Harga Ikan Arwana

Ikan Arwana menjadi ikan yang banyak dicari oleh para pecinta ikan hias. Selain ikan ini enak disantap, ikan arwana juga memiliki berbagai sisik warna-warni yang mampu membuat mata anda terpesona. Karena memiliki sisik yang indah, membuat ikan arwana ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Tidak heran jika banyak orang yang minat membeli ikan cantik ini. Harga yang ditawarkan ikan arwana berbeda-beda. Nah, berikut ini beberapa ulasan mengenai ikan arwana yang bisa membantu anda lebih mengetahui ikan arwana secara mendetail.

Jenis Ikan Arwana yang Mempunyai Nilai Jual Tinggi

Ikan Arwana merupakan suku kecil ikan air tawar yang mudah untuk anda temukan. Nama latinnya yaitu Scleropages Sp. Ikan arwana mempunyai sisik-sisik yang menyerupai kulit naga. Oleh karena itu, ikan arwana juga sering dikenal sebagai ikan naga.

Karena minat dan permintaan pasarnya tinggi, membuat ikan arwana dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Ikan arwana yang boleh diperdagangkan yaitu ikan arwana yang merupakan hasil dari penangkaran.

Nah, membudidayakan ikan arwana pun tidak ada salahnya. Anda akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Berikut ini macam-macam ikan arwana yang mempunyai harga jual tinggi dan bisa menjadi pilihan budidaya Anda.

1. Arwana Super Red

gambar ikan arwana super red
gambar ikan arwana super red (jualo.com)

Ikan Arwana Super Red berasal dari Kalimantan Barat tepatnya di beberapa sungai seperti Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Kedua tempat ini menjadi tempat populer sebagai habitat asli dari ikan arwana jenis ini. Sesuai dengan namanya, Jenis Ikan Arwana ini mempunyai sisik yang berwarna merah.

Warna merah penuh akan anda temukan pada bagian bibir dan sungut. Ikan Arwana Super Red pun dibagi menjadi beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan Anda. Jenis ikan tersebut yaitu ikan arwana Merah Darah, Merah Cabai, Merah Orange, dan Merah Emas.

2. Arwana Golden

gambar ikan arwana golden
gambar ikan arwana golden (ikanhiaswow.blogspot.com)

Apa Itu Ikan Arwana Golden? Ikan arwana golden terdiri dari beberapa jenis yaitu Cross Back, CBG, dan Cross Back Golden. Pemberian nama Ikan Arwana Cross Back berawal dari variasi ikan arwana tersebut. Menjelang dewasa, ikan arwana ini akan tumbuh dengan warna emas penuh hingga melewati punggungnya.

Harga jual dari ikan variasi ini pun tergolong lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Ikan Arwana Golden ini banyak ditemukan di negara tetangga yaitu Malaysia. Misalnya seperti daerah Perak, Johor, Trengganu, dan Bukit Merah. Ikan jenis ini juga sering disebut sebagai ikan arwana golden pahang.

Ikan arwana CBG dibagi sesuai dengan warna dari ikan arwana tersebut. Ikan arwana Purple-Basedyaitu CBG dengan warna dasar ungu, Blue Base dengan warna dasar biru, Gold Based dengan warna dasar emasdan Silver Based dengan warna dasar perak.Ikan arwana yang terakhir yaitu Arwana Gold yang mempunyai warna dasar emas.

Ikan variasi ini akan berubah menjadi emas ke seluruh tubuhnya pada usia yang lebih muda dibandingkan dengan variasi yang lain.

3. Arwana Golden Red

gambar ikan arwana golden red
gambar ikan arwana golden red (majalahhewan.com)

Ikan arwana golden red sangat mudah anda temuan di daerah Mahato, Riau. Karena ikan arwana ini berasal dari daerah tersebut. Perbedaan dengan Arwana Golden diatas yaitu bagian punggung yang berwarna emas yaitu hanya sekitar empat atau lima garis saja.

Selain itu, jenis ikan ini juga lebih tahan banting daripada Ikan Arwana Golden. Meskipun jumlah ikan arwana ini jauh lebih banyak, tetapi populasi dari ikan arwana golden red tetap dilindungi. Harga untuk mendapatkan ikan arwana ini cukup tinggi.

Ikan Arwana Golden Red terdiri dari dua macam yaitu Ikan CBG dan Golden Red. Harga ikan dari kedua jenis ikan arwana ini sangat berbeda sekali. Ikan CBG dengan ukuran 12 cm dijual dengan harga sepuluh jutaan. Harga ikan untuk ukuran 20 hingga 25 cm dijual dengan harga 15 hingga 25 jutaan.

Sedangkan Ikan Golden red dengan ukuran 12 cm dijual dengan harga 2 jutaan dan ukuran 20 hingga 25 cm dijual dengan harga 2, 5 juta hingga 3,5 jutaan. Sangat berbeda bukan? Jika anda ingin membeli jenis ikan arwana ini, alangkah baiknya memperhatikan ciri-ciri dari kedua jenis ikan arwana tersebut. Agar Anda tidak terkena tipuan.

4. Arwana Hijau

gambar ikan arwana hijau
gambar ikan arwana hijau (tokopedia)

Ikan Arwana yang tidak kalah menariknya yaitu Ikan Arwana Hijau. Jenis ikan arwana ini banyak ditemukan di negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja dan beberapa kawasan di Indonesia. Meskipun ikan Arwana Hijau yang ditemukan dibeberapa tempat tidaklah sama persis.

Pada umumnya, ikan arwana hijau mempunyai warna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis yang berwarna gelap pada ekornya. Sedangkan kepala dan mulutnya jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis ikan arwana yang lainnya.

5. Arwana Banjar

gambar ikan arwana banjar
gambar ikan arwana banjar (kkp.go.id)

Ikan Banjar juga menjadi ikan arwana yang tidak kalah diburunya di pasaran ikan. Ikan arwana jenis ini dikenal dengan variasi ikan arwana merah kelas dua. Warna Ikan Arwana Banjar yaitu dengan sirip orange pucat, ekor berwarna kuning keorange-orangean, dan tidak terdapat warna merah pada tubuh dan pipinya.

Ikan Arwana Banjar yang masih mudah akan sangat mirip dengan Ikan Arwana Merah muda. Agar Anda tidak salah membeli, tentu Anda harus memperhatikan kedua ciri-ciri dari ikan tersebut. Mengetahui beberapa ciri ikan arwana tentu akan menambah pengetahuan dan menghindari terjadinya kesalahanatau penipuan ketika membelinya. Ciri lain yang bisa anda lihat yaitu Ikan Arwana Banjar mempunyai bentuk kepala yang membulat dengan mulut yang lancip.

6. Arwana Irian

gambar ikan arwana irian
gambar ikan arwana irian (bahasikan.com)

Ikan Arwana Irian sering disebut juga sebagai Ikan Arwana Jardini. Ikan Arwana jenis ini mempunyai warna dasar hitam kecoklatan dengan tambahan bintik-bintik kuning keemasan pada tengah sisik-sisiknya. Ikan Irian ini berasal dari negara tetangga yaitu Australia. Meskipun kini lebih sering ditemukan di daerah Irian.

Jadi tidak ada yang salah jika nama ikan arwana ini dengan nama Ikan Arwana Irian.  Ikan Arwana jenis ini dibagi menjadi dua variasi yaitu ikan arwana dengan warna dasar gelap dan warna yang lebih terang. Ikan Arwana lebih gelap yaitu Scleropages Jardini dan warna yang lebih terang yaitu Scleropager Ieicharti.

7. Arwana Silver

gambar ikan arwana silver
gambar ikan arwana silver (pastiguna.com)

Ikan yang mempunyai harga relatif terjangkau yaitu Ikan Arwana Silver. Selain diburu sebagai ikan hias, ikan ini juga sering disajikan dalam sebuah hidangan masakan. Masakan dari Ikan Arwana ini sangat gurih dan renyah. Karena ikan Arwana Silver ini lebih sering disajikan dalam bentuk ikan goreng.

Ikan jenis ini pun bisa mencapai panjang hingga 60 cm. Sangat panjang bukan? Ikan Arwana Silver berkesan sangat anggun dengan warna silver yang menyelubungi tubuhnya. Warna sisiknya lebih mirip dengan warna silver yang menyerupai warna platinum dan merata diseluruh tubuhnya.

8. Arwana Araipama

Ikan Arwana Araipama mempunyai panjang yang bisa mencapai 3 meter dengan berat lebih dari 200 kg. Makanan Ikan Arwana mudah ditemukan. Ikan jenis ini termasuk pada ikan yang bernafas dengan mengambil udara di permukaan. Setiap 5 hingga 20 menit sekali, ikan arwana akan muncul dipermukaan kemudian mengambil udara dari sana.

Sedikit banyaknya ikan arwana muncul dipermukaan akan sesuai dengan ukurannya. Ikan mudah atau kecil selalu muncul setiap lima menit sekali. Sedangkan ikan arwana besar atau dewasa hanya akan muncul setiap 18 hingga 20 menit saja.

Namun ikan Araipama kini jarang lagi ditemukan. Akibat kebiasaan penduduk sekitar yang sering mengkonsumsi ikan arwana yang mempunyai panjang hampir 3 meter ini. Selain dikonsumsi, ikan arwana ini juga sering diekspor ke negara lain. Ikan Arwana Araipama kini menjadi fauna yang langka dan dilindungi.

Araipama mempunyai lidah yang panjang, bisa mencapai 15 cm. Nah, lidah ikan arwana ini sering digunakan oleh penduduk sekitar sebagai amplas. Amplas yaitu alat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Arwana

ternak ikan arwana
ternak ikan arwana (d4erahku.blogspot.com)

Tentu tidak ada ruginya jika memulai Budidaya Ikan Arwana. Ikan Arwana menjadi salah satu ikan hias yang sangat banyak peminatnya. Selain menjadi ikan hias, ikan ini juga sangat lezat ketika disantap.

Budidaya ikan arwana ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun yang pasti, anda memerlukan biaya yang lebih ketika ingin membudidayakan ikan yang satu ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda perhatikan ketika akan memulai usaha budidaya ikan arwana.

Salah satu jenis ikan arwana yang laris dan mudah dibudidayakan yaitu ikan arwana silver. Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu pelaku bisnis dari budidaya ikan arwana. Karena dalam membudidayakan cukup mudah, maka pelaku bisnis ikan arwana ini cocok untuk semua orang.

Selain menentukan pelaku bisnis, anda juga perlu memperhatikan konsumen dari ikan arwana silver. Konsumen dari jenis ikan arwana ini cukup banyak. Karena banyak orang Indonesia yang tertarik dengan warna ikan arwana silver.

Selanjutnya peralatan yang digunakan untuk membudidayakan ikan arwana silver yaitu bibit ikan arwana silver. Harga Ikan Arwana Anakan cukup terjangkau jika dibanding dengan harga ikan arwana yang sudah dewasa, sehingga memudahkan anda dalam mengembangbiakannya.

Peralatan pendukung lain seperti pembuatan kolam ikan, peralatan pembersih ikan, jerigen, bompa, drum, selang, paralon, timba, jaring, terpal, wadah dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Peralatan dalam membudidayakan ikan arwana silver memang cukup lengkap. Hal itu agar hasil dari budidaya ikan arwana pun bisa maksimal.

Selain Cara Memelihara Arwana cukup mudah, pemasaran ikan arwana pun tidak kalah mudahnya. Pemasaran dari dunia bisnis ikan arwana bisa dengan menjualnya langsung ke pasar atau pengepul. Anda juga bisa mengembangkan pemasaran dengan menggunakan media sosial yang anda punyai.

Misalnya memasarkan online melalui facebook, patt, line, whatsap dan media sosial lainnya. Melalui media sosial ini, anda bisa lebih mudah menemukan atau bertatap muka langsung dengan mereka para pecinta ikan arwana.

Jadi, harga jual atau keuntungan yang akan anda peroleh pun akan lebih tinggi. Anda yidak akan rugi memilih terjun ke bisnis ikan arwana. Karena pemasaran dari ikan arwana sudah teruji yaitu mudah.

Jika dalam membudidayakan ikan arwana cukup besar, Anda bisa menggunakan tambahan tenaga kerja yaitu karyawan yang akan membantu anda dalam membudidayakan ikan arwana. Mempkerjakan karyawan pun sebaiknya dari satu persatu hingga usaha bisnis anda semakin besar. Harga Ikan Arwana jenis ini berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 saja. Harga tersebut merupakan harga murah dan mudah yang bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Karena dalam membudidayakan ikan arwana silver cukup mudah, membuat Anda akan mempunyai persaingan yang ketat dan tinggi.

Daftar Harga Ikan Arwana

Jenis IkanAnakanDewasa
Ikan Arwana Black BrazilRp145.000Rp3.030.000
Ikan Arwana Cross Back GoldenRp1.550.000Rp10.210.000
Ikan Arwana Golden RedRp3.030.000Rp20.100.000
Ikan Arwana IrianRp155.000Rp2.510.000
Ikan Arwana PinoRp260.000Rp5.530.000
Ikan Arwana Red BanjarRp640.000Rp8.120.000
Ikan Arwana SilverRp85.000Rp2.030.000
Ikan Arwana Super PlatinumRp10.010.000Rp200.100.000
Ikan Arwana Super RedRp3.530.000Rp25.020.000

Ikan Arwana terdiri dari berbagai jenis. Anda bisa memilih ikan arwana sesuai dengan keinginan dan budget yang anda miliki. Jika anda berniat untuk membudidayakannya, tidak ada salah memilih jenis ikan arwana yang mudah dibudidayakan dan banyak dicari pasaran.

Membudidayakan ikan ini tentu susah-susah gampang. Jadi anda juga memerlukan kesabaran ketika membudidayakan ikan arwana. Kesulitan yang akan anda hadapi tentu akan sebanding dengan keuntungan yang akan anda peroleh.

Brand: Arwana, Nama Produk: Ikan, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp85000 to Rp200000000

Berikan Komentar