Harga Ikan Lele

Ikan Lele adalah seekor ikan yang hidup di jenis air tawar. Lele kembang, dumbo, keli, biru, duri, lindi adalah jenis utama ikan lele di Indonesia dan paling dicari.

Sebagian besar sungai danau dan waduk Indonesia memiliki populasi salah satu spesies ikan lele yang tersedia dalam jumlah yang banyak.

Untuk mengenal lebih jauh spesies ikan satu ini, simak ulasannya di bawah ini.

Ikan Lele di Indonesia

Berikut adalah harga ikan lele yang ada dipasaran, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Daftar Harga Ikan Lele Terbaru Tahun 2019

Jenis Ikan LeleHarga Dalam Rp/Kg
Ikan Lele Segar Di PasarRp23.000
Ikan Lele SangkuriangRp24.000
Ikan Lele di JakartaRp24.500
Ikan Lele di Jawa BaratRp24.000
Ikan Lele di Jawa TengahRp22.500
Ikan Lele di Jawa TimurRp23.500
Ikan Lele di YogyakartaRp23.000
Ikan Lele di BaliRp25.000
Ikan Lele di LampungRp23.500
Ikan Lele di RiauRp26.000

Apa Itu Ikan Lele?

Pasti Anda sering menjumpai menu makanan lesehan Lele atau ikan keli. Ikan  jenis lele adalah spesies bernama Clarias yang hanya bisa hidup di air tawar seperti danau, empang atau sungai.

Lele mudah dikenali karena memiliki tubuh yang licin, pipih memanjang dan yang paling khas adalah kumisnya yang panjang di bagian mulutnya.

gambar-lele
Gambar Ikan Lele (Langgengpancing.com)

Ikan lele ini terkenal dengan patilnya sehingga Anda harus berhati-hati ketika memegang ikan ini. Ikan lele ditemukan di perairan segar dan pesisir memiliki kulit tanpa skal, berdaging, sirip posterior dan duri tajam di bahu dan sirip punggung.

Ikan lele mampu menggunakan kandung kemih berenang untuk menghasilkan suara, dan memiliki satu set tulang kompleks yang membentuk alat pendengaran yang sensitif.

Beberapa spesies, seperti lele batu dan dan madtom, dapat menimbulkan sengatan melalui kelenjar racun melalui duri yang ada di dada.

Ikan lele biasanya berwarna hitam dan panjang (12,7 cm) tapi  ada juga yang kurang dari 5 cm panjangnya. Di negara lain, pernah menemukan ikan lele raksasa Mekong yang panjangnya dapat mencapai 3 meter dengan berat 250 kg.

Ikan lele atau ordo Siluriformes adalah kelompok ikan bersirip yang menyerupai kumis kucing dengan berbagai ukuran. Ikan lele memiliki kepentingan komersial yang besar; banyak spesies ikan lele yang dibudidayakan untuk makanan.

Baca juga: Harga Ikan Gabus

Jenis-Jenis Ikan Lele

Ada banyak sekali jenis ikan lele, setidaknya tercatat ada sekitar 60 spesies Clarias yang ada di dunia dan Asia Tenggara sendiri memiliki sekitar 20 spesies lele.

Ya, jenis ikan lele dumbo, kembang adalah salah satu kebanyakan di antara spesie ikan lele yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah daftar spesies ikan lele yang ada di Asia :

  1. Clarias batrachus adalah Lele kampung yang menyebar di kawasann Asia Selatan dan Asia Tenggara.
  2. Clarias batu Lim adalah Lele batu atau endemik yang ada menyebar di Pulau Tioman, Malaysia.
  3. Clarias brachysoma adalah ikan lele yang menyebar di kawasan Srilanka.
  4. Clarias cataractus adalah ikan lele yang menyebar di kawasan Thailand, di Semenanjung Malaya, dan Kamboja.
  5. Clarias fuscus adalah ikan lele yang menyebar di kawasan Asia seperti Jepang; Taiwan, Cina selatan. Spesies jenis ini juga tinggal di kawasan Laos timur laut, serta Vietnam utara.
  6. Clarias gariepinus adalah ikan lele dumbo yang menyebar luas di Afrika dan Asia Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.
  7. Clarias insolitus adalah ikan lele yang menyebar di kawasan aliran Sungai Barito, Kalimantan.
  8. Clarias intermedius Teugels adalah ikan lele yang menyebar di kawasan Kalimantan Tengah. Ikan lele ini bisa Anda temukan di antara Sampit dengan Sungai Barito.
  9. Clarias kapuasensis Sudarto adalah ikan lele yang menyebar di kawasan Kalimantan Barat atau di sekitar aliran Sungai Melawi dan Kapuas.
  10. Clarias batrachus adalah Lele kampung yang menyebar luas di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara.
  11. Clarias dussumieri adalah ikan lele yang menyebar di kawasan Asia Selatan.
lele-sangkuriang
Gambar Lele Sangkuriang (Youtube.com)

Makanan Ikan Lele

Apa saja makanan ikan lele yang membuat budidaya ikan lele mudah besar?

1. Keong mas

Keong mas adalah makanan alternatif untuk ikan lele yang memiliki kandungan gizi. Sebaiknya jika ingin memberi makan lele dengan keong, maka rebuslah terlebih dahulu keongnya agar benih-benih penyakit yang dibawa bisa hilang sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ikan lele.

2. Ikan rucah

Ikan rucah juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi karena mengandung protein yang bisa menunjang pertumbuhan ikan lele.

3. Bekicot

Bekicot sama halnya keong, memiliki kandungan protein yang sangat bagus untuk membuat ikan semakin tumbuh besar.

Baca juga: Harga Burung Trucukan

4. Azzola

Azzola adalah sejenis tumbuhan paku air atau kiyambang yang memiliki kandungan protein sangat tinggi untuk memacu pertumbuhan ikan lele.

5. Cacing Lumbricus

Cacing jenis Lumbricus memiliki kadar protein yang sangat tinggi, jika dibandingkan dengan daging mamalia sehingga baik untuk pertumbuhan ikan lele.

6. Cacing sutra

Cacing jenis sutra sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele karena memiliki kandungan protein yang bagus. Cacing sutra memiliki tektur yang lembut sehingga lele akan mudah mencernanya.

Hanya saja jika memberi makan lele dengan jenis cacing ini, kolam Anda akan lebih mudah kotor. Saran, jika hendak memberi makan ikan lele dengan cacing sutra, bersihkan cacing dengan patogen.

7. Jeroan Ikan

Jeroan adalah isi dari pencernaan ikan lain yang memiliki gizi untuk menutrisi ikan agar lebih cepat tumbuh.

8. Ampas Tahu

Ampas  tahu adalah jenis makanan ikan lele yang paling murah dan bmudah ditemukan di mana saja. Jika Anda hendak memberi makan ikan lele dengan menggunakan ampas tahu, maka Anda harus meng-fermentasi tahu terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan lele

9. Limbah Ayam

Limbah atau kotoran juga baik untuk diberikan kepada ikan lele dan membuat ikan ini lebih cepat tumbuh.

Ikan lele telah banyak ditangkap dan dibudidayakan untuk makanan selama ratusan tahun di Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Ikan  lele juga sangat baik untuk dimakan karena mengandung vitamin D. Lele yang dibudidayakan di peternakan mengandung asam lemak omega-3 tingkat rendah dan proporsi asam lemak omega-6 yang jauh lebih tinggi. [45]

ikan-lele
Gambar Ikan Lele (Sumber.com)

Ikan lele bisa dimakan dengan berbagai cara seperti Pecel lele. Di Indonesia, ikan lele biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dipanggang dan dimakan bersama sayuran dan sambal; hidangan ini disebut pecel lele atau pecak lele. Piring yang sama juga bisa disebut sebagai lele penyetjika ikan tersebut sedikit dipenyet bersama dengan sambal di lumpang batu.

Baca juga: Harga Burung Jalak Kebo

Sementara di Malaysia, ikan lele, yang disebut “ikan keli”, digoreng dengan bumbu atau dipanggang dan dimakan dengan asam dan saus cabe dan juga sering dimakan dengan nasi putih.

Di Bangladesh dan negara bagian India ikan lele dimakan sebagai makanan lezat selama musim hujan. Ikan lele, yang dikenal sebagai thedu atau etta di Malayalam, populer di negara bagian Kerala di India. Di Hungaria lele sering dimasak dengan saus paprika (Harcsapaprikás) khas masakan Hungaria. Secara tradisional lele disajikan dengan pasta yang  disiram dengan keju.

Banyak menu makanan yang menyajikan lele karena  harga ikan lele relatif murah.Ya, harga ikan lele sendiri hanya Rp 25.000 per kgnya. Dengan harga ikan lele yang semurah itu, Anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi dan juga sehat tentunya.

Originally posted 2019-01-19 21:46:55.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar