Harga Ikan Arapaima

Ikan arapaima adalah jenis ikan air tawar yang berukuran raksasa. Ikan ini juga mendapat julukan sebagai monster laut. Arapaima juga sempat hidup bebas di perairan indonesia dan membuat resah sekaligus menggemparkan publik. Sebab monster laut ini cukup berbahaya karena arapaima termasuk hewan predator.

Arapaima disebut juga dengan ikan pirarucu atau paiche atau arapaima gigas. Ikan pirarucu ini memiliki habitat asli yang berada di perairan laut daerah Amerika Selatan. Ikan ini sering dijumpai di sungai amazon, brazil.

Fakta mengenai ikan pirarucu dapat memberikan penjelasan mengenai apa itu ikan arapaima ? Dibalik sifat agresif dan liar sang monster laut, tersembunyi beberapa fakta menarik dan unik untuk diulas.

Habitat Ikan Arapaima Atau Pirarucu Di Indonesia

Monster laut ikan pirarucu ini pernah dijumpai di beberapa perairan lokal dan beberapa nelayan juga berhasil menangkap monster laut ini.

Tepatnya berada di sekitar aliran sungai brantas, ds Mlirip Rowo, Sidoarjo. Sejak saat itu ikan ini sangat gempat, bukan hanya didaerah sekitar namun juga seluruh warga Indonesia serta dunia maya. Jumlah ikan pirarucu yang telah ditangkap mencapai 13 ekor.

Penemuan monster laut yang sedang hidup bebas di perariran air sungai cukup membahayakan. Sebab ikan pirarucu mempunyai panjang sebesar lebih dari 3 meter. Bahkan dapat menelan manusia sekalipun.

Sebelumnya ikan pirarucu dibudidaya di beberapa kebun binatang dan akuarium yang ada di Indonesia. Kebun binatang yang mengelola ikan pirarucu ini adalah Sea World Jakarta, River World Purbalingga, SKI Binabarum Bogor, Eco Green Park Malang, Gembira Loka Jogja, TMII ( Taman Mini Indonesia Indah ) serta Elephant Safari Park Bali.

Keberadaan ikan pirarucu di beberapa kebun binatang di Indonesia tidak begitu meresahkan. Karena ikan berada di tempat yang aman dan ditangani oleh tenaga profesional dan tidak membahayakan.

Baca juga: Harga Ikan Tenggiri

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan arapaima tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(ikan) ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga ikan arapaima agar Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan bila ingin memeliharanya. Setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Tetapi, karena kemarin sempat heboh ada yang membuang ikan ini ke sungai brantas. Ikan ini bersifat predator, jika populasinya banyak di sungai maka akan mengancam populasi ikan lainnya. Karena itulah ikan ini dilarang. Tetapi untuk gambaran harganya berikut ini:

Daftar Harga Ikan Arapaima

Jenis Ikan ArapaimaHarga Dalam Rp
Ikan Arapaima Anakan 10-15 centimeterRp800.000 – Rp950.000
Ikan Arapaima Anakan 20-40 centimeterRp1.200.000 – Rp1.600.000
Ikan Arapaima Kecil 50-60 centimeterRp2.500.000 – Rp3.000.000
Ikan Arapaima Kecil 70-80 centimeterRp3.500.000 – Rp4.000.000
Ikan Arapaima Besar 100-120 centimeterRp4.500.000 – Rp5.000.000
Ikan Arapaima Besar 150-200 centimeterRp6.000.000 – Rp8.000.000

Baca juga: Harga Ikan Gurame

Fakta Ikan Pirarucu

1. Ikan Terbesar di Dunia

Ikan pirarucu telah dinobatkan sebagai ikan air tawar terbesar di Dunia. Ikan pirarucu dapat tumbuh mencapai 3 meter dengan berat sebesar ± 200 kg.

ikan-arapaima
Gambar Ikan Arapaima (Beritagar.com)

Ikan pirarucu ini masuk ke dalam jejeran monster laut seperti ikan aligator gar dan ikan white sturgeon. Ikan tersebut juga merupakan monster laut sebab pernah menyerang manusia.

Bahkan monster laut lebih berbahaya daripada ikan hiu yang telah dikenal sebagai raja predator laut.

Ciri fisik dari ikan pirarucu sekilas mirip dengan ikan arwana dan masih ke dalam satu famili Osteoglossodae. Warna dari monster laut ini adalah abu – abu seperti ikan air tawar lainnya. Pada akornya terdapat bintik – bintik merah.

2. Ikan Pirarucu Merupakan Hewan Karnivora

Sebagai monster laut ikan pirarucu tergolong hewan karnivora. Ikan ini menempati puncak rantai makanan. Karena itulah disebut dengan predator l?aut. Sifat dari monster laut ini juga sangat agresif dan liar. Makanan ikan arapaima adalah semua jenis daging.

Ukuran ikan pirarucu yang mencapai 3 meter dengan mudah untuk memangsa apapun. Ikan ini akan langsung menelan mangsanya begitu saja. Hampir semua jenis ikan dan hewan air lainnya dapat menjadi mangsa untuk monster laut ini. Bahkan hewan darat hingga manusia dapat masuk ke dalam perut ikan sekalipun.

3. Ikan Pirarucu Juga Mempunyai Nilai Jual

Sebagai predator atau monster laut, ikan pirarucu juga menjadi buronan para pelancong, pemburu ataupun nelayan. Monster laut ini juga dapat dijual dan dijadikan sebagai makanan. Harga ikan arapaima kecil dibandrol dengan harga 800.000 IDR. Sedangkan ikan pirarucu besar yang mencapai 3 meter bisa mencapai puluhan juta.

Dengan harga jual yang fantastis tentu saja monster laut ini mempunyai daya tarik untuk dijadikan sebagai buronan. Harga 1 ekor ikan arapaima setara dengan jutaan ekor ikan kecil lainnya seperti ikan bandeng dan ikan ikan air tawar lain.

4. Ikan Araipaima Dilarang Masuk Ke Dalam Indonesia

Keberadaan ikan pirarucu ini membuat perhatian dari menteri perikanan dan kelautan menteri Susi. Sebagai ikan predator dan sekaligus monster laut, keberadaan ikan pirarucu sangat berbahaya bagi kehidupan, baik kehidupan manusia maupun hewan laut hingga hewan darat lainnya.

gambar-ikan-arapaima
Gambar Ikan Arapaima (Beritagar.com)

Menteri Susi pun langsung cepat tanggap dalam menyingkapi keberadaan dari monster laut. Karena itulah menteri Susi membuat suatu kebijakan untuk memusnahkan sang monster laut bagi siapa saja yang menjumpai monster laut ini.

Berbagai jenis-jenis ikan arapaima dilarang masuk ke dalam perairan Indonesia. Namun tentu saja sebagai ikan tidak akan pernah mengerti tentang larangan tersebut.

Maka dari itu monster laut ini dapat dimusnahkan secara legal bagi siapa saja yang menjumpainya. Namun cara memusnahkan ikan ini juga harus diperhatikan agar tidak mengancam keberadaan ikan atau hewan laut lainnya.

5. Ikan Pirarucu Dijuluki Sebagai Living Fosil

Selain predator air tawar dan monster laut, ikan pirarucu juga mendapat julukan sebagai living fosil atau fosil yang hidup.

Sebab structur dari ikan predator ini hampir mirip dengan struktur ikan atau hewan laut purba yang telah lama punah. Keberadaan ikan pirarucu ini juga telah berada sejak masa prasejarah, yaitu pada periode jurasik.

Oleh sebab itu penemuan dan penanagkapan dari monster laut ini selalu menyita perhatian publik. Sebagian besar ingin menyaksikan secara langsung sang living fosil.

Meskipun harus sangat berhati – hati karena sifat dari ikan pirarucu sangat agresif, liar dan buas.

Baca juga: Harga Ikan Cupang

6. Dapat Bertahan Hidup Di Darat Selama Seharian Penuh

Pernapasan utama dari ikan pirarucu adalah insang. Namun monster laut ini mempunyai kemampuan mengihirup oksigen. Karena itulah setiap beberapa saat ikan pirarucu muncul ke permukaan untuk menghirup oksigen.

Dengan kemampuannya dalam menghirup oksigen, ikan pirarucu dapat bertahan hidup di daratan. Bahkan selama seharian penuh ikan masih dapat bertahan dan bernapas bahkan dapat bergerak ataupun berontak.

7. Ikan Pirarucu Terancam Punah

Karena ikan pirarucu ini sangat berbahaya, banyak yang berniat untuk memusnahkan sang moster laut. Supaya tidak mengancam kehidupan manusia dan hewan lainnya.

Sebagai predator makanan dari monster laut ini berbagai macam hewan laut atau darat. Agar keberadaan hewan lainnya tidak terancam, sebagian besar orang langsung memusnahkan sang predator air tawar ini. Bahkan menteri Susi pun juga mengizinkan perburuan liar untuk ikan predator ini.

ikan-arapaima-gigas
Gambar Ikan Arapaima Gigas (Youtube.com)

Oleh karena itu keberadaan dari ikan pirarucu sangat terancam dan bahkan hampir punah. Hal ini disebabkan adanya perburuan liar untuk monster laut ini.

Jadi setiap tahunnya jumlah habitat dari ikan pirarucu ini berkurang secara perlahan – lahan. Bahkan belum ada peraturan khusus yang menyatakan bahwa ikan pirarucu merupakan mahluk yang dilindungi.

Itulah fakta – fakta mengenai ikan arapaima. Sang monster laut yang hidup di perairan air tawar yang kini habitatnya terancam dan diusik oleh para pemburu liar. Bahkan keberadaan ikan predator ini terancam punah.

Originally posted 2019-01-05 16:03:47.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar