesukaan dari burung labet ini adalah jagung.

11. Labet Merah

gambar burung labet merah
gambar burung labet merah (jalaksuren.net)

Sama seperti burung labet pastel, burung labet yang satu ini merupakan persilangan antara burung labet yang lainnya. Warna bulunya sangat mencolok sehingga membuat burung ini mudah dikenali. Mengapa mudah dikenali? Sebab burung ini merupakan satu-satunya burung labet yang memiliki satu warna saja, yakni merah di tubuhnya.

12. Labet Albino

gambar burung labet albino
gambar burung labet albino (burunglovebird.net)

Burung labet ini juga merupakan burung labet yang hanya memiliki satu warna saja di tubuhnya. Namun beda dengan labet merah, sebab warna burung ini adalah putih polos seperti layaknya hewan albino lainnya.

Matanya yang merah membuat burung ini unik. Selain itu burung ini adalah burung langka, memiliki harga yang lumayan mahal sehingga banyak diburu oleh kolektor.

13. Labet Olive

gambar burung labet olive
gambar burung labet olive (tokopedia)

Burung labet olive ini adalah burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung yang ada di Indonesia. Labet olive juga merupakan burung labet yang paling banyak diperjual belikan, harganya sangat terjangkau sekali antara 300 ribu sampai dengan 1 juta.

Baca juga: Harga Burung Hantu

13. Labet Lutino

gambar burung labet lutino
gambar burung labet lutino (hargaburung.id)

Burung labet yang akan kita bahas kali ini adalah burung labet lutino. Burung jenis ini biasanya memiliki 3 warna yakni putih, oranye dan kuning. Harga burung ini termasuk mahal untuk usia burung yang baru 5 bulan saja, harganya bisa mencapai 700 ribuan untuk satu anakan.

Daftar Harga Burung Labet

Jenis Burung LabetDewasaAnakan
Labet Albino Mata HitamRp665.000Rp455.000
Labet Albino Mata MerahRp5.030.000Rp3.050.000
Labet BatmanRp785.000Rp360.000
Labet Biru CobaltRp650.000Rp430.000
Labet Biru VioletRp1.050.000Rp750.000
Labet BlorokRp1.960.000Rp1.120.000
Labet DakocanRp630.000Rp370.000
Labet Dakocan BiruRp620.0000Rp430.000
Labet Dakocan HijauRp530.000Rp270.000
Labet BiolaRp22.150.000
Labet HollandRp660.000Rp330.000
Labet Kepala EmasRp1.020.000Rp490.000
Labet LutinoRp610.000Rp435.000
Labet OliveRp630.000Rp421.000
Labet ParblueRp3.550.000Rp1030.000
Labet Pastel BiruRp620.000Rp315.000
Labet Pastel HitamRp530.000Rp275.000

Cara Ternak Burung Labet

Anda pasti penasaran bagaimana cara ternak burung mulai dari cara merawat  burung labet dan lain sebagainya bukan? Berikut ini akan kami berikan informasi untuk Anda mengenai cara beternak burung yang baik dan benar.

Namun yang harus Anda ketahui adalah bahwa antara burung satu dengan burung yang lainnya itu berbeda untuk cara dan perawatannya. Informasi yang kami sajikan berikut ini merupakan informasi umum dan mendasar saja.

1. Pemberian Pakan yang Tepat

gambar pakan burung labet
gambar pakan burung labet (bukalapak.com)

Sebenarnya hal pertama yang harus Anda lakukan dalam beternak burung adalah memilih indukan burung yang tepat serta sehat dan juga menyiapkan kandang untuk burung tersebut.

Namun Anda pasti sudah tahu bagaimana cara memilih indukan yang tepat serta membuat kandang yang sesuai untuk si burung itu sendiri. Oleh karena itu, pembahasan kali ini akan langsung lompat pada pemberian pakan. Pakan burung tentu saja berbeda-beda, misalnya burung love bird menyukai pakan millet putih atau biji bunga matahari.

Saat ini sudah ada banyak sekali pelet atau pakan burung yang tinggal diberikan pada si burung. Anda tidak perlu lagi bingung memikirkan mengenai pakan apa yang tepat dan seharusnya diberikan pada si burung peliharaan Anda.

2. Tempat Makan

tempat pakan burung labet
gambar tempat pakan burung labet (olx)

Tempat makan burung labet harus rutin dibersihkan agar tidak kotor. Bila tempat makan bersih, maka burung akan terhindar dari aneka macam penyakit. Sebab bila unggas sudah terlanjur sakit, maka kemungkinan besar unggas tersebut akan mati.

Baca juga: Harga Burung Lovebird

Bersihkan wadah makan setiap hari dengan air bersih, jangan menggunakan cairan pembersih yang meninggalkan bau sebab burung tidak akan suka dengan bau tersebut. Efeknya burung peliharaan Anda malah tidak akan doyan makan. Selalu jaga kebersihan dari kandang dan juga peralatan makan burung Anda.

3. Ganti Minuman Setiap Hari

Selain dari wadah makan yang juga harus dibersihkan setiap hari, minuman untuk burung juga harus diganti tiap hari. Jangan sampai burung minum air yang tidak bersih dan mengandung bibit penyakit.

4. Makanan Ekstra

Berikan pula makanan burung labet ekstra untuk burung peliharaan Anda, seperti vitamin dan lain sebagainya. Makanan ekstra ini bisa berupa jagung, jangkrik dan lain sebagainya. Adanya makanan ekstra ini dapat membuat kicau burung menjadi semakin indah. Makanan ekstra ini sekaligus agar burung tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

5. Jangan Menaruh Burung Terlalu Banyak di Dalam Kandang

ternak burung labet
ternak burung labet (pojokbisnis.com)

Anda harus mengatur dengan pasti jumlah burung yang ada di dalam satu kandang, jangan sampai ada banyak sekali jumlah burung yang ada di dalam kandang.

Hal itu tidak akan baik sebab membatasi gerak burung dan beresiko besar burung tersebut untuk bertengkar. Misalnya saja burung lovebird, dalam satu kandang hanya boleh ada sepasang burung saja. Berbeda halnya dengan burung parkit yang dalam satu kandangnya bisa terdapat banyak sekali burung.

6. Kebersihan Burung

Jemur burung setiap paginya pada jam-jam ketika matahari masih bagus, yakni sekitar jam 6 pagi sampai dengan jam 9. Hal itu adalah untuk mematikan jamur yang ada di dalam burung apabila ada sekaligus memberikan kesegaran bagi burung. Sebab ada beberapa burung yang tidak bisa terkena air, sehingga tidak semua burung bisa dimandikan atau disemprot.

Baca juga: Harga Burung Kolibri

Bagaimana? Tertarik untuk ternak burung labet? Siapkan dana yang cukup untuk membeli sepasang anakan burung cinta ini. Jangan lupa untuk membuat kandang yang layak dan longgar agar burung bisa terbang dengan leluasa.

Originally posted 2019-03-16 00:16:37.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar