35 Katalog Harga Elektronik Terbaru dan Lengkap!

Elektronik, di abad 21 ini, setiap hari semua manusia selalu berurusan dengan perangkat dalam beberapa bentuk seperti gadget, peralatan rumah tangga, komputer, sistem transportasi, telepon seluler, kamera, TV, dll.

Semuanya memiliki komponen dan perangkat elektronik. Dunia elektronik saat ini telah membuat terobosan dalam beberapa area, seperti perawatan kesehatan, diagnosis medis, mobil, industri, proyek elektronik, dll.

Menariknya, semua alat-alat itu meyakinkan semua orang bahwa tanpa elektronik, sangat tidak mungkin untuk bekerja. Apa definisi elektronik dan bagaimana sejarah elektronik itu sendiri? Berikut adalah daftar isi ulasan lengkap tentang elektronik

Pengertian elektronik dan Sejarahnya

Elektronik adalah cabang fisika dan teknologi yang berkaitan dengan desain sirkuit menggunakan transistor dan microchip, dan dengan perilaku dan pergerakan elektron dalam semikonduktor, konduktor, vakum, atau gas.

Elektronik adalajh studi tentang efek kerja aliran dan kontrol dalam vacuums, gas, dan semikonduktor, dan dengan perangkat yang menggunakan elektron tersebut.

Kontrol elektron ini dilakukan oleh perangkat yang menahan, membawa, memilih, mengarahkan, mengganti, menyimpan, memanipulasi, dan mengeksploitasi elektron.

Oleh karena itu, mengetahui sejarah elektronik diperlukan untuk menghidupkan kembali pikiran Anda dan untuk mendapatkan inspirasi dari orang-orang yang mengorbankan hidup mereka dengan melibatkan diri dalam penemuan luar biasa elektronik.

Ya, penting untuk mengetahui sejarah elektronik atau teknologi sehingga Anda lebih memahami gadget elektronik yang digunakan setiap hari seperti telepon seluler, ATM, kalkulator, mobil, mesin faks, komputer, mesin fotokopi, radio, TV, dll.

Sejarah dari adanya elektronik sendiri dimulai dengan penemuan dioda vakum oleh J.A. Fleming, pada 1897; dan, setelah itu, triode vakum dilaksanakan oleh Lee De Forest untuk memperkuat sinyal listrik.

Hal ini menyebabkan pengenalan tetrode dan pentode tubes yang mendominasi dunia hingga Perang Dunia II.

Selanjutnya, era transistor dimulai dengan penemuan transistor persimpangan pada tahun 1948. Meskipun, penemuan khusus ini mendapat Hadiah Nobel, namun kemudian diganti dengan tabung hampa besar yang akan mengkonsumsi daya tinggi untuk operasinya.

Penggunaan germanium dan bahan semikonduktor silikon membuat transistor ini mendapatkan popularitas dan penggunaan penerimaan luas dalam sirkuit elektronik yang berbeda.

Untuk memahami sejarah yang menarik dari perangkat elektronik ini membantu menjelaskan mengapa sains dan teknologi juga penting. Tanpa teknologi dan elektronik ini, status kita di komunitas dunia akan berkurang, oleh karena itu penting untuk mempelajari sejarah elektronik, sains dan teknologi.

Tahun-tahun berikutnya menyaksikan penemuan sirkuit terpadu (IC) yang secara drastis mengubah sifat sirkuit elektronik sebagai sirkuit elektronik keseluruhan mendapat terintegrasi pada chip tunggal, yang membuat biaya, ukuran dan berat perangkat elektronik rendah.

Tahun 1958 hingga 1975 menandai pengenalan IC dengan kemampuan yang diperbesar lebih dari beberapa ribu komponen pada satu chip seperti integrasi skala kecil, skala menengah-besar dan IC skala integrasi yang sangat besar.

Dan tren lebih lanjut dibawa ke depan dengan JFETS dan MOSFET yang dikembangkan selama 1951 hingga 1958 dengan meningkatkan proses perancangan perangkat dan dengan membuat transistor yang lebih andal dan kuat.

Sirkuit terpadu digital adalah satu lagi pengembangan IC yang kuat yang mengubah keseluruhan arsitektur komputer. IC ini dikembangkan dengan Transistor-transistor logic (TTL), logika injeksi terintegrasi (I2L) dan teknologi emitor coupled logic (ECL). Kemudian IC digital ini menggunakan teknologi desain fabrikasi PMOS, NMOS, dan CMOS.

Semua perubahan radikal dalam semua komponen ini menyebabkan pengenalan mikroprosesor pada tahun 1969 oleh Intel. Segera setelah itu, sirkuit terpadu analog dikembangkan yang memperkenalkan penguat operasional untuk pemrosesan sinyal analog. Rangkaian analog ini termasuk pengali analog, ADC dan konverter DAC dan filter analog.

Macam-macam alat elektronik di Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa macam-macam alat elektronik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia dan menjadi kebutuhan. Apa sajakah itu?

1. Alarm

Jam Alarm
Gambar Jam Alarm (Amazon)

Alarm adalah mesin peringatan bahaya, biasanya ditandai dengan suara yang keras atau lampu yang berkedip: Jika ada masalah, maka Anda bisa membunyikan alarm dengan menarik kabel darurat.

2. Baterai

Batu Baterai
Gambar Batu Baterai (Amazon)

Semua alat elektronik selalu membutuhkan listrik atau baterai. Baterai sendiri adalah sebuah benda yang terdiri dari satu sel atau lebih, di mana energi kimia diubah menjadi listrik dan digunakan sebagai sumber tenaga.

3. Cartridge

Cartridge Printer
Gambar Cartridge Printer (Amazon)

Catridge adalah bagian dari printer yang berperan penting dalam proses percetakan, dalam cartridge terdapat tinta yang mencetak dari digital kedalam kertas atau obyek printing yang lain.

4. Dispenser

Dispenser Air
Gambar Dispenser Air (Amazon)

Pengertian dari sebuah dispenser adalah sebuah mesin atau wadah otomatis yang dirancang untuk melepaskan jumlah tertentu dari sesuatu. Nah, dispenser sendiri identik kaitannya dengan air minum karena benda ini bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari galon.

5. Kabel

Kabel
Gambar Kabel (Amazon)

Kabel adalah tali kawat atau serat bukan logam, biasanya digunakan untuk konstruksi, tambat kapal, dan kendaraan penarik. Kabel juga bisa dikatakan sebagai kawat berisolasi yang memiliki casing pelindung dan digunakan untuk mentransmisikan sinyal listrik atau telekomunikasi.

6. Kipas

Kipas Angin
Gambar Kipas Angin (Amazon)

Sebuah  alat dengan baling-baling berputar yang menciptakan aliran udara untuk pendinginan atau ventilasi. Perangkat ini biasanya berbentuk lingkaran dan berfungsi menyebabkan udara bergerak.

7. Kulkas

Kulkas
Gambar Kulkas (Amazon)

Alat  atau perangkat yang secara artifisial tetap dingin dan digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Lemari pendingin modern umumnya memanfaatkan efek pendinginan yang dihasilkan ketika cairan yang mudah menguap dipaksa menguap dalam sistem tersegel di mana ia dapat dikondensasikan kembali ke cairan di luar lemari es.

8. LCD

LCD Panel
Gambar LCD Panel (Amazon)

Layar panel datar yang menggunakan teknologi liquid crystal display (LCD) dan terhubung ke komputer. Laptop telah menggunakan layar LCD hampir secara eksklusif, dan monitor LCD adalah layar tampilan standar untuk komputer desktop.

9. Mesin

Mesin
Gambar Mesin (Amazon)

Suatu peralatan yang menggunakan atau menerapkan kekuatan mekanis dan memiliki beberapa bagian, masing-masing dengan fungsi melakukan tugas tertentu. Mesin sanghat penting keberadaanya terutama di bidang manufaktur karena mesin ini bisa mengoperasikan berbagai alat.

10. Powerbank

Powerbank
Gambar Powerbank (Amazon)

Perangkat bertenaga baterai portabel untuk mengisi daya baterai ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Ya, powerbank dapat mengisi daya perangkat eksternal melalui USB dan bisa menggantikan pengisian baterai dengan daya listrik.

11. Printer

Printer
Gambar Printer (Amazon)

Printer adalah mesin untuk mencetak teks atau gambar ke kertas, terutama yang terhubung ke komputer. Printer adalah perangkat yang menerima teks dan gambar output dari komputer dan mentransfer informasi ke kertas, biasanya ke kertas ukuran standar.

12. Saklar

Saklar Listrik
Gambar Saklar Listrik (Blibli)

Perangkat untuk membuat dan memutus sambungan di sirkuit listrik. Saklar merupakan alat untuk menekan tombol hidup dan mati suatu alat elektronik karena alat ini berfungsi untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik.

13. Sanyo Pompa Air

Sanyo Pompa Air
Gambar Sanyo Pompa Air (Amazon)

Sanyo adalah salah satu merk perusahaan elektronik terbaik yang ada di di Indonesia. Pompa air adalah adalah alat mekanis yang dirancang untuk menekan air untuk bisa mengalri melalui mesin dan bisa menyebar.

14. Speaker

speaker
Gambar speaker (Amazon)

Speaker adalah sebuah alat yang berfungsi untukl mengubah gelombang elektromagnetik menjadi gelombang suara. Speaker menerima input audio dari perangkat seperti komputer atau penerima audio.

15. Stop kontak

Stop Kontak
Gambar Stop Kontak (Jakartanotebook)

Stop kontak adalah perangkat listrik yang menerima steker atau bohlam untuk membuat sambungan. Stop kontak merupakan objek perangkat lunak yang berfungsi sebagai titik akhir untuk membuat sambungan komunikasi jaringan dua arah antara sisi-server dan program sisi-klien.

16. Televisi

Televisi
Gambar Stop Kontak (Televisi)

Pengertian dari televisi adalah sebuah sistem untuk mentransmisikan gambar dan suara visual yang direproduksi di layar. Televisi pada umumnya digunakan untuk menyiarkan program untuk hiburan, informasi, dan pendidikan.

15. Earphone

earphone
Gambar earphone (Amazon)

Earphone adalah alat untuk mendengarkan musik, ada banyak sekali jenis earphone. Tetapi, yang paling banyak digunakan adalah earphone model headphone jack dan earphone jenis bluetooth

Tips Membeli Barang Elektronik yang Baik dan Benar

Tips membeli barang elektronik seperti Ponsel, tablet, dan perangkat elektronik wajib Anda pahami. Karena ini merupakan barang yang rentan dan mudah rusak jika tidak pandai merawatnya dan salah dalam membeli. Berikut adalah lima tips untuk Anda yang ingin membeli barang elektonik.

1. Jangan pernah membeli barang pre-order

Pertama, jangan pernah membeli barang elektronik pre-order jika bukan dari pabrik aslinya. Jika penjual belum memiliki item tersebut, Anda tidak dapat mengetahui apakah itu cukup bagus untuk dibeli.

2. Temui penjual secara tatap muka

Dengan menemui penjual secara langsung, maka cara itu Anda dapat memeriksa alat elektronik yang ingin Anda beli dengan mengajukan banyak pertanyaan dan menghindari membeli sesuatu yang palsu, dicuri atau rusak. Jika penjual tidak ingin bertemu, carilah seseorang yang melakukannya.

3. Minta tanda terima atau garansi

Anda harus meminta tanda terima dan menerima garanasi apabila barang elektronik tersebut terdapat kerusakan.

4. Pastikan setiap item berfungsi

Periksa barang elektronik apakah terdapat goresan, rusak, terkunci atau diretas.

Satu hal terakhir: jika item yang Anda cari sulit ditemukan atau belum diluncurkan, maka Anda harus ekstra hati-hati. Penipu sering menargetkan ini.

Cara Merawat Barang Elektronik supaya Awet

Di dunia saat ini, semua manusia dikelilingi oleh elektronik dan hidup manusia tidak lengkap tanpa gadget elektronik. Smartphone, komputer, tablet, phablet, televisi, radio dan perangkat lain yang digunakan setiap hari tidak ada habisnya.

Jadi sangat penting untuk melindungi aset Anda dan cara merawat barang elektronikAnda dengan benar untuk memastikan barang ini bisa hidup lama sebagai berikut;

1. Bersihkan gadget Anda secara teratur

Agar  barang elektronik Anda selalu terlihat baru, maka pastikan bahwa Anda selalu membersihkannya secara teratur dengan mengikuti petunjuk perawatan khusus.

2. Jangan minum atau makan di dekat elektronik Anda

Jangan pernah duduk dekat dengan gadget Anda sambil menikmati makanan atau minuman apa pun. Terkadang karena kesalahan Anda mencipratkan sedikit air atau menghirup sedikit minuman ringan di gadget Anda, itu bisa saja merusaknya.

3. Lindungi Gadget Anda dari sinar matahari langsung

Jangan pernah meninggalkan barang elektronik Anda di bawah sinar matahari langsung atau sangat dingin.

Untuk barang elektronik jenis gadget, maka isi baterai gadget Anda dari untuk memastikan sirkulasi udara dan untuk menghindari panas berlebih dan tidak pernah meninggalkannya di bawah sinar matahari langsung atau dingin yang ekstrem.

4. Lindungi barang elektronik Anda dari goresan

Meskipun sebagian besar gadget dilengkapi dengan mekanisme perlindungan gores saat ini, seperti ponsel cerdas atau tab dengan layar anti gores, tetap Anda harus sangat berhati-hati agar tidak merusak mekanisme perlindungan yang ada.

Jadi , ambil langkah bijak dan berikan perlindungan ekstra untuk gadget elektronik Anda

5. Jauhkan elektronik dari pendekatan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan tinggalkan hewan peliharaan dan anak-anak tanpa pengawasan dekat dengan barang elektronik Anda.

Jadi seperti itulah sejarah elektronik dan berbagai jenisnya. Jangan lupa jika Anda sudah membeli barang yang bagus, pastikan untuk merawat dengan baik barang elektronik Anda agar tidak mudah rusak.