Harga Burung Puyuh

Burung Puyuh merupakan sekumpulan unggas daratan yang memiliki ukuran kecil namun berbadan gemuk. Jenis burung ini suka memakan biji – bijian namun juga memakan serangga dan beberapa hewan ukuran kecil lainnya.

Perlu diketahui bahwa jenis burung ini be habitat di permukaan tanah dan memiliki kemampuan lari dan terbang dengan kecepatan yang tinggi.

Hewan yang satu ini berasal dari Dunia Baru (family Odontophoridae) dan puyuh kancing (family Turnicidae) meski tidak berkerabat dekat, keduanya memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip.

Burung Puyuh

Tidak seperti ayam, burung ini adalah hewan tenang, kecil, dan mampu menguasai diri dengan sangat baik. Hewan yang satu ini mampu menghasilkan 5 sampai 6 telur setiap minggunya.

Tertarik untuk memeliharanya? Pastikan untuk selalu menyediakan cahaya, air, makanan, dan kebersihan yang cukup saat memeliharanya agar kondisi tubuhnya selalu sehat dan terjaga.

Berikut sedikit ulasan terkait tentang Burung Puyuh mulai dari harga hewan (burung), ciri-ciri, jenis dan makanan yang wajib Anda ketahui.

Daftar Harga Burung Puyuh 2019

Jenis Burung PuyuhHarga Dalam Rp
Burung Puyuh BiasaRp15.000 – Rp25.000
Burung Puyuh JantanRp15.000
Burung Puyuh DewasaRp20.000 – Rp25.000
Burung Puyuh PetelurRp10.000 – Rp30.000

Diatas ini daftar harga Burung Puyuh di pasaran, harga diatas bisa sangat bervariasi tergantung tempat dan waktu ketika Anda membelinya.

Mengenal Tentang Burung Puyuh

Apa itu Burung Puyuh? Burung ini termasuk kedalam keluarga phasianidae dengan ukuran badan yang mungil sehingga menjadikan burung ini mirip sekali dengan anak ayam.

Seperti yang telah dijelaskan diatas burung yang satu ini masih tergolong salah satu jenis unggas daratan meskipun tidak pandai dalam masalah terbang.

gambar-burung-puyuh
Gambar Burung Puyuh (harga.web.id)

Sehingga tidak heran jika hewan sering kali menghabiskan waktunya di daratan untuk mencari makanan. Perlu diketahui bahwa makanan utama dari jenis burung ini yaitu biji-bijian dan pemakan serangga-serangga yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya.

Untuk memelihara jenis burung ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Asalkan Anda bisa merawatnya secara rutin pasti akan mudah dan sangat cepat menghasilkan.

Ada banyak sekali jenis burung ini yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk mengetahui burung jenis mana yang mudah dan cocok untuk di ternak.

Salah satu hal penting dalam beternak jenis burung ini yaitu terlebih dahulu tahu perbedaan dari burung jantan dan betina.

Cara membedakan antara puyuh jantan dan betina sebenarnya juga cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu mengetahui tentang ciri-ciri dari puyuh jantan dan betina.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih

Cara Membedakan Puyuh Betina dengan Jantan

Berikut ini beberapa perbedaan antara Puyuh Jantan dan Betina.

  1. Pada puyuh jantan memiliki corak warna yang lebih bervariasi dan juga beragam. Coraknya antara lain warna pirang cerah yang mirip seperti rambut jagung. Garis-garis pada bagian tubuhnya memiliki warna abu-abu dan menutupi leher.
  2. Puyuh jantan juga akan memiliki warna kepirangan pada seluruh bagian tubuh. Gerakannya juga lebih lincah dan juga gesit.
  3. Badan dari puyuh jantan dianggap lebih kokoh dan akan mengeluarkan suara. Bulu puyuh jantan terlihat lebih lebat dari pada puyuh betina. Sedangkan puyuh betina sendiri memiliki corak warna tidak sempurna atau tidak kompleks.
  4. Puyuh betina memiliki ciri khas yang sangat berbeda jika dibanding puyuh jantan. Antara lan yaitu bintik abu di bagian dada, dan warna di bagian dada akan terlihat pudar dengan sedikit bintik-bintik.
  5. Gerakan dari puyuh betina lebih lambat dibandingkan dengan puyuh jantan. Ukuran puyuh betina juga lebih besar dibanding dengan puyuh jantan.

Selain itu dalam membedakan antara burung puyuh betina dan jantan dapat dilihat dari alat reproduksinya. Adapun alat reproduksi yang dimiliki oleh puyuh bisa dicek dengan cara membuka bagian ekor dan sayapnya.

Jenis-Jenis Burung Puyuh

Ada ada banyak Jenis-jenis Burung Puyuh yang terdapat di pasaran. Beberapa jenisnya antara lain:

macam-macam-burung-puyuh
Gambar Macam-Macam Burung Puyuh (SlidePlayer.info)

1. Burung Puyuh Gonggong

Jenis puyuh yang pertama yaitu puyuh gonggong atau yang sering dikenal dengan nama lain Arborophila Javonavic. Jenis puyuh yang satu ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh burung lainnya yaitu suara yang hampir mirip dengan suara gong.

Adapun ciri-ciri utama puyuh jenis yaitu memiliki warna bulu yang unik dan bercorak dengan warna campuran antara hitam dan cokelat merah serta abu-abu.

Anda akan dengan mudah menemui burung gonggong tersebut karena ciri-ciri tubuhnya yang sangat dengan mudah sekali dikenali.

2. Burung Puyuh Batu

Puyuh batu merupakan salah satu unggas jenis burung yang sering sekali terlihat di dataran dan bahkan jarang sekali terbang kesana kemari.

Ciri khusus puyuh batu yaitu memiliki ukuran tubuh yang cuku minimalis yaitu sekitar 15 cm saja. Sedangkan untuk warna tubuhnya memiliki warna hitam pekat namun ada tanda putih pada bagian lehernya.

3. Burung Puyuh Albino

Jenis puyuh yang selanjutnya adalah burung puyuh albino, ada yang mengatakan bahwa burung puyuh ini memiliki kelainan genetika padahal sebenarnya memang ada salah satu gen resesif puyuh yang ada albino.

Kebanyakan jenis puyuh albino memiliki banyak kekurangan salah satunya yaitu pandangan nya yang sering rabun. Sedangkan untuk kelebihannya yaitu dapat menghasilkan telur yang banyak dibandingkan dengan puyuh yang lain.

4. Burung Puyuh Rimba Sumatra

Jenis rimba sumatra merupakan salah satu burung yang termasuk kedalam burung hias yang memiliki ciri khas dapat mengeluarkan suara yang khas dan sering kali pada pagi hari ia berkicau.

Sesuai dengan namanya asal mula dari jenis ini ditemukan pertama kali di daerah hutan datar tepatnya di wilayah sumatera. Burung ini sering sekali mencari makan dan hidup berkelompok.

5. Burung Puyuh Mahkota

Jenis puyuh yang terakhir yaitu puyuh mahkota. Burung ini terkenal memiliki sebutan mahkota. Alasannya karena di atas kepalanya terdapat seperti jengger atau mahkota yang sangat indah.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Makanan Burung Puyuh

Puyuh petelur memang salah satu komoditas utama usaha karena memang untuk memeliharanya tidaklah begitu sulit. Hanya saja dibutuhkan ketelatenan dan disiplin mulai dari merawat dan memberi pakan terbaik untuk puyuh petelur tersebut.

Untuk membuat makanan puyuh Anda harus perlu menghitung secara detail kandungan energi yang dibutuhkan untuk puyuh petelur Anda.

Jenis burung ini juga sangat membutuhkan nutrisi untuk memproduksi telur yang banyak sehingga Anda harus menyiapkan dan menyediakan kebutuhan nutrisi nya.

Nutrisi tersebut bisa berupa karbohidrat atau konsentrat dan yang lainnya. Jadi pastikan untuk selalu memberikan makanan Burung Puyuh yang sehat dan bergizi.

burung-puyuh
Gambar Burung Puyuh (Bijibersemi.com)

Selain terkenal sebagai unggas terkecil, burung ini juga terkenal dengan rasa nya yang enak dan bahkan sering menjadi makanan favorit di restoran atau makanan pinggir jalan.

Dengan tekstur dagingnya yang kecil dan lembut menjadikan daging burung ini layak untuk Anda coba. Itulah sedikit ulasan tentang Burung Puyuh yang wajib Anda ketahui sebelum memeliharanya.

Semoga Informasi harga burung diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah tenang pemeliharaan hewan jenis ini.

Originally posted 2019-01-18 16:10:35.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar