Harga Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan air tawar dan sangat digemari semua orang diseluruh dunia. Bukan hanya rasa dari salmon yang sangat khas, namun juga kandungan dari ikan air tawar salmon yang kaya akan sumber nutrisi. Selain daging minyak dari salmon juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Habitat Ikan Air Tawar Salmon

Habitat asal dari salmon adalah perairan air tawar. Salmon pada umumnya dapat ditemukan di Samudra Pasifik dan Atlantik. Pada perairan Samudra Pasifik, keberadaan ikan ini merupakan makanan favorit khususnya Jepang.

Hampir sebagian besar makanan dari negeri sakura menggunakan salmon sebagai bahan makanan pokok dan dapat dijumpai berbagai olahan salmon. Walaupun habitat ikan salmon yang asli bukan dari Samudra Hindia. Ikan telah dibudidayakan sehingga ikan ini dapat dinikmati, dijumpai bahkan dimiliki.

gambar ikan salmon
gambar ikan salmon (Oceana.org)

Salmon sendiri tergolong hewan anadromous. Sehingga apa itu ikan salmon? merupakan hewan anadromous hidup dengan cara bermigrasi yang bertujuan hanya untuk berkembang biak. Tempat yang digunakan salmon untuk berkembang biak adalah perairan air tawar.

Baca juga: Harga Ikan Louhan

Bahkan terdapat suatu kepercayaan jika salmon pasti akan kembali ke tempat dimana dia dilahirkan.  Setelah berkembang biak salmon akan bermigrasi ke lautan lepas. Begitu pula dengan salmon dewasa yang juga akan meninggalkan perairan air tawar ke laut. Kemudian akan kembali ke perairan air tawar untuk ketika musim kawin atau bereproduksi telah tiba.

Tempat dari ikan salmon berkembang biak harus mempunyai suhu air dingin. Telur dari salmon akan diletakkan di suatu tempat yang dipenuhi dengan kerikil oleh salmon betina. Arus air juga harus lancar dan mempunyai kandungan oksigen yang cukup. Salmon akan menetap di perairan air tawar selama 3 tahun. Lalu salmon akan bermigrasi ke lautan lepas. Kemudian ketika umur salmon 5 tahun akan mempersiapkan diri untuk bereproduksi.

Makanan salmon ketika masih muda dan dewasa berbeda. Saat masih muda, makanan salmon berupa amphipoda, serangga dan crustacea. Setelah dewasa salmon akan memakan ikan-ikan kecil. Oleh karena itu salmon juga termasuk ke dalam jenis hewan predator laut. Untuk mendapatkan info ikan salmon hari ini silahkan kunjungi supermarket atau pasar ikan terdekat.

Daftar Harga Ikan Salmon Terbaru

Jenis Ikan SalmonHarga
Fillet Tetelan DagingRp30.000 /500grm
NorwayRp270.000 /kg
Tanpa Kepala (Headless)Rp220.000/kg
KirimiRp230.000/kg
NorwegiaRp380.000 /kg
Norwegia tanpa tulangRp390.000 /kg
Scrape ARp23.000 /150gr
SegarRp76.000 / 200gr
Ikan Tasmanian Salmon Potongan SteakRp57.000 / 250grm
Kepala IkanRp25.000 / 190gr
Sirip IkanRp20.000 /160gr
Tulang IkanRp16.000 /kg

Jenis-Jenis Ikan Salmon

Secara garis besar salmon dibagi menjadi 2 buah bagian, yaitu salmon Pasifik dan salmon Atlantik. Inilah macam-macam ikan salmon:

1. Salmon Atlantik

gambar ikan salmon atlantik
gambar ikan salmon atlantik (khasiat.co.id)

Jenis salmon Atlantik adalah satu-satunya jenis salmon yang berasal dari lautan atlantik. Salmon jenis ini juga disebut dengan salmon salar. Salmon salar dewasa mempunyai berat sekitar ±10 kg dengan ukuran mencapai 30 Inc atau ±60 cm.

2. Salmon Raja

gambar ikan salmon raja
gambar ikan salmon raja (alibaba)

Jenis salmon satu ini mempunyai gelar sebagai King Salmon. Sebab king salmon merupakan satu – satunya jenis salmon yang mempunyai ukuran tubuh paling besar diantara jenis salmon lainnya. Berat dari King Salmon bisa mencapai 27 kg per ekor. Warna dari King Salmon antara lain putih sampai merah muda.

3. Salmon Perak

gambar ikan salmon perak
gambar ikan salmon perak (wdfw.wa.gov)

Salmon perak atau silver salmon mempunyai nama lain Coho Salmon. Ciri khas berwarna silver atau abu – abu. Habitat asal dari silver salmon adalah aliran anak sungai pesisir dan sungai kecil di daerah Puget Sound (sebuah teluk besar yang berada di lautan Pasifik). Ikan ini sering bermunculan pada bulan oktober.

Baca juga: Harga Ikan Koi

4. Salmon Anjing

gambar ikan salmon anjing
gambar ikan salmon anjing (wdfw.wa.gov)

Ciri khas dari salmon anjing adalah warna tubuh yang agak keunguan, sehingga nampak seperti warna lebam. Nama lain dari jenis salmon anjing atau dog salmon adalah keta salmon dan salmon Chum. Salmon jenis ini memiliki tubuh yang tidak begitu berat, hanya sekitar ±7 kg. Biasanya salmon anjing diolah dengan cara diasap.

5. Salmon Pelangi

gambar ikan salmon pelangi
gambar ikan salmon pelangi (alaskarainbowlodge.com)

Jenis dari salmon pelangi termasuk hewan langka, namun bukan berarti terancam punah. Hanya saja, salmon pelangi mempunyai karakteristik yang susah untuk ditangkap. Daerah asal dari rainbow salmon atau salmon pelangi adalah perairan pasifik utara dan Amerika Utara. Untuk ciri khas dari salmon pelangi adalah tubuhnya yang berwarna-warni.

6. Salmon Pink

gambar ikan salmon pink
gambar ikan salmon pink (fs.usda.gov)

Salmon yang identik dengan warna daging pink atau merah muda mempunyai bentuk yang sangat khas. Bentuk ikan salmon pink terdapat punuk pada bagian punggung. Punuk tersebut terdapat pada salmon betina yang hendak bertelur. Oleh karena itu jenis salmon ini juga sering disebut dengan humpies salmon atau humpback salmon.

7. Salmon Pesisir

gambar ikan salmon pesisir
gambar ikan salmon pesisir (wdfw.wa.gov)

Habitat asli dari salmon pesisir adalah perairan pasifik di Amerika Utara. Sedangkan ciri khas dari salmon ini adalah warna merah pada bagian bawah rahang. Musim kawin pada salmon pesisir pada saat musim semi.

8. Salmon Merah

gambar ikan salmon merah
gambar ikan salmon merah (wikimedia.org)

Salmon merah mempunyai ciri tubuh yang berwarna merah tua. Begitu pula dengan warna daging dari red salmon ini yang juga berwarna merah. Salmon ini hidup di perairan pasifik utara, tepatnya blueback, Columbia hingga sungai Quinault.

Baca juga: Harga Ikan Arwana

Karena habitat asli salmon berada di daerah perairan dingin, budidaya salmon pun cukup sulit dilakukan di daerah tropis. Sebab kondisi perairan daerah tropis yang cenderung hangat sangat berpengaruh pada siklus kehidupan salmon, terutama pada salmon dewasa yang telah berusia matang untuk bereproduksi.

Oleh karena itu tips budidaya salmon harus diletakkan di suatu perairan dengan suhu yang menyesuaikan dengan suhu pada iklim dingin. Perhatikan juga perawatan dan makanan salmon. Meskipun salmon termasuk hewan predator, namun budidaya salmon juga harus mendapat perhatian khusus. Terutama pemberian makanan yang cukup, ukuran makanan yang harus diberikan seekor salmon ±1 kg per hari.

Manfaat Ikan Salmon Bagi Tubuh

Kandungan gizi dari salmon sangat kaya akan omega3 dan protein. Kandungan dari omega3 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat. Untuk protein bermanfaat untuk kesehatan tulang. Untuk itu pengelolaan salmon harus dilakukan dengan baik dan benar, terutama cara masak ikan salmon supaya kandungan gizi tidak hilang.

Sedangkan kegunaan dari salmon antara lain:

1. Sebagai makanan

gambar masakan ikan salmon
gambar masakan ikan salmon (eatgreenseveryday.com)

Salmon merupakan salah satu hewan laut yang mempunyai rasa yang sangat lezat. Bahkan ketika dimakan mentah-mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Makan salmon mentah adalah cara tepat memakan salmon bagi orang-orang yang berada di Asia Timur. Bukan hanya salmon, ikan dan daging lainnya juga dimakan secara mentah.

Namun hal tersebut sangat tidak wajar dan terkesan agak menjijikan bagi masyarakat Indonesia yang harus dimasak terlebih dahulu. Terlebih lagi salmon merupakan ikan yang sangat mahal, bahkan lebih mahal dari daging sapi yang seharga ±130.000 IDR per kg. Sedangkan harga ikan salmon mencapai 200.000 IDR per kg tidak seperti harga ikan konsumsi lainnya yang murah.

Karena itulah olahan salmon jarang dijumpai di berbagai kuliner nusantara. Namun ada berbagai cara memasak salmon menjadi olahan yang sangat lezat, seperti dibakar, dipanggang, dikukuhkan, direbus hingga salmon kaleng.

Baca juga: Harga Ikan Guppy

Dalam pengolahan salmon, ada satu cara yang perlu untuk dihindari yakni salmon asap. Pengelolaan salmon dengan cara diasap dapat mengurangi kandungan omega3. Untuk itu sangat salmon asap sangat tidak direkomendasikan

2. Manfaat Salmon untuk Kesehatan

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan sangat baik terutama untuk jantung. Ada beberapa penyakit yang dapat dikurangi hanya dengan mengkonsumsi salmon.

ikan salmon untuk kesehatan
ikan salmon untuk kesehatan (salmon.org.nz)

Salmon dapat berguna untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, memperlancar sistem metabolisme tubuh, meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah pengerasan pembuluh darah arteri, mengurangi alzheimer, menurunkan kadar trigliserida hingga mencegah terjadinya pembekuan darah.

3. Manfaat Salmon untuk Masa Pertumbuhan

Saat masa pertumbuhan, terutama pada anak-anak sangat dianjurkan mengkonsumsi salmon baik dalam olahan makanan maupun minyak ikan. Kandungan yang terdapat pada salmon sangat bermanfaat untuk perkembangan tubuh maupun otak pada anak. Salmon dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak, tulang dan mata pada anak serta menambah nafsu makan.

4. Manfaat Salmon untuk Kecantikan

Salmon juga dapat dimasukkan ke dalam beauty treatment. Kandungan omega3 pada salmon sangat kaya akan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

Baca juga: Harga Ikan Nila

Minyak salmon juga dapat membantu untuk mengatasi gangguan jerawat pada kulit hingga kanker kulit serta mengurangi kerontokan rambut. Salmon juga merupakan menu diet yang mampu menurunkan berat badan tubuh supaya ideal, tetapi tubuh juga tidak kekurangan nutrisi.

Itulah jenis ikan salmon dan kegunaan bagi kesehatan tubuh. Ikan yang masuk ke dalam predator laut dan menjadi ancaman bagi ikan kecil mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Meskipun cukup berbahaya bagi kehidupan laut, bukan berarti tidak turut menjaga keberadaan salmon dan melestarikannya.

Originally posted 2019-03-16 23:44:54.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar