Harga Gitar Yamaha F310

Gitar Yamaha F310-Yamaha merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan instrumen. Motor dari yamaha sangat sukses dalam menjadi sponsor utama pertandingan balap.

Alat instrumen musiknya juga dikenal sebagai alat musik yang berkualitas, seperti gitar yamaha F310. Gitar tersebut merupakan salah satu gitar yang sangat populer dan digemari berbagai kalangan pecinta musik.

Brand instrumental musik yamaha memang telah mendunia dan merupakan alat instrumen yang sering digunakan oleh kalangan musisi jalanan hingga musisi dunia. Bahkan bagi kalangan yang tidak begitu menyukai musik juga mengenal gitar akustik yamaha ini. Sehingga tidak ada lagi pertanyaan konyol tentang apa itu gitar yamaha F310.

Hasil dari penjualan produk yamaha juga mempunyai spesifikasi khusus yang menjadikan gitar akustik yamaha F310 sangat favorit.

Inilah review mengenai gitar akustik yamaha F310. Dari review ini akan semakin jelas kelebihan maupun kekurangan dari gitar akustik ini.

Baca juga: Harga Gitar Taylor

Body Gitar Akustik Yamaha F310

Spesifikasi gitar yamaha F310 dalam tampilannya terkesan sangat sederhana dan elegan. Walaupun pada nyatanya gitar akustik yamaha F310 tergolong ke dalam gitar akustik mewah.

Body-Gitar-Akustik-Yamaha-F310
Gambar Body Gitar Akustik Yamaha F310 (Tokopedia.com)

Gitar akustik yamaha F310 tersedia dalam 2 buah warna, yaitu warna natural dan tobacco brown. Baik body depan maupun belakang, terbuat dari material mahogany atau mahoni.

Material kayu dari mahoni telah dikenal kualitasnya yang hampir setara dengan kayu jati. Tanaman mahoni atau mahogany memang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Pohon mahoni sendiri sangat berperan aktif dalam menghasilkan oksigen dan membuat menyejukkan daerah disekitarnya.

Buah dari mahoni yang mengandung flavoid dan saponin sangat bermanfaat untuk kelancaran peredaran darah. Beberapa penyakit pun juga bisa disembuhkan dengan buah ini, seperti kolestrol, mengurangi pendarahan hingga untuk program diet

Sedangkan kayu mahoni yang sering kali dimanfaatkan dalam pembuatan alat musik gitar mempunyai beberapa kelebihan. Suara yang dihasilkan material ini sangat jernih dan lembut. Hal ini sangat cocok sebagai pengiring musik akustik yang bernuansa lembut dan slow. Sayangnya material kayu mahoni membuat gitar akustik yamaha F310 agak berat.

Pada bagian top, gitar akustik ini menggunakan material kayu spruce atau kayu pohon cemara. Sedangkan pada fingerboard menggunakan material kayu rosewood ( di Indonesia lebih dikenal dengan nama kayu sonokeling atau sanakeling ).

Pada bagian fingerboard mempunyai ukuran yang tidak begitu lebar. Hal ini tentu akan memudahkan anak – anak, pemula atau pun bagi yang mempunyai jari tangan pendek.

Perpaduan antara 3 buah material ini yang membuat gitar akustik yamaha F310 sangat awet dan tahan lama. Suara yang dihasilkan menjadi salah satu kelebihan dari gitar akustik ini.

Harga gitar yamaha F310 relatif murah. Gitar ini hanya dibandrol dengan harga 1 jutaan. Namun setiap tempat mempunyai rentang harga yang berbeda – beda. Ada membandrol harga gitar akustik yamaha ini sebesar 1.400.000 IDR. Bahkan ada harga yang lebih dan kurang.

Tarif harga tersebut bisa dijadikan sebagai patokan dalam membeli gitar ini. Sebaiknya tidak memilih dan terpengaruh dengan tarif harga di bawah 1 juta.

Daftar Harga Gitar Yamaha F310 Terbaru Tahun 2019

Jenis Gitar Yamaha F310Harga Dalam Rp
Gitar Yamaha F310 di GramediaRp1.090.000
Gitar Yamaha F310 di BhinnekaRp930.000
Gitar Yamaha F310 di BlibliRp1.099.000
Gitar Yamaha F310 di JD.idRp992.000

Baca juga: Harga Gitar Ibanez

Karakter Suara Gitar Yamaha F310

Karakter suara memang menjadi hal yang paling penting dalam sebuah alat instrumen musik. Hal ini juga didukung dalam kemampuan memainkan alat musik yang membuat nada yang dihasilkan dengan sempurna.

kualitas-suara-gitar-f310
Gambar Gitar Yamaha F310 (Aliexpress.com)

Sedangkan untuk kualitas suara dari gitar akustik yamaha F310 mempunyai karakter yang sangat jernih dan lembut. Jadi bermain musik akustik version, genre slow atau musik ballad akan menyempurnakan lagu yang diiringi oleh gitar ini.

Karakter suara dari gitar akustik yamaha indoor atau dalam ruangan akan sangat terdengar dengan jelas karakter suara asli dari gitar ini.

Karakter suara yang dihasilkan inilah yang menjadi kelebihan gitar yamaha F310 yang paling utama dan membuat gitar akustik sangat diminati.

Saat melakukan recording atau rekaman, akan membuatkan hasil yang cukup maksimal dan natural. Bahkan dengan peralatan record yang sangat minim sekalipun. Entah menggunakan teknologi record terbaik atau hanya menggunakan teknologi seadanya, seperti hanya mengandalkan pc atau smartphone juga tidak terdapat perbedaan mencolok sekalipun.

Sedangkan saat dimainkan di ruang terbuka suara yang terdengar kurang baik. Suara yang dihasilkan gitar akustik ini agak pecah.

Sehingga sebaiknya hanya memainkan instrumen gitar ini hanya didalam ruangan untuk mendapatkan karakter suara yang maksimal.

Baca juga: Harga Gitar Ukulele

Senar Dan String Gitar Akustik Yamaha F310

Gitar akustik yamaha mempunyai 20 fret dan 6 buah senar. Pengaturan jenis suara dapat diatur sesuai dengan keinginan dan genre musik yang akan dimainkan.

Senar-Dan-String-Gitar-Akustik-Yamaha-F310
Senar Dan String Gitar Akustik Yamaha F310 (Bukalapak.com)

Untuk jenis senar tersedia dalam 2 buah pilihan material, yaitu nylon dan steel. Hasil suara yang dihasilkan dari material tersebut juga berbeda. Untuk material nylon mempunyai karakter suara yang lebih halus dan lembut.

Ukuran Dan Berat Gitar Akustik Yamaha F310

Gitar akustik yamaha F310 mempunyai berat sebesar 12 kg. Jadi gitar akustik tersebut cukup berat untuk dibawa kemana pun. Akan tetapi bagi pecinta musik tidak menjadi masalah besar akan beratnya dari gitar akustik ini.

ukuran-gitar-yamaha-f310
Gambar Berbagai Bentuk Gitar Yamaha F310 (Tokopedia.com)

Ukuran panjang dari gitar akustik yamaha F310 adalah 106 cm. Untuk lebar dari body gitar adalah 52 cm. Sedangkan untuk tinggi body adalah 13,5 cm.

Kelemahan Gitar Akustik Yamaha F310

Gitar yamaha F310 sekilas tampak sangat sempurna dan bahkan tidak seperti tidak mempunyai kekurangan apapun. Namun gitar ini mempunyai sebuah kekurangan yang sangat mencolok.

Kekurangan tersebut terletak pada proses produksinya yang masih menggunakan proses laminated.Proses laminated yang akan membuat gitar akustik ini sangat rawan akan terlepasnya body gitar.

Walaupun dengan proses laminated cukup mudah untuk diperbaiki, namun suara yang dihasilkan juga akan mengalami suatu perubahan.

Hasil suara buatan pabrik asli dengan handmade sangat berbeda. Sehingga hal ini juga merupakan sebuah saran khusus dalam membeli sekaligus merawat gitar akustik ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak meletakkan gitar ini di sembarang tempat dan dalam posisi yang kurang baik. Penempatan gitar yang kurang tepat menjadi faktor utama dalam kerusakan gitar ini.

Jadi sebaiknya tidak letakkan gitar pada permukaan kasar. Lalu sebaiknya tempatkan gitar pada stand khusus yang telah dilapisi dengan spon atau karet.

Lalu sebaiknya tidak membeli gitar akustik yamaha F310 bekas. Sebagian besar mungkin beranggapan bahwa barang bekas lebih baik daripada barang kw.

Namun khusus untuk gitar akustik yamaha F310, hindari pembelian gitar bekas. Sebab gitar bekas atau setengah pakai sangat rawan akan kerusakan atau kelecetan apapun. Meskipun harga dari gitar bekas ½ kali lebih murah daripada gitar baru.

Dengan tarif harga kurang dari 1 juta patut dipertanyakan keasliannya dan kualitasnya. Review mengenai spesifikasi, kelebihan, harga musik (gitar) dan kekurangan gitar yamaha F310 dapat dijadikan referensi bagi yang sedang mencari sebuah gitar akustik. Lalu juga perlu diperhatikan tentang perawatannya dan jaga kebersihan dari gitar.

Originally posted 2019-01-18 13:03:39.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar