Harga Burung Lovebird

Burung cinta atau lebih dikenal dengan sebutan burung lovebird adalah sebuah burung hias berukuran mungil dan mempunyai warna yang menarik dengan harga yang cukup fantastis. Lovebird sangat digemari karena burung ini mempunyai suatu keistimewaan. Bahkan jika terdapat lomba khusus untuk para lovebird yang diadakan secara rutin.

Jenis Burung Lovebird

Apa itu burung Lovebird atau burung cinta? yakni burung hias yang berasal dari daratan Afrika. Burung ini mempunyai nama latin Agapornis. Dalam bahasa Yunani nama Agapornis merupakan gabungan dari kata agape yang artinya cinta dan ornis yang artinya burung.

Baca juga: Harga Burung Cendet atau Pentet

Dari arti nama latin, burung ini disebut dengan burung cinta atau lovebirds. Sebutan dengan burung cinta juga terlihat dalam karakteristik dari burung ini. Jika sepasang burung berdekatan, maka mereka akan menyayangi satu sama lain. Bahkan burung cinta termasuk burung monogami, yang berarti burung ini hanya mempunyai seorang pasangan yang dapat bertahan hingga mati.

Secara garis besar, terdapat 9 macam burung lovebird, antara lain:

1. Black-Masked Lovebird atau Burung Cinta Bertopeng Hitam

Black Masked Lovebird
Black Masked Lovebird (youtube.com/watch?v=Y5UJAwbQjLc)

Nama latin dari burung cinta bertopeng hitam adalah Agapornis Personata. Spesies burung cinta ini tergolong ke dalam grup berkacamata. Ciri khas dari Black-Masked Lovebird terletak pada kepala burung yang berwarna hitam dan pada bagian mata berwarna putih sehingga nampak seperti berkacamata.

Tubuh dari Black-Masked Lovebird berwarna hijau. Sedangkan bagian dada berwarna kuning dan paruh berwarna merah. Panjang dari burung cinta ini sekitar ±14 cm.

2. Fischer’s Lovebird atau Burung Cinta Pelaut

Fischer’s Lovebird
Gambar Fischer’s Lovebird (hbw.com)

Fischer’s lovebird atau burung cinta pelaut mempunyai nama latin Agapornis fischeri. Karakteristik dari burung cinta pelaut adalah seluruh bagian tubuh berwarna hijau, kecuali pada bagian kepala dan bagian atas berwarna orange, serta pada bagian pantat berwarna biru, sementara paruh berwarna merah.

Burung cinta pelaut atau Fischer’s lovebird yang tergolong ke dalam grup berkacamata memiliki panjang ±14 cm.

3. Lilian’s Lovebird atau Burung Cinta Lili

Lilian Lovebird
Gambar Lilian Lovebird (birdingecotours.com)

Lilian’s lovebird atau burung cinta lili sering disebut juga dengan nyasa lovebirds. Burung yang berukuran ±13 cm tergolong ke dalam grup burung cinta berkacamata. Burung cinta lili memiliki nama latin Agapornis lilianae.

Baca juga: Harga Burung Kicau Murah

Karakteristik burung cinta lili yaitu hampir sebagian besar tubuh berwarna hijau, hingga pada pantat dan punggung. Pada bagian kepala burung cinta lili berwarna orange dan bagian paruh berwarna merah. Burung ini juga mempunyai kacamata yang berwarna merah.

4. Black-Cheeked Lovebird atau Burung Cinta Berpipi Gelap

Black cheeked Lovebird
Gambar Black cheeked Lovebird (wikipedia.org)

Ciri khas dari burung cinta berpipi gelap terletak pada bagian kepala depan maupun belakang berwarna coklat kemerahan. Sementara tubuhnya berwarna hijau. Untuk bagian dada atas berwarna orange dan paruh berwarna merah. Burung cinta ini juga mempunyai kacamata berwarna putih.

Black-cheeked lovebird juga termasuk ke dalam grup burung cinta berkacamata. Panjang tubuh dari burung ini ialah ±14 cm. Sedanhgkan nama latin dari burung cinta berpipi gelap yaitu Agapornisnigrigenis.

5. Peach Faced Lovebird atau Burung Cinta Berwajah Peach atau Merah Pucat

Peach Faced Lovebird
Gambar Peach Faced Lovebird (lafeber.com)

Peach faced lovebird atau burung cinta berwajah peach adalah satu-satunya burung cinta yang termasuk ke dalam grup menengah. Burung cinta ini mempunyai nama latin Agapornis roseicollis. Sementara itu panjang dari burung ini ialah ±15 cm.

Karakteristik dari burung cinta ini mempunyai tubuh yang didominasi warna hijau. Kecuali pada bagian muka berwarna peach atau merah pucat. Pada bagian punggung dan pantat berwarna biru. Untuk parahnya berwarna gading.

6. Black-Winged Lovebird atau Burung Cinta Bersayap Hitam

Black winged Lovebird
Gambar Black winged Lovebird (hbw.com)

Sesuai dengan namanya yaitu burung cinta bersayap hitam atau Black-winged lovebirds, burung ini memiliki sayap yang beberapa helai bulu berwarna hitam. Walaupun burung cinta ini didominasi warna hijau, tetapi ada beberapa bagian yang tidak berwarna hijau.

Seperti paruh  dan kepala bagian atas yang berwarna merah pada Black-winged lovebirds jantan. Tetapi pada burung cinta bersayap hitam betina mempunyai kepala berwarna hijau.

Burung cinta jenis ini tergolong ke dalam grup dimorfic (penampilan antara jantan dan betina berbeda). Burung yang memiliki nama latin Agapornis taranta adalah jenis burung cinta terpanjang dari pada jenis burung cinta lain. Panjang dari burung ini mencapai ±16,5 cm.

7. Red-Faced Lovebird atau Burung Cinta Berwajah Merah

Red faced Lovebird
Gambar Red faced Lovebird (alamy.com)

Burung cinta berwajah merah atau Red-faced lovebirds yang termasuk ke dalam grup dimorfic mempunyai nama latin Agapornis pullarius. Panjang dari burung cinta ini sekitar ±15 cm.

Karakteristik dari tubuh burung cinta berwajah merah didominasi warna hijau, pada bagian kepala dan leher berwarna merah. Untuk burung jantan mempunyai warna merah yang lebih banyak daripada burung betina. Paruh burung jantan juga lebih gelap daripada burung betina.

8. Grey-Headed Lovebird atau Burung Cinta Berkepala Abu-Abu

Grey headed Lovebird
Gambar Grey headed Lovebird (oiseaux-birds.com)

Selanjutnya adalah burung cinta kepala abu-abu. Burung cinta jenis ini adalah burung cinta yang habitat asalnya Madagaskar. Maka dari itu burung cinta ini juga disebut dengan burung cinta Madagaskar atau lovebirds Madagaskar. Sedangkan nama latin burung cinta Madagaskar adalah Agapornis canus. Tubuh burung cinta Madagaskar tidak begitu besar, panjangnya hanya mencapai ±13 cm. Burung ini juga tergolong ke dalam grup dimorfic.

Ciri khas burung cinta Madagaskar terletak pada bagian atas didominasi dengan warna abu-abu. Begitu pula pada bagian paruhnya berwarna abu-abu. Lalu bagian tubuh lain burung cinta Madagaskar berwarna hijau.

9. Black-Collared Lovebird atau Burung Cinta Berleher Gelap

Black collared Lovebird
Gambar Black collared Lovebird (wikipedia.org)

Burung cinta berleher gelap juga termasuk ke dalam grup dimorfic. Burung ini juga disebut dengan Swindern’s lovebird. Sedangkan nama latin burung cinta ini ialah Agapornis swindernianus. Panjang tubuh burung cinta ini sekitar ±13,5 cm.

Ciri-ciri burung cinta ini adalah mempunyai leher berwarna coklat. Sedangkan seluruh tubuhnya didominasi warna hijau. Sementara pada paruh berwarna hitam atau abu – abu.

Baca juga: Harga Burung Perkutut

Untuk harga burung lovebird dibandrol dengan harga mulai dari 120.000 IDR hingga miliaran rupiah. Murah mahalnya harga burung lovebird tergantung jenis dan durasi lamanya burung berkicau atau ngekek. Sertifikat dan penghargaan juga akan mempengaruhi harga dari seekor burung cinta atau lovebirds.

Burung lovebird termahal yang dijual di pasaran adalah jenis lovebird biola dan sering memenangkan berbagai macam kompetisi. Itulah hal yang menyebabkan mengapa burung lovebird mahal.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis burung lovebird, selanjutnya berikut ini adalah harga burung cinta anakan dan dewasa. Harga dibawah ini bisa berubah-ubah bergantung pada tempat dan waktu Anda membeli.

Daftar Harga Lovebird / Burung Cinta

Jenis Burung LovebirdAnakanDewasa
Lovebird Pastel HitamRp275.000Rp530.000
Lovebird Pastel BiruRp315.000Rp620.000
Lovebird ParblueRp1030.000Rp3.550.000
Lovebird OliveRp421.000Rp630.000
Lovebird LutinoRp435.000Rp610.000
Lovebird Kepala EmasRp490.000Rp1.020.000
Lovebird HollandRp330.000Rp660.000
Lovebird Dakocan HijauRp270.000Rp530.000
Lovebird Dakocan BiruRp430.000Rp620.0000
Lovebird DakocanRp370.000Rp630.000
Lovebird BlorokRp1.120.000Rp1.960.000
Lovebird Biru VioletRp750.000Rp1.050.000
Lovebird Biru CobaltRp430.000Rp650.000
Lovebird BiolaRp22.150.000
Lovebird BatmanRp360.000Rp785.000
Lovebird Albino Mata MerahRp3.050.000Rp5.030.000
Lovebird Albino Mata HitamRp455.000Rp665.000

Cara Merawat Burung Lovebird Dengan Baik Dan Benar

Beberapa spesies burung merupakan hewan yang mampu menghiasi suasana dengan suara kicauannya. Walaupun burung telah dibekali dengan suara kacau yang khas, burung juga memerlukan perawatan yang sangat intensif untuk menciptakan burung yang berkualitas. Terutama jenis burung cinta atau lovebirds.

Berikut ini adalah tips merawat burung lovebird dengan baik dan benar:

1. Perawatan Kandang

Kandang Burung Lovebird
Gambar Kandang Burung Lovebird (tokopedia.com/ternakpertama)

Kandang burung lovebird adalah hal paling utama yang harus diperhatikan. Pastikan kondisi kandang burung senantiasa bersih dan bebas dari berbagai kotoran manapun, termasuk kotoran dan bekas makanan dari burung cinta sendiri.

Hanya dengan menjaga kebersihan kandang, secara tidak langsung juga telah menjauhkan burung dari sumber penyakit. Oleh karena itu bersihkan kandang burung secara rutin. Kandang burung juga harus dilengkapi dengan tempat makan dan minum.

Sedangkan syarat dalam pemilihan kandang burung cinta terbaik adalah kandang yang terbuat dari kayu. Kandang yang terbuat dari kayu akan lebih membuat burung merasa lebih nyaman daripada kandang yang terbuat dari besi. Ukuran kandang juga sebaliknya tidak terlalu besar.

2. Pakan Burung Lovebird

pakan lovebird jagung
Gambar pakan lovebird jagung (birdscats.blogspot.com)

Pemberian makanan juga harus diperhatikan dan berhati-hati. Pemberian makanan tidak boleh secara sembarangan dan asal. Walaupun burung cinta merupakan burung yang dapat dan tidak berkeberatan memakan makanan apapun. Pemberian makanan dengan teliti dapat membuat burung terhindar dari berbagai jenis gangguan pencernaan.

Baca juga: Harga Burung Kutilang

Satu-satunya jenis makanan burung lovebird yang diperbolehkan adalah biji-bijian, seperti jagung. Sesekali berikanlah sayur-sayuran, seperti kangkung.

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan Burung

Keadaan burung cinta sendiri juga harus sering dicek kesehatan. Dengan melakukan cek kesehatan secara rutin, akan terlihat lebih jelas apakah burung tersebut sakit atau sehat. Gerak gerik burung terkadang sangat sulit ditebak, jadi cukup sulit mengetahui kondisi kesehatan burung secara kasat mata.

Jadi ketika burung dalam kondisi kurang sehat, dapat langsung ditangani oleh dokter hewan dimana sang burung melakukan cek kesehatan.

4. Pencahayaan Kandang

Letak dari kandang burung yang ideal adalah mendapatkan pencahayaan yang sangat cukup dan juga tidak terlalu gelap. Perlu diketahui bahwa burung cinta tidak begitu suka dengan tempat yang gelap.

Ketika berada ditempat gelap, burung akan bertingkah yang sangat aneh dan tidak wajar sesuai biasanya yang dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik pada burung. Cukup letakkan burung di tempat yang terang dan tenang. Tetapi tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Mandi Teratur

burung Lovebird mandi
gambar burung Lovebird mandi (youtube.com/watch?v=uY5MUtoGhDo)

Burung cinta juga harus dimandikan dengan teratur. Dengan memandikan burung, segala kotoran penyebab penyakit yang telah menempel pada burung seharian akan hilang. Dengan mandi, burung akan terlihat sangat bersih, sehat dan juga fresh.

Sabun yang digunakan untuk memandikan burung harus mengandung antiseptik. Cairan antiseptik yang digunakan memandikan burung sangat baik dalam menjaga keindahan bulu burung sendiri.

Usai dimandikan, sebaiknya dikeringkan dengan hairdryersegera mungkin. Kondisi burung yang masih basah hanya membuat kotoran mudah sekali menempel. Kemudian sisir bulu burung secara perlahan.

6. Jemur Rutin dan Teratur

Burung cinta juga membutuhkan sinar matahari untuk menghangatkan badan. Saat yang paling tepat untuk melakukan penjemuran burung cinta adalah pukul 8:00 – 10:00. Waktu yang diperlukan untuk menjemur burung cinta atau lovebird selama ±3 jam.

Saat yang paling tepat dalam melakukan penjemuran setelah mandi. Sehingga sebelum dijemur, lebih baik burung dimandikan terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Burung Jalak

Itulah cara yang paling tepat dalam merawat burung cinta atau lovebirds. Bisnis burung cinta juga sangat menguntungkan. Hanya dengan melakukan perawatan yang sangat intensif pada seekor burung dapat menghasilkan dan menjadikan harga jual seekor burung sekitar jutaan hingga puluhan juta.

Sedangkan untuk ternak burung cinta atau lovebirds, lebih baik diserahkan kepada seseorang yang lebih mengerti tentang cara ternak burung lovebird dengan baik dan benar. Apabila burung cinta atau lovebirds ditangani oleh ahli dalam cara melatih burung lovebird akan membuat burung memenangkan berbagai macam kompetisi.

Sebaliknya jika burung cinta atau lovebirds ditangani oleh seseorang yang tidak begitu paham dengan cara merawatnya, burung ini juga tidak akan memiliki kesan istimewa apapun. Hanya sekedar hiasan semata.

Suara Burung Lovebird

Berikut ini adalah beberapa suara gacor mp3 dari burung lovebird yang saya dapatkan dari soundcloud:

Cara Menjodohkan Burung Lovebird

Cara Menjodohkan Burung Lovebird
Cara Menjodohkan Burung Lovebird (independent.ie)

Burung lovebirds merupakan hewan monogami, hanya akan melakukan perkawinan selama sekali seumur hidup. Maka dari itulah sangat sulit jika ingin menjodohkan burung cinta sesuai dengan keinginan. Apalagi jika burung cinta tersebut pernah melakukan perkawinan dengan burung cinta lain.

Meskipun cukup sulit menjodohkan burung cinta, ada beberapa trick. Namun tetap saja tricks ini tidak bisa menjamin keberhasilan sebesar 100%. Tips menjodohkan burung lovebird pertama adalah dengan cara perkawinan koloni atau perkawinan masal.

Langkah pertama pilih burung cinta yang telah dewasa dan berusia matang untuk melakukan perkawinan. Usia ideal burung cinta melakukan perkawinan adalah minimal 12 bulan atau setahun. Pastikan burung cinta yang dipilih sebaiknya belum pernah melakukan perkawinan sebelumnya. Jumlah burung antara jantan dan betina harus sama. Jadi tidak ada burung yang tidak dapat mempunyai pasangan. Burung cinta yang hendak dikawinkan, sebaiknya masih satu jenis.

Kemudian siapkan kandang burung yang agak besar dan muat untuk sepasang burung cinta. Jumlah kandang burung yang disediakan harus cukup untuk dan sesuai dengan beberapa pasang burung cinta yang hendak dikawinkan. Bisa juga menggunakan gupon, sebuah kandang yang dikhususkan untuk melakukan suatu perkawinan.

Lalu tunggu saja hasilnya. Namun tetap harus dipandang apakah sepasang burung tersebut saling tertarik atau tidak. Jadi beri waktu agar dapat memilih pasangan dengan sendirinya sesuai dengan pilihannya.

Baca juga: Harga Burung Elang

Walaupun burung cinta mempunyai sifat untuk menyayangi satu sama lain, bukan berarti burung tersebut mudah untuk jatuh cinta dan melakukan perkawinan dengan begitu saja. Jadi proses perkawinan burung cinta harus alami.

Jika cara perkawinan koloni tidak berhasil, dapat melakukan perkawinan dengan lebih intens. Cara perkawinan yang satu ini adalah perkawinan untuk sepasang burung cinta. Caranya ialah dekatkan kandang burung cinta jantan dan betina. Biarkan burung-burung tersebut saling berinteraksi satu sama lain. Atau dapat juga memasukkan sepasang burung ke dalam satu kandang.

sepasang burung lovebird
gambar sepasang burung lovebird (boredpanda.com)

Pantau terus setiap hari apakah ada suatu gerak gerik yang menunjukkan kedua burung tersebut saling menyukai. Jika kedua burung tersebut saling menyukai, satukan kedua burung ke dalam satu kandang dan melakukan perkawinan dengan sendirinya. Jika kedua burung tersebut tidak menyukai satu sama lain, berarti burung tersebut tidak berjodoh dan tidak bisa dipaksa untuk saling menyukai.

Cara lain untuk menjodohkan burung cinta adalah dengan perkawinan paksa. Cara ini biasanya dilakukan jika burung cinta tersebut pernah melakukan perkawinan sebelumnya. Kemungkinan cara ini juga dapat dilakukan kepada sepasang burung yang pada dasarnya tidak menyukai satu sama lain. Tetapi bagi yang tidak tega, lebih baik hiraukan cara ini.

Perlu diketahui bahwa burung cinta hanya setia pada satu pasangan. Jika burung cinta telah mempunyai pasangan, sebaiknya tidak diperkenankan untuk didekatkan dengan burung lain yang bukan pasangannya.

Baca juga: Harga Burung Kakatua

Karena resiko terlalu besar, kedua burung akan acuh bahkan saling gaduh serta bertengkar. Bisa juga terjadi suatu kematian jika pertengkaran terlalu kasar. Itulah resiko atas perkawinan paksa. Cara untuk melakukan perkawinan paksa adalah dengan memandikan kedua burung bersamaan pada malam hari. Lalu letakkan kedua burung ke dalam sebuah kandang.

Kandang yang digunakan sebaiknya berukuran besar supaya jarak kedua burung cukup jauh. Lakukan cara tersebut selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu hingga kedua burung berbaikan dan tidak saling gaduh. Biarkan terjadi perkawinan secara alami.

Review mengenai burung lovebird tersebut dapat bermanfaat untuk mengenal karakter burung ini. Terutama karakter burung yang pada dasarnya monogami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar