32 Katalog Harga Burung Terbaru dan Lengkap!

Burung adalah salah satu hewan yang sangat disukai untuk dipelihara. Kebanyakan burung dipelihara oleh laki-laki, kicau dan bulunya yang indah adalah salah satu hal yang membuat burung banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Burung ini sendiri masuk dalam kategori unggas, sama seperti ayam dan juga bebek, hanya saja burung dapat terbang dengan bebas. Beberapa jenis burung sendiri merupakan jenis yang sangat digemari, bahkan beberapa jenis burung tersebut juga merupakan burung langka yang untuk mendapatkannya sangat sulit. Selengkapnya tentang burung, simak daftar isi berikut ini

Jenis Burung Favorit

Tak dipungkiri memang, saat ini hobi memelihara burung tersebut merupakan salah satu kegiatan yang menarik perhatian orang lain pula. Burung dipelihara bukan untuk diambil daging dan telurnya, melainkan untuk dinikmati keindahannya, baik itu kicau maupun warna bulunya. Berikut ini adalah beberapa jenis burung yang dapat kamu pilih untuk dipelihara.

1. Burung Jalak

Burung Jalak
Gambar Burung Jalak (Tokopedia)

Secara tampilan fisik, tampilan dari burung jalak ini memang tak begitu inda. Namun kalau burung ini dipelihara dengan sangat baik, maka suara yang dihasilkan akan sangat indah sekali. Bahkan burung ini sangat kaya dengan kicauan dan mampu berkicau dalam sebuah lagu dan juga berbagai macam suara.

Kuncinya satu, yakni burung harus dilatih terlebih dahulu, untuk melatih burung ini tentunya butuh kesabaran dan juga waktu. Jalak sendiri ada bermacam-macam, yaitu jalak kuning, jalak hitam, jalak abu-abu, jalak bali, jalak putih, jalak sulawesi dan lain sebagainya.

2. Burung Murai Batu

Burung Murai Batu
Gambar Burung Murai Batu (Tokopedia)

Burung murai sendiri merupakan salah satu burung yang juga banyak diminati, kicauannya keras dan unik. Burung ini sangat mudah sekali untuk dilatih kicauannya.

Burung satu ini asalnya dari Indonesia, jenisnya sangat beragam sekali mulai dari murai batu medan, murai borneo, murai nias dan juga murai aceh. Sayangnya, akibat perburuan burung murai yang berlebihan, burung ini termasuk dalam kategori hewan yang hampir punah dan dilindungi oleh pemerintah.

3. Burung Beo

Burung Beo
Gambar Burung Beo (Tokopedia)

Burung beo memiliki nama ilmiah yang sangat indah, yakni Gracula Religiosa. Selain dari nama ilmiah itu, ada nama panggilan lain untuk memanggil burung beo, yaitu tiung dan juga menco.

Burung ini sangat menarik sekali, banyak orang yang memeliharanya di rumah. Burung satu ini tergolong unik sebab bisa menirukan suara manusia, dengan kata lain burung ini bisa berbicara dengan nada manusia.

Kuncinya sama yakni dilatih dengan sering dan juga tekun. Burung ini dengan sangat cepat mampu mengenali pemiliknya, sifat burung ini ramah dan juga atraktif. Anak kecil pasti akan sangat senang sekali bila memelihara burung ini di rumah.

4. Burung Cendet

 Burung Cendet
Gambar Burung Cendet (OLX)

Burung cendet mampu menirukan kicauan burung lainnya, meskipun secara tampilan fisik memang kurang cantik seperti burung love bird dan burung kakatua. Burung yang memiliki nama lain burung pentet ini masih tergolong dalam keluarga besar Laniidae.

Sebenarnya selain panggilan pentet dan cendet, ada banyak sekali nama panggilan untuk burung ini. Antara lain adalah betet dan juga toet. Burung perkicau yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang kurang simetris, bagian kepala terhitung besar sementara badan dan ekornya kecil.

Pada dasarnya burung ini adalah burung yang kanibal sehingga akan menjadi sangat agresif apabila melihat burung lawannya maupun jenis-jenis burung kecil lainnya. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi minat para pecinta burung untuk memelihara burung yang satu ini. Sebab kicauannya yang sangat bagus serta mampu menirukan suara kicauan burung yang lainnya pula.

5. Burung Lovebird

 Burung Lovebird
Gambar Burung Lovebird (Tokopedia)

Unggas yang seringkali disebut sebagai burung cinta ini memiliki bulu yang berwarna warni, sangat cantik sekali. Mengapa disebut sebagai lovebirds atau burung cinta? Sebab memelihara burung ini harus sepasang di dalam kandang.

Bila hanya satu saja tanpa pasangan maka burung akan mati itulah alasannya di namakan lovebird. Anak-anak banyak yang menyukai burung ini, beberapa jenis burung dapat dimaksimalkan kemampuannya untuk diikutkan kontes kecantikan.

Kalau pemilik dari burung ini mampu mengembang biakkan dengan baik, maka akan lahir burung lovebird dengan warna yang baru dan tentunya lebih cantik. Semakin bagus dan unik warna burung lovebird, maka akan semakin mahal harganya.

6. Burung Kenari

 Burung Kenari
Gambar Burung Kenari (OLX)

Burung kenari juga sangat pintar sekali menirukan suara burung lainnya, ukuran dan bentuk tubuhnya sangat kecil sekali. Anak-anak juga banyak suka sehingga burung ini cocok dijadikan sebagai peliharaan rumah. Perawatannya juga amat sangat mudah sekali, cukup diberi makan dan minum secara teratur, dijemur, dibersihkan sangkarnya dan dilatih bersiul maka burung akan hidup bertahan lama.

7. Burung Parkit

Burung Parkit
Gambar Burung Parkit (Tokopedia)

Tidak jauh berbeda dengan burung lovebird, burung parkit ini juga kecil dan memiliki warna mencolok pada tubuhnya. Corak warnanya sangat cerah sekali dan geraknya juga lincah.

Bedanya dengan burung lovebird, burung parkit memiliki garis hitam di sekitaran kepala dan juga punggungnya. Selain itu kicauannya juga berbeda, burung parkit kicauannya terdengar seperti crecetan, sementara burung lovebird lebih seperti kicauan yang panjang.

8. Burung Cocktail

Burung Cocktail
Gambar Burung Cocktail (Tokopedia)

Burung cocktail sangat jinak sekali, cocok dipelihara sebagai teman anak-anak. Burung ini sering juga disebut sebagai burung kakatua mini, sangat jinak dan mudah dekat dengan manusia.

Tidak hanya kicauannya yang menarik, bahkan burung ini bisa dilatih untuk melakukan macam-macam atraksi sederhana seperti yang ada di sirkus-sirkus. Sama halnya dengan kakatua, burung ini mampu menirukan suara manusia dan juga suara-suara lain yang dilatihkan kepada si burung ini.

9. Burung Pacific Parrotlet

Burung Pacific Parrotlet
Gambar Burung Pacific Parrotlet (Tokopedia)

Burung ini merupakan burung paruh bengkok yang memiliki kepintaran luar biasa. Bahkan burung ini bisa menjadi sangat agresif ketika ingin tau suatu hal yang dianggapnya menarik.

Meskipun begitu, burung pacific parrotlet ini sangat mudah sekali untuk dilatih dan hidup bersama dengan manusia. Sayangnya, di Indonesia burung ini agak kurang digemari. Sebab warna bulunya kurang menarik dan harganya lumayan mahal.

10. Burung Bayan

Burung Bayan
Gambar Burung Bayan (Tokopedia)

Burung bayan masih satu kerabat dengan burung kakatua dan juga burung betet. Burung ini tidak dipelihara sebab suara kicaunya yang indah, namun dipelihara sebab dari bulunya yang berwarna indah.

Biasanya yang paling banyak dipelihara adalah yang berjenis kelamin betina. Sebab warna nya jauh lebih menarik dan indah ketimbang burung bayan pejantan.

11. Burung Anis Merah

Burung Anis Merah
Gambar Burung Anis Merah (Tokopedia)

Burung anis merah juga memiliki bulu yang sangat indah sekali warnanya, nama lain dari burung ini adalah burung punglor cacing. Selain indah bulunya, kicaunya juga sangat bagus sekali, penyuka burung seringkali menamai kicaunya dengan nama kicau gaya teler.

12. Burung Kacer

Burung Kacer
Gambar Burung Kacer (Tokopdia)

Kucica kampung atau burung kacer adalah salah satu burung yang sangat indah sekali warna bulunya. Burung ini tergolong burung yang sangat agresif dan banyak disukai oleh pecinta burung akibat dari gaya bertarungnya yang sangat ngotot.

Ketika sedang bertarung, burung ini akan membuka lebar sayapnya layaknya ular kobra. Ketika itu terjadi maka keindahan bulunya akan sangat nampak sekali.

Tips Ternak Burung


Anda pasti penasaran bagaimana cara ternak burung mulai dari perawatan burung dan lain sebagainya bukan? Berikut ini akan kami berikan informasi untuk Anda mengenai cara beternak burung yang baik dan benar.

Namun yang harus Anda ketahui adalah bahwa antara burung satu dengan burung yang lainnya itu berbeda untuk cara dan perawatannya. Informasi yang kami sajikan berikut ini merupakan informasi umum dan mendasar saja.

a. Pemberian pakan yang tepat

Sebenarnya hal pertama yang harus Anda lakukan dalam beternak burung adalah memilih indukan burung yang tepat serta sehat dan juga menyiapkan kandang untuk burung tersebut. Namun Anda pasti sudah tahu bagaimana cara memilih indukan yang tepat serta membuat kandang yang sesuai untuk si burung itu sendiri.

Oleh karena itu, pembahasan kali ini akan langsung lompat pada pemberian pakan. Pakan burung tentu saja berbeda-beda, misalnya burung love bird menyukai pakan millet puti atau biji bunga matahari.

Saat ini sudah ada banyak sekali pelet atau pakan burung yang tinggal diberikan pada si burung. Anda tidak perlu lagi bingung memikirkan mengenai pakan apa yang tepat dan seharusnya diberikan pada si burung peliharaan Anda.

b. Tempat makan

Tempat makan harus rutin dibersihkan agar tidak kotor. Bila tempat makan bersih, maka burung akan terhindar dari aneka macam penyakit. Sebab bila unggas sudah terlanjur sakit, maka kemungkinan besar unggas tersebut akan mati.

Bersihkan wadah makan setiap hari dengan air bersih, jangan menggunakan cairan pembersih yang meninggalkan bau sebab burung tidak akan suka dengan bau tersebut. Efeknya burung peliharaan Anda malah tidak akan doyan makan.

c. Ganti minuman setiap hari

Selain dari wadah makan yang juga harus dibersihkan setiap hari, minuman untuk burung juga harus diganti tiap hari. Jangan sampai burung minum air yang tidak bersih dan mengandung bibit penyakit.

d. Makanan ekstra

Berikan pula pakan burung ekstra untuk burung peliharaan Anda, seperti vitamin dan lain sebagainya. Makanan ekstra ini bisa berupa jagung, jangkrik dan lain sebagainya. Adanya makanan ekstra ini dapat membuat kicau burung menjadi semakin indah.

e. Jangan menaruh burung terlalu banyak di dalam kandang

Anda harus mengatur dengan pasti jumlah burung yang ada di dalam satu kandang, jangan sampai ada banyak sekali jumlah burung yang ada di dalam kandang. Hal itu tidak akan baik sebab membatasi gerak burung dan beresiko besar burung tersebut untuk bertengkar.

Misalnya saja burung lovebird, dalam satu kandang hanya boleh ada sepasang burung saja. Berbeda halnya dengan burung parkit yang dalam satu kandangnya bisa terdapat banyak sekali burung.

f. Kebersihan burung

Jemur burung setiap paginya pada jam-jam ketika matahari masih bagus, yakni sekitar jam 6 pagi sampai dengan jam 9. Hal itu adalah untuk mematikan jamur yang ada di dalam burung apabila ada sekaligus memberikan kesegaran bagi burung.

Sebab ada beberapa burung yang tidak bisa terkena air, sehingga tidak semua burung bisa dimandikan atau disemprot. Karenanya ketahui terlebih dahulu karakteristik burung agar kebersihannya terjaga.

Itulah tadi sedikit tips dalam beternak burung dan juga macam-macam jenis burung yang cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan. Ada lebih banyak lagi jenis burung yang cocok untuk dijadikan peliharaan namun belum sempat dibahas.

Misalnya saja burung walet, burung dara, burung pleci, burung kolibri, burung ciblek, burung cucak ijo, burung labet, burung merpati dan burung trucuk.