Harga Ikan Guppy

Memelihara ikan guppy di aquarium rumah bisa menjadi salah satu cara untuk merelaksasikan pikiran Anda di rumah. Ikan jenis ini merupakan ikan yang cukup banyak diminati para pecinta fish.

Selain karena mudah dalam pemeliharaannya, ia juga memiliki warna dan corak yang menarik, sehingga membuat siapa pun yang melihatnya merasa takjub.

Karena banyaknya penggemar dari ikan ini, para pengusaha saling berlomba-lomba dalam membudidayakannya untuk dijual kembali kepada customer.

Jika berbicara tentang bisnis, usaha ikan jenis ini dipercaya sangat menjanjikan karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Para pembeli khususnya pecinta guppy sendiri juga akan rela mengeluarkan bajet lebih untuk membeli ikan ini walaupun harga hewan ini yang ditawarkan oleh penjual cukup besar.

Ikan Guppy

Berbicara mengenai pemeliharaan dan budidaya guppy, Anda perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ikan ini agar informasi yang Anda peroleh dapat memberikan referensi bagi Anda.

Lalu apa sebenarnya definisi dari ikan ini sendiri? Apa saja jenisnya? Dan bagaimana cara merawatnya dengan tepat Ulasan di bawah ini akan menjawab semua pertanyaan Anda. Untuk harga ter-update dari ikan seribu jenis lain yang tidak kalah populer dapat Anda lihat sebagai berikut:

Daftar Harga Ikan Guppy Terbaru 2019

Jenis Ikan GuppyHarga AnakanHarga Dewasa
Ikan Guppy Black MoscowRp12.500Rp25.000
Ikan Guppy SingaporeRp8.000Rp15.000
Ikan Guppy Dragon Big EarRp8.000Rp15.000
Ikan Guppy PastelRp15.000Rp35.000
Ikan Guppy Albino German YellowRp12.000Rp25.000
Ikan Guppy Albino Full RedRp30.000Rp75.000

Harga diatas bisa berbeda tergantung waktu dan tempat Anda membeli.

Apa itu Ikan Guppy

Semua orang tahu bahwa Ikan ini memiliki daya pikat yang besar untuk dilihat. Itu mengapa banyak dari mereka memilih ikan ini untuk dijadikan komponen pengisi aquarium rumah.

macam-macam-ikan-guppy
Gambar Macam-macam Ikan Guppy (Youtube.com)

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan ikan jenis ini. Apa itu ikan guppy sebenarnya? Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar yang masih satu spesies dengan Poecilia reticulata.

Ikan ini juga memiliki sebutan sebagai ikan seribu, cere, dan suwadakar yang hidup tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, bahwa ikan jenis ini sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya pada area parit maupun selokan.

Ikan seribu ini memiliki panjang tubuh sekitar 4 s/d 6 cm untuk betina. Sedangkan, pada ikan berkelamin jantan memiliki panjang antara 2 ½ – 3 cm yang berbentuk seperti jala.

Ikan ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan yang kemudian mulai eksis di Indonesia pada tahun 1920an hingga dijadikan salah satu ikan hias untuk aquarium.

Ikan ini lebih cantik jika ditaruh secara bergerombol di wadah aquarium sehingga warna yang yang dihasilkan menjadi lebih mencolok.

Baca juga: Harga Ikan Aligator

Jenis-Jenis Ikan Guppy

Ada beragam jenis ikan seribu yang dijual di pasaran. Jumlah yang banyak tersebut juga dikarenakan banyaknya persilangan ikan tersebut oleh pembudidaya.

Berikut adalah Jenis-jenis ikan guppy yang wajib Anda ketahui:

1. Yellow Cobra

ikan-guppy
Gambar Ikan Guppy Yellow Cobra (Worldwidefishand pets.com)

Salah satu keunikan dari ikan ini adalah coraknya yang menyerupai ular kobra. Ikan ini memiliki ekor yang panjang dan besar.

Jika Anda ingin memelihara ikan ini, Anda hanya perlu menyiapkan bajet sekitar Rp7000 untuk anakan dan Rp15.000 untuk umur dewasa. Sangat murah, bukan?

2. Cherry Grass

Ikan seribu dengan jenis ini memiliki warna yang khas pada coraknya yaitu pink dan hitam.

Untuk harganya sendiri, sedikit berbeda dengan jenis lainnya, harga ikan jenis ini di banderol cukup mahal yaitu Rp35.000 untuk anakan dan Rp75.000 untuk dewasa.

3. Guppy Magenta

Ikan Guppy Magenta merupakan jenis ikan seribu yang memiliki ukuran kecil walaupun sudah berumur dewasa. Ikan ini juga memiliki corak pink yang membuatnya terlihat cantik dan lucu.

Untuk harganya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp25.000 untuk anakan dan Rp50.000 untuk dewasa.

4. Guppy Black Panda

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki corak mirip seperti panda yaitu dengan dasar warna hitam dan silver keputihan.

Ikan ini sangat unik jika diletakkan di aquarium bersama jenis lainnya. Di pasaran, ikan ini hanya di banderol sekitar Rp10.000 untuk anakan dan Rp20.000 untuk dewasa.

5. Guppy Super Red

Jika Anda mencari ikan seribu dengan warna mencolok, jenis Super Red bisa jadi pilihan terbaik. Ikan ini memiliki warna merah menyala dan kuning keorangenan pada betina.

Karena warnanya yang sangat elegan, membuat ikan ini memiliki cukup banyak penggemar. Untuk membelinya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp20.000 untuk anakan dan Rp45.000 untuk dewasa.

Baca juga: Harga Ikan Lele

6. Guppy Albino Platinum

ikan-guppy-albino
Gambar Ikan Guppy Albino (Youtube.com)

Jenis ikan seribu yang cukup menarik dibahas adalah jenis Albino Platinum. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna platinum  mulai dari bagian kepala hingga ekor.

Selain itu, ikan ini juga memiliki slayer dan crown pada ekornya yang menambah keindahan ikan ini. Untuk harganya sendiri, ikan ini dijual cukup mahal yaitu Rp40.000 untuk anakan dan Rp85.000 untuk dewasa.

7. Guppy Neon

Pernahkah Anda membayangkan warna neon pada permukaan ikan? Jenis ikan ini dapat Anda temukan pada jenis Guppy Neon.

Ia memiliki warna yang sangat cantik dan terang seperti lampu neon yang membuatnya tampak menyala. Harga ikan guppy jenis ini yaitu Rp30.000 per ekor untuk anakan dan Rp50.000 untuk dewasa.

8. Guppy Albino Red Lace

ikan-guppy-red
Gambar Ikan Guppy Albino Red Lace (guppyclub.nl)

Ikan dengan jenis ini memiliki corak yang elegan pada permukaan kulitnya sehingga ikan ini cukup banyak diminati oleh pembeli.

Selain itu, ia juga memiliki warna mata yang unik yaitu murah terang. Jika Anda tertarik untuk memeliharanya, Anda perlu menyiapkan bajet lebih sebab harga ikan guppy yaitu sekitar Rp50.000 untuk anakan dan Rp100.000 untuk dewasa.

Harga yang cukup mahal ini setara dengan tampilan yang menarik pada permukaan ikan jenis ini.

Baca juga: Harga Ikan Nila

Tips Merawat Ikan Guppy

Jika Anda memutuskan untuk memelihara ikan guppy, ada baiknya Anda mengikuti tips merawatnya dengan benar.

  1. Gantilah air di dalam aquarium dua atau tiga minggu sekali agar kebersihan air tetap terjaga.
  2. Stabilkan suhu di dalam air sekitar 15 hingga 27 derajat celcius.
  3. Pastikan air memiliki cukup oksigen agar organisme di dalamnya dapat bernafas dengan baik. Anda dapat mengoptimalkan nya dengan memasang air pump yang berfungsi untuk penyemburan gelembung air.
  4. Berikan Makanan ikan guppy sebanyak dua kali dalam sehari. Makanan yang dapat Anda berikan diantaranya jentik-jentik, lumut, maupun cacing yang telah dicacah menjadi kecil-kecil.
  5. Pisahkan tempat untuk pemijahan agar aktivitas ikan lainnya tidak terganggu. Pemijahan ini dimaksudkan agar jumlah ikan bertambah lebih banyak dan dapat dijual untuk bisnis yang menguntungkan.

Memelihara ataupun budidaya ikan seribu sejatinya memiliki banyak keuntungan bagi Anda, selain dijadikan hiasan rumah yang menenangkan.

Anda juga dapat memetik hasil dari penjualannya. Pastikan bahwa Anda memilih jenis ikan yang Anda sukai dan dapat dipertimbangkan nilai jualnya nantinya. Demikian informasi mengenai berbagai jenis ikan guppy yang cocok untuk aquarium rumah.

Brand: Ikan Guppy, Nama Produk: Ikan, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp8000 to Rp75000

Berikan Komentar