Harga Burung Merpati

Burung Merpati adalah salah satu burung dengan karakter ramah yang cukup terkenal di kalangan masyarakat awam. Beberapa jenis burung Merpati suka bertengger pada bangunan atau atap hingga ada pula yang mempunyai habitat khusus seperti di daerah hutan atau pegunungan. Apakah anda berminat untuk mengenal burung merpati cantik ini lebih jauh? Berikut ini uraiannya khusus untuk anda!

Mengenal Burung Merpati

Burung merpati domestik
Burung merpati domestik (pixabay.com)

Burung Merpati ini memiliki nama ilmiah Columba Domestica. Merpati memiliki karakter hidup berkerumun atau berkelompok. Nama Merpati sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yakni Parapati.

Baca juga: Harga Burung Kolibri

Merpati merupakan unggas berdarah panas dengan ciri-ciri fisik paruh tanpa gigi serta sayap dan tubuh yang tertutup bulu pelepah. Tersebar di seluruh penjuru dunia, daerah Indomalaya dan Australasia mendominasi habitat persebaran burung yang berkembang biak dengan bertelur ini.

Daftar Harga Burung Merpati

Jenis Burung Merpati Harga
Burung Merpati Balap Rp 450.000 – Rp 730.000
Burung Merpati Biasa Rp 120.000 – Rp 230.000
Burung Merpati Hias Rp 530.000 – Rp 3.100.000
Burung Merpati Juara Rp 1.450.000 – Rp 2.100.000
Burung Merpati Kipas Rp 700.000 – Rp 920.000
Burung Merpati Kolongan Rp 430.000 – Rp 730.000
Burung Merpati Pos Rp 530.000
Burung Merpati Putih Rp 530.000
Burung Merpati Sepasang Tinggian Rp 1.010.000
Burung Merpati Tinggi Rp 520.000 – Rp 770.000

Makanan Burung Merpati

1. Jagung

Jagung bisa menjadi makanan merpati
Jagung bisa menjadi makanan merpati (pixabay.com)

Harga yang relatif murah dan mudah didapatkan di pasaran membuat jagung menjadi salah satu sumber pakan favorit dan primadona bagi kalangan pecinta burung Merpati. Salah satu jenis jagung yang direkomendasikan adalah jagung Madura.

Ukuran jagung Madura sangat sesuai karena berukuran lebih kecil sehingga lebih mudah ditelan oleh burung Merpati. Jagung dapat menjadi sumber energi utama dan penunjang kesehatan. Kandungan yang tersedia dalam jagung adalah zat-zat penting seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan elektrolit.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau juga baik untuk burung merpati
Kacang hijau juga baik untuk burung merpati (londodbird.uk)

Kacang hijau memiliki harga relatif lebih mahal dibanding jagung. Namun, khasiat kacang hijau yang mengandung protein dan vitamin dianggap mampu menjaga sistem reproduksi Merpati agar cepat bertelur. Selain itu, kacang hijau juga kaya akan serat, mineral dan omega yang pastinya sangat bermanfaat bagi sumber penunjang nutrisi Merpati.

3. Beras Merah

Beras merah sebagai pakan burung merpati
Beras merah sebagai pakan burung merpati (google.com

Beras merah adalah salah satu pakan terbaik yang dapat diberikan ke burung Merpati favorit anda. Harga beras merah memang mungkin relatif lebih tinggi dibanding dua pakan sebelumnya, namun kandungan yang ditawarkan pun sangat sebanding dan penuh manfaat.

Baca juga: Harga Burung Perkutut

Salah satu nutrisi andalan beras merah adalah vitamin B1 yang berfungsi untuk menambah stamina, membantu mengatasi rasa kelelahan, menguatkan organ dan sangat direkomendasikan untuk pencernaan.

Selain 3 rekomendasi pakan tersebut, Merpati juga dapat mengonsumsi kacang tanah, kacang kedelai, gabah, buah-buahan hingga sayur-sayuran. Anda dapat menganalisa kandungan nutrisi di dalam pakan untuk memberikan sumber energi terbaik serta menunjang kesehatan maksimal bagi Merpati yang anda pelihara.

Jenis Burung Merpati

Burung cantik ini memiliki beberapa varian jenis. Penasaran ada berapa tipe burung Merpati yang memiliki ciri khasnya masing-masing? Silahkan lanjutkan membaca deskripsi dibawah ini!

1. Burung Merpati Hias

 

Salah satu burung merpati hias
Salah satu burung merpati hias (pertanianku.com)

Burung Merpati jenis ini memiliki daya tarik melalui bentuk fisik yang indah, anggun dan menawan. Sehingga tak heran jika cukup banyak kolektor tertarik untuk menjadikannya hewan peliharaan yang unik dan cantik.

Harga yang relatif tinggi sebanding dengan pesona eksotis Merpati hias sanggup memanjakan mata serta menghadirkan kepuasan tersendiri bagi para pecinta burung. Ada beberapa contoh Merpati hias yang dapat anda jadikan referensi, contohnya adalah Merpati Lahore, Merpati Gondok, Merpati Jacobin Pigeon, Merpati  Kipas, Merpati Modena dan Merpati Maltese.

2. Burung Merpati Putih

burung merpati putih simbol damai
burung merpati putih simbol damai (pixabay.com)

Sebagaimana namanya, Merpati ini berciri khas warna putih. Sebagai salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh berbagai kalangan, tentu saja burung Merpati tipe ini dapat dirawat sebagai hewan peliharaan.

Baca juga: Harga Burung Kutilang

Selain itu, burung ini identik dengan filosofi kesetiaan dan cinta sehingga akrab anda lihat di sampul undangan pernikahan hingga dilepaskan ke udara saat momen sakral pernikahan itu sendiri.

3. Burung Merpati Kipas

Burung merpati kipas yang unik
Burung merpati kipas yang unik (pixabay.com)

Burung Merpati Kipas berasal dari Tiongkok dan India. Seperti julukannya, ciri khas burung Merpati ini adalah bentuk fisik ekornya yang berbentuk kipas dengan warna terang mencolok. Keindahan ekor burung Merpati Kipas dapat menjadi simbiosis mutualisme antara penjual dan kolektor.

Permintaan Merpati yang cukup tinggi dan harga sebanding dengan kualitas keindahan burung tentu memberikan kesenangan bagi dua belah pihak. Dengan siklus bertelur cukup

cepat dan daya tarik fisik yang memukau, Merpati Kipas melejit menjadi salah satu jenis Merpati hias yang sangat populer di pasaran.

4. Burung Merpati Balap

Burung merpati balap paling sering dijumpai
Burung merpati balap paling sering dijumpai (pixabay.com)

Seperti julukannya, burung Merpati Balap telah dibiakkan dan dilatih secara khusus agar mampu terbang lebih cepat. Burung Merpati tipe ini termasuk dalam golongan burung pintar yang memiliki daya saing dalam kompetisi balap, sanggup mengenali rekan atau pasangan, pemilik bahkan pelatih meskipun dari interval jarak yang cukup relevan.

5. Burung Merpati Kolongan

Burung merpati kolongan sangat mudah jinak
Burung merpati kolongan sangat mudah jinak (pixabay.com)

Merpati Kolongan sebagai burung yang mempunyai kemampuan terbang dan mendarat dengan tepat di tempat yang telah disediakan pantas menjadi salah satu referensi anda.

Merpati bagus untuk tipe ini mempunyai ciri-ciri ukuran kepala besar yang membuatnya sanggup turun dengan bagus pada jarak kemiringan 90 derajat dan bentuk paruh yang runcing dengan ukuran sedang.

Baca juga: Harga Burung Cendet

Kemampuan melihat yang bagus dapat terwakili dari jenis mata yang kering dan jernih, serta pupil hitam pekat sekaligus responsif terhadap cahaya. Harga yang relatif cukup tinggi tentunya sebanding dengan kemampuan burung Merpati Kolongan ini.

Tips Memilih Burung Merpati

Memilih merpati harus berpasangan
Memilih merpati harus berpasangan (pixabay.com)

Sangat dianjurkan bagi anda untuk memilih Merpati dengan kriteria usia muda sehingga potensi untuk produktif dan bereproduksi terbilang cukup besar. Selain itu, kriteria lain dalam memilih burung Merpati adalah dengan melihat penampilan fisiknya.

Penampilan fisik dapat memberikan tanda apakah Merpati dalam kondisi sehat dan aktif atau lemah dan sakit-sakitan. Anda dapat meraba dimulai dari bagian kepala, mata, paruh, leher, dada, sayap, bulu, ekor dan kaki.

Disarankan untuk memilih Merpati dengan komposisi kepala besar, paruh runcing dan berukuran sedang, leher kuat, dada lebar, postur tubuh menyerupai jantung pisang  serta memiliki pupil mata yang jernih.

Anda juga dapat memilih burung Merpati dengan bulu rapi, halus nan lembut, sayap lentur di bagian ujung namun tetap tidak cacat dan kokoh, bagian ekor menyatu rapi dengan komposisi ekor serta sayap seimbang.

Pilihlah kaki Merpati yang kokoh atau kuat untuk melengkapi kriteria fisik di atas. Jika anda mengutamakan sisi keindahan, anda juga dapat menambah kriteria tersendiri seperti tipe warna, postur spesifik sayap dan ekor serta daya tarik kecantikan lain dari si burung Merpati.

Tips terakhir adalah dengan melihat respon dan kondisi Merpati. Terutama jika anda ingin memilih Merpati untuk keperluan kompetisi, pastikan anda memilih burung Merpati dengan dominasi bermental tarung, sehat, cerdas, aktif, responsif serta stabil.

Baca juga: Harga Burung Pleci

Anda dapat mengetahui hal tersebut dengan berkonsultasi dengan penjual langsung, kolektor berpengalaman serta pelatih atau pembudidaya. Memantau, membiakkan dan melatih secara langsung juga dapat membantu anda untuk memilih bahkan menghasilkan Merpati yang berkualitas.

Cara Menggiring Burung Merpati

Pastikan Merpati dewasa dengan kondisi subur serta sehatlah saat anda ingin menjodohkan burung Merpati jantan dan betina terbaik milik anda. Setelah memastikan mutu yang bagus bagi kedua jenis Merpati, anda dapat mengandangkan burung Merpati jantan dan betina dalam satu sangkar , kemudian tutup sangkar tersebut saat malam hari tiba.

Pada pagi hari, mandikan burung dan jemur di bawah sinar matahari. Pisahkan kedua burung tersebut, namun tetap berada dalam kandang yang sama.

Seusai menjemur dan kering, masukkan kembali kedua burung kedalam sangkar dan beri pakan sesuai kebutuhan. Silahkan ulangi langkah dari mengandangkan burung dalam satu sangkar hingga memberi pakan kurang lebih selama 3 hari.

Setelah itu, lepaskan si Merpati jantan, jika ia merasa gelisah dan ingin mendekati si betina, berarti burung Merpati jantan sudah giring dan burung Merpati betina dapat segera bersiap untuk bertelur.

Cara Merawat Burung Merpati

1. Menjaga Kebersihan

Tempat bersih dan sehat baik untuk burung merpati
Tempat bersih dan sehat baik untuk burung merpati (pixabay.com)

Kebersihan atau kesterilan tentunya adalah hal yang sangat krusial. Dengan menjaga kebersihan fisik burung dan kandang tetap steril dapat menghindarkan Merpati dari kotoran yang dapat membahayakan burung itu sendiri. Selain itu, dengan fisik serta tempat tinggal yang bersih dan sehat, mampu menciptakan rasa nyaman dan betah bagi burung Merpati kesayangan anda.

Baca juga: Harga Burung Cucak Ijo

Membersihkan kandang dan memandikan burung Merpati secara rutin sebelum menunggu kotoran sudah banyak menumpuk serta memberikan pencahayaan yang cukup dapat memudahkan  anda meraih hasil yang maksimal.

2. Memberi Makan yang Variatif dan Bernutrisi

Variasi pakan dan perhatikan nutrisi untuk burung merpati
Variasi pakan dan perhatikan nutrisi untuk burung merpati (google.com)

Dengan aneka makanan yang bervariatif namun tetap bernutrisi tentunya dapat memberikan kandungan zat bermanfaat yang lebih banyak bagi burung Merpati kesayangan anda. Beberapa jenis pakan yang telah disebutkan diatas seperti jagung, kacang hijau dan beras merah relatif mudah didapatkan di pasaran. Pemberian pakan dianjurkan dalam kondisi terang, 2 x sehari, dengan flesibilitas waktu menyesuaikan.

Meskipun variasi pakan sangat disarankan untuk menjaga selera burung merpati, namun anda cukup memberikan 1 jenis pakan saja pada 1 waktu. Tetap sediakan air minum setiap saat di kandang dan pastikan Merpati mengonsumsi minum yang telah anda sediakan setiap selesai makan.

Baca juga: Harga Burung Nuri

Berbeda dengan minuman, anda cukup menyediakan pakan sesuai waktu yang telah anda tetapkan. Hal lain yang tak kalah penting adalah sediakan tempat pakan yang cukup lebar supaya Merpati tidak berebut saat makan. Perhatikan burung Merpati lain jika anda memiliki Merpati lebih dari satu agar tetap mendapatkan pakan sesuai kebutuhan.

Burung Merpati mempunyai banyak daya tarik dan karakter penunjang. Beragam jenis yang dapat anda tentukan sesuai spesifikasi kebutuhan, relatif  mudah dijumpai di lingkungan sekitar, kesesuaian harga dengan kepuasan dari pesona fisik hingga kecerdasan serta kemampuan menarik lainnya membuat Merpati mempunyai tempat tersendiri di kalangan masyarakat khususnya pecinta burung.

Dengan berbagai macam keunggulan tersebut, tidak salah jika anda memilih Merpati sebagai salah satu hewan peliharaan jenis unggas favorit anda!

Originally posted 2019-06-26 14:34:23.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar