Harga Burung Macaw

Jika Anda merupakan pecinta burung hias, tentulah Anda mengetahui sedikitnya tentang burung Macaw. Namun meski demikian, nama burung macaw juga sudah tidak asing bagi orang kebanyakan karena kecantikannya. Tapi apa itu burung macaw? Burung Macaw adalah jenis burung yang memiliki bulu sangat cantik dan penuh warna-warni dan beragam sehingga banyak orang menaruh hati.

Sayangnya, tidak semua orang mampu memiliki jenis burung ini karena harganya yang sangat mahal. Tentulah, hanya orang-orang tertentu yang mampu memiliki jenis burung ini karena harganya hanya bisa dijangkau oleh kalangan ekonomi menengah ke atas. Untuk satu spesies, rata-rata ditaksir di angka 7 juta keatas. Karena itu, harga burung ini sangat terbatas dan jarang ada yang memilikinya.

Burung Macaw adalah spesies burung dari benua Amerika Selatan di hutan Amazon. Di kota ini terdapat ribuan spesies burung Macaw, hingga menjadi simbol atau lambang tersendiri bagi suku di Amerika. Namun, maraknya jual beli burung secara bebas membuat keberadaan burung Macaw terancam bahaya.

Baca juga: Harga Burung Labet

Orang-orang mengeksploitasi burung-burung ini dengan secara berlebihan karena itu ada beberapa jenis burung macaw yang dilindungi undang-undang dan harus memiliki sertifikat khusus untuk bisa membelinya.

Jenis-Jenis Burung Macaw

jenis burung macaw
jenis burung macaw (tribunnews.com)

Ada banyak jenis burung macaw yang keberadaannya tersebar ke seluruh dunia. Beberapa di antaranya sudah dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah karena itu peredaran maupun penjualannya diatur undang-undang. Hal tersebut juga dikarenakan menipisnya tempat tinggal akibat ulah pemburu.

Karena ukurannya yang besar, jenis burung ini sering dijadikan burung peliharaan namun bukan sebagai burung kicau namun sebagai burung hias. Hal ini disebabkan oleh keindahan warna dan juga aksinya yang membuat para pecinta burung semakin menaruh hati.

Selain itu, seperti halnya burung yang berparuh bengkok lain, burung Macaw juga merupakan burung cerdas yang bisa dilatih seperti untuk mengetahui tuannya, untuk terbang bebas dan kembali atau bahkan untuk melakukan atraksi-atraksi yang tidak dilakukan oleh burung lainnya.

Selain itu, burung ini adalah burung pemakan biji-bijian dengan memiliki paruh yang kuat untuk memecahkan beberapa jenis biji serta memiliki kulit yang keras. Namun makanan burung Macaw tidak saja biji-bijian, namun juga sayuran dan buah. Berikut ini adalah macam-macam burung macaw:

1. Blue & Gold Macaw

gambar burung macaw blue and gold
gambar burung macaw blue and gold (homeoftalkingbirds.com)

Diantara jenis-jenis burng macaw, jenis ini merupakan salah satu burung paling populer dikalangan para pecinta burung Macaw. Alasannya, karena jenis burung Macaw Blue & Gold banyak tersedia di petshop. Di Indonesia jenis ini dikenal dengan sebutan araruna atau burung macaw biru kuning.

Baca juga: Harga Burung Murai

Sebutan Macaw biru kuning ini karena warna tersebut mendominasi warna tubuhnya. Dengan tubuh sekitar 90 cm, dan biasanya dia tumbuh di padang rawa-rawa atau lubang-lubang pepohonan.

2. Buffon’s Macaw

gambar burung macaw buffons
gambar burung macaw buffons (naturetime.wordpress.com)

Jenis ini merupakan jenis Macaw langka yang berasal dari Kolombia, Nikaragua, Kosta dan Equador. Ciri khas dari burung macaw buffons ini terdapat pada jambul di kepalanya yang berwarna merah cerah sehingga akan dengan mudah dikenali.

3. Green Winged Macaw

gambar burung macaw green winged
gambar burung macaw green winged (marylandzoo.org)

Nama Green Winged Macaw diperoleh sebab adanya warna hijau bergaris di sayapnya. Jika dilihat secara sekilas, sedikit mirip dengan burung macaw Scarlet. Namun, jenis burung macaw yang ini termasuk dalam jenis burung makau yang langka karena siklus reproduksinya yang lambat.

Dalam 6 tahun sekali, burung macaw green winged ini bertelur dan hanya bisa menetaskan satu atau dia butir telur, dan baru bisa bertelur lagi setelah 9 bulan.

4. Hyacinth Macaw

gambar burung macaw hyacinth
gambar burung macaw hyacinth (petguide.com)

Kalau kalain pernah nonton film animasi rio? Ada salah satu tokoh bernama blu. Nah tokoh ini diambil dari jenis Hyancinth Macaw. Burung Macaw Hyancinth dianggap sebagai burung langka dan susah untuk dikembangbiakkan karena memiliki sifat yang agresif. Selain itu, jenis ini sulit sekali dijinakkan dengan ukuran tubuh serta kekuatan gigitannya yang keras.

5. Illiger’s Macaw

gambar burung macaw illigers
gambar burung macaw illigers (petguide.com)

Kebalikan dari jenis sebelumnya, macaw jenis Illiger’s memiliki ukuran tubuh yang kecil atau mencapai 43 cm. Namun burung macaw illiger’s ini mudah dijinakkan daripada jenis lainnya karena itu peminatnya lebih banyak.

6. Military Macaw

gambar burung macaw military
gambar burung macaw military (marylandzoo.org)

Wajah macaw jenis Millitary jika diperhatikan secara serius nampak tegas karenanya dinamai millitary macaw. Jenis ini mirip dengan Buffon macaw bedanya bentuk kepala burung macaw millitary macaw lebih panjang dengan warna pipi yang merah. Bentuknya sangar dan garang.

7. Noble Macaw

gambar burung macaw noble
gambar burung macaw noble (parrotfeather.com)

Noble macaw adalah jenis macaw yang juga berukuran kecil. Kadang-kadang disebut dengan macaw berukuran mini karena ukurannya hanya sekitar 300 cm. Kadang-kadang juga disebut dengan nama red-shouldered Macaw, karena burung macaw noble memiliki polat merah dikedua sayapnya.

Baca juga: Harga Burung Beo

8. Scarlet Macaw

gambar burung macaw scarlet
gambar burung macaw scarlet (cornell.edu)

Scarlet paling terkenal karena pandai memainkan berbagai atraksi. Selain itu, warnanya yang bermacam-macam menjadikan burung ini primadona bagi pecinta burung atau hobbes. Apalagi dikalangan para penangkar, burung macaw scarlet ini paling banyak dicari karena warnanya cerah dan bisa dijinakkan.

9. Severa Macaw

gambar burung macaw severa
gambar burung macaw severa (animal-world.com)

Burung macaw severa jika diperhatikan sekilas maka mirip dengan burung military macaw. Perbedaan yang mencolok terdapat pada jambulnya. Jika jambul milik military macaw berwarna merah, maka jambul severa macaw berwarna hijau. Harga burung ini sekitar 27 jutaan.

10. Yellow-Collared Macaw

gambar burung macaw yellow collared
gambar burung macaw yellow collared (petplace.com)

Burung Macaw Yellow-Collared diberi nama seperti itu karena warnanya kuning di bagian punggungnya. Selain itu, ada warna lainnya yang dominan yakni warna hijau serta warna putih di bagian mukanya dengan list hitam di kepalanya.

Cara Merawat Burung Macaw

cara merawat burung macaw
cara merawat burung macaw (jalaksuren.net)

Karena burung ini cocok hidup di wilayah tropis termasuk Indonesia. Namun tentu saja hal ini bukan jaminan, karena itu ada beberapa hal yang harus Anda ketahui bagaimana cara merawat burung Macaw dengan baik. Pertama, Anda perlu menempatkan burung di tempat yang teduh untuk menghindari dehidrasi yang bisa menyebabkan burung mati.

Selain itu, burung macaw hidup dengan bergerombol dan bersosialisasi. Selain itu, hal lain yang harus diketahui yakni burung ini harus memiliki kandang burung dengan lebar minimal 1,5 meter dan tinggi 2 meter. Kandang ini bisa dibuat dengan menggunakan kawat halus maupun besi namun juga bisa dibuat dari tangkringan atau batang kayu yang tidak memiliki getah.

Baca juga: Harga Burung Nuri

Agar burung tidak terbang jauh, sebaiknya kaki burung dirantai atau setidaknya potong sedikit agar tidak terbang jauh. Dan tentu yang paling penting adalah membersihkan kandang tiap hari.

Untuk menjaga burung macaw agar tetap sehat, Anda juga perlu memperhatikan pola makannya seperti biji-bijian, sayr ataupun buah. Yang penting, tidak memberi makan macaw buah alpukatdan coklat karena bisa menjadi racun dalam tubuhnya. Lebih-lebih, dua makanan ini juga bisa membuat burung sakit atau bahkan sampai mengalami kematian.

Untuk kandangnya, hal yang harus dihindari yakni memberikan tangkringan kayu bergetah karena bisa menimbulkan racun karena burung ini sering mematuk-matuk hingga getahnya keluar. Berilah makan sehari dua kali minimal juga air minum yang cukup. Rawatlah burung ini dengan baik mengingat harga burung ini yang sangat mahal.

Tips Budidaya Burung Macaw

cara ternak burung macaw
cara ternak burung macaw (videoblocks.com)

Selanjutnya cara budidaya burung macaw. Mulanya, perlu mesin tetas telur parrot, ketika sudah menetas pitik bisa langsung dipindahkan ke boks inkubator hingga berumur 3 hari. Selebihnya, dirawat hingga siap dijual. Selama 13 hari masa awal.

Dipindahkan di boks dan diberi perawatan terbaik seperti memberinya makan makanan khusus untuk anak burung. Selain itu, ketika besar kita juga perlu tahu bagaimana cara membedakan burung macaw jantan dan betina. Dengan mengetahui perbedaannya, kita akan tahu bagaimana memperlakukan mereka dan kemudian terkait penjodohannya.

Sebagaimana sudah dijelaskan di awal jika burung jenis ini memiliki nilai yang fantastis dan hanya bisa didapatkan oleh kalangan menengah ke atas. Berikut daftar harga burung macaw di tahun 2019 di Indonesia, dan harga bisa sewaktu-waktu berubah kapanpaun.

Harga Burung Macaw Terbaru

Jenis Burung MacawHarga
Burung Harlequin MacawRp65.000.000
Burung Severe MacawRp27.000.000
Burung Macaw ScarletRp99.000.000
Burung Green Wing Macaw JinakRp55.000.000
Burung Baby Catalina MacawRp55.000.000
Burung Illiger’s MacawRp15.000.000
Burung Macaw Blue ThroatedRp75.000.000
Burung Macaw Blue And Gold JinakRp35.000.000
Burung Macaw Green Wing Dewasa SepasangRp100.000.000

Demikian artikel ini  mengulas tentang apa itu burung macaw, ciri-cirinya, beragam jenis yang dimiliki, cara merawatnya, makanan burung acau hingga harga burung macaw terupdate bulan Desember 2018.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar