Harga Ikan Discus

Seperti yang diketahui Ikan Discus sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias akuarium yang memiliki harga masih sangat mahal di pasaran.

Mengapa demikian? Karena ikan ini termasuk dalam kategori ikan langka yang memiliki warna begitu indah yang mungkin tidak bisa ditemukan pada jenis ikan lainnya.

Salah satu keunggulan dari ikan jenis ini yaitu memiliki corak, bentuk tubuh hingga gaya berenang yang begitu elegan sehingga menjadikan ikan jenis ini menjadi satu-satunya ikan hias yang paling populer di Indonesia.

Perlu Anda ketahui ikan ini tergolong dalam jenis spesies ikan Cilchlid yang habitatnya yaitu di air tawar. Bagi Anda yang tertarik untuk memeliharanya di aquarium, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar ikan jenis ini bisa bertahan lama.

Beberapa permasalahan yang paling sering dialami oleh ikan jenis ini yaitu mudah sekali stress dan terserang penyakit. Namun hal tersebut dapat Anda hindari jika Anda mengetahui bagaimanacara memeliharanya dengan benar.

Berikut ini sedikit ulasan tentang Ikan Discus yang wajib untuk Anda ketahui.

Tentang Ikan Discus

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, Discus merupakan salah satu jenis ikan hias yang berhabitat di air tawar. Perlu Anda ketahui bahwa ikan jenis ini tergolong ikan yang cukup sulit untuk dipelihara.

Sehingga tidak heran hanya orang-orang tertentu saja yang memelihara ikan jenis ini. Bagi Anda yang ingin sekali memelihara ikan ini sebaiknya Anda perlu melakukan konsultasi kepada orang-orang yang sudah dalam menangani perawatan jenis ikan yang satu ini.

Pada awalnya jenis Discus ini berasal dari Amerika Serikat yaitu tepatnya di daerah sungai Amazon. Namun karena semakin besarnya animo masyarakat terhadap memelihara hewan ikan, ikan ini pun sudah bisa ditemukan di beberapa negara di dunia salah satunya yaitu Indonesia.

Sehingga tidak heran jika bagi sebagian besar masyarakat pun sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan ini. Salah satu kelemahan dari jenis ikan ini yaitu sulit untuk dikawinkan. Jadi tidak heran jika populasinya tidak cukup banyak saat ini.

Baca juga: Harga Ikan Tuna

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan jenis ini berikut ciri-ciri Ikan Discus yang harus Anda ketahui yaitu memiliki habitat asli air tawar dan pada bagian tubuhnya memiliki bentuk badan pipih seperti cakram atau kaset CD yang memiliki corak seperti batik dengan warna yang bervariasi dan cukup cerah.

Sedangkan pada bagian mata ikan jenis ini memiliki ukuran yang cukup kecil berwarna merah sehingga jika dilihat secara sekilas terlihat seperti sangar atau buas.

Panjang ikan jenis ini bisa mencapai panjang 15 – 25 cm. Untuk warna sendiri biasanya bervariasi tergantung pada jenis ikannya.

Beberapa jenis yang tersedia di pasaran seperti biru, merah, kuning, cokelat maupun hijau. Perlu Anda ketahui pada bagian tubuh dari ikan ini terdapat garis-garis vertikal yang membentuk seperti corak batik sehingga biasanya digunakan untuk mengelabuhi ikan lainnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan hias discus, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(ikan discus) ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran ikan discus agar Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan bila ingin memeliharanya. Setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Ikan Discus Terbaru

Jenis Ikan DiscusHarga Dalam Rp
Ikan Discus Angle Blue DiamondRp140.000
Ikan Discus MarlboroRp180.000
Ikan Discus Checker Board PigeonRp150.000
Ikan Discus Snake SkinRp120.000
Ikan Discus Gold YellowRp120.000
Ikan Discus LeopardRp200.000
Ikan Discus Red RibbonRp250.000
Ikan Discus Pearl PigeonRp200.000

Baca juga: Harga Ikan Hias 

Daftar harga ikan discus yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Harga ikan discus ini biasanya ditentukan dengan jenis, ukuran dan warna. Semakin cantik warna yang dimiliki maka ikan tersebut cenderung memiliki harga yang lebih mahal dari yang umumnya.

Jenis-Jenis Ikan Discus

Seperti yang diketahui ikan ini memiliki banyak sekali jenisnya. Masing-masing dari jenisnya pun memiliki warn yang berbeda-beda dan menjadi ciri utamanya.

Nah berikut ini jenis-jenis ikan discus yang bisa Anda temukan di pasaran.

1. Angel Blue Diamond

ikan-discus-Angel-Blue-Diamond
Gambar Ikan Discus Angel Blue Diamond (Majalahikan.net)

Jenis ikan yang pertama ini merupakan salah satu jenis ikan yang dapat dengan mudah dikenali. Sesuai dengan namanya jenis ikan ini memiliki warna biru pada bagian tubuhnya.

Untuk warna biru yang terdapat pada discus ini seperti warna biru pada telur bebek, yaitu memiliki warna biru keputih-putihan.

Perlu Anda ketahui jika bagian siripnya terkena sinar lampu atau matahari maka akan terkesan sirip tersebut memunculkan efek cahaya yang menyala.

Sehingga tidak heran jika jenis angel blue diamond menjadi salah satu jenis yang memiliki harga yang bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Tertarik untuk memilkinya?

2. Checker Board Pigeon

ikan-discus-Checker-Board-Pigeon
Gambar Ikan Discus Checker Board Pigeon (Chewy.com)

Jenis yang tidak kalah populer selanjutnya yaitu Checker Board Pigoen. Jenis merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki warna dasar putih dengan hiasan corak warna merah yang semakin menambah unik dan menarik.

Corak tipe ikan is seperti sebuah goresan namun goresan tersebut tidak berbentuk lurus akan tetapi lebih berpola seperti garis yang tidak menentu.

3. Red Marlboro

ikan-discus-Red-Marlboro
Gambar Ikan Discus Red Marlboro (Majalahikan.net)

Sebagian besar prang mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis yang satu ini. Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki warna yang didominasi oleh warna merah pada bagian tubuh dan putih pada bagian kepalanya.

4. Snake Skin

ikan-discus-Snake-Skin
Ikan Discus Snake Skin (Youtube.com)

Jenis Snake skin merupakan salah satu jenis discus yang memiliki garis vertical dengan corak warna yang cukup tipis.  Corak yang dimiliki oleh ikan ini biasanya berwarna merah atau biru.

Meski terlihat aneh dan harga ikan ini lumayan mahal namun jangan salah ikan jenis ini banyak dicari oleh para pecinta ikan.

Baca juga: Harga Ikan Guppy

Cara Merawat Ikan Discus Agar Tetap Sehat

Meski tergolong ikan yang langka dengan bentuk badan yang unik, namun ikan jenis ini bisa ditempatkan bersama jenis ikan yang lainnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan jenis ini simak beberapa cara merawat ikan discus dengan benar.

  1. Pastikan untuk menempatkan pada suhu aquarium adalah sekitar 82° F – 88 ° F (28° C-31 ° C). Perlu diperhatikan bahwa kondisi suhu air yang lebih tinggi dapat menyebabkan penurunan oksigen di dalam akuarium.
  2. Dalam memelihara ikan jenis ini, Anda harus dapat mengganti air secara rutin. Perlu diketahui jenis ikan ini memerlukan air akuarium minimal 50% diganti setiap minggu untuk mengurangi nitrat dan menambah mineral. Jadi pastikan untuk melakukan pergantian airnya secara rutin ya!
  3. Memberikan makanan yang bergizi. Salah satu cara merawat jenis ikan ini agar tetap sehat adalah dengan memberi makanan ikan discus dengan makanan yang bergizi. Seperti yang diketahui pakan sendiri merupakan salah satu faktor yang dianggap penting untuk menjaga kesehatan ikan peliharaan Anda. Mengapa demikian? Karena makanan merupakan salah faktor yang diserap langsung oleh tubuh ikan.
  4. Baut ikan merasa nyaman berada di akuarium yang Anda sediakan. Berikan beberapa hiasan agar ikan yang dipelihara merasa tenang dan nyaman saat berada disana.

Bagi Anda yang ingin memiliki ikan jenis ini, pastikan untuk menyiapkan bujet yang cukup besar karena jenis ikan ini masih cukup mahal di pasaran.

Demikian tadi sedikit informasi terkait Ikan Discus mulai dari jenis, ciri, harga hingga cara perawatannya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda dalam memelihara jenis ikan yang satu ini.

Originally posted 2019-01-03 10:45:19.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar