Harga Ikan Cupang

Pernah mendengar tentang Ikan Cupang? Meski belum begitu tahu wujudnya mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang jenis ikan hias yang sangat mahal ini.

Bagaimana tidak, satu ekor ikan jenis cupang ini bisa seharga 1 motor baru. Seperti yang diketahui ikan jenis cupang merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar.

Karena cukup mudah dipelihara tidak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan jenis ikan yang satu ini. Tertarik untuk memeliharanya?

Jenis-Ikan-Cupang
Jenis -Jenis Ikan Cupang (bahasikan.com)

Selain itu salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya karena harga jenis ikan ini juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Banyak orang yang tertarik memelihara jenis ikan ini karena memiliki warna yang begitu lucu dan menggemaskan. Sehingga banyak yang menjadikan ikan yang satu ini sebagai ikan hias untuk akuarium di rumah.

Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk memelihara jenis Ikan Cupang, simak terlebih dahulu beberapa informasi terkait ikan jenis cupang yang harus Anda ketahui sebelum memeliharanya.

Baca juga: Harga Ikan Hias

Apa itu Ikan Cupang?

Apa itu ikan cupang? Cupang merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki nama ilmiah yaitu Betta Sp. Ikan jenis cupang sendiri sudah tersebar hampir di berbagai daerah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Untuk jenisnya sendiri sangat banyak tersedia, bahkan ada yang mengatakan bahwa jenis ikan yang satu ini saat ini mencapai 73 spesies.

Namun secara umum sebenarnya jenis ikan ini dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Untuk label cupang hias sendiri diberikan untuk jenis cupang yang memang telah dibudidayakan baik di kolam maupun akuarium. Sedangkan untuk jenis cupang liar biasanya ditemukan di lingkungan sawah, rawa, danau dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui cupang sendiri merupakan jenis ikan yang cukup mudah untuk dirawat atau pelihara jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Ikan jenis ini juga bisa dikatakan cukup tangguh untuk bertahan hidup pada tempat atau lingkungan yang mengandung sedikit air walaupun tanpa menggunakan alat sirkulasi udara untuk memberikannya oksigen.

Karena mudah sekali dipelihara dan di kembang biakkan tidak heran saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan jenis cupang ini. Tertarik juga untuk membudidayakan?

Bagi Anda yang ingin memiliki ikan jenis ini, pastikan untuk menyiapkan bujet yang cukup besar karena jenis ikan ini masih cukup mahal di pasaran.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan hias cupang, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(ikan cupang) ini.

Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran ikan cupang agar Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan bila ingin memeliharanya. Setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Ikan Cupang Terbaru 2019

Jenis Ikan CupangHarga Dalam Rp
Ikan Cupang Halmoon AnakanRp40.000
Ikan Cupang Halmoon DewasaRp80.000
Ikan Cupang Halmoon IndukanRp100.000
Ikan Cupang Halmoon JuaraRp500.000
Ikan Cupang Crown Tail AnakanRp15.000
Ikan Cupang Crown Tail DewasaRp40.000
Ikan Cupang Crown Tail IndukanRp60.000
Ikan Cupang Crown Tail JuaraRp300.000
Ikan Cupang Giant AnakanRp20.000
Ikan Cupang Giant DewasaRp50.000
Ikan Cupang Giant IndukanRp80.000
Ikan Cupang Giant JuaraRp200.000
Ikan Cupang Double Tail AnakanRp50.000
Ikan Cupang Double Tail DewasaRp100.000
Ikan Cupang Double Tail IndukanRp120.000
Ikan Cupang Double Tail JuaraRp1.500.000
Ikan Cupang Plakat AnakanRp60.000
Ikan Cupang Plakat DewasaRp150.000
Ikan Cupang Plakat IndukanRp180.000
Ikan Cupang Plakat JuaraRp2.000.000

Baca juga: Harga Ikan Discus

Daftar harga ikan cupang yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, para pecinta ikan mengelompokkan jenis ikan ini sesuai dengan bentuk dan warnanya.

Setiap hasil persilangan yang menghasilkan indukan yang memiliki warna yang khas dan unik maka akan dikelompokkan dan diberi nama sendiri.

Nah bagi Anda yang masih belum tahu, berikut ini akan dibahas tentang jenis-jenis ikan cupang yang banyak di temui di pasaran.

1. Halfmoon

Ikan-Cupang-Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon (Duniaq.com)

Jenis cupang yang pertama yaitu bernama Halfmon. Ciri yang dimiliki oleh jenis yaitu memiliki sirip dan ekor yang terlihat seperti menyatu terkesan membentuk setengah lingkaran.

Jika dilihat dari samping, bagian sirip ikan halfmon ini berbentuk seperti penampakan bulan sepotong atau sebelah.

Banyak orang yang tertarik memelihara jenis ini karena memiliki warna yang begitu indah dibandingkan dengan yang lainnya.

Variasi warna yang dimiliki oleh ikan ini yaitu merah kehitaman, kuning, dan masih banyak lagi.

2. Crown Tail

ikan-hias-cupang
Ikan Cupang Crown Tail (Hipwee.com)

Jenis yang satu merupakan salah satu jenis yang paling populer di Indonesia? Mengapa demikian? Karena Crown Tail ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh para pecinta ikan yang ada Indonesia.

Sehingga tidak heran jika jenis yang satu ini banyak ditemukan di pasaran. Diberi nama crown tail karena memiliki ekor yang hampir sama dengan bentuk mahkota para raja.

Saat ini Anda bisa menjumpai jenis ikan ini dengan berbagai macam varian warna.

3. Plakat

Ikan-Cupang-Plakat
Ikan Cupang Plakat (Duniaair.com)

Nama plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand yang berarti tarung atau laga. Sesuai dengan nama jenis ikan yang satu ini sering sekali dipakai aduan di negara Thailand.

Baca juga: Harga Ikan Tuna

Pada bagian sirip dan ekornya biasanya berbentuk pendek tidak sama dengan jenis ikan sebelumnya. Keunggulan dari ikan ini yaitu memiliki gerak yang gesit dan terlihat lebih sangar. Tertarik untuk memilikinya?

4. Double Tail

Ikan-Cupang-Double-Tail
Ikan Cupang Double Tail (Youtube.com)

Disebut dengan ikan double tail karena jenis ikan ini memiliki bagian ekor yang terbelah menjadi dua. Perlu Anda ketahui bahwa jenis ikan yang satu ini lumayan sulit dikembangkan sehingga populasinya pun saat ini sedikit sekali dijumpai.

5. Giant / Raksasa

Ikan-Cupang-Giant
Ikan Cupang Giant / Raksasa (Youtube.com)

Terakhir, jenis cupang raksasa. Mengapa disebut ikan raksasa karena ikan ini memiliki ukuran terbesar yang bisa mencapai 12 cm jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis cupang pada umumnya.

Beberapa jenis ikan raksasa yang saat ini banyak dijumpai seperti halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant.

 

Cara Merawat Ikan Cupang

Seperti yang sudah sedikit dibahas diatas, cupang sendiri merupakan salah satu kategori ikan yang mudah sekali dipelihara dan dirawat.

Meski mudah dalam perawatan sebaiknya Anda memperlakukannya dengan baik dan benar. Dengan cara perawatan yang baik maka ikan akan tumbuh dengan cepat dan sehat.

Berikut cara merawat ikan cupang dengan mudah dan benar, antara lain

1. Menentukan Akuarium

Hal pertama yang harus dipertimbang dalam merawat ikan dengan benar yaitu terlebih dahulu menentukan tempat atau akuarium yang cocok digunakan untuk ikan peliharaan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis ikan ini bisa hidup pada akuarium dengan ukuran apapun. Namun yang terpenting adalah pastikan bahwa akuarium yang Anda berikan nyaman dan sehat.

Selain itu Anda harus telaten untuk membersihkannya dengan rutin setiap tiga hari sekali.

2. Air Akuarium

Seperti yang diketahui bahwa habitat asal jenis ikan ini yaitu berasal dari air tawar. Jadi sebaiknya isi akuarium tersebut dengan air sumur yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan habitat aslinya.

Setelah itu pastikan untuk selalu mengganti air kurang lebih sekitar 2-3 hari sekali agar kesehatan dan kenyamanan ikan tetap terjaga.

3. Menjemur Ikan

Cara selanjutnya itu menjemur ikan. Meski terkesan tidak penting namun ternyata tanpa disadari aktivitas ini memberikan banyak sekali manfaat pada ikan. Salah satunya yaitu membunuh bakteri yang menempel pada tubuh ikan.

4. Memberi Makanan bergizi

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam merawat ikan dengan benar adalah mempertimbangkan tentang makanannya. Perlu Ana ketahui makanan ikan cupang sendiri bisa dikatakan sangat mudah.

Namun alangkah baiknya jika Anda memberinya makanan yang bergizi agar selalu terjaga kesehatannya. Beberapa tips merawat ikan cupang diatas bisa Anda terapkan di rumah. Pastikan untuk selalu mengontrol kesehatan ikan peliharaan Anda ya!

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali jenis dari ikan yang satu ini. Masing-masing jenisnya pun memiliki bentuk dan warna yang begitu unik. Harga ikan cupang tersebut pun disesuaikan dengan bentuk dan warnanya. Semakin cantik dan indah maka akan semakin mahal harganya.

Pada umumnya harga ikan jenis cupang sendiri dibanderol sekitar ratusan ribu hingga jutaan.Nah itu tadi sedikit review seputar Ikan Cupang mulai dari jenis, cara perawatan hingga harganya.

Semoga informasi atas bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam memelihara jenis ikan yang satu ini.

Originally posted 2019-01-03 11:15:59.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar