Harga Burung Poksay

Burung Poksay sudah menjadi salah satu burung yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Keindahan kicauan burung membuat banyak orang yang jatuh cinta.

Burung poksay sendiri pun terdiri dari beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan anda untuk mengoleksinya. Agar anda tidak salah memilih burung poksay, sebaiknya perhatikan ciri-cirinya.

Selain itu, agar burung sehat dan bisa berkicau bebas, perhatikan juga cara merawat dan makanannya juga. Nah berikut ini ulasan-ulasan penting mengenai burung poksay yang perlu anda ketahui.

Ciri-Ciri Burung Poksay

Burung Poksay memang terdiri dari beberapa macam. Salah satu jenis burung poksay yang populer yaitu Burung Poksay Mandarin.

Agar anda tidak salah dalam memilih burung poksay mandarin, perhatikanlah ciri-ciri yang ada pada burung poksay mandarin. Nama burung tersebut memang tidak terkenal.

Karena burung poksay mandarin juga sering dikenal dengan nama burung poskay genting. Di Indonesia, burung poksay mandarin banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatera saja.

burung-poksay-mandarin
Gambar Burung Poksay (Peliharaanimut.net)

Untuk penyebaran di Jawa memang belum banyak. Ciri-Ciri Burung Poksay Mandarin yaitu hidupnya di daerah sawah, rerumputan dan pegunungan.

Dilihat dari suaranya, burung poksay betina hanya berkicau dengan satu jenis kicauan saja. Kelebihan Burung Poksay mandarin jantan yaitu mampu berkicau lebih dari satu kicauan alias kicauannya bervariasi. Keren bukan? Kicauan-kicauan tersebut misalnya seperti kwiiiiitt…., keeer…… dan masih banyak lagi.

Pada ciri fisik burung poksay yaitu paruhnya berwarna kuning ketuaan. Pada daerah mata juga terdapat wara putih yang melingkar dan bola mata burung berwarna hitam.

Tubuh burung poksay berwarna abu-abu dari dada, punggungg hingga pada bagian ekornya. Kemudian pada bagian tunggir burung berwarna coklat dan ekornya cukup panjang.

Ciri khusus yang bisa anda lihat yaitu adanya mahkota indah di bagian kepalanya. Warna mahkota yaitu coklat dengan kombinasi sedikit warna coklat. Burung poksay dalam mencari makanan yaitu di daratan dan secara bergerombol.

Makanan Burung Poksay

Makanan Burung Poksay yang paling digemari yaitu Voer. Voer tersendiri terdiri dari dua macam yaitu boer kasar dan voer halus.

Biasanya burung poksay betina cenderung menyukai voer halus. Sedangkan burung poksay jantan lebih menyukai voer dengan tekstur yang kasar.

Tentu sebelum anda membeli voer, lihat dulu jenis burung poksay peliharaan anda. Makanan favorit selanjutnya yaitu buah-buahan. Misalnya seperti pepaya dan pisang.

Gantikan buah yang sudah menginap selama satu hari. Hal tersebut berguna agar burung poksay kesayangan anda tidak memakan buah layu atau tidak berkualitas.

Mengkonsumsi buah segar tentu akan membuat burung berbunyi merdu dan bagus. Makanan burung poksay selanjutnya yaitu serangga. Jenis serangga yang disukai yaitu jangkrik dan ulat. Pemberian makanan serangga bisa anda berikan ketika selesai memandikan burung poksay.

Baca juga: Harga Burung Kicau Murah

Burung Poksay merupakan salah satu jenis burung yang banyak peminatnya. Apalagi pada tahun 90an, burung poksay sangat populer dan banyak diburu.

Para pecinta burung tentu tahu bentuk mengenai Apa Itu Burung Poksay. Burung poksay ini memiliki nama lati Garrulax yang merupakan burung hutan.

burung poksay
Gambar Burung Poksay (Jalansuren.net)

Suara burung poksay terkenal dengan suara yang keras, melengking, dan menyerang. Suara khas dan model burung yang indah menjadikan burung-burung ini mempunyai harga yang berbeda-beda.

Harga burung poksay hongkong berkisar Rp. 3.000.000 dengan tampilan fisik tidak terlalu besar dan warna dominannya hitam.

Burung ini memiliki alunan kicau khas yang merdu dan nada keras seolah-olah menantang. Selanjutnya yaitu Burung Poksay Mandarin yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 1.000.000.

Baca juga: Harga Burung Cendet

Burung ini memiliki tubuh indah dengan body dibalut dengan warna hitam atau abu-abu. Pada bagian kepala burung poksay mandarin terdapat sedikit sentuhan warna coklat tua.

Harga yang hampir sama dengan burung poksay mandarin yaitu Poksay Jambul Putih dan Poksay Sumatera. Burung Poksay jambul Putih yaitu mempunyai jambul berwarna putih bersih dan bulu-bulu coklat di tubuhnya.

Burung ini didominasi dengan warna coklat. Sedangkan Burung Poksay Sumatera tentu burung endemik dari Pulau Sumatera.

Burung ini memiliki bulu hitam dan leher hingga kepalanya berwarna putih bersih. Namun sekarang ini burung poksay sumatera semakin menipis populasinya.

Selanjutnya yaitu burung yang harganya lebih murah lagi, harga burung ini yaitu mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 1.000.000. Burung Poksay Medan juga berwarna cokelat.

Hanya saja pada leher hingga kepala Burung Poksay Medan berwarna abu-abu. Burung ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan burung poksay lainnya.

Suara dari burung poksay medan agak berbeda dengan burung yang lainnya yaitu bersuara keras dan berisik.

Burung poksay yang harganya lebih terjangkau lagi yaitu Burung Poksay Hitam. Burung ini bisa anda temukan di daerah pegunungan maupun hutan di Sumatera.

Pemberian nama burung poksay hitam tentu karena warna burung poksay seluruhnya berwarna hitam. Hanya pada bagian paruhnya saja yang berwarna orange.

Harga hewan (burung poksay) yang ditawarkan untuk burung ini cukup murah yaitu Rp. 300.000 saja. Dengan harga Rp. 300.000 anda sudah bisa mendapatkan burung poksay hitam yang sudah gacoran.

Daftar Harga Burung Poksay Terbaru

Jenis Burung PoksayHarga Dalam Rp
Burung Poksay HongkongRp3.000.000
Burung Poksay MandarinRp1.000.000
Burung Poksay Jambul PutihRp1.000.000
Burung Poksay SumateraRp1.000.000
Burung Poksay MedanRp300.000 – Rp1.000.000
Burung Poksay HitamRp300.000

Baca juga: Harga Burung Kakatua

Cara Merawat Burung Poksay

Cara Merawat Burung Poksay tergolong mudah. Untuk kesehariannya, anda bisa menaruh burung  poksay diluar agar bisa mendapatkan embun.

Karena habitat burung poksay berada di tempat yang lembab. Makanan yang bagus yaitu ulat bambu. Setelah diembunkan, berilah makan burung dua ekor ulat bambu.

Jika sudah pukul 07.00, anda bisa memandikannya dengan cara disemprot ataupun mandi keramba.Pastikan kandang selalu bersih dan berikan makanan secara bergantian.

merawat-burung-poksay
Tips Merawat Burung Poksay (Manukgacor.com)

Misalnya dari buah-buahan, serangga maupun makanan burung poksay lainya. Burung Poksay juga bisa diberikan vitamin yaitu multivitamin seperti birdvit yang bisa anda temukan di pasaran.

Setelah dimandikan, anda bisa menjemur atau mengangin-anginkan burung poksay tersebut. Kurang lebih selama satu hingga satu setengah jam.

Jika sudah di jemur, anda bisa menaruh burung ini secara menggantung baik di bawah pohon maupun di teras rumah, Sangat mudah bukan?

Kemudian ketika sore hari anda bisa emmandikan burung poksay dengan cara menyemprotnya. Kemudian di angin-anginkan hingga bulu-bulu burung poksay sudah mengering.

Setelah dimandikan, berikan burung poksay makanan. Baik berupa serangga ataupun buah-buahan. Nah, ketika sudah malam hari, anda bisa memasukkan burung kembali kedalam rumah.

Burung Poksay terdiri dari beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan anda. Tentu harga yang ditawarkan pun sesuai dengan jenis dari burung poksay tersebut.

Anda bisa memilih sesuai dengan yang anda inginkan. Tentu sesuai dengan kantong Anda. Cara perawatannya pun tergolong mudah.

Jadi anda tidak perlu ribet dalam perawatannya. Bagi pemula pun bisa juga langsung membeli burung poksay ini. Jangan sampai anda salah ketika membeli burung ini ya.

Originally posted 2019-01-03 14:57:06.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar