Harga Daging Sapi

Buat resep terbaikmu tentang olahan Daging Sapi dengan mengetahui secara jelas hal-hal yang berkaitan tentangnya. Siapa yang tidak suka daging ini? Hampir semua orang menyukai daging ini karena rasanya yang khas dan tebal. Tentu, Anda pernah mencicipi jajanan di pasaran yang sangat laris seperti bakso, siomay, dan lain-lain.

Semua olahan tersebut memiliki bahan dasar daging ini sehingga menciptakan cita rasa yang sangat lezat. Selain itu, makananyang sangat populer di Indonesia dengan bahan dasar daging tersebut adalah rendang dan abon. Hampir semua kalangan tergoda dengan makanan ini karena selain lezat, ia juga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Sapi sendiri merupakan hewan yang menghasilkan daging yang cukup banyak. Semua daging yang terdapat pada tubuh sapi dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin seperti sup sum sum sapi, rujak cingur sapi, dan lainnya. Lalu apa sebenarnya kandungan dari daging itu sendiri? dan olahan apa saja yang berbahan dasar daging ini?

Mungkin sebagian Anda juga berpikir tentang ini, namun, bagi Anda para pecinta atau pebisnis kuliner pasti sudah sangat tahu namun tidak secara detail mengetahui kandungan hingga cara mengolah daging ini dengan baik.

Oleh karena itu, informasi di bawah ini dapat menambah wawasan Anda tentang daging tersebut mulai dari informasi umum, kandungan, olahan yang dapat dibuat, resep, cara mengolah daging, dan sebagainya. Untuk mengetahuinya, simak ulasan lengkap di bawah ini!

Informasi Umum Tentang Daging Sapi

gambar daging sapi
gambar daging sapi (foodnetwork.com)

Apa itu daging sapi? Daging Sapi adalah daging yang terdapat pada tubuh sapi dan diambil untuk kebutuhan konsumsi atau tambahan bahan makanan tertentu. Daging ini biasa disebut dengan “beef”oleh orang Inggris.

Daging ini diolah untuk berbagai jenis makanan yang disesuaikan dengan wilayah dimana daging tersebut diolah. Seperti contohnya, orang Eropa dan Amerika Serikat sering memasak sapi untuk diubah menjadi steak.

Sedangkan, orang Asia khususnya Indonesia lebih suka mengolah daging ini menjadi masakan rendang dan sup konro. Semua daging yang terdapat di sapi dapat diolah, namun, ada beberapa negara lebih suka mengolah bagian-bagian yang kurang lazim dimakan seperti hidung, lidah, jeroan, hati, dan buntut.

Harga Daging Sapi Tahun 2019

Kota / KabupatenHarga
Jakarta TimurRp115.000
Jakarta BaratRp114.000
Jakarta PusatRp118.000
Jakarta SelatanRp116.000
Jakarta UtaraRp118.000
Kabupaten BanyuwangiRp119.000
Kabupaten GresikRp98.333
Kabupaten MagetanRp113.333
Kabupaten MojokertoRp99.500
Kabupaten PacitanRp123.333
Kabupaten PonorogoRp112.500
Kabupaten SampangRp115.000
Kabupaten SidoarjoRp98.500
Kabupaten SumenepRp122.500
Kabupaten TulungagungRp93.333
Kota BandungRp112.000
Kota BekasiRp120.000
Kota BogorRp110.000
Kota MalangRp114.200

Harga daging sapi selalu diperbaharui kapanpun sesuai dengan keadaan pasar dan kebutuhan pembeli. Di beberapa daerah, daging ini dijual dengan harga Rp90.000 per kg. Idealnya harga standar sapi sekitar Rp120.000 per kilonya. Namun, harga yang terpapar mungkin akan selalu berganti atau tidak terlalu akurat.

Ada beberapa daerah menjualnya lebih dari Rp100.000 dikarenakan pendistribusian yang cukup panjang. Jadi, untuk mengetahui harga terbaru, ada baiknya Anda selalu mencari informasi terpercaya baik dari internet atau penjualnya sendiri. Untuk mengetahui harga daging sapi hari ini lebih baik Anda langsung ke pasar atau mengecek di website provinsi tempat Anda tinggal.

Berikut ini adalah beberapa situs tentang mengecek harga pangan :

  1. Jakarta
  2. Jawa Timur
  3. Jawa Barat

Tips Memilih Daging Sapi

daging sapi berkualitas
gambar daging sapi berkualitas (River Watch Beef)

Ketika membeli daging sapi di pasaran, Anda harus benar-benar teliti apakah daging tersebut diambil dari sapi atau binatang lain. Lalu bagaimana memilih daging yang segar dan aman? Anda tidak akan bingung lagi jika Anda sudah mengikuti cara memilih daging sapi di bawah ini:

  1. Ketahui harga standar daging sebelum membeli. Anda dapat updateinformasi di internet atau menanyakan kepada seseorang terlebih dahulu agar nantinya Anda tidak akan salah memilih. Karena ada penjual yang memberikan harga di bawah standar. Daging dengan harga standar patut diwaspadai. Ada baiknya, Anda memilih daging dengan harga yang beredar di pasaran yakni tidak kemahalan dan tidak terlalu murah.
  2. Daging yang masih segar biasanya berwarna merah. Jadi, pilihlah daging tersebut ketika membeli. Anda juga harus memastikan bahwa daging tersebut tidak berair.
  3. Periksa bau dan tekstur daging. Daging yang masih segar biasanya cukup kenyal dan baunya segar, tidak apek.
  4. Pilih daging yang merupakan potongan dari bagian tubuh yang sama atau tidak tercampur dengan bagian yang lain karena perbedaan bagian akan mempengaruhi cara memasaknya pula.

Manfaat Daging Sapi

manfaat daging sapi
manfaat daging sapi (milkandeggs.com)

Kandungan daging sapi sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Di dalamnya terdapat berbagai nutrisi seperti zat-zat gizi yang merupakan sumber protein (mencapai 94%) dan sumber omega-3 dalam tubuh (EPA, DPA, DHA).

Selain itu, terdapat kandungan lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh seperti Vitamin (D, B5, B6, & B12), zat besi, lemak tak jenuh, niasin, selenium, fosforus, seng, dan lainnya.

Daging ini memiliki kelebihan pada rendahnya kadar lemak dan kolestrol sehingga tidak mudah merugikan tubuh. Selain itu ada banyak sumber oksidan dan senyawa bioaktif (carnosin, kolin, kreatin, glutathione, dan CLA (Conjugated Linoleic Acid).

Cara Memotong Daging Sapi

gambar memotong daging yang benar
gambar memotong daging yang benar (Maangchi.com)

Daging dari sapi memiliki jumlah yang sangat banyak. Tentu, Anda akan kesulitan untuk melakukannya jika Anda belum terbiasa atau tidak ahli. Untuk dapat melakukannya, Anda perlu mempelajari tips memotong daging sapi dengan benar di bawah ini:

  1. Karena daging pada sapi memiliki cukup banyak lemak, bersihkan terlebih dahulu lemak-lemak yang terdapat pada daging hingga benar-benar bersih.
  2. Persiapkan pisau tajam yang mudah digunakan untuk memotong daging.
  3. Potong daging dengan cara melawan alur seratnya. Ini bertujuan agar tekstur daging setelah dimasak dapat berubah menjadi lebih empuk dibandingkan mengiris searah alur serat yang akan membuat daging menjadi alot. Teknik melawan alur serat sering digunakan untuk pengolahan daging rendang dan steak.
  4. Iris daging tipis-tipis dengan cara meletakkan daging yang telah dihilangkan lemaknya di refrigeratorselama kurang lebih 30 menit. Lalu proses iris-mengiris dapat dilakukan dengan mudah.
  5. Jika Anda seorang muslim, ada baiknya untuk memeriksa sertifikat halal pada labelnya. Namun, hal tersebut kondisional tergantung tempat yang Anda datangi. Daging ini sendiri termasuk kategori daging halal jadi aman untuk dikonsumsi berbeda jika ia melalui teknik pemotongan yang tidak benar menurut syariat, mungkin dapat dipertimbangkan kembali untuk membelinya.

Cara Merebus Daging Sapi Agar Tekstur Empuk

Mungkin Anda pernah jengkel ketika harus memakan olahan daging yang sangat alot. Tentu, hal tersebut sangat menyebalkan, bukan?

Lalu bagaimana membuat daging menjadi lebih empuk dan nyaman dimakan. Kuncinya adalah ketika Anda melakukan perebusan. Adapun tips merebus daging sapi supaya cepat empuk dapat Anda simak sebagai berikut:

  1. Potong daging pada bagian perut yang merupakan area keras. Daging perut terkenal sangat keras dan mudah sekali alot jika salah dalam memasaknya. Jadi, area ini butuh perebusan lebih khusus dibandingkan area lainnya.
  2. Potong daging tersebut dengan ukuran sedang atau tidak terlalu besar agar teksturnya lebih cepat empuk ketika direbus. Manfaat memotong dengan ukuran sedang dapat memudahkan bumbu meresap hingga merata.
  3. Pastikan Anda memasukkan daging ke dalam air yang sudah mendidih.
  4. Masak daging hingga matang dengan api yang tidak terlalu besar.

Memasak dengan campuran daging memang akan menambah cita rasa. Tentunya daging dari sapi yang tidak semua orang dapat mencicipinya kecuali pada hari raya kurban untuk kaum Muslim.

Makanan Olahan Daging Sapi

Tentu bagi Anda pecinta daging ini, Anda sudah sering menjumpai berbagai jenis olahan daging tersebut. Lalu apa saja olah tersebut? Berikut adalah makanan olahan daging sapi terenak beserta resep olahan daging sapi, simak bahan dan langkah-langkahnya dengan runtut!

1. Rendang

gambar rendang sapi
gambar rendang sapi (ResepKoki.com)

Olahan yang menjadi favorit masyarakat di berbagai daerah adalah Rendang. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti berikut:

  1. Daging sapi 500 gram yang dipotong menjadi 10 lembar
  2. Santan dari 1.5 butir kelapa 600 ml
  3. Baby potato 300 gram
  4. Air 300 ml
  5. 6 bawang merah
  6. 3 bawang putih, jahe, lengkuas
  7. Garam 1 sdm
  8. Bumbu tambahan : asam kandis dua butir, batang serai dan daun kunyit berjumlah sati.

Langkah-langkah memasak:

  1. Tumis semua bahan hingga harum.
  2. Masukkan daging yang sudah dipotong.
  3. Tambahkan rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, serai, dan asam.
  4. Tuang air agar daging menjadi empuk.
  5. Masukkan baby potato sesuai takaran.
  6. Tambahkan air secukupnya.
  7. Tambahkan air lalu santan secukupnya.
  8. Masak hingga daging memiliki tekstur empuk dan kuah berkurang atau kering, serta berminyak.

2. Tumis Sapi Jamur

gambar tumis sapi jamur
gambar tumis sapi jamur (MerahPutih)

Jika Anda suka jamur, Anda dapat mengkombinasikannya dengan daging sapi. Tentu rasa yang dihasilkan akan lebih nikmat. Berikut bahan-bahan untuk memasak tumis sapi jamur yang harus Anda persiapkan:

  1. Daging sapi 150 gram (iris tipis)
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Batang daun bawang 1 lembar (potong sepanjang 5 cm)
  4. Minyak sayur 1 sdt
  5. Penyedap rasa dan lada hitam ¼ sdt
  6. Bawang bombay ½ siung
  7. Mentega 2 sdm
  8. Kecap manis 1 sdm
  9. Jamur kancing 100 gram
  10. Garam 1, 5 sdt

Langkah-langkah memasak:

  1. Campurkan bahan-bahan mulai dari daging, lada, penyedap rasa, bawang putih, dan minyak sayur dalam satu wadah.
  2. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.
  3. Tumis daging tersebut dengan mentega untuk menghasilkan bau yang harum hingga berwarna kecoklatan.
  4. Masukkan bahan-bahan lainnya seperti garam, kecap, sedikit penyedap rasa, dan jamur kancing.
  5. Tumis bahan-bahan yang sudah ditambahkan hingga layu. Lalu tambahkan bawang bombay dan daun bawang. Masak semua bahan hingga matang merata terutama pada dagingnya.
  6. Tumis sapi jamur sudah siap untuk disantap dengan nasi.

3. Iga Goreng Penyet

gambar Iga Goreng Penyet
gambar Iga Goreng Penyet (dapurlagi.blogspot.com)

Jika Anda pecinta iga sapi, olahan ini bisa Anda coba di rumah. Cara memasak daging sapi menjadi olahan ini sangat mudah jika Anda mengetahui bahan dan cara pembuatannya.

Berikut adalah bahan-bahan iga goreng penyet yang harus disiapkan:

  1. Potongan Iga sapi 400 gram
  2. Air 500 ml
  3. Daun jeruk purut sebanyak 1 lembar
  4. Jahe 2 cm
  5. Bumbu yang sudah dihaluskan
  6. Bawang putih 4 siung dan bawang merah 3 siung
  7. Merica bubuk ¼ sdt
  8. Garam 1 sdt
  9. Kemiri 2 butir

Bahan sambal :

  1. Cabai merah 3 biji dan rawit 2 biji
  2. Tomat 1 buah
  3. Bawang putih 1 siung
  4. Gula dan garam ½ sdt
  5. Terasi ½ sdt
  6. Bahan tambahan:
  7. Bawang goreng, kemangi, dan mentimun

Langkah-langkah memasak:

  1. Rebus air terlebih dahulu sampai mendidih. Lalu, masukkan daging iga yang diikuti jahe, bumbu yang sudah dihaluskan, dan daun jeruk.
  2. Aduk semua bahan lalu ungkap hingga daging memiliki tekstur empuk dan kuah meresap ke dalam daging.
  3. Angkat setelah memastikan kelunakan daging. Lalu, tiriskan.
  4. Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng iga yang sudah ditiriskan hingga berwarna kecoke
  5. Tumbuk semua bahan sambal hingga halus.
  6. Letakkan iga yang sudah digoreng diatas sambal enak dengan taburan bawang goreng.
  7. Iga goreng penyet sudah siap disantap.

Daging ini selalu memiliki penggemar setia terlebih karena ia sangat mudah diolah dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti sayuran ataupun jamur. Tentu, bagi Anda pecinta daging ini dan ingin belajar memasaknya, mengetahui informasi tentang daging sapi akan sangat bermanfaat, bukan?

Originally posted 2019-03-08 20:12:14.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar