Harga Drum Elektrik

Drum elektrik adalah sebuah alat musik yang sering digunakan oleh pemain band untuk bermain musik. Drum elektrik biasa juga digunakan dengan menggunakan stik untuk memainkannya.

Lalu bagaimanakah cara penggunaan drum elektrik dan bagaimana memilih drum elektrik yang menarik? Berikut adalah tipsnya untuk Anda yang masih pemula dalam bermain drum untuk memilih drum yang terbaik.

Apa itu Drum Elektrik?

Pengertian drum elektrik adalah sebuah alat musik perkusi yang digunakan terutama untuk memainkan snare drum, drum kit dan beberapa instrumen perkusi lainnya, dan khususnya untuk memainkan perkusi yang tidak terproteksi. Sejarah singkat drum elektrik sendiri pertama kali ditemukan oleh Graeme Edge dari Moody Blues.

Dia bekerja dengan Brian Groves dari Sussex University, membangun sebuah kit dengan bantalan karet dan sensor yang dikontrol secara digital. Drum elektrik pertama kali digunakan dalam lagu “Prosesi” pada album tahun 1971, Every Good Boy Deserves Favor,.

Pada pertengahan 1970-an, Syndrum, drum elektrik komersial pertama yang tersedia, dan diperkenalkan ke publik. Drum elektrik tersedia dalam tiga konfigurasi: single, twin atau quad, mereka segera diadopsi oleh drumer seperti Keith Moon, Carmine Appice, Terry Bozzio.

Dimulai pada akhir 1970-an, perusahaan Simmons mulai memproduksi set drum elektrik, dan model SDS-5 populernya dengan bantalan heksagonal. Perusahaan lain, terutama Roland dan Yamaha, segera bergabung dengan persaingan brand mereka dan memperkenalkan model mereka sendiri. Drum elektrik ini serupa dengan perangkat mudah untuk  pemula saat ini.

Memiliki  bantalan karet untuk pemicu yang sensitif terhadap kecepatan, dan menghasilkan suara dengan menggunakan sampling tunggal atau multi-lapis.

drum-elektrik
Gambar Drum Elektrik ( Tokopedia.com)

Jadi buat Anda yang ingin rekomendasi drum elektrik terbaik, Roland dan Yamaha adalah jawabannya.

Baca juga: Harga Gitar Listrik

Untuk memudahkan anda, berikut ini kami buatkan daftar harga drum elektrik terbaik.

Daftar Harga Drum Elektrik Berbagai Merk Terbaru 2019

Jenis Drum Elektrik TerbaikHarga Dalam Rp
Roland TDM-3 V-Drums PortableRp1.275.000
Alesis Compact 4Rp1.553.500
Roland KT-9 Kick Trigger PedalRp3.153.500
Roland KT-10 Kick Trigger PedalRp3.850.000
Roland KD-10 V-Kick PadRp3.950.000
Roland TD-1K V-DrumsRp3.950.000
Yamaha DTX432KRp5.250.000
Behringer XD8USB 8-PieceRp5.853.500
Yamaha DTX452KRp6.150.000
Behringer XD80USB 8-PieceRp6.750.000
Alesis DM6 USBRp6.853.500
Nux DM-2 Digital Drum KitRp7.853.500
Roland TD1KPX2 V-DrumRp7.960.000
Roland TD-1DMK V-DrumsRp8.453.500
Yamaha DTX542KRp9.953.500
Roland TD17KL Electronic Drum KitRp9.950.000
Roland TD-4KP PortableRp11.453.500
Yamaha DTX562KRp11.750.000
Yamaha DTX582KRp12.453.500
Yamaha DTX720KRp15.450.000
Alesis DM10Rp16.953.500
Roland TD17KV-LRp18.853.500
Alesis Strike KitRp24.053.500
Yamaha DTX760KRp32.353.500
Alesis Strike ProRp32.653.500
Roland TD-25KV+MDS-9SCRp39.953.500
Roland TD-50DPRp49.053.500
Yamaha DTX920KRp54.753.500
Roland TD-50KA V-Drums 5-pieceRp68.950.000
Roland TD-50KV – 5 PieceRp140.053.500

Cara Menggunakan Drum Elektrik

Perangkat drum elektrik memerlukan dua set komponen: transduser atau lebih sering disebut sebagai bantalan atau pelat pemicu  dan antarmuka atau modul pemicu.

Bantalan dapat berkisar dari permukaan bermain karet dengan transduser yang tertanam di dalam perumahan seperti Simmons SD1000, atau drum shell dengan mesh atau anyaman kepala dan pemicu internal yang dapat diganti, seperti Roland TD11KV.

Terlepas dari jenis pad, keduanya berfungsi dengan cara yang sama. Ketika pad dipukul, transduser mengirimkan impuls ke modul, dan memainkan catatan yang ditugaskan ke saluran itu.

Ketika memukul lebih keras, lebih banyak sinyal dikirim ke modul meningkatkan volume, dan ketika memukul lebih ringan, suara yang lebih tenang dimainkan untuk meniru dinamika memainkan drum akustik atau instrumen.

Modul yang paling canggih menciptakan suara yang sangat bernuansa yang secara akurat mencerminkan teknik drummer, bahkan ketika menggunakan kuas.

Set hibrida juga menjadi umum, karena kualitas harga juga memicu kualitas suara yang dihasilkan. Saat ini semakin banyak drumer menggabungkan multi pad seperti Yamaha DTX Multi 12 atau Roland SPDSX ke dalam set drum akustik mereka, atau menambahkan satu set pemicu akustik seperti ddrum Red Shot Trigger Pack dan salah satu dari banyak modul pemicu yang tersedia.

Bantalan drum dan simbal sering memiliki beberapa sensor yang dipasang di bawah permukaan permainan drum.

 

simbal-drum-elektrik
Gambar Simbal Drum Elektrik (Roland.com)

Hal ini memungkinkan modul untuk merproduksi suara yang dibuat dengan memukul berbagai bagian instrumen seperti kepala atau tepi drum snare, atau bunyi lonceng, busur, atau tepukan pada simbal.

Elektrik berarti bahwa drummer saat ini tidak lagi terbatas untuk memainkan drum dan suara perkusi konvensional. Sekarang drumer dapat memicu funk bass, memetik keras gitar utama, menghasilkan suara bak petir semua bisa dilakukan dengan sepasang tongkat atau tangan mereka dan beberapa bantalan drum elektrik.

Satu-satunya batasan adalah suara dalam modul drum yang Anda pilih, juga disebut sebagai modul suara, modul perkusi, atau “otak.” Dengan menggunakan MIDI, juga dimungkinkan untuk memicu suara dari modul suara atau keyboard yang diaktifkan. Modul yang lebih canggih memungkinkan Anda menghasilkan suara yang sangat keras.

Baca juga: Harga Gitar Yamaha

Tips Membeli Drum Elektrik

Berikut ini adalah hal yang perlu Anda pikirkan ketika membeli sebuah drum elektrik. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Perhatikan Harga

Harga adalah hal yang penting. Tidak semua kit drum elektrik mencakup semua yang Anda butuhkan untuk mulai memainkan kit langsung dari kotak.

Sementara setiap kit akan memiliki modul suara, rak, bantalan, pengontrol hi-hat, dan kabel untuk menghubungkan bantalan ke modul, itu mungkin tidak termasuk beberapa item penting seperti pedal tendangan, singgasana drum, hi-hat headphone, dan stik.

harga drum elektrik dengan tipe Yamaha sendiri bisa Anda dapatkan dengan harga sektar Rp.1.500.000-Rp.5.000.000. Adapun untuk merk Roland sekitar 9 hingga 11 juta-an.

2. Apakah Footprint Kit Menghabiskan Ruang Anda?

Sebelum berbelanja, pikirkan tentang ruang yang harus Anda persembahkan untuk perangkat drum elektrik Anda. Beberapa kit high-end memiliki ukuran yang lebih besar daripada kit akustik yang setara. Nah, akan menjadi masalah jika Anda tinggal di sebuah studio kecil.

3. Apakah Akan Mengganggu Lingkungan Anda?

Ya, kita semua tahu bahwa drum akustik bisa sangat keras. Hal yang sama berlaku dengan drum elektrik. Saat bermain drum akustik di lingkungan perkotaan mungkin akan menarik perhatian yang tidak diinginkan dan cukup cepat membawa permasalahan. Drum elektrik, dengan berbagai tingkat, menghasilkan suara yang mengganggu dan beresonansi melalui lantai.

4. Cari yang Kualitas Suaranya Anda Suka

Kualitas suara sangat subjektif. Tidak hanya Anda, tapi masing-masing orang mendengarkan hal-hal yang berbeda. Subjektivitas Anda berkaitan dengan suara didasarkan pada bagaimana Anda melatih telinga ntuk mendengar kehalusan sonik dam gaya musik di mana Anda mendengarkan juga sesuaikan dengan fisik kondisi telinga Anda.

5. Pastikan Anda Boleh Mencobanya di Toko

Ada tes sederhana untuk daya tahan. Berjalanlah ke toko yang menyimpan banyak perangkat drum elektrik produsen populer.

Pastikan Anda mendapatkan jaminan sekitar 364 hari dalam setahun. Perhatikan dengan baik  kondisi fisik perangkat. Lihatlah apa yang hilang, tidak berfungsi, telah jatuh, atau hanya rusak.

6. Apakah Ada Cukup Audio Untuk Memenuhi Kebutuhan Anda?

Jumlah output audio merupakan pertimbangan penting jika Anda ingin merekam. Paling sering, kebutuhan untuk beberapa output audio saja akan menentukan kit drum elektrik yang akan Anda beli.

Periksa spesifikasi modul drum untuk jumlah output umumnya akan berkisar dari dua hingga sepuluh. Jika Anda tidak melihat diri Anda tampil di tempat yang cukup besar untuk memiliki mixer front-of-house dan monitor yang terpisah, keluaran stereo mungkin akan berfungsi dengan baik.

Jumlah waktu yang diperlukan untuk suara untuk muncul dalam output audio modul setelah pad dipukul disebut sebagai “latency.”

Ini adalah waktu yang diperlukan untuk sinyal dari sensor pad untuk mencapai amplitudo puncaknya, dibaca dan diproses oleh perangkat lunak modul, lalu mainkan suara yang ditetapkan.

7. Apakah Ada Alat Onboard Atau Apps External yang Tersedia?

Tren untuk beberapa generasi terakhir dari modul drum elektrik entry-level telah memasukkan alat pelatihan onboard. Hampir setiap modul entry-level memiliki tutorial ini, banyak yang berasal dari alat pad praktik elektrik khusus seperti Simmons SD1 dan Roland Rhythm Coach.

Baca juga: Harga Gitar Akustik

Seperti itulah ulasan mengenai drum elektrik, mulai dari pengertian drum elektrik, tips memilih drum yang terbaik dan daftar harga alat musik drum elektrik. Semoga bermanfaat

Originally posted 2019-02-09 14:45:52.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar