Harga Gitar Ukulele

Gitar kecil ukulele merupakan suatu alat musik yang dipetik atau alat musik gitar yang mempunyai ukuran kecil. Sebagian besar ukuran dari gitar ukulele hanya sekitar 20 inch.

Di Indonesia sendiri gitar ukulele sangat identik dengan gitar para pengamen. Sebab para pengamen selalu menggunakan gitar ini sebagai wadah mencari nafkah. Asal usul dari alat musik gitar mini ini dari negeri paman sam atau amerika, tepatnya di Hawaii. Alat musik mini telah populer pada tahun 1879an.

Nama ukulele diambil dari bahasa hawaii yang mempunyai arti kutu loncat. Itulah sekilas tentang apa itu gitar kecil atau sering disebut dengan gitar ukulele. Perkembangan dari alat musik mini yang berasal dari hawaii cukup pesat.

Sebenarnya alat musik gitar ukulele bukan bukan murni dari Hawaii, namun dari Portugis. Bangsa portugis melakukan suatu perjalanan menuju ke Amerika melalui Afrika Selatan. Salah satu bangsa portugis membawa sebuah alat musik yang bernama Braginho. Braginho merupakan alat musik sejenis gitar yang memiliki 4 buah senar dan berukuran kecil.

Sejak saat itu Braginho mulai populer dan banyak diminati oleh penduduk hawaii. Hanya saja bentuk dari Braginho dibuat lebih kecil. Kemudian, penduduk Hawaii pun menyebut alat musik tersebut dengan sebutan ukulele dan bukan Braginho. Lalu nama ukulelelah yang populer.

Sedangkan di Indonesia sendiri alat musik ukulele dikenal pada tahun 1880an. Daerah pertama yang dijamah oleh bangsa Portugis adalah Pulau Ambon. Kemudian menuju ke Makassar, lalu di Kampung Toegoe, Cilincing, Jakarta Utara. Kepopuleran alat musik ukulele di Indonesia, identik dengan pengamen jalanan. Sedangkan di Hawaii kepopuleran gitar ukulele digunakan sebagai pertunjukkan musik daerah.

Biasanya pertunjukkan musik khas hawaii untuk mengiringi tarian hawaii. Kostum dari penari hawaii adalah kemeja besar yang bermotif bunga, rok warna warni dan memakai kalung bunga.

Baca juga: Harga Gitar Akustik Elektrik

Jenis-Jenis Alat Musik Gitar Ukulele

Alat musik gitar ukulele terdapat 5 macam. Jenis-jenis gitar kecil dibedakan berdasarkan ukuran dan tuning. Berikut ini adalah jenis dari gitar ukulele:

1. Gitar Ukulele Soprano

Gitar-Ukulele-Soprano
Gitar Ukulele Soprano (Bukalapak.com)

Jenis gitar ukulele soprano adalah jenis gitar yang paling kecil. Ukuran dari gitar ini hanya sebesar 35 cm. Ukuran gitar yang cukup kecil ini mudah untuk dibawa kemana – mana.

Sehingga bagi yang mempunyai tangan kecil. Bagi anak – anak yang ingin belajar bermain gitar bisa belajar menggunakan alat musik ini. Gitar ukulele soprano ini merupakan rekomendasi gitar kecil terbaik oleh pemula.

2. Gitar Ukulele Concert

Gitar Ukulele Concert
Gitar Ukulele Concert (AliExpress.com)

Gitar ukulele ini mempunyai ukuran yang lebih besar daripada gitar soprano. Ukuran dari fingerboard gitar concert ini sebesar 38 cm.

Bagi yang mempunyai tangan kecil, agak kesulitan untuk memainkan gitar ini karena gitar ini mempunyai ukuran yang besar. Anak – anak pun tidak bisa memainkan ataupun belajar bermain gitar dengan ukulele concert ini.

Dengan menggunakan ukulele concert ini lebih mudah dalam mengatur pitch. Ukulele ini merupakan jenis gitar ukulele yang paling banyak disukai.

3. Gitar Ukulele Tenor

Gitar-Ukulele-Tenor
Gitar Ukulele Tenor

Jika dibandingkan dengan soprano atau concert, jenis gitar ukulele tenor ini mempunyai kualitas yang lebih baik daripada jenis ukulele lainnya.

Ukuran dari fingerboardnya pun cukup besar yaitu 43 cm. Suara yang dihasilkan oleh gitar ukulele tenor ini sangat kuat dan nyaring. Lalu pengaturan pitch juga lebih stabil.

4. Gitar Ukulele Baritone

Gitar-Ukulele-Baritone
Gambar Gitar Ukulele Baritone (gak.co.uk)

Karakter dari gitar ukulele baritone ini cukup khas dan unik daripada jenis ukulele lainnya. Meskipun unik, ukulele baritone kurang disukai dan jarang dimainkan.

Ciri khas dari ukulele ini adalah mempunyai tuning sama dengan alat musik gitar besar. Untuk ukuran dari fingerboard gitar kecil ini sebesar 50 cm.

5. Gitar Ukulele Bass

Gitar-Ukulele-Bass
Gambar Gitar Ukulele Bass (Aliexpresss.com)

Gitar ukulele ini merupakan jenis ukulele terbaru. Ukulele bass ini diperkenalkan pada 2007. Perusahaan alat musik yang menjadi pelopor ukulele bass untuk pertama kalinya adalah Road Toad.

Perusahaan tersebut menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan ukulele terbesar, yaitu Kala. Ukulele bass adalah alat musik gitar bass yang mempunyai ukuran kecil seperti ukulele. Tuning dari ukulele bass juga sama dengan bass.

Alat musik ukulele bass sangat direkomendasikan bagi anak – anak atau pemula yang ingin belajar bermain bass. Berikut adalah daftar harga gitar ukulele terbaik. Silahkan diperhatikan sebelum membeli gitar ukulele.

Daftar Harga Gitar Ukulele Terbaru Tahun 2019

Jenis Gitar UkuleleHarga Dalam Rp
IBANEZ Ukulele Concert Body [UKC10]Rp 1.440.000
Yamaha Classic Guitar GL-1Rp697.200
Mahalo Smile UkuleleRp495.000
Modernlifeshop UkuleleRp159.900
Weekend Deal – Yamaha GL 1 Gitar KlasikRp726.000
Pengrajin Lokal Ukelele Kentrung 4 Senar BiruRp170.000
Pengrajin Lokal Ukelele Kentrung 4 Senar HitamRp174.500
Pengrajin Lokal Ukelele Kentrung 6 SenarRp190.000
Doremi Kuya UK-101 BR Gitar UkuleleRp650.750
Doremi Kuya UK-101 NT Gitar UkuleleRp650.750
IBANEZ Acoustic Tenor Ukulele [UEWT5-OPN]Rp 1.520.000
IBANEZ Acoustic Ukulele [UEW15E-OPN]Rp 2.920.000
IBANEZ Ukulele Soprano Body [UKS10]Rp 1.140.000
Kuya 105 UkuleleRp389.500
Kuya 106 Indian Style Gitar UkuleleRp787.500
Mahalo MA1DA-WT Art Dalmantian Ukulele – WhiteRp490.000
Mahalo MD1HB Art Hibiscus UkuleleRp450.000
Mahalo MD1HB-BUB Art Hibiscus Blue Burst UkuleleRp490.000
Mahalo MR1 Transp Pack Ukulele – BrownRp450.000
Mahalo Rainbow UkuleleRp420.000
Yamaha Classic Guitar GL-1 BlackRp697.200
Yamaha Classic Guitar GL-1 Perssimon BrownRp697.200
Yamaha GL-1 Mini GitarRp679.000

Baca juga: Harga Gitar Yamaha C315

Tips Memilih Gitar Ukulele

Dalam membeli sebuah alat musik gitar kecil / ukulele tidak asal ambil dan membayarnya. Akan tetapi sebelum membeli gitar kecil atau ukulele, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tips memilih gitar kecil:

1. Pilih Material Terbaik

Pada umumnya material yang digunakan dalam membuat ukulele adalah kayu. Setiap kayu yang digunakan akan menghasilkan karakter suara yang berbeda – beda.

Untuk material kayu mahoni mempunyai karakteristik suara yang lembut, sehingga sangat cocok jika dimainkan genre musik ballad, acoustic atau slow. Harga gitar kecil atau ukulele dengan menggunakan material kayu mahoni sangat terjangkau.

Material lain yang sering digunakan dalam pembuatan ukulele adalah hawaiian core. Karakter suara yang dihasilkan sangat autentik, namun harganya cukup mahal karena material ini sulit didapatkan.

Lalu kayu mangga juga dimanfaatkan dalam pembuatan ukulele, karakter suara yang dihasilkan lembut dan renyah. Masih banyak lagi kayu yang dimanfaatkan dalam pembuatan ukulele.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Pemilihan ukuran juga harus diperhatikan dalam membeli gitar ukulele. Setiap orang mempunyai karakteristik ukuran tangan yang berbeda – beda.

Supaya mudah untuk memainkan gitar ukulele, pilih ukuran yang pas dan sesuai dengan karakter tangan.

3. Pilih Gitar Ukulele yang Asli

Barang kw, tiruan atau bajakan mungkin sudah sering dijumpai terutama di Indonesia. Untuk kasus pembajakan terbesar adalah kaset.

Pembajakan kaset tersebut telah berakar, sehingga sangat sulit untuk dimusnahkan. Bahkan jaringan pembajakan telah menyebar di seluruh wilayah.

Pembajakan juga bukan hanya terjadi pada kaset saja, namun juga produk lainnya. Proses lisensi produk yang cukup lemah membuat perebutan hak cipta dari suatu produk.

Kasus terbesar adalah hak cipta lagu. Hal ini juga sangat memungkinkan terjadi dengan alat musik, seperti ukulele. Cara membedakan ukulele dari brand asli dan kw sulit untuk dibedakan secara kasat mata. Namun perbedaan ukulele dari brand asli dan kw terletak pada kualitas dan keawetannya.

Ukulele dari brand asli lebih tahan lama, sedangkan ukulele kw cepat rusak. Untuk menghindari dari produk kw, sebaiknya beli di toko musik atau distributor resmi. Sebab jika membeli di pasaran, rawan akan produk kw.

Review mengenai harga musik dan jenis gitar kecil / ukulele tersebut dapat dijadikan referensi untuk membeli gitar ukulele terbaik. Lalu dapat juga hanya dijadikan sebagai referensi atau sekedar pengetahuan mengenai gitar ukulele.

Originally posted 2019-01-14 16:42:23.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar