Harga Ikan Gurame

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan tawar yang berasal dari perairan Indonesia, Malaysia, Indochina dan Thailand. Dari negara kita, gurame berasal dari pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Ikan ini juga sering disebut dengan ikan Kaloi, sedangkan di negara Thailand gurame sering disebut dengan ikan Pla Rad. Meskipun terlihat sederhana, ikan ini memiliki berbagai manfaat jika dikonsumsi oleh manusia.Oleh karenanya tidak heran jika ikan gurame banyak dikembangkan di Indonesia dengan jumlah penikmat yang besar pula.

Gurame merupakan spesies ikan terbesar dari sub ordo Anabantoid. Sedangkan istilah Anabantoid berasal dari bahasa Yunani yang artinya Beranjak ke Atas. Sebutan tersebut didasarkan pada kebiasaan dimana ikan ini akan naik ke permukaan air guna mengambil nafas dari udara bebas.

Ikan jenis ini memiliki organ khusus yang biasa disebut dengan labirin yaitu organ yang memiliki banyak lipatan membran yang berstruktur seperti labirin.

Dengan adanya organ ini, gurame mampu bertahan hidup di air yang memiliki oksigen rendah. Labirin juga akan akan menahan udara yang dihirup kemudian dikeluarkan lagi setelah dilapisi dengan zat berminyak sehingga menciptakan gelembung dipermukaan air.

Apa itu Ikan Gurame?

Ikan ini semakin banyak digemari karena harga ikan gurame yang terjangkau dibandingkan dengan jenis ikan lainya. selain itu, ikan ini juga memiliki rasa yang gurih dan tidak memiliki duri halus layaknya ikan mas sehingga lebih mudah untuk dinikmati.

Yang lebih menarik, ikan ini dapat dimasak dengan berbagai resep sesuai dengan selera anda. Untuk kisaran harganya biasanya berada di angka Rp 45 ribu hingga 55 ribu sesuai dengan keadaan pasar.

Baca juga: Harga Ikan Cupang

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli ikan gurame, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(ikan gurame) ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran gurame setidaknya bisa menjadi tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Ikan Gurame Terbaru Tahun 2019

TempatHarga Per KG
Bibit Ikan GurameRp2000 – Rp10.000
CarrefourRp55.800
SuperindoRp48.500
Lotte MartRp56.800
Giant 1Rp54.900
PasaranRp45.000-Rp60.000
AcehRp 53.000.
BaliRp 55.500.
BantenRp 46.500
JakartaRp 48.500.
Jawa BaratRp 43.500.
Jawa TengahRp 44.000.
Jawa TimurRp 44.500.
Kalimantan BaratRp 55.400
Kalimantan TimurRp 54.000
LampungRp 55.000.
RiauRp 53.500
Sulawesi UtaraRp 55.000
Sumatra SelatanRp 53.000
Sumatra UtaraRp 54.000
YogyakartaRp 47.000.

Baca juga: Harga Ikan Hias

Daftar harga ikan gurame yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Jenis-jenis Ikan Gurame

Jenis-jenis ikan gurame ini sangat beragam, dimana bagi para peternak biasanya akan memilih jenis gurame yang mudah berkembang dan cepat dipanen.

Hal ini tentu akan menambah keuntungan bagi budidaya ikan karena dengan masa berkembang yang cepat, tentu akan menghemat pakan dan mempercepat masa panen.

Jika dengan budidaya jenis ikan lain dalam dua hingga lima bulan hanya bisa mendapatkan satu kali panen, dengan budidaya ikan gurame anda bisa mendapatkan dua kali masa panen.

Berikut ini adalah jenis ikan gurame yang memiliki pertumbuhan yang cepat dan banyak dibudidaya oleh masyarakat.

1. Gurame Soang

Ikan-Gurame-Soang
Ikan Gurame Soang (Pertanianku.com)

Untuk jenis gurame ini berasal dari Ciamis Jawa Barat. Jenis ini juga biasa disebut dengan gurame angsa. Untuk hasil yang maksimal, ikan ini dapat dipanen setelah umur 8-9  bulan dengan berat sekitar 500 gram setiap ekornya. .

2. Gurame Jepun

Ikan-Gurame-Jepun
Ikan Gurame Jepun (Duniaikan.com)

Untuk jenis gurame yang kedua ini berasal dari tanah Purwokerto dimana ia memiliki tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainya.

Biasanya, panjang maksimal yang dimiliki oleh ikan ini hanya berada di angka 45cm saja. Namun anda tidak perlu khawatir karena ikan ini cenderung lebih berat dengan bobot maksimal 3,5-4 kilogram setiap ekornya.

3. Gurame Bastar

Ikan-Gurame-Bastar
Ikan Gurame Bastar (Youtube.com)

Jenis gurame ini paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Barat. Gurame ini hampir mirip dengan jenis soang dimana ia memiliki pertumbuhan yang cepat namun hanya mampu menghasilkan 2.000-3.000 butir telur saja dalam sekali pemijahan.

Namun sebenarnya makanan ikan gurame yang diberikan juga sedikit mempengaruhi banyaknya telur yang akan dihasilkan.

4. Gurame Porselen

ikan-Gurame-Porselen
Gambar Ikan Perselen (Youtube.com)

Untuk jenis gurame yang satu ini sangat cocok untuk persilangan pada saat pemijahan. Hal ini dipengaruhi oleh  warnanya yang cantik dan butir telur yang dihasilkan dalam pemecahan cukup tinggi.

Hal ini biasanya juga menjadi alternatif cara mempercepat pertumbuhan ikan gurame yang sering digunakan oleh pembudidaya agar menghasilkan gurame dalam jumlah yang tinggi dan waktu yang relatif singkat.

Sebenarnya masih terdapat beberapa jenis ikan gurame lainya, namun gurame yang biasanya dibudidayakan adalah empat jenis diatas.

Hal ini tentu didasari oleh percepatan pertumbuhan yang tinggi sehingga lebih menguntungkan untuk dibudidayakan dibandingkan dengan jenis lainya.

Baca juga: Harga Ikan Discus

Manfaat Makan Ikan Gurame

Sebenarnya saat ini ini sudah banyak makanan olahan dari ikan gurame dengan berbagai bentuk baik siap saji maupun non siap saji.

Selain karena mudah dikonsumsi, ikan ini juga mengandung berbagai protein hewani yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Lemak yang terkandung dalam ikan ini merupakan lemak tak jenuh sehingga sangat mudah untuk dicerna tubuh manusia.

Ikan ini mengandung omega 3, asam lemak, vitamin b2, D mineral serta beberapa nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat ikan gurame umntuk tubuh manusia.

1. Mencegah Terjadinya Sakit Jantung

Mengkonsumsi banyak ikan baik gurame ataupun ikan lainnya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Hal ini sudah dibuktikan di duku bangsa Eksimo dimana wilayah tersebut memiliki jumlah penderita jantung yang minim. Setelah dilakukan penelitian, hal iu dipengaruhi oleh banyaknya ikan yang mereka konsumsi.

2. Menjadi Berbagai Olahan Lauk

Ikan gurame  dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan sehingga sangat cocok untuk menu lauk anda.

Apalagi dengan rasanya yang gurih dan tekstur yang lembut, ikan ini dapat dinikmati dengan mudah. Selain itu, ikan ini memiliki daya serap  yang relatif tinggi hingga mencapai 90-100 persen.

3. Pencegahan Penyakit Kolesterol

Orang yang beresiko terkena penyakit jantung adalah mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi diatas 300 mg/dl. Nah untuk mengurangi hal tersebut, mengkonumsi gurame menjadi salah satu cara paling mudah untuk dilakukan.

Hal ini terjadi karena dengan mengkonsumsi gurtame tubuh kita akan memiliki cadangan minyak yang sangat tinggi. Manfaat minyak ikan dalam ikan ini mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat bagus bagi kebugaran jantung manusia.

4. Memfasilitasi Program Diet Sehat

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, ikan gurame sangat baik untuk dijadikan sebagai alternatif. Dengan nutrisi dan mineral yang dimiliki, mengkonsumsi ikan ini sama dengan mengkonsumsi keju ataupun daging.

Ikan ini sangat baik untuk diet karena memiliki kandungan kolestrerol, vitamin, dan protein yang tinggi sehingga mencukupi kebutuhan tubuh kita.

5. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Mengkonsumsi ikan ini juga dapat menghindarkan kita  dari beberapa penyakit berat seperti gagal jantung ataupun sakit berat lainya.

Dengan mengolah ikan gurame yang sehat dapat menghindari terjadinya pengumpulan trigliserida dan mencegah timbulnya secara berlebihan.

Hal ini dapat menghindari terjadinya pembekuan darah sehingga akan mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

Dengan mengetahui apa itu ikan gurame dengan  berbagai jenis serta manfaatnya, anda bisa mendapatkan jawaban mengapa anda harus sering mengkonsumsi ikan tersebut. Dengan harga yang murah dan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, tidak heran jika ikan ini banyak diminati dan dibudidaya di negara kita.

Ikan gurame juga tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk olahan makanan saja, tetapi anda juga bisa membuka usaha dengan membudidayakan ikan gurame yang cepat berkembang. Hal ini tentu akan menjadi usaha yang menjanjikan dan menambah pemasukan keuangan anda. selamat mencoba.

Originally posted 2019-01-03 13:36:37.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar