Harga Ikan Mas

Pernah melihat ikan mas? Hampir sebagian besar dari Anda pasti sudah sering melihat jenis ikan mahal yang satu ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat ikan mas memang menjadi salah satu ikan yang sangat populer di Indonesia.

Warnanya yang unik dan berbeda dari ikan lainnya membuat banyak orang menyukai jenis ikan ini. Nah bagi Anda yang berencana untuk budidaya ikan mas dirumah, ada baiknya untuk simak terlebih dahulu ulasan dibawah ini.

Di Indonesia sendiri ikan mas mulai dipelihara oleh beberapa orang sejak tahun 1920an. Ikan mas yang biasa kita jumpai di Indonesia ini merupakan salah satu jenis ikan mas yang dibawa Cina, Eropa, dan juga Jepang.

Jika dihitung, sampai saat ini jumlah ikan mas yang ada di Indonesia yaitu sekitar 10 jenis ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik dari morfologinya. Apa saja jenis-jenis ikan mas yang ada di Indonesia itu? Untuk lebih jelasnya, berikut akan disajikan beberapa ulasan terkait ikan mas.

Mengenal Ikan Mas

Ikan mas umum
Ikan mas umum (pixabay.com)

Bagi para pecinta ikan, nama ikan mas pasti sudah sering didengar dan juga dijumpai. Ikan mas sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Banyak yang bilang bahwa ikan yang memiliki ciri fisik sangat unik ini berasal dari negara Cina.

Saat ini ikan mas atau ika

n karper sudah bisa dijumpai hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Secara umum ikan mas memiliki ciri-ciri dan klasifikasi antara lain:

  1. Sama halnya dengan ikan-ikan pada umumnya, ikan mas ini juga bernafas menggunakan insang.
  2. Pada bagian tubuhnya, ikan ini memiliki sisik yang berwarna merah keemasan.
  3. Memiliki gerakan yang lincah dan juga gesit.
  4. Sebagian besar bentuk badan ikan mas gendut atau gemuk

Jika dilihat dari ciri morfologinya, umumnya ikan mas memiliki bentuk yang lumayan panjang dan pipih tegak. Bagian mulutnya terletak dibagian tengah ujung kepalanya.

Jika dilihat secara saksama pada bagian mulutnya terdapat dua pasang sungut. Ciri ikan mas lainnya yaitu memiliki sisik yang berwarna kuning, merah, emas, biru, hijau atau juga kombinasi beberapa warna.

Daftar Harga Ikan Mas

Jenis IkanHarga
Ikan Mas CirataRp 26.000
Ikan Mas SubangRp 27.000
Ikan Mas PadangRp 29.000
Ikan Mas BandungRp 26.000
Ikan Mas JatiluhurRp 26.000
Ikan Mas MalaysiaRp 37.000

Jenis-Jenis Ikan Mas

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa ikan mas ini terdapat beberapa macamnya yang bisa dijumpai di Indonesia. Bagi Anda yang masih belum tahu apa saja jenis ikan mas yang ada di Indonesia. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Ikan Mas Koi

Ikan mas Koi termasuk ikan mahal
Ikan mas Koi termasuk ikan mahal (roikoi.com)

Untuk jenis ikan mas pertama yang sangat populer di Indonesia adalah ika mas koi. Seperti yang diketahui bahwa ikan ini merupakan jenis ikan mas yang berasal dari negara Jepang. Jika dilihat dari bahasa jepangnya, ikan ini bernama ikan karper atau ikan nishikigoi. Dinegara asalannya yakni negara Jepang, ikan koi sendiri menjadi semacam simbol cinta dan juga persahabatan.

Perlu diketahui, ikan koi ini adalah ikan yang satu jenis dengan ikan yang mana memiliki ornamen yang sangat indah dan juga jinak. Umumnya ikan koi ini dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keberuntungan dan keindahan.

2. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki yang imut
Ikan mas koki yang imut (pixabay.com)

Jenis ikan mas selanjutnya yang tidak kalah terkenal dan populer adalah ikan mas koki. Bagi para pecinta ikan pastinya sudah tidak asing dengan jenis ikan mas yang satu ini.

Sekarang ini ikan mas koki sendiri kian digemari oleh banyak orang karena dipercaya dapat memberikan energi positif dan juga membawa keberuntungan. Selain itu memelihara ikan mas koki ini ternyata dapat memberikan keuntungan besar untuk Anda ke depannya.

Karena harganya yang selalu tinggi setiap tahunnya tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk membudidayakan jenis ikan mas yang satu ini. Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini ikan mas koki yang berusia 2 bulan dijual dengan harga sekitar Rp 1 juta rupiah per ekornya. Bagaimana lumayan mahal, bukan?

3. Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara
Ikan mas koki mutiara (pixabay.com)

Seperti yang diketahui, jenis ikan mas koki mutiara ini terbilang cukup unik dan menarik dibandingkan dengan jenis ikan mas sebelumnya. Ikan mas koki mutiara sendiri merupakan jenis ikan yang memiliki tubuh bulan dengan ukuran kepala yang kecil dan ekor yang lebar.

Jenis ikan mas yang satu ini berasal dari dataran Cina, namun di Indonesia ikan jenis ini sudah banyak dijumpai. Karena memiliki bentuk yang unik dan lucu, pemasaran ikan jenis ini sudah mencapai luar negeri. Harganya pun terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan ikan sebelumnya.

Selain dipelihara, ternyata ikan mas di Indonesia juga sering diolah menjadi masakan yang sangat enak dan lezat untuk disantap. Salah satu menu makanan berbahan dasar ikan mas yang cukup terkenal adalah ikan mas pesmol. Bagi Anda pecinta kuliner ikan pasti sudah sering mendengar menu yang satu ini.

Ikan mas pesmol ini merupakan makanan yang berbahan dasar ikan yang telah dibumbui dengan berbagai rempah. Selain gurih menu makanan ini juga menghadirkan cita rasa pedas yang tentunya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya yang begitu gurih dan pedas membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.

Umpan Ikan Mas

Umpan mancing ikan mas
Umpan mancing ikan mas (google.com)

Bagaimana cara membuat umpan ikan mas yang benar? Bagi Anda yang hobi memancing tentu harus tahu bagaimana cara memasang umpan yang benar. Seperti yang diketahui sekarang ini ada banyak sekali orang yang tertarik dengan aktivitas memancing.

Selain untuk sekadar refreshing, ternyata memancing bisa memberikan sensasi yang sangatlah berbeda. Ketika memancing, mungkin terkadang Anda bisa mendapatkan ikan banyak namun kadang juga tidak mendapatkan ikan sama sekali.

Ada dua kemungkinan mengapa Anda tidak mendapatkan ikan ketika memancing. Yang pertama yaitu karena tempatnya yang tak ada ikan atau karena Anda salah dalam memasang umpan.

Seperti yang diketahui ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang beradaptasi diair tawar, rawa, mura dan juga kolam. Oleh karenanya agar Anda bisa mendapatkan ikan ketika memancing, pastikan untuk memberinya uman yang disukai oleh ikan jenis ini.

Nah bagi Anda yang ingin membuat umpan racikan sendiri dirumah sebenarnya sangatlah mudah. Untuk membuat racikan umpannya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan. Berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan ketika membuat umpan untuk ikan mas, yaitu.

  1. Telur ayam bebek (usahakan untuk memilih telur yang baru)
  2. Tepung terigu atau tepung ubi
  3. Ikan kaleng atau sarden
  4. Susu bubuk (Merk sesuai dengan selera)
  5. Daun pandan
  6. Dan Santan kara

Cara Membuat Umpan Ikan Mas

Setelah mengetahui apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan umpan tersebut. Setelah Anda melengkapi bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas, maka Anda perlu mencampurkan semua bahan.

Untuk pengadukan bahannya sebaiknya menggunakan blender agar semua bahan tercampur secara merata. Bahan yang pertama kali harus Anda aduk dengan blender seperti telur bebek, santan kara dan juga pandan. Jangan lupa untuk mengaduknya dengan kecepatan pelan sampai bahan-bahan tercampur rata.

Jika sudah, Anda bisa mengaduk kembali dengan tepung terigu kurang lebih sekitaran 10 menit. Selanjutnya Anda bisa memasukkan sarden dan aduk kembali hingga bahan-bahan tersebut merata secara sempurna.

Pastikan jangan sampai mengaduk semua bahan secara bersamaan. Mengapa? Jika bahan dicampur semua secara bersamaan dikhawatirkan telur bebek akan kalah dengan rasa dari ikan sardennya.

Nah itulah beberapa cara meracik umpan ikan mas dengan mudah dan sederhana. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah. Pastikan untuk mengikuti beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tips Budidaya Ikan Mas

Seperti yang diketahui, ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, ikan jenis ini memiliki harga jual yang selalu tinggi setiap tahunnya.

Sehingga tidak heran jika banyak orang mulai tertarik membudidayakan jenis ikan mas ini. Nah bagi Anda yang masih pemula dan ingin mencoba untuk budidaya ikan mas, ada baiknya untuk menyimakpanduan lengkap berikut ini.

1. Pembenihan ikan mas

Pembibitan ikan mas
Pembibitan ikan mas (jualbibitikan.com)

Ketika Anda ingin mulai membudidayakan ikan mas, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah memilih bibit ikan mas. Perlu diingat bahwa dalam pengambilan benih ini usahakan untuk mengambil benih yang memiliki sifat unggul. Dengan pemilihan benih yang unggul tentu akan menghasilkan benih yang produktivitasnya tinggi.

Selanjutnya calon indukan ikan mas ini dipelihara di dalam kolam pembibitan namun dipisahkan antara indukan yang jantan dan betina. Proses pemisahan indukan ini dilakukan ketika kedua indukan tersebut sudah siap memijah.

2. Pembesaran Ikan mas

Hasil pembesaran ikan mas
Hasil pembesaran ikan mas (google.com)

Proses atau tahap selanjutnya adalah pembesaran ikan mas. Perlu diketahui bahwa dalam budidaya ikan mas ini benih yang digunakan harus berukuran sekitar 10 sampai 12 cm atau yang berbobot sekitar 80-100 gram per ekor.

Pada ukuran tersebut diharapkan benih sudah cukup kuat untuk dibesarkan sehingga risiko kegagalannya pun bisa ditekan. Proses pembesaran benih ikan mas ini berlangsung sekitar 2-3 bulan lamanya.

Dalam proses budidaya ikan mas ini umumnya dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik. Anda bisa memilih teknis sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang ini. Metode yang digunakan dalam proses pembesaran ini seperti metode air deras, air tenang atau tumpang sari. Pastikan untuk memilih teknis yang sesuai kebutuhan dan sesuai kondisi Anda sekarang ini.

3. Pengendalian hama dan penyakit

Jaga agar ikan mas tidak terkena penyakit
Jaga agar ikan mas tidak terkena penyakit (jualiakmas.com)

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika Anda memulai budidaya ikan mas yaitu melakukan proses pengendalian hama dan penyakit. Hama dan penyakit memang menjadi kendala yang seringkali dihadapi oleh mereka yang melakukan usaha budidaya ikan mas.

Untuk meminimalisir risiko yang muncul, sebaiknya setiap pembudidaya perlu mengetahui apa saja penyakit atau hama yang biasa menyerang ikan mas. Ketika Anda menemukan masalah maka segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Panen ikan mas

Ikan mas siap panen
Ikan mas siap panen (google.com)

Proses terakhir adalah proses pemanenan ikan mas. Secara umum tingkat pembesaran ikan masa sendiri berada pada kisaran angka 300-400 gram per ekor. Untuk bobot ikan yang berada dibawah angka tadi, maka ikan mas tersebut masih memiliki potensi untuk dibesarkan. Tahap pemanenan ikan mas ini biasanya berlangsung 2-3 bulan setelah masa pembesaran. Dalam kurun waktu tersebut, bobot ikan akan terus tumbuh 3-4 kali lipat.

Demikian beberapa ulasan tentang ikan mas, mulai dari jenis, cara pembuatan umpan hingga cara budidaya ikan mas dengan mudah. Bagi Anda yang berencana untuk membudidayakan ikan mas, sebaiknya untuk memikirkan secara matang sebelum memulainya. Hal tersebut perlu dilakukan guna menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan. Semoga membantu!

Originally posted 2019-07-18 14:34:27.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar