Harga Ikan Aligator

Ikan Aligator sebenarnya memiliki beberapa sebutan seperti Aligatir Fish, Aligator gan, ikan spatula dan beberapa sebutan lainya. jenis ikan ini juga bukan berasal dari negara Indonesia tetapi berasal dari ujung benua Amerika.

Ikan ini termasuk dalam spesies ikan yang unik  dalam berbagai hal. Dengan tubuhnya yang berbentuk silinder dan memanjang, ikan ini menyerupai bentuk torpedo.

Namun dengan satu dan berbagai hal, ikan ini sempat tidak diperbolehkan untuk dijadikan sebagai ikan hias.

Apa Itu Ikan Aligator?

Jika anda masih bertanya apa itu ikan aligator, Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang menyerupai dengan torpedo. Sirip anal dan sirip pungguh  ikan ini terletak dibagian bekalang dengan posisi yang hampir berlawanan.

gambar-ikan-aligator
Gambar Ikan Aligator (Youtube.com)

Salah satu isu yang menyebabkan tidak diperbolehkanya ikan ini beredar, dimungkinkan karena ikan ini memiliki gigi yang tajam dengan moncong yang menyerupai buaya. Oleh karenanya, tidak jarang ikan ini sering disebut juga dengan ikan buaya.

Ikan Aligator adalah ikan bergigi tajam yang dilindungi dengan sisik tebal yang berfungsi sebagai perisai. Umumnya, ikan ini berwarna cokelat kehijauan pada tubuh bagian atasnya.

Namun tidak jarang pula ikan ini memiliki titik yang berwarna hitam pada bagian tubuhnya. Sedangkan  pada bagian bawah, biasanya ikan ini didominasi dengan warna putih terang.

Baca juga: Harga Ikan Nila

Berikut kami sajikan harga ikan aligator yang berada dipasaran. Harga dibawah ini hanya lah untuk patokan saja, sebab harga hewan (ikan) ini sering kali berubah-ubah.

Daftar Harga Ikan Aligator Terbaru 2019

Jenis Ikan AligatorHarga Anakan Dalam RpHarga Dewasa Dalam Rp
Ikan Alligator GarRp20.000 – Rp30.000Rp100.000 – Rp250.000
Ikan Aligator Shortnose GarRp25.000 – Rp40.000Rp125.000 – Rp300.000
Ikan Aligator Longnose GarRp30.000 – Rp50.000Rp150.000 – Rp350.000
Ikan Aligator Spotted GarRp80.000 – Rp150.000Rp400.000 – Rp1.200.000
Ikan Aligator Cuban GarRp30.000 – Rp50.000Rp150.000 – Rp450.000
Ikan Aligator Florida GarRp60.000 – Rp120.000Rp350.000 – Rp900.000
Ikan Aligator Tropical GarRp35.000 – Rp60.000Rp250.000 – Rp500.000

Jenis-jenis Ikan Aligator

Ikan spatula atau aligator ini termasuk dalam spesies ikan predator sehingga banyak diminati oleh penggemar ikan jenis ikan predator. Ikan ini yang menyerupai buaya ini memiliki 7 spesies dari 2 genus.

Namun salah sau jenis ikan aligator yang banyak di jual adalah ikan jenis aligator gar atau spatula dan juga ikan florida gar.

Karena bentuknya yang memanjang, untuk mengoleksi ikan ini dibutuhkan aquariupm dengan ukuran yang besar hingga mencapai satu meter.

foto-ikan-aligator
Gambar Ikan Aligator (Youtube.com)

Bahkan mengingat bentuknya yang besar, sangat memungkinkan bagi anda untuk menyediakan aquarium yang jauh lebh besar.

Sebenarnya ikan jenis aligator ini sudah dilarang untuk masuk ke negara kita dan sudah tertuang dalam permen kedaulatan dan perikanan.

Peraturan tersebut berisi tentang larangan pemasukan jenis ikan yang berbahaya dar liar negeri ke dalam wilayah negara kesatuan Republik Indonesia.

Perturan ini dikeluarkan untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan ketika ikan tersebut lepas dan dapat merusak ekosistem yang sudah ada.

1. Aligator gar (actractosteus spatula)

Dari tujuh jenis ikan aligator yang ada, jenis ikan spatula ini menjadi jenis yang terbesar. Ukuran ikan ini bahkan bisa memiliki panjang hingga 3 meter dengan berat hingga 140 kilogram.

Meskipun begitu jenis ikan ini juga oaling banyak diperjual belikan. Untuk memelihara ikan jenis ini, anda perlu menyiapkan akuarium dengan ukuran yang besar.

2. Cuban Gar (atractosteus tristoechus)

Jenis spesies ikan yang satu ini berasal dari Kuba yang memiliki panjang maksimal 2 meter. Ukuran ini tentu lebih kecil dibandingkan dengan jenis aligator spatula.

Dialam liar, biasanya ikan ini memangsa ikan dan burung. Sayangnya, ikan ini termasuk kedalam salah satu jenis ikan yang hampir punah karena tidak ada penangkaran.

Baca juga: Harga Ikan Lele

3. Tropical Gar(atractosteus tropicus)

Untuk jenis ikan yang satu ini berasal dari Meksiko hingga Kosta Rika. Untuk panajang ikan ini bisa mencapai 1,5 meter di alam liar.

Biasanya ikan tersebut memiliki tubuh yang lebih pendek jika berada di dalam penangkaran. Dari segi penampilanya, ikan ini lebih mirip dengan jenis yang sebelumnya.

Titik poin yang membedakan hanya tertelak di bagian moncong yang lebih pendek dan lebih lebar.

4. Longnose Gar ( lepisosteus osseus )

Untuk jenis ikan yang satu ini berasal dari kawasan Amerika Utara dan amerika Tengah. Dahulunya ikan ini bahkan sempat menjadi makanan yang menjadi facorit masyarakat daerah setempat terutama oleh para pemancing.

Namun di negara kita, ikan ni serig dijadikan sebagai pengisi akuarium dan ikan hias baik yang berukuran besar maupun berukuran kecil. Kemudian ikan ini akan memangsa ikan kecil, udang dan sesekali akan memakan serangga dan udang.

Untuk kematangan seksual, untuk ikan jantan biasanya berlangsung antara umur tiga hingga empat tahun, sedangkan untuk ikan begtina biasnya terjadi di usia enam tahun. Namun perlu anda ketahui bahwa telut ikan ini sangat beracun untuk dikosumsi manusia .

Mangsa dari longnose gar ini adalah ikan kecil dan kadang-kadang serangga dan udang. Kematangan seksual untuk ikan jantan antara tiga dan empat tahun, sedangkan betina di usia enam tahun.

Telur mereka sangat beracun untuk manusia, tetapi ikan predator lainnya bisa mentolerir racunnya.

5. Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

Jika dibandingkan dengan jenis stopped gar, dapat dikatakan keuanya sangat mirip dan sulit dibedakan antara keduanya. Selian itu, ikan ini juga karang bisa ditemukan di pasaran.

Dalam masa hidupnya, biasanya ikan ini dapat bertahan hidup hingga 18 tahun. Ikan ini juga bisa dikatan jantan setelah melewati dua hingga tiga  tahun, dan dapat dikatan betina setelah hidup kurang lebih 4 tahun.

Sedangkan untuk kematangan seksual ikan betina dpat dicapai ketika umurnya sudah mencapai enam tahun. Seperti dengan  jenis ikan lainya, ikan aligator ini juga sudah hampir musnah.

6. Florida Gar ( lepisosteus platyrhincus )

Untuk ikan yang satu ini sangat mirip dengan stoppes Gar hanya saja ukuranya yang lebih kecil. Ikan ini memiliki bintik hitam yang tidak teratur pada bagian atas kepala serta seluruh tubuh dan sirip anal.

Sedangkan pada bentuk jarak mata kurang dari dua pertiga dari panjang moncong yang dimiliki. Sedangkan florida gar ini memiliki warna coklat-olive pada bagian belakang dan bagian sisi atas, kuning atau putin pada perut bagian bawah.

Namun hal ini akan berbeda katika ia masih berusia muda yag memiliki garis gelap pada bagian belakang danjuga samping.

7. Shortnose Gar ( lepisosteus platostomus )

Untuk jenis ikan aligator ini berasal dari negara Amerika dan memiliki panjang maksimal hingga satu meter. Seperti jenis ikan gar, ikan ini juga memakan ikan dan serangga.

Harga ikan aligator ini sedikit lebih murah dibandingkan dengan beberaoa jenis lainya.

Baca juga: Harga Ikan Gabus

Cara Pemberian Makanan Ikan Aligator

Secara alamiah, sebenarnya makanan alami ikan ini adalah pemakan ikan hidup. Namun setelah mengalami masa dipuasakan, ikan ini dapat menerima ikan atau udang beku.

Namun anda perlu memberik ikan segar atau ikan hidup terlebih dahulu sebelum masa dipuasakan. Anda juga perlu memberikan makanan setiap hari bagi ikan yang masih kecil hingga ikan tersebut beranjak dewasa.

Sedangkan untukikan dewasa, hanya perlu satu hingga dua kali makan dalam kurun waktu satu minggu.Selain itu anda juga perlu mengarantinakan ikan yang menjadi makanan ikan  aligator agar pakan tersebut terhindar dari adanya penyakit atau parasit.

ikan-aligator
Gambar Ikan Aligator (Youtube.com)

Perlu anda ketahui pula bahwa ikan ini tidak boleh diberi makan mamalia misalnya jantung sapi atau ayam. Hal ini karena beberapa lipid serta senyawa organik lain yang terdapat dalam daging tidak mampu dimetabolisme dengan baik.

Hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak berlebih bahkan hingga terjadinya penurunan fungsi organ tubuh ikan ketika pemberian makan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Demikian tersebut adalah informasi tentang ikan aligator yang bisa kami sampaiakan. Yang pasti ikan ini sedikit berisiko jika ingin anda pelihara.

Selain itu negara kita  juga sudah dilindungi dengan peraturan untuk tidak memelihara ikan tersebut karena satu dan berbagai hal.

Brand: Ikan Aligator, Nama Produk: Ikan, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp20000 to Rp1200000

Berikan Komentar