Harga Ikan Hias

Ikan hias adalah jenis ikan yang habitatnya ada di air tawar maupun air asin yaitu laut. Tentu saja ikan ini memang khusus diperuntukkan untuk dipelihara bukan untuk dimakan atau dikonsumsi.

Sama dengan namanya, ikan ini diperuntukkan untuk menghiasi suatu ruangan maupun taman. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pemandangan bawah laut adalah panorama yang pas untuk mempesona banyak pasang mata.

Untuk bisa menyaksikannya setiap saat, maka memelihara ikan hias adalah salah satu cara yang tepat untuk itu. Tidak sedikit mereka pecinta panorama tersebut rela merogoh kocek yang dalam untuk membuat nuansa yang sama pada hunian rumah mereka.

Tentu saja dengan adanya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang sudah bisa menyulap suatu ruangan dengan nuansa yang mempunyai kemiripan dengan bawah laut.

Pemandangan laut dan adanya nuansa air disana memang menjadi alternatif di tengah sibuknya kegiatan sehari-hari. Terutama bagi mereka yang jadwalnya begitu padat dan membutuhkan relaksasi.

Salah satunya ialah dengan memandang dunia air dalam suatu ruangan. Menempatkan ikan hias di dalamnya adalah salah satu jurus jitu yang dinilai pas. Biasanya ikan hias akan dipelihara sesuai dengan kesukaan pemiliknya.

Baca juga: Harga Ikan Tuna

Ada beberapa kriteria yang akan menjadi patokan seperti ukuran, warna, keserasian dan juga bentuknya. Selain itu juga perlu diperhatikan habitat aslinya apakah berasal dari air tawar atau air laut.

Tahukah bahwa sebenarnya sebanyak 75% pasokan ikan hias habitat air tawar asalnya dari Indonesia. Tercatat sekurang-kurangnya ada tiga ratus enam puluh tiga jenis ikan hias air tawar dari negara Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri.

Apa Itu Ikan Hias?

Untuk bisa memahami secara jelas mengenai ikan hias memang perlu disajikan pembahasan yang lebih mendalam terkait hal tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ikan hias diperuntukkan untuk dipelihara dan bukan untuk dikonsumsi. Sesuai dengan namanya “hias” jelas saja ikan ini difungsikan untuk memberikan kesan estetik atau keindahan bagi siapa saja yang memandangnya.

Seperti yang diketahui bahwa ada dua habitat ikan hias ini, yakni ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.Ikan hias air twar ini adalah ikan hias yang memang asalnya dari air tawar.

Biasanya, cara pemeliharaan ikan hias air tawar ini dilakukan di akuarium ataupun di kolam. Semua bergantung pada tujuan pemeliharaan. Tentu saja ikan ini dipelihara dengan tujuan kesenangan.

Tiap rumah yang memang menginginkan ikan ini tentu secara khusus sudah menyiapkan tempat yang pas agar si ikan hias bisa bertahan hidup.

Jika sebagian ada yang memanfaatkannya sebagai hiasan dalam rumah, maka sebagian lainnya memanfaatkannya untuk dijadikan budidaya.

Hal ini tentu wajar saja mengingat ikan hias sendiri memiliki nilai jual yang bisa mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Harga Ikan Guppy

Macam-Macam Ikan Hias

Berbicara mengenai jenis-jenis ikan air tawar, tentu akan banyak sekali. Oleh karena itu, akan dibahas dibawah ini berdasarkan yang paling populer terutama di Indonesia.

Adapun beberapa jenis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Ikan hias Oskar

Ikan-hias-Oskar
Gambar Ikan Hias Oskar (Youtube.com)

Jenis ikan hias yang satu ini mempunyai gerakan dan ukuran yang mirip dengan ikan Nila. Warna dasar ikan ini adalah hitam.

Selain itu ada kombinasi warna batik oranye yang menonjol, bahkan ada juga albino atau pucat dengan garis berbentuk totol-totol oranye yang cukup menonjol dan juga albino berwarna polos.

2. Ikan hias Arwana

ikan-hias-arwana
Gambar Ikan Hiasa Arwana (Youtube.com)

Selanjutnya adalah ikan hias Arwana yang sebutan lainnya Sclerophages formous. Ikan ini juga memiliki banyak nama seperti halnya ikan payang, siluk, silok, khayangan, kalasa, dan silok.

Ikan ini juga masih masuk ke dalam golongan ikan purba, yang bisa dilihat dari ukuran telurnya yang sebesar telur burung puyuh bisa jauh lebih besar dibandingkan telur-telur ikan secara umum.

Ikan ini pun mempunyai tubuh besar dengan sisik yang berwarna kilat.

3. Ikan Mas koki

ikan-hias-mas-koki
Gambar Ikan Hias Mas Koki (Youtube.com)

Selanjutnya adalah ikan Maskoki. Ikan ini mempunyai nama ilmiah Carassius auratus dan menjadi jenis ikan air tawar yang hidup di perairan dangkal dan dengan aliran air yang cukup tenang dan udaranya sejuk.

Ikan maskoki ini memiliki mata yang lumayan besar dan cukup menonjol keluar, adapun warna sisik bervariasi dari mulai metalik, putih, metalik, kuning, merah hijau, kekuningan ataupun gabungan dari warna-warna tersebut.

Warna-warna yang ada  pada tubuh ikan maskoki itu ditentukan oleh kandungan pigmennya.

4. Ikan Cupang

ikan-hias-cupang
Gambar Ikan Hias Cupang (Satujam.com)

Selanjutnya adalah ikan Cupang. Ikan hias jenis ini mempunyai bentuk badan memanjang dengan warna yang beraneka ragam. Warna ini antara lain merah, biru, cokelat, hijau, putih dan abu-abu.

Sirip ikan ini panjang menjuntai sehingga terlihat tubuh ikan tertutupi oleh sirip yang berwarna-warni. Tubuh ikan cupang betina rata-rata ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

5. Ikan Discus

ikan-hias-discus
Gambar Ikan Hias Discus (Alamikan.com)

Jenis ikan hias yang satu ini memiliki bentuk bulat pilih layaknya piring yang sedang telungkup.

6. Ikan Koi

ikan-hias-koi
Gambar Ikan Hias Koi (Youtube.com)

Nama ikan hias yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Memiliki hubungan kerabat dengan ikan maskoki dan juga ikan mas. Bentuk tubuhnya memanjang dan bulat menyerupai bentuk torpedo.

Adapun warna ikan ini pada umumnya ialah merah, hitam, putih kuning keemasan dan juga perak. Perlu diketahui bahwa ikan ini tidak bisa menyimpan makanan berlebih dalam bentuk lemak, sehingga pemelihara ikan koki harus pandai-pandai saat memberi pakan padanya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan hias, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(ikan hias) ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran ikan hias agar Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan bila ingin memeliharanya. Setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Ikan Hias Terbaru

Jenis Ikan HiasHarga Dalam Rp
Ikan Cupang AnakanRp10.000
Ikan Cupang DewasaRp35.000
Ikan Mas Koki AnakanRp10.000
Ikan Mas Koki DewasaRp50.000
Ikan Arwana AnakanRp75.000
Ikan Arwana DewasaRp500.000
Ikan Discus AnakanRp25.000
Ikan Discus DewasaRp200.000
Ikan Koi AnakanRp20.000
Ikan Koi DewasaRp200.000
Ikan Oscar AnakanRp25.000
IIkan Oscar DewasaRp250.000

Baca juga: Harga Ikan Aligator

Daftar harga ikan hias yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Makanan Ikan Hias

Saat benar-benar memutuskan untuk memelihara ikan hias, maka perlu diketahui makanan ikan hias. Beberapa jenis makanan yang bisa diberikan ialah sebagai berikut:

1. Pelet merek Tetra Bits

Pelet ini diperuntukkan bagi jenis ikan discus, walaupun sebenarnya bukan hanya ikan discus yang bisa diberikan pakan ini. Ikan berukuran kecil lainnya juga bisa diberi pakan ini.

2. Pelet Merk Mutiara Tropical

Tidak begitu berbeda dengan merek pelet ikan lainnya, jenis makanan ikan hias ini juga sangat baik dalam mempercepat pertumbuhan dan juga mempercantik warna sisik pada ikan hias. Merek ini akan sangat cocok jika diberikan kepada ikan hias seperti cupang, guppy dan ikan hias ukuran kecil lainnya.

3. Pelet Merk Hikari Discus Bio – Gold

Adapun makanan ikan hias kecil satu ini mempunyai ukuran yang lebih besar. Untuk itu, akan lebih cocok bagi ikan seperti maskoki dan juga discus. Mengingat harga ikan hias Discus juga lumayan mahal, maka turut serta berpengaruh kepada jenis makanannya.

Cara Merawat Ikan Hias

Adapun cara merawat ikan hias adalah dengan memperhatikan habitat asalnya dan memperhatikan pakan yang pas bagi ikan tersebut.

Selain itu, sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan pemeliharaan terhadap ikan hias, ada baiknya untuk mempelajari ikan hias yang bersangkutan terlebih dahulu secara untuk guna mendapatkan informasi tambahan ketika memang benar-benar memutuskan untuk merawatnya.

Itulah informasi mengenai ikan hias, mulai dari pengertian, jenis, makanan hingga cara merawatnya. Mempelajari hal-hal penting mengenai ikan hias sebelum benar-benar memutuskan untuk memeliharanya tentu perlu dilakukan agar bisa memahami karakteristik ikan hias secara utuh.

Originally posted 2019-01-03 10:16:18.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar