Harga Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri merupakan salah satu ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Untuk menikmati santapan ikan laut dengan berbagai manfaat ini tentu tidak perlu impor dari luar negeri.

Negeri yang kaya akan hasil lautnya memudahkan anda untuk menikmati berbagai olahan makanan laut. Bagi anda yang belum pernah mencoba ikan Tenggiri, tentu wajib bagi anda untuk menikmati kelezatan ikan laut ini.

Apalagi bagi anda para pecinta seafood. Wajib untuk mencobanya.

Makanan Olahan Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri menjadi salah satu makanan favorit bagi mereka yang menyukai seafood. Memakan makanan ini tentu tidak akan merugikan tubuh anda.

ikan-tengiri
Gambar Ikan Tengiri (Ramesia.com)

Karena kandungan ikan Tenggiri yang beraneka ragam mampu membantu tubuh agar tetap sehat dan kuat. Cara memakan makanan ini pun dapat dilakukan dengan berbagai menu masakan.

Nah berikut ini beberapa olahan makanan yang wajib anda coba.

Baca juga: Harga Ikan Cupang

1. Ikan Tenggiri Balado Pedas

Makanan Olahan Ikan Tenggiri yang banyak diminati yaitu ikan Tenggiri balado Pedas. Menu makanan yang sangat cocok bagi anda pecinta makanan pesad.

ikan-tengiri-sambal-balado
Olahan Ikan Tengiri Sambal Balado (Youtube.com)

Paduan antara cita rasa khas dari ikan tenggiri menjadi satu bersama pedasnya bumbu balado. Bisa dibayangkan enaknya masakan ini bukan? Anda bisa memasaknya sendiri di rumah.

Karena cara memasaknya cukup mudah. Pertama, ikan tenggiri di goreng terlebih dahulu. Kemudian dimasak kembali bersama bumbu balado yang sudah disediakan sebelumnya.

Bumbu balado terdiri dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat. Tunggu hingga matang, tenggiri balado pedas siap disantap.

2. Ikan Tenggiri Bumbu Kuning

Menu makanan yang tidak kalah enaknya yaitu Ikan Tenggiri Bumbu Kuning. Apa Itu Ikan Tenggiri bumbu kuning? Yaitu ikan Tenggiri yang dimasak dengan bumbu kuning.

Ikan-tengiri-bumbu-kuning.
Ikan Tengiri Bumbu Kuning (Foody.id)

Kenikmatan ikan akan semakin nikmat dengan paduan sempurna dari bumbu kuning yang gurih dan segar. Cara memasaknya yaitu ikan Tenggiri dipotong-potong terlebih dahulu.

Hal ini dimaksudkan agar bumbu kuning bisa menyerap secara menyeluruh. Kemudian lumuri ikan dengan garam, jeruk, bawang putih, dan perasan jeruk  agar ikan tidak amis.

Selanjutnya goreng ikan dan dimasak kembali bersama bumbu kuning yang sudah disiapkan. Bumbu kuning terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan kunyit.

Baca juga: Harga Ikan Discus

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli ikan tenggiri, tentu akan membutuhkan kisaran harga hewan(ikan tenggiri) ini. Dalam kesempatan kali ini mari mengetahui kisaran harga pasaran ikan tenggiri setidaknya untuk tambahan pengetahuan sebelum Anda membelinya.

Daftar Harga Ikan Tenggiri di Indonesia

Jenis Ikan TenggiriHarga Dalam Rp
Ikan Tenggiri di Pasar 1 KgRp90.000
Ikan Tenggiri di Giant 100 gramRp94.499
Ikan Tenggiri di Carrefour 100 gramRp100.500
Ikan Tenggiri di Hypermart 100 gramRp95.000
Ikan Tenggiri Giling 1 kgRp130.000
Ikan Tenggiri Fillet 1 kgRp110.000
Ikan Tenggiri di Jakarta 1 kgRp90.000
Ikan Tenggiri di Superindo 100 gramRp10.999

Baca juga: Harga Ikan Gurame

Daftar harga ikan tenggiri yang tertera di atas bisa saja mengalami perubahan menjadi lebih tinggi. Harga yang disajikan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah setiap waktu.

Manfaat Ikan Tenggiri

Tidak hanya rasa ikan teri yang enak. Tetapi ikan teri juga mempunyai manfaat penting untuk kesehatan tubuh mansia.

Manfaat Makan Ikan Tenggiri diantaranya kaya akan kandungan vitamin B yang mampu menyembuhkan dari berbagai penyakit dan rasa meriang pada tubuh manusia.

Vitamin B kompleks ini juga sangat bagus bagi Anda yang ingin menggemukkan badan. Karena vitamin tersebut mampu merangsang pertambahan massa otot.

manfaat-ikan-tenggiri
Manfaat Ikan Tenggiri (Masakanpraktisrumahan.com)

Tidak hanya itu, ikan tenggiri juga mampu menjaga kesehatan sistem reproduksi. Jika anda kurang sehat berkaitan dengan reproduksi, anda bisa mengkonsumsi makanan laut ini sebagai gantinya.

Kandungan yang ada didalamnya mampu menjaga dan tidak merusak fungsi organ dalam tubuh. Selanjutnya yaitu mencegah kerusakan otak karena adanya kandungan zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Jika anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat kimia berbahaya, bisa mengakibatkan kerusakan sel otak. Nah, kegunaan ikan Tenggiri ini bisa membantu menetralkan dan mencegah terjadinya kerusakan otak.

Manfaat lain dari ikan Tenggiri yaitu bisa menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor yang ada dalam ikan akan membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, ikan juga berkhasiat untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Sehingga akan mencegah terjadinya osteoporosis.

Jika anda mempunyai kurap, anda juga bisa mengobati kurap tersebut menggunakan ikan laut ini. Kurap disebabkan oleh adanya jamur pada kaki. Gejala yang muncul yaitu adanya lingkaran, berair, bercak putih, dan gatal-gatal. Sehingga kulit kaki menjadi semakin tebal. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya anda dalam menjaga kebersihan.

Selanjutnya yaitu ikan Tenggiri mampu meningkatkan stamina dalam tubuh. Kedudukan stamina yang tinggi melebihi dari daya tahan.

Agar stamina anda tetap terjaga, anda bisa makan makanan Tenggiri. Meskipun sudah mengkonsumsi ikan, tetapi anda juga tidak boleh melewatkan pentingnya tubuh terpenuhi oleh kabohidrat dan protein.

Jika seluruh kandungan sudah terpenuhi dalam tubuh, tentu tubuh akan tercukupi dan menjadi sehat. Selain itu, anda yang mempunyai batuk akut juga sangat dianjurkan untuk memakan ikan laut jenis ini. Batuk akut biasanya berlangsung lama mulai dari 14 hari lamanya.

Ikan ini menjadi sdalah satu obat manjur untuk mengobati batuk tersebut. Selain batuk, Tenggiri juga mampu mengobati demam. Demam biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, kelelahan, senagtan matahari, kondisi radang yang tidak baik. Nah, demam yang disebabkan oleh faktor-faktor tersebut bisa disembuhkan dengan memakan ikan Tenggiri.

Jenis-Jenis Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri tidak hanya terdiri dari satu macam saja. Ada beberapa jenis ikan Tenggiri yang berada di dunia. Karena terdiri dari beberapa jenis, tentu Harga Ikan Tenggiri pun akan berbeda-beda.

Apalagi ketika anda membelinya di pasar atau langsung di tangan para nelayan. Tentu harga yang ditawarkan untuk satu ikan Tenggiri akan berbeda pula. Salah satu Jenis-Jenis Ikan Tenggiri yaitu Ikan Tenggiri Spanyol. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan pertama atau sering nama lain ikan yaitu Serra Spanish Mackerel.

Umumnya ikan Tenggiri spanyol bisa memanjang hingga 125 cm dengan berat mencapai 7 kg kurang sedikit. Ikan Tenggiri Spanyol banyak ditemukan di perairan Atlantik Barat. Atlantik Tengah, Brazil, dan Amerika Serikat. Ikan laut ini merupakan binatang omnivora dan suka memangsa ikan-ikan kecIl, cumi-cumi dan udang.

Selanjutnya yaitu Ikan Tenggiri melayu. Ikan ini bisa anda temukan di seluruh perairan Asia Tenggara termasuk juga Indonesia.

Nama latin spesies ini yaitu Scomberomorus Commerson yang mendiami perairan Timur Afrika dan Samudra Hindia. Ukuran tubuh ikan Tenggiri melayu dewasa bisa mencapai 2 meter dengan berat mencapai 70 kg.

Ikan selanjutnya yaitu ikan Tenggiri papan. Nama asli dai ikan ini yaitu Scomberomorus guttatus. Pemberian nama ikan Tenggiri papan yaitu orang Indonesia sendiri.

Karena ikan ini mirip seperti papan. Ikan Tenggiri Papan banyak ditemukan di periran Samudra Hindira. Berat Ikan Tenggiri yang sudah dewasa bisa mencapai 45 kg. Jenis ikan sangat populer di kalangan masyarakat Sri lanka, India dan Bangladesh.

Ikan Tenggiri mempunyai segudang kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Tidak heran jika ikan Tenggiri banyak diburu. Selain mampu menyehatkan badan, ikan ini juga bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Ikan Tenggiri terdiri dari beberapa jenis.

Karena dunia begitu luas dan perairan terdiri dari beberapa musim. Membuat ikan Tenggiri ada di berbagai belahan dunia dengan jenis yang berbeda-beda pula. Bagi anda yang gemar seafood, tentu olahan makanan ikan Tenggiri wajib anda coba.

Originally posted 2019-01-03 14:07:18.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar